Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Batik Solo

12 min read

Motif Batik Parang Kusumo

Batik Solo menjadi salah satu ⭐ icon batik Indonesia yang memukau dunia. Simak motif dan harganya disini.

Solo adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dimana termasuk dalam wilayah Karesidenan Surakarta. Apabila Kamu berkunjung ke Solo, Kamu akan bisa merasakan budaya Jawa yang masih sangat kental.

Slogan “The Spirit of Java” yang dimiliki oleh Solo seolah menjadi perwujudan sebuah tekad untuk melestarikan budaya Jawa, salah satunya melalui berbagai batik Solo yang melegenda.

Motif batik tulis Solo ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Keberagaman yang tercipta dari motif batik tersebut membuat Solo senantiasa mendapat tempat bagi pecinta batik, bahkan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Solo.

Batik tersebut menjadi identitas Solo yang memiliki ciri khas baik pada motif, proses pembuatan, dan juga warnanya. Dalam sebuah batik, motif yang dihasilkan memiliki makna atau arti tersendiri. Motif yang berbeda juga memiliki makna yang berbeda.

Batik ini dibuat dengan motif yang beragam dengan harapan batik tersebut mampu membawa kebaikan bagi setiap pemakainya. Ada juga beberapa motif batik yang hanya dipergunakan untuk upacara atau perayaan tertentu. Berikut adalah beberapa motif untuk batik tersebut.

Motif Batik Solo

1. Motif Batik Solo Slobog

Motif Batik Solo Slobog
Kartodjoyo.com

Dalam bahasa Jawa, slobog itu artinya longgar atau besar. Pada umumnya warna dasar yang digunakan pada batik ini adalah hitam atau warna gelap. Batik ini memiliki motif geometris.

Batik ini kebanyakan digunakan ketika akan melayat atau dalam prosesi pemakaman. Makna yang terkandung adalah permohonan bagi arwah yang telah meninggal sehingga mendapatkan jalan mudah dan terhindar dari halangan yang menyulitkan perjalanan arwah.

2. Motif Batik Solo Sidomukti

Motif Batik Solo Sidomukti
tumpi.id

Motif Batik Sidomukti ini termasuk dalam motif batik yang banyak dicari oleh pecinta batik. Motif ini biasanya digunakan oleh pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Sidomukti terdiri dari kata sido yang berarti berkelanjutan atau terus menerus dan kata mukti yang memiliki arti cukup atau berkecukupan.

3. Motif Batik Truntum

Motif Batik Truntum
Infobatik.id

Truntun ini memiliki motif geometri kombinasi flora atau fauna. Penggunaan kain batik Solo ini hampir sama dengan motif batik sidomukti, yaitu dipergunakan ketika acara pernikahan berlangsung. Bedanya adalah motif truntum ini digunakan oleh orang tua pengantin.

Kata truntum ini memiliki arti menuntun, sehingga diharapkan orang tua dapat menuntun anaknya dalam mengarungi kehidupan yang baru agar menjadi keluarga yang sakinah.

4. Motif Batik Satrio Manah

Motif Batik Satrio Manah
Grahabatik.com

Batik Satrio Manah ini berasal dari kata “satrio” yang berarti kesatria, laki-laki dan kata “manah” yang berarti memanah, melepaskan anak panah.

Secara harfiah motif satrio manah ini memiliki makna seorang laki-laki yang memanah atau meminta seorang wanita untuk menjadi pasangannya. Motif batik ini dengan gambar sayap, burung dan anak panah serta bisa dikombinasikan dengan motif lainnya.

5. Motif Batik Semen Rante

Motif Batik Semen Rante
Kainbatiktulisdidir.com

Ornamen yang digunakan pada motif ini adalah meliputi unsur daratan yang digambarkan dengan binatang serta tumbuh-tumbuhan, unsur udara yang digambarkan dengan awan atau garuda, dan unsur air yang digambarkan dengan ikan.

Warna batik ini adalah warna klasik yaitu coklat dengan kombinasi warna merah pada bagian motifnya.

6. Motif Batik Parang Kusumo

Motif Batik Parang Kusumo
Tumpi.id

Parang ini digambarkan sebagai sebuah garis menurun mulai dari yang tertinggi hingga yang garis paling rendah dengan posisi diagonal.

Susunan motif parang ini seperti huruf S yang saling berkaitan dan tanpa terputus. Huruf S ini akan Digambar secara terus menerus tanpa putus. Makna yang terkandung adalah sebuah ikatan yang berkesinambungan, terus menerus, dan tidak terputus.

7. Batik Motif Kawung

Batik Motif Kawung
Fimela.com

Kawung dalam keseharian adalah sejenis buah kolang-kaling atau buah kelapa yang berbentuk bulat. Batik dengan motif kawung ini memiliki gambar berbentuk bulatan-bulatan yang jika diperhatikan mirip buah kawung.

Motif ini juga dimaknai dengan gambaran bunga teratai dengan daun berjumlah 4 buah dan bunga yang merekah. Bagi orang Jawa, bunga teratai ini memiliki arti suci dan panjang umur.

8. Batik Motif Sawat

Batik Motif Sawat
Grahabatik.com

Sawat dalam motif ini memiliki arti sayap. Pada zaman dahulu motif sawat ini dianggap sebagai motif yang sakral karena hanya boleh digunakan oleh raja dan para keluarga kerajaan.

Pada motif sawat ini banyak dimaknai sebagai burung Garuda yang digunakan sebagai kendaraan dari Dewa Wisnu serta merupakan lambang kekuasaan atau seorang raja.

9. Batik Motif Pamiluto

Batik Motif Pamiluto
Pinterest.com

Motif Pamiluto ini tercipta dari kombinasi beberapa motif batik lain yang sudah ada, seperti motif parang, truntum, ceplok, dan yang lainnya.

Secara fisiologis, batik motif pamiluto ini berasal dari kata “pulut” yang memiliki arti lekat atau perekat. Jika merujuk pada bahasa Jawa “pulut” ini memiliki arti “kepilut” yang mempunyai arti tertarik.

10. Motif Batik Ceplok Kasatriyan

Motif Batik Ceplok Kasatriyan
Thekurniabatik.wordpress.com

Batik dengan motif Ceplok Kasatriyan ini hadir dengan menggunakan ragam bentuk geometris kotak yang dibuat berulang-ulang.

Untuk isian motif menggunakan kombinasi dari motif Parang, stilasi medali, dan juga tiga ikan berkepala tunggal. Makna yang dihasilkan dari motif ini adalah sebuah sifat yang berani dan gagah. Harapannya siapapun yang mengenakan batik ini akan muncul kegagahannya.

11. Motif Batik Semen Gendong

Motif Batik Semen Gendong
Thekurniabatik.wordpress.com

Motif batik Semen Gendong ini digambarkan dengan ornamen floral, awan dan hewan. Semen gendong ini dulu banyak untuk ritual pernikahan.

Batik ini akan dikenakan oleh mempelai wanita dan mempelai pria ketika prosesi upacara pernikahan telah selesai. Harapan yang diselipkan adalah agar pasangan tersebut segera dikaruniai keturunan yang memiliki sifat soleh solehah, penurut, dan berbakti pada kedua orang tuanya.

Model Baju Motif Batik Solo

Kain batik merupakan suatu kerajinan yang tidak lekang oleh waktu. Selalu bisa dipadukan dengan model dan corak seperti apapun.

Jika dahulu kala kain batik ini hanya digunakan sebagai penutup tubuh area bawah dengan cara melilitkan di badan, maka pada jaman sekarang kain batik telah bertransformasi menjadi beberapa model pakaian yang sesuai dengan zamannya. Seperti batik Sogan Solo yang saat ini banyak sekali peminatnya.

1. Model Outer Tanpa Kancing

Batik Solo
instagram.com/batikula

Outer atau luaran adalah sebuah baju tanpa kancing dan tanpa tali yang digunakan sebagai pelapis pakaian yang ada didalamnya.

Outer ini cocok untuk menemani anda pada setiap kesempatan baik formal maupun non formal. Warnanya yang cerah paduan kuning dan coklat terang menjadikan penampilan lebih bersih.

Padukan dengan jilbab dengan warna lebih tua. Kamu bisa mendapatkan baju ini dengan harga Rp. 235.000.

2. Model Tunik Lengan Balon

Motif Batik Solo
instagram.com/batikula

Tunik atau sejenis blouse dengan potongan yang lebih panjang banyak sekali diminati oleh hijaber yang tetap ingin tampil menarik.

Tunik batik dengan warna merah dan kombinasi navy ini cocok untuk bekerja dan acara resmi lainnya. Lengan menggunakan model balon dengan motif batik geometris semakin menambah elegannya tunik ini. Kamu bisa membeli tunik ini dengan harga Rp. 186.000.

3. Blouse Pita Asimetris

Blouse Pita Asimetris
instagram.com/batikula

Kamu pasti tidak asing dengan model blouse. Baju dengan potongan longgar yang nyaman digunakan untuk menemani keseharianmu.

Kamu bisa mencoba blus dengan kombinasi pita yang dibuat asimetris menempel pada bagian pundak kanan. Kombinasi warna navy dan kawung berwarna merah membuat harimu lebih ceria. Baju ini dibanderol dengan harga Rp. 232.000.

4. Blouse Panjang Kombinasi

Batik Kawung Solo
instagram.com/batikula

Blouse yang paling banyak dijadikan model untuk baju batik tidak hanya cocok untuk satu motif saja. Paduan dua motif kawung dan garis ternyata bisa menjadi sebuah model blouse yang cukup menarik.

Warna navy dan merah yang terlihat kontras. Blouse ini memiliki potongan yang lebih panjang bagi Kamu yang menyukai pakaian dengan potongan panjang. Kamu bisa mendapatkan blouse panjang ini dengan harga Rp 210.000

5. Outer Rumbai

Batik Sidomukti Solo
instagram.com/batikula

Bagi Kamu yang senang menggunakan outer atau luaran untuk penampilan sehari-hari, bisa mencoba outer batik rumbai ini.

Bagian depan potongan asimetris dengan model rumbai. Outer terbuat dari bahan yang lembut sehingga Nampak jatuh ketika dipakai.

Dominasi warna merah yang membuat Kamu terlihat lebih bersemangat. Outer ini bisa Kamu beli dengan harga Rp 245.000

6. Tunik Kombinasi Asimetris

Baju Batik Solo
instagram.com/batikula

Pemakaian tunik saat ini cenderung lebih banyak peminatnya. Selain simple tunik juga cocok bagi anda yang menyukai potongan longgar dan panjang.

Tunik saat ini tidak monoton dengan model yang sama namun bisa dikombinasikan dengan memberikan aksen tambahan pada bagian dada dengan tali di bagian pinggang.

Paduan navy dan merah masih menjadi warna favorit yang terlihat kontras. Dapatkan baju ini dengan harga Rp. 235.000.

7. Blouse Kombinasi Rempel Dada

Batik Sogan Solo
instagram.com/batikula

Blouse yang satu ini terlihat cantik dengan kombinasi rempel asimetris pada bagian dada hingga bawah. Warna senada pada blouse ini terlihat kontras walaupun memiliki motif yang berbeda.

Kamu bisa memadukan blouse ini dengan celana putih agar penampilan lebih terlihat bersih. Blouse cantik ini dijual dengan harga Rp. 179.000

8. Tunik Asimetris Kerut

Batik Solo Modern
instagram.com/batikula

Motif batik klasik yang simple ini sangat pas dibuat sebuah tunik dengan potongan asimetris. Pada bagian perut bisa ditambahkan kerutan untuk memberikan kesan baju yang terlihat rapi ketika dikenakan.

Tunik ini bisa Kamu padukan dengan celana berwarna gelap agar potongannya lebih terlihat. Tunik ini bisa Kamu dapatkan dengan harga Rp. 224.000

9. Tunik Rompi

Batik Solo Online
instagram.com/batikula

Motif parang akan selalu menjadi motif yang paling banyak digunakan dalam pembuatan baju atau karya lainnya. Seperti halnya tunik ini.

Motif parang dengan warna pastel yang cantik dipadukan dengan motif lainnya dengan warna yang sama menjadikan tunik lebih hidup.

Model rompi yang ditempatkan pada bagian depan tunik akan membuatmu terlihat lebih santai. Baju ini bisa Kamu dapatkan dengan harga Rp. 243.000.

10. Tunik Semi A

Gambar Batik Solo
instagram.com/batikula

Tunik ini memiliki potongan semi A dibagian bawah sehingga terlihat lebih besar di bagian dada ke bawah. Model baju ini bisa diberikan akses lipit pada bagian bawah dada untuk memberikan batas potongan.

Paduan warna navy dan putih membuat tampilan tunik ini cantik dan terlihat bersih. Padukan dengan celana panjang warna putih untuk menambah elegannya tunik ini. Dapatkan tunik cantik ini dengan harga Rp. 214.000

11. Tunik Simetris

Tunik Simetris
instagram.com/batikula

Tunik ini merupakan model standar yang banyak digunakan oleh desainer ketika membuat tunik. Modelnya cukup sederhana dengan potongan simetris dan hanya menggunakan satu motif saja. Walaupun begitu tunik ini terlihat indah dengan warna pastel kombinasi putih.

Padukan dengan jilbab warna senada dan celana panjang putih dan Kamu akan terlihat lebih feminim. Baju ini bisa Kamu dapatkan dengan harga Rp. 215.000

12. Tunik Hijau Tali

Batik Danar Hadi Solo
instagram.com/batikula

Masih seputar tunik yang merupakan potongan paling cocok untuk kain batik. Tunik ini berwarna hijau dengan akses tali pada bagian pinggang untuk memberikan kesan lebih ramping.

Tunik panjang ini cocok Kamu gunakan untuk acara resmi atau ketika berangkat bekerja. Motifnya yang simple dan tidak terlalu ramai memberikan kesan elegan dan nyaman bagi penggunannya. Tunik ini dijual dengan harga sekitar Rp. 224.000 perbaju.

13. Blouse Simetris Hijau

instagram.com/batikliniastore
instagram.com/batikliniastore

Bagi Kamu yang lebih suka mengenakan blouse, kali ini ada model cantik yang wajib Kamu miliki. Blouse berwarna hijau dengan motif bunga dan ornamen geometris ini cocok Kamu kenakan ketika bekerja.

Potongannya yang simetris membuat tubuh terlihat lebih ramping. Blouse ini dibanderol dengan harga Rp.215.000 apabila Kamu tertarik membelinya.

14. Blouse Tali Samping

Blouse Tali Samping
instagram.com/batikliniastore

Blouse dengan motif kombinasi parang ini terlihat istimewa ketika dikenakan. Dengan modifikasi pada bagian pinggang yaitu dengan menambahkan tali pada sisi pinggang kiri dan belt pada pinggang sisi kanan membuat blouse ini terlihat beda.

Baju cantik ini dipasaran dibanderol dengan harga Rp. 237.000. Blouse ini juga cocok untuk dijadikan seragam kantor.

15. Blouse Kerut Samping

Blouse Kerut Samping
instagram.com/batikliniastore

Sepintas blouse ini terlihat biasa saja dan hampir sama dengan blouse yang lainnya. Namun ada akses yang membuat blouse terlihat lebih manis yaitu dengan model kerutan pada bagian pinggang kanan dan kiri.

Jika Kamu menggunakan baju ini maka tubuhmu akan terlihat lebih ramping karena pinggan yang berkerut menggunakan karet. Dapatkan baju cantik ini dengan harga Rp. 234.500.

16. Tunik Pastel Asimetris dengan Belt

Tunik Pastel Asimetris dengan Belt
instagram.com/batikliniastore

Tunik dengan warna pastel ini cocok Kamu kenakan untuk bekerja atau menghadiri pertemuan resmi. Potongannya yang unik dengan dibuat asimetris pada bagian bawah dan dilengkapi dengan belt untuk mempermanis penampilan.

Kombinasi warna putih membuat tunik lebih terlihat hidup dan bersih. Kamu bisa memiliki tunik cantik ini dengan membelinya di kisaran harga Rp. 237.000.

17. Tunik Pinguin

Tunik Pinguin
instagram.com/batikliniastore

Sempurnakan harimu dengan mengenakan tunik potongan pinguin berikut ini. Modelnya cukup unik dengan bagian belakang yang lebih panjang dibandingkan bagian depan.

Kombinasi rempel dari motif batik berwarna lebih tua membuat kesan tubuhmu lebih ramping dan tinggi. Padukan dengan celana panjang model slim fit berwarna senada. Dapatkan segera baju ini dengan harga sekitar Rp. 253.000.

18. Blouse Model Tumpuk Ikat Samping

Blouse Model Tumpuk Ikat Samping
instagram.com/batikliniastore

Blouse hijau ini menggunakan model tumpuk pada bagian depannya. Kombinasi motif dengan warna yang lebih terang membuat blouse ini terlihat cantik.

Tambahan tali pada bagian sisi kiri baju agar model tumpuk ini menjadi lebih simetris. Warna hijau yang digunakan adalah hijau pastel yang merupakan warna netral. Kamu bisa memadukan dengan celana potongan slim fit berwarna krem. Dapatkan baju ini dengan harga Rp. 265.000.

19. Tunik Klasik

Tunik Klasik
instagram.com/batikliniastore

Model tunik ini adalah tunik klasik yang tidak menggunakan aksen maupun modifikasi apapun. Potongan tunik ini adalah lurus panjang hingga diatas lutut.

Tunik ini merupakan kombinasi parang yang juga merupakan motif batik klasik. Padanan jilbab dengan warna senada dan juga celana model kulot akan membuat penampilan Kamu feminim dan siap menjalani aktivitas sehari-hari. Tunik ini bisa Kamu dapatkan dengan harga Rp. 212.000

20. Hem Rempel Kombinasi

Hem Rempel Kombinasi
instagram.com/batikliniastore

Model ini sebenarnya adalah hem yang dibuat dengan potongan agak longgar menyerupai blouse. Baju ini memiliki kancing depan hidup. Aksen digunakan mulai Pundak hingga lengan.

Batas antara motif dasar dan kombinasi dipisahkan dengan rempel kecil yang juga berfungsi sebagai pemanis. Warna pastel ini terlihat lembut dan sesuai untuk kaum perempuan. Kamu bisa membeli hem ini dengan harga Rp. 219.000

21. Blouse Layer Depan

Motif Batik Solo Blouse Layer Depan
instagram.com/batikliniastore

Blouse dengan aksen layer pada bagian depan yang asimetris ini cukup membuat penampilan anda terlihat berbeda. Warna pastel yang lembut dipadukan dengan jilbab warna senada serta celana kulot yang berwarna gelap menambah anggun dan feminim pemakainya.

Kamu bisa mendapatkan baju ini dengan harga Rp. 256.000 untuk bajunya saja tanpa jilbab dan celana.

22. Blouse Rempel Besar Kombinasi

Sejarah Batik Solo
instagram.com/batikliniastore

Melihat blouse ini tentu tidak bisa menahan diri untuk tidak membelinya. Potongan yang simetris dengan aksen rempel berukuran besar yang dipasang menyilang pada bagian depan membuat blouse ini sangat cantik.

Bagian atas dari batas silang menggunakan kombinasi motif parang dengan warna yang sama. Blouse cantik ini bisa Kamu bawa pulang dengan membelinya seharga Rp. 268.000

23. Tunik Pola A Kombinasi

Batik Solo Trans
instagram.com/batikliniastore

Tunik simpel ini memiliki potongan A dengan kombinasi motif pada bagian dada hingga bagian bawah tunik. Kombinasi warna pastel senada yang gelap dan terang membuat tampilan tunik ini lebih terkesan feminim.

Pada lengan menggunakan model kancing sehingga dapat Kamu buka jika akan wudhu atau cuci tangan. Miliki tunik pastel cantik ini dengan harga Rp. 259.000 per bajunya. Jilbab dan celana tidak termasuk dalam harga penjualan.

24. Blouse Kombinasi Tempel

Ria Batik Solo
instagram.com/batikliniastore

Blouse simpel ini tampil berbeda dengan pemberian akses tambahan motif batik lainnya yang ditempelkan pada bagian dada dan pinggang.

Masing-masing hanya pada satu sisi saja sehingga memberikan kesan modern dan casual. Padanan blouse ini adalah dengan menggunakan celana panjang model kulot warna putih agar penampilan lebih bersih. Baju ini bisa Kamu dapatkan dengan harga Rp. 245.000

25. Blouse Lengan Cut Out

Batik Tulis Solo
instagram.com/batikliniastore

Blouse biru cantik ini mencuri perhatian dengan motif kawung besar yang dikombinasi dengan garis horizontal untuk penampilan yang terlihat lebih ramping.

Uniknya lengan blouse ini menggunakan model dengan potongan cut out yang berbeda dengan yang lainnya. Blouse ini bisa Kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp. 275.000 tanpa jilbab dan celana.

26. Blouse Rempel Badan dan Lengan

Batik Keris Solo
instagram.com/batikliniastore

Blouse ini terlihat unik dengan model aksen rempel yang diletakkan pada bagian badan dan lengan secara garis lurus.

Kombinasi dari motif dasar klasik dengan motif batik modern dengan warna navy membuat tampilannya lebih terkesan modern. Padukan dengan celana longgar model kulot atau yang lainnya dengan warna yang senada dengan motif utamanya. Baju ini bisa Kamu dapatkan dengan harga Rp. 276.000.

27. Tunik Lengan Tali

instagram.com/batikliniastore
instagram.com/batikliniastore

Tunik tunik potongan normal ini mengedepankan akses pada bagian lengan. Kombinasi parang dan bunga yang cukup cantik dan memberikan kesan tinggi pada tubuh anda. Lengan dengan potongan normal diberikan aksen kerut dan tali dengan warna yang sama.

Tunik ini cocok dipadukan dengan celana hitam model slim fit dan jilbab hitam tanpa motif. Tunik biru hitam ini dibanderol dengan harga Rp 189.000.

28. Tunik Semi A Lengan Pita

Batik Parang Solo
instagram.com/batikliniastore

Tunik warna krem dan merah muda ini memiliki potongan semi A yang cukup panjang hingga batas lutut anda. aksen yang ditonjolkan dari model ini adalah pemberian pita pada bagian bawah lengan dengan model kerut.

Tunik ini cocok untuk pertemuan yang bersifat resmi. Padukan dengan bawahan hitam dan jilbab hitam agar motif dan model tunik dapat terlihat dengan jelas. Baju ini dibanderol dengan harga Rp. 197.300.

29. Tunik Hitam Panjang Lengan Kerut

Motif Batik Solo Parang Kusumo
instagram.com/batik_tepaselira

Pada tunik ini menggunakan warna dasar hitam yang elegan dan terkesan mewah. Motif batik menggunakan motif yang besar yang hanya terletak pada bagian bawah tunik.

Pada bagian lengan diberikan aksen kerut di melingkar pegelangan tangan. Untuk semakin membuatnya terlihat tajam diberikan pita sebagai hiasan. Tunik mewah ini bisa Kamu dapatkan dengan harga Rp. 298.000.

30. Tunik Monokrom Kombinasi

Grosir Batik Solo
instagram.com/batik_tepaselira

Pernahkah anda membayangkan batik dengan konsep monokrom dan ornamen geometris yang cantik. Tunik ini mewujudkan hal tersebut.

Batik monokrom ini dikombinasikan dengan motif bulat berwarna merah hitam sehingga nampak jelas gradasi warna yang digunakannya.

Akses lengan kerut dan bertali menambah feminin dan elegan bagi kamu yang mengenakan tunik ini. Dapatkan tunik monokrom ini dengan harga Rp. 275.500.

31. Tunik Hitam Merak

Batik Solo Cantik
instagram.com/batik_tepaselira

Warna hitam memang selalu memberikan kesan tegas dan berani namun tetap elegan. Seperti tunik ini, dengan warna dasar hitam dan motif batik merak sepasang yang berwarna coklat klasik membuat tampilannya sangat mewah dan elegan.

Tunik ini sangat cocok ketika Kamu harus menghadiri acara resmi seperti pernikahan, pertemuan, seminar dan lainnya. Jika Kamu menyukai tunik ini, Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 305.000.

32. Kawung Sarimbit

Batik Solo Dan Penjelasannya
instagram.com/batik_tepaselira

Bagi kamu dan pasangan yang mendapat undangan untuk menghadiri pesta pernikahan, cobalah menggunakan batik sarimbit yang cantik ini.

Berbahan sutra yang lembut dengan motif kawung besar berwarna gold menunjukkan keanggunan dan kemewahan dari sarimbit ini.

Untuk laki-laki menggunakan model kemeja lengan panjang dan untuk wanita dengan model blouse V neck serta bawahan kain lilit. Kamu bisa membeli batik ini dengan harga Rp. 689.000

33. Rok Lilit dan Kulot Batik

Solo Batik Carnival
instagram.com/batik_tepaselira

Batik tidak hanya digunakan sebagai atasan saja. Namun bisa juga dibentuk menjadi bawahan yang kece. Contohnya adalah bawahan ini.

Dengan model kulot longgar dan rok model lilit menambah keanggunan dan kemewahan batik tersebut.

Bahan yang digunakan adalah bahan yang lembut dan jatuh sehingga sangat nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Kamu bisa mendapatkan bawah ini dengan harga Rp. 290.000 – Rp. 342.000.

34. Rok Lilit Kombinasi

Batik Khas Solo
instagram.com/batik_tepaselira

Ingin menghadiri pesta dengan penampilan yang berbeda. Cobalah dengan mengenakan setelan batik dengan bawahan model rok lilit dengan ikatan yang dipadukan dengan atasan dan outer dari brokat.

Padanan batik ini membuat penampilan Kamu lebih terlihat elegan dan feminim. Kenakan sandal high heels model terbuka untuk menambah keanggunan. Dapatkan setelan ini dengan harga Rp. 458.000.

35. Dress Ikat Pinggan dan Outer Batik

Kain Batik Solo
instagram.com/batik_tepaselira

Dress berikut ini tampil sangat cantik untuk anda pergunakan dalam acara resmi. Dengan aksen simpul ikat pada bagian pinggang dipadu dengan outer brokat polos dengan warna senada yang akan membuat penampilan Kamu maksimal.

Kenakan high heels model terbuka dengan tali dan buatlah sanggul kecil pada rambut sehingga keanggunanmu akan terpancar. Dress ini bisa Kamu bawa pulang dengan membelinya seharga Rp. 576.000.

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *