Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Doa Pengantin

6 min read

Doa Untuk Pengantin

Doa Untuk Pengantin – Pernikahan merupakan salah satu momen dalam hidup yang paling ditunggu-tunggu bagi pria maupun wanita. Dalam Islam sendiri, menikah menjadi sebuah kewajiban apabila sudah memenuhi syarat dan takut menimbulkan kemaksiatan.

Agar pernikahan berjalan dengan berkah,maka ada beberapa doa untuk pengantin yang harus dipanjatkan oleh pengantin sendiri maupun para tamu yang hadir.

Doa-doa yang dipanjatkan dalam sebuah pernikahan sebaiknya sudah dimulai sejak masih mulai berkenalan hingga terucapnya ijab kabul di depan penghulu.

Untuk memantapkan dan meminta berkah di setiap perjalanan pernikahan, maka kamu harus membaca doa-doa berikut!

Doa Untuk Pengantin Baru

Doa Untuk Pengantin Baru
https://www.instagram.com/najihatul_faridy/

Doa untuk pasangan pengantin baru yang paling sering kamu dengar pastinya kalimat ‘samawa’ atau sakinnah mawaddah dan warrahmah.

Apakah kalimat ini salah?

Tentu tidak, namun doa merupakan harapan yang ditujukan kepada Allah atas sesuatu hal, sehingga sebaiknya kamu memberikan doa yang lebih komplit sesuai sunnah nabi.

Salah satu doa yang menjadi anjuran untuk umat muslim ketika saudaranya sedang menikah adalah:
Mengucapkan Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khoir” atau dalam tulisan arabnya seperti:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ

Arti doa di atas adalah “semoga keberkahan Allah SWT selalu tercurah atasmu, berkah keturunan melimpah padamu dan Dia senantiasa menyatukan dua insan ini dalam kebaikan.

Doa ini diambil dari hadis riwayat muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzy, Ibnu Majah, Ahmad dan An-Nasa’iv, sehingga kamu tidak perlu ragu akan kebenaran doa ini.

Jika kamu ingin memahami doa ini lebih seksama, setidaknya akan ditemukan 3 makna mendalam dari 3 rangkaian kalimat بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ.

Apakah sajakah yang bisa diulas dari doa ini? Mari simak ulasan berikut!

1. Meminta kepada Allah SWT atas berkah bagi mempelai

Doa Buat Calon Pengantin

Kalimat بَارَكَ اللهُ لَكَ ‘Baarakallahu laka’ memiliki arti semoga keberkahan Allah SWT selalu tercurah atasmu.

Kalimat ini menunjukkan harapan kamu untuk pasangan pengantin baru ini agar kebaikan Allah di sepanjang perjalanan pernikahan semakin bertambah baik kuantitas maupun kualitasnya.

Keberkahan dan kebaikan yang dimaksud berupa berbagai macam hal seperti kehidupan yang baik hingga rezeki yang halal dan melimpah.

Dalam hal ini Allah pun juga sudah menjelaskannya dalam Surah An-nur 32 yang maknanya kurang lebih ‘ketika seseorang menikah karena Allah, maka akan membuka pintu rezeki selebar-lebarnya’.

Tidak hanya dalam hal rezeki saja, doa tersebut juga memintakan ketaatan dan ketenangan dalam beribadah.

Dengan menikah, maka kamu akan mudah menjaga kesucian hati sehingga terhindar dari fitnah dan kemaksiatan.

2. Doa untuk mempelai agar memperoleh keturunan yang shalih shalihah

Doa Pengantin Islami

Kalimat kedua dari doa ini adalah وَبَارَكَ عَلَيْكَ ‘ wabaaraka’alaika’ yang berarti berkah melimpah keturunan padamu.

Kalimat ini menunjukkan doa agar kamu mendapatkan anak yang shalih shalihah, cerdas, sehat dan senantiasa mengiringi orang tuanya dengan kebaikan. Selain itu, kalimat ini juga harapan agar sang pengantin segera diberikan keturunan.

Dalam agama pun, keturunan menjadi salah satu tujuan dalam pernikahan.

Anak menjadi sebuah kado indah dan pelengkap dalam sebuah hidup berumah tangga serta untuk meneruskan generasi di masa mendatang demi kebaikan dunia dan akhirat kelak.

Kehadiran seorang anak juga menjadi penenang dan pendamai dalam sebuah keluarga. Bagi para orangtua akan terus bersemangat dalam bekerja dan beribadah, sedangkan bagi anak sendiri menganggap telah memiliki sosok manusia yang mampu melindunginya.

Sangat indah bukan kehidupan pernikahan?

Apakah kamu berencana menikah dalam waktu dekat?

3. Doa agar kedua mempelai selalu harmonis dan berada dalam kebaikan

Doa Pengantin Islam

Sebuah pernikahan pastinya menginginkan ujung kehidupan yang bahagia dan penuh senyuman. Kalimat وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ bermakna ‘agar Dia (Allah SWT) senantiasa menyatukan dua insan ini dalam kebaikan.

Harapan bagi mempelai adalah sakinnah mawaddah dan warrahmah menjadi dasar dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Firman Allah dalam surah An-Nur 21 memiliki arti menjaga hubungan baik dan menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga merupakan hal terpenting dalam sebuah pernikahan.

Menikah juga akan menghasilkan rasa kasih dan sayang yang begitu nyata tanpa khawatir menimbulkan fitnah.

Maka, sudah selayaknya jika kamu menikah nanti, jagalah hubungan dengan suami maupun istri agar mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan hidup untuk bekal di akhirat.

Jangan lupa untuk mengucapkan doa ini, kamu bisa menggunakan bahasa Arab maupun latin asalkan niatkan dari hati yang terdalam.

Doa Untuk Pengantin Pria

Doa Untuk Pengantin Pria
https://www.instagram.com/hanafi_photography/

Doa yang dipanjatkan untuk pasangan pengantin sebenarnya tetap menggunakan lafaz “Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khoir”.

Namun masih ada beberapa doa alternatif lainnya yang sering diucapkan, di antaranya adalah:

1. Allahummaghfirlahum wabaariklahum fiimaa rozaqnahum atau

Doa Untuk Pengantin Yang Shahih

للّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Jika diartikan yakni ‘ Ya Allah, semoga Engkau selalu mengampuni mereka, sayangi dan berkahi mereka dengan segala karunia yang Engkau miliki’.

Makna yang bisa kamu ambil dari doa ini adalah supaya Allah senantiasa memberikan rahmat dan karunia dalam setiap perjalanan pernikahan tanpa henti.

2. Allahumma baariklahum fiima rozaqnahum waghfirlahum warhamhum atau

Doa Pengantin Ringkas

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Jika diterjemahkan artinya ‘ Ya Allah, berikan segala apapun Karunia-Mu atas mereka, ampuni dan sayangi mereka’.

Doa ini untuk mengharapkan pasangan mempelai pengantin selalu mendapatkan ampun, berkah dan karunia Allah didalam kehidupan rumah tangganya.

Selain itu, semoga keluarga barunya senantiasa harmonis dan membawa kebahagiaan.

3. Allahumma ath’imma man ath’amani wassaqi man saqooni atau

Doa Untuk Pengantin Islam

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Arti doa di atas adalah ‘Ya Allah, semoga Engkau membalas kebaikan orang ini karena telah memberikan makan untukku dan juga Engkau berikan minuman atas minuman yang diberikan kepadaku.

Doa ini sebagai ucapan syukur dan terima kasih atas jamuan makan yang diberikan mempelai kepada para tamunya.

Selain itu makna lain yang bisa diambil dari doa ini adalah mengharapkan agar sang pengantin baru diberikan rezeki yang melimpah, sehingga keluarga baru ini tidak kekurangan dalam memenuhi kebutuhan hidup dan selalu cukup untuk membantu sesamanya.

4. Afthara ‘indakumshshooimuun wa akala tha’aamakumul abraaru washollat ‘alaikumul malaaikah atau

Doa Pengantin Sunnah

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Arti doa yang cukup singkat di atas adalah ‘Kalian sudah dikelilingi oleh orang-orang yang sudah berbuka dan menikmati seluruh hidangan ini dari orang yang baik, dan para malaikat tak akan berhenti berdoa atas ini’.

Doa ini sebagai ucapan syukur karena sang mempelai telah memberikan hidangan yang nikmat dan menyenangkan bagi setiap tamunya.

Tentu hal ini akan membuat para malaikat selalu berdoa atas pengantin baru agar senantiasa hidup bahagia dan selalu dicukupkan dalam kebutuhan hidupnya.

Tidak hanya 4 tambahan doa itu saja, jika kamu sebagai mempelai pria juga wajib memanjatkan doa untuk sang istri selepas mengucapkan ijab qabul, yakni :

‘ Allaahumma innii as aluka khoirohaa wa khoiro maa jabaltahaa ‘alaihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi atau

للَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Arti dari doa di atas adalah ‘Ya Allah, sungguh aku hanya memohon kepada Engkau atas kebaikan wanita atau budak wanita ini. Dan watak yang sudah Engkau ciptakan padanya. Aku juga memohon lindunganMu atas keburukan watak dari wanita atau budak wanita ini.

Makna yang bisa diambil dari doa ini adalah jika kamu sebagai seorang pria atau suami selalu mengharapkan untuk memiliki rasa syukur atas pendamping hidup yang telah ditakdirkan Allah atas dirimu.

Selain itu, selalu berharap agar pasangan hidup Kita senantiasa menjadi istri yang sholihah dan beribadah bersama menuju jannahNya.

Doa dari suami kepada pengantin wanitanya ini, hendaklah dilakukan dengan memegang kepala sang istri yang baru saja sah kemudian mencium keningnya.

Jangan lupa awali dengan bacaan basmalah sembari menatap matanya hingga mendalam.

Doa Untuk Pengantin Wanita

Doa Untuk Pengantin Wanita

Doa yang sebaiknya diucapkan oleh para tamu kepada mempelai pengantin perempuan sama dengan doa pengantin baru yakni

‘Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khoir’ atau

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ

Menurut para ulama’ salaf, doa ini merupakan doa yang paling sering diucapkan baginda nabi Muhammad ketika ada umatnya yang sedang menikah.

Bacaan doa ini diambil dari hadis yang shahih sehingga kamu tidak perlu meragukan hukumnya.

Adapun beberapa makna doa ‘Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khoir’ yang diperuntukkan bagi pengantin perempuan adalah:

1. Pengantin perempuan selalu mendapatkan berkah atas pernikahannya

Sang mempelai perempuan diharapkan senantiasa bersyukur atas jodoh yang sudah ditakdirkan untuknya.

Para tamu dan keluarga juga mengharapkan agar biduk rumah tangga kamu diselimuti kebahagiaan dan keberkahan dalam segala hal.

2. Segera diberikan putra putri yang shalih shalihah

Lafaz ini juga untuk mendoakan kamu agar segera diberikan anak untuk melanjutkan garis keturunan.

Semoga anak yang dititipkan kepadamu menjadi sosok yang taat beragama, memiliki akhlak yang baik, berbudi luhur, cerdas dan mampu menjadi pemimpin yang adil.

3. Menjaga rumah tangganya agar tetap awet dan harmonis

Harapan dari adanya doa ini juga supaya seorang perempuan yang sudah menikah mampu menjaga harkat dan martabat keluarganya.

Peran perempuan sangatlah penting dalam kehidupan rumah tangga karena menjadi penyeimbang bagi sang suami.

Jadilah sosok perempuan yang menyenangkan, sabar, bertutur kata yang baik sehingga menciptakan suasana yang tenang.

Keharmonisan rumah tangga akan mudah didapatkan jika kamu memiliki karakter yang baik.

Tidak hanya suami saja yang merasakan kebahagiaan, namun anak-anak kamu pasti akan tumbuh lebih baik karena memiliki seorang ibu yang hebat.

Selain doa umum yang sering dipanjatkan di atas, sebagai pengantin perempuan juga perlu membaca doa-doa tambahan demi kelancaran rumah tangganya kelak.

Doa tambahan bisa kamu lafalkan dalam bahasa arab dan latin atau arab saja maupun latin saja. beberapa di antaranya adalah:

1. Membaca potongan surat Asy-Syura (83), yang berbunyi

Doa Pengantin Wanita

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Artinya : ‘Ya Allah, anugerahkanlah hikmah kepadaku dan bawalah aku pada lingkungan orang yang shaleh kepadaMu’.

Makna yang terkandung dari doa ini adalah mengharapkan sosok suami yang taat kepada Allah SWT dan RasulNya. Dengan membaca doa ini, kamu juga akan mendapatkan pendamping hidup sesuai apa yang kamu butuhkan menurut Allah SWT. Lafaz ini sangat baik diucapkan saat sebelum menikah hingga menjelang menikah agar hati semakin mantap.

2. Membaca potongan surat Al Kahfi (10) sesering mungkin:

Doa Pengantin Shahih

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya : Ingat, ketika segerombolan pemuda mencari sebuah tempat perlindungan meunju gua, dan mereka memanjatkan doa ‘Ya Allah Tuhan Kami, limpahkan dan berikan rahmaMu kepada kami, tunjukkan jalan yang lurus untuk semua urusan kami’.

Ayat 10 dalam surat Al Kahfi ini sebaiknya dibaca secara rutin saat kamu mulai mempersiapkan pernikahan. Doa ini ditujukan agar segala acara yang kamu laksanakan dari persiapan hingga hari H pernikahan bisa berjalan dengan mudah dan lancar tanpa halangan.

3. Membaca Sholawat atas nabi Muhammad SAW

Doa Untuk Calon Pengantin

Membaca sholawat sebanyak mungkin perlu kamu lakukan untuk memudahkan segala rencana dan acara pernikahan bahkan hingga seusai sah menjadi pasangan suami istri.

Manfaat yang akan kamu dapatkan saat membaca sholawat adalah hati yang tenang dan penuh sukacita.

Keajaiban bacaan sholawat tidak hanya dirasakan oleh kamu sebagai mempelai perempuan tetapi juga suasana hati calon suami menjadi lebih rileks.

Hal ini akan membuat acara ijab qabul bisa berjalan lancar hanya dengan 1x tarikan nafas. Bukankah ijab qabul menjadi momen yang paling kamu tunggu?

4. Membaca doa untuk suami

Doa Pengantin Baru

Ketika sang suami mengusap kepada kamu sembari membaca doa untuk pengantin perempuannya, kamu hendaknya juga membacakan doa untuknya.

Doa ini akan memberikan banyak manfaat seperti membuat hubungan kamu dan suami lebih dekat secara batiniah, memudahkan segala urusan hingga mencapai tujuan rumah tangga tanpa hambatan yang berat.

Kekuatan sebuah doa menjadi salah satu kunci kesuksesan manusia dalam menjalani kehidupan di dunia.

Doa-doa baik yang dipanjatkan untuk pengantin baru baik kepada sang pria maupun wanita bisa menjadi penguat agar dapat membangun rumah tangga yang bahagia, sejahtera dan penuh keberkahan.

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Pernikahan Adat Jawa

Resty Aprilia
9 min read

Nasehat Pernikahan

Resty Aprilia
7 min read

Khutbah Nikah

Resty Aprilia
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *