Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Batik Kawung

4 min read

Batik Kawung Sen Lawasan

Kita semua tahu batik Indonesia memiliki ragam jenis dan motif yang sudah sangat mendunia. Salah satunya batik kawung yang memiliki motif yang sangat cantik.

Batik kawung berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti yaitu pohon aren atau kolang-kaling. Jika diperhatikan, motif batik jenis ini memang terlihat seperti kolang-kaling namun dengan bentuk yang geometris.

Selain itu, ada beberapa orang juga yang mengatakan bahwa motif kawung terinspirasi dari bunga teratai yang sedang mekar dan memiliki empat buah kelopak.

Motif dasar Batik Kawung memang sangat simple, karenanya banyak muncul pengembangan-pengembangan motif yang membuat batik ini terkesan menjadi elegan.

Selain itu, di beberapa pakaian juga mengkombinasikan motif batik ini dengan motif batik lainnya. Mengkombinasikan satu jenis batik dengan batik lainnya ini membuat pakaian menjadi tidak terlihat membosankan.

15 Gambar Motif Batik Kawung Modern

1. Batik Kawung Sen Kombinasi

Batik Kawung Sen Kombinasi
berrybenka.com

Motif batik yang satu ini memang sangat terlihat klasik dan sesuai untuk digunakan dalam berbagai acara santai maupun formal. Motif Kawung Sen memang merupakan salah satu motif batik yang paling sering digunakan.

Motif batik ini terlihat seperti biji kolang-kaling, selayaknya arti dari kawung yaitu biji dari pohon aren atau yang biasa disebut kolang-kaling. Motif diatas ini merupakan kombinasi kawung sen.

2. Batik Kawung Merak

Batik Kawung Merak
bukalapak.com

Seperti burung merak yang cantik dan juga sangat anggun, motif batik kawung merak ini memang biasanya digunakan kebanyakan oleh perempuan.

Motif batik yang satu ini seringkali digunakan sebagai seragam karena motifnya yang rapi dan juga terlihat resmi. Bila Kamu mencari baju kerja yang lebih formal, motif batik ini bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat.

3. Kawung Modern

Kawung Modern
berrybenka.com

Bila Kamu sedang mencari jenis batik yang sesuai untuk prosesi lamaran, kawung ini bisa menjadi pilihan. Batik kawung ini memiliki kombinasi antara kawung dan juga burung yang menambah kesan elegan pada jenis batik ini.

Warna batik ini juga beraneka ragam namun yang paling sering digunakan pada prosesi lamaran adalah kawung ini dengan kombinasi corak hitam, coklat dan juga emas.

4. Batik Kawung Sen Lawasan

Batik Kawung Sen Lawasan
lazada.co.id

Bentuk motif batik yang satu ini memang cenderung lebih sederhana. Perbedaannya dengan motif kawung yang lain adalah bentuk batiknya yang bulat.

Memang pada umumnya batik kawung memiliki bentuk yang lebih runcing pada motifnya. Motif yang satu ini juga sangat cantik bila dibuat menggunakan palet pastel serta dikombinasikan dengan motif lainnya.

5. Batik Kawung Ndog Ageng

Batik Kawung Ndog Ageng
fbwfashion.com

Motif Ndog Ageng memiliki perbedaan dari jenis motif yang lain dalam hal ukuran motif yang tidak terlalu besar dan juga terdapat motif atau ornamen di dalam kawungnya.

Jenis batik ini biasanya tidak dikombinasikan dengan jenis batik lain di dalam pakaian agar pakaian tidak terkesan terlalu ramai. Pada sisi luar jenis batik ini biasanya diisi dengan ornamen bunga yang lebih sederhana.

6. Kawung Hijau

Kawung Hijau
artsadd.com

Bila dipelajari lebih dalam, filosofi dari kawung adalah kehidupan. Maka dari itu kawung bukan hanya berarti pohon aren dalam bahasa Jawa, namun di sebagian daerah disebutkan kawung juga berarti kumbang hitam.

Kawung hijau saat ini masih banyak ditemukan dengan beragam modifikasi dan kombinasi motif. Sama seperti Ndog Agen, kawung ini juga berisi ornamen di bagian dalam motifnya.

7. Kawung Nogo Rojo

Kawung Nogo Rojo
pasaratastore.com

Kawung Nogo Rojo atau yang di dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai raja naga memiliki harga yang terbilang cukup mahal. Batik kawung Nogo Rojo banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah.

Kain jenis ini memang lebih cocok digunakan pada acara-acara penting karena selain harganya yang mahal, kain ini juga memiliki makna yang cukup kuat di baliknya.

8. Kawung Gidril

Kawung Gidril
blibli.com

Kawung Gidril atau yang dapat juga disebut dengan Kawung Bribil memiliki bentuk kawung yang lebih bulat dibandingkan dengan kawung jenis lainnya.

Hal lain yang membuat khas kawung ini adalah adanya dua titik di dalamnya. Bentuk kawung dari jenis batik yang satu ini juga tergolong cukup besar sehingga untuk menjadi detail dalam suatu baju juga sudah terlihat sangat cantik.

9. Kawung Kombinasi

Kawung Kombinasi
jd.id

Jenis batik kawung yang satu ini menggabungkan dua unsur batik yang sangat manis yaitu batik kawung dan juga batik parang.

Kamu pasti sering melihat batik parang digunakan dalam berbagai kesempatan. Jenis batik ini sangat bagus digunakan sebagai kemeja atau dibuat sebagai atasan babydoll. Kawung kombinasi ini bisa digunakan dalam acara formal maupun semi-formal.

10. Kawung Kembang

Kawung Kembang
batiknulaba.com

Disebut dengan kawung kembang karena kelopak dari kawung ini yang menyerupai kembang atau bunga.

Dulu, jenis kawung ini menggunakan putih dan coklat layaknya kain batik kawung pada umumnya lalu pada beberapa bagian diberikan goresan kuning.

Namun sekarang, seiring dengan perkembangan zaman, kawung kembang banyak dibuat dalam berbagai macam kombinasi corak.

11. Kawung Beton Kombinasi Parang

Kawung Beton Kombinasi Parang
redbubble.com

Sekilas jenis batik kawung yang satu ini terlihat mirip dengan jenis kawung lainnya. Namun yang membedakan adalah isian dalam kawung yang juga terdapat motif parang didalamnya.

Jaman dahulu, jenis batik kawung dilarang digunakan oleh orang lain selain anggota kerajaan yaitu kerajaan Ngayogyakarta. Batik dianggap sebagai bentuk pengabdian terhadap raja yang memimpin,

12. Batik Kawung Peksi

Batik Kawung Peksi
berrybenka.com

Peksi dalam bahasa Jawa berarti burung. Untuk mendapatkan jenis kain kawung yang satu ini memang dibutuhkan ketelitian karena di dalam motif kawung terdapat isian yang bermotif burung.

Sekilas burung yang berada di dalam isian kawung ini memang terlihat seperti gambar bunga. Jenis kain ini akan terlihat manis bila dibuat dengan warna-warna gelap seperti hitam, coklat tua ataupun merah marun.

13. Kawung Motif Kerajaan

Kawung Motif Kerajaan
tatabebebatiklasem.com

Kawung memiliki 3 makna, satu diantaranya diambil dari pohon kawung yang memiliki berbagai macam kegunaan untuk banyak orang.

Batik kawung pewarnaan alam memiliki kombinasi berbagai macam motif diantaranya tentu saja terdapat kawung, dan juga dikombinasikan dengan ornamen lain berupa motif pelayan kerajaan.

14. Gordo Kawung Ageng

Gordo Kawung Ageng
simply-official.com

Dulu, Gordo Kawung Ageng hanya digunakan oleh anggota kerajaan. Batik Gordo Kawung Ageng dianggap memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi dalam pembuatannya sehingga batik ini merupakan wujud kesetiaan dari sang pembuat kepada Raja yang saat itu berkuasa.

Jenis batik ini hampir memiliki motif kawung serta kombinasi ornamen bunga dan juga burung.

15. Kawung Hitam Putih

Kawung Hitam Putih
ans-ein.com

Pada dasarnya, jenis kain ini adalah motif kawung bribil yang menggunakan kombinasi hitam dan putih sehingga membuat jenis kawung ini berbeda.

Pada sudut kiri dan kanan kawung juga diberikan aksen dot atau titik persis seperti kawung bribil. Kawung jenis ini sangat cocok bila dijadikan aksen dari pakaian dengan menggabungkan jenis motif batik lainnya sesuai selera Anda.

Nah itu tadi 15 jenis motif batik kawung yang unik & tradisional, beberapa inspirasi diatas semoga bisa menambah wawasan kamu ya.

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *