Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Batik Kawung

12 min read

Batik Kawung Sen Lawasan

Motif Batik Kawung – Kita semua tahu batik Indonesia memiliki ragam jenis dan motif yang sudah sangat mendunia. Salah satunya batik kawung yang memiliki motif yang sangat cantik.

Batik kawung berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti yaitu pohon aren atau kolang-kaling. Jika diperhatikan, motif batik jenis ini memang terlihat seperti kolang-kaling namun dengan bentuk yang geometris.

Selain itu, ada beberapa orang juga yang mengatakan bahwa motif kawung terinspirasi dari bunga teratai yang sedang mekar dan memiliki empat buah kelopak.

Motif dasar Batik Kawung memang sangat simple, karenanya banyak muncul pengembangan-pengembangan motif yang membuat batik ini terkesan menjadi elegan.

Selain itu, di beberapa pakaian juga mengkombinasikan motif batik ini dengan motif batik lainnya. Mengkombinasikan satu jenis batik dengan batik lainnya ini membuat pakaian menjadi tidak terlihat membosankan.

Motif Batik Kawung

1. Batik Kawung Sen Kombinasi

Batik Kawung Sen Kombinasi
berrybenka.com

Motif batik yang satu ini memang sangat terlihat klasik dan sesuai untuk digunakan dalam berbagai acara santai maupun formal. Motif Kawung Sen memang merupakan salah satu motif batik yang paling sering digunakan.

Motif batik ini terlihat seperti biji kolang-kaling, selayaknya arti dari kawung yaitu biji dari pohon aren atau yang biasa disebut kolang-kaling. Motif diatas ini merupakan kombinasi kawung sen.

2. Batik Kawung Merak

Batik Kawung Merak
bukalapak.com

Seperti burung merak yang cantik dan juga sangat anggun, motif batik kawung merak ini memang biasanya digunakan kebanyakan oleh perempuan.

Motif batik yang satu ini seringkali digunakan sebagai seragam karena motifnya yang rapi dan juga terlihat resmi. Bila Kamu mencari baju kerja yang lebih formal, motif batik ini bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat.

3. Kawung Modern

Kawung Modern
berrybenka.com

Bila Kamu sedang mencari jenis batik yang sesuai untuk prosesi lamaran, kawung ini bisa menjadi pilihan. Batik kawung ini memiliki kombinasi antara kawung dan juga burung yang menambah kesan elegan pada jenis batik ini.

Warna batik ini juga beraneka ragam namun yang paling sering digunakan pada prosesi lamaran adalah kawung ini dengan kombinasi corak hitam, coklat dan juga emas.

4. Batik Kawung Sen Lawasan

Batik Kawung Sen Lawasan
lazada.co.id

Bentuk motif batik yang satu ini memang cenderung lebih sederhana. Perbedaannya dengan motif kawung yang lain adalah bentuk batiknya yang bulat.

Memang pada umumnya batik kawung memiliki bentuk yang lebih runcing pada motifnya. Motif yang satu ini juga sangat cantik bila dibuat menggunakan palet pastel serta dikombinasikan dengan motif lainnya.

5. Batik Kawung Ndog Ageng

Batik Kawung Ndog Ageng
fbwfashion.com

Motif Ndog Ageng memiliki perbedaan dari jenis motif yang lain dalam hal ukuran motif yang tidak terlalu besar dan juga terdapat motif atau ornamen di dalam kawungnya.

Jenis batik ini biasanya tidak dikombinasikan dengan jenis batik lain di dalam pakaian agar pakaian tidak terkesan terlalu ramai. Pada sisi luar jenis batik ini biasanya diisi dengan ornamen bunga yang lebih sederhana.

6. Kawung Hijau

Kawung Hijau
artsadd.com

Bila dipelajari lebih dalam, filosofi dari kawung adalah kehidupan. Maka dari itu kawung bukan hanya berarti pohon aren dalam bahasa Jawa, namun di sebagian daerah disebutkan kawung juga berarti kumbang hitam.

Kawung hijau saat ini masih banyak ditemukan dengan beragam modifikasi dan kombinasi motif. Sama seperti Ndog Agen, kawung ini juga berisi ornamen di bagian dalam motifnya.

7. Kawung Nogo Rojo

Kawung Nogo Rojo
pasaratastore.com

Kawung Nogo Rojo atau yang di dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai raja naga memiliki harga yang terbilang cukup mahal. Batik kawung Nogo Rojo banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah.

Kain jenis ini memang lebih cocok digunakan pada acara-acara penting karena selain harganya yang mahal, kain ini juga memiliki makna yang cukup kuat di baliknya.

8. Kawung Gidril

Kawung Gidril
blibli.com

Kawung Gidril atau yang dapat juga disebut dengan Kawung Bribil memiliki bentuk kawung yang lebih bulat dibandingkan dengan kawung jenis lainnya.

Hal lain yang membuat khas kawung ini adalah adanya dua titik di dalamnya. Bentuk kawung dari jenis batik yang satu ini juga tergolong cukup besar sehingga untuk menjadi detail dalam suatu baju juga sudah terlihat sangat cantik.

9. Kawung Kombinasi

Kawung Kombinasi
jd.id

Jenis batik kawung yang satu ini menggabungkan dua unsur batik yang sangat manis yaitu batik kawung dan juga batik parang.

Kamu pasti sering melihat batik parang digunakan dalam berbagai kesempatan. Jenis batik ini sangat bagus digunakan sebagai kemeja atau dibuat sebagai atasan babydoll. Kawung kombinasi ini bisa digunakan dalam acara formal maupun semi-formal.

10. Kawung Kembang

Kawung Kembang
batiknulaba.com

Disebut dengan kawung kembang karena kelopak dari kawung ini yang menyerupai kembang atau bunga.

Dulu, jenis kawung ini menggunakan putih dan coklat layaknya kain batik kawung pada umumnya lalu pada beberapa bagian diberikan goresan kuning.

Namun sekarang, seiring dengan perkembangan zaman, kawung kembang banyak dibuat dalam berbagai macam kombinasi corak.

11. Kawung Beton Kombinasi Parang

Kawung Beton Kombinasi Parang
redbubble.com

Sekilas jenis batik kawung yang satu ini terlihat mirip dengan jenis kawung lainnya. Namun yang membedakan adalah isian dalam kawung yang juga terdapat motif parang didalamnya.

Jaman dahulu, jenis batik kawung dilarang digunakan oleh orang lain selain anggota kerajaan yaitu kerajaan Ngayogyakarta. Batik dianggap sebagai bentuk pengabdian terhadap raja yang memimpin,

12. Batik Kawung Peksi

Batik Kawung Peksi
berrybenka.com

Peksi dalam bahasa Jawa berarti burung. Untuk mendapatkan jenis kain kawung yang satu ini memang dibutuhkan ketelitian karena di dalam motif kawung terdapat isian yang bermotif burung.

Sekilas burung yang berada di dalam isian kawung ini memang terlihat seperti gambar bunga. Jenis kain ini akan terlihat manis bila dibuat dengan warna-warna gelap seperti hitam, coklat tua ataupun merah marun.

13. Kawung Motif Kerajaan

Kawung Motif Kerajaan
tatabebebatiklasem.com

Kawung memiliki 3 makna, satu diantaranya diambil dari pohon kawung yang memiliki berbagai macam kegunaan untuk banyak orang.

Batik kawung pewarnaan alam memiliki kombinasi berbagai macam motif diantaranya tentu saja terdapat kawung, dan juga dikombinasikan dengan ornamen lain berupa motif pelayan kerajaan.

14. Gordo Kawung Ageng

Gordo Kawung Ageng
simply-official.com

Dulu, Gordo Kawung Ageng hanya digunakan oleh anggota kerajaan. Batik Gordo Kawung Ageng dianggap memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi dalam pembuatannya sehingga batik ini merupakan wujud kesetiaan dari sang pembuat kepada Raja yang saat itu berkuasa.

Jenis batik ini hampir memiliki motif kawung serta kombinasi ornamen bunga dan juga burung.

15. Kawung Hitam Putih

Kawung Hitam Putih
ans-ein.com

Pada dasarnya, jenis kain ini adalah motif kawung bribil yang menggunakan kombinasi hitam dan putih sehingga membuat jenis kawung ini berbeda.

Pada sudut kiri dan kanan kawung juga diberikan aksen dot atau titik persis seperti kawung bribil. Kawung jenis ini sangat cocok bila dijadikan aksen dari pakaian dengan menggabungkan jenis motif batik lainnya sesuai selera Anda.

Model Baju Motif Batik Kawung

Bila Kamu sudah mengetahui beragam jenis motif batik kawung seperti yang telah dijelaskan tadi, tentu Kamu ingin tahu mode baju dengan motif batik bagaimana yang cocok untuk digunakan dalam keseharian atau dalam acara penting.

Berikut ini beberapa inspirasi mode baju dengan motif batik yang bisa digunakan dalam berbagai acara penting.

1. Rok Mini Kombinasi Bunga

Batik Kawung
pricenia.com

Melihat rok mini yang satu ini membuat Kita teringat tentang kain batik yang digunakan perempuan sebagai sarung pada zaman dahulu.

Dengan memodifikasinya sebagai rok mini, batik kawung ini disulap menjadi rok kekinian yang bisa digunakan sehari-hari.

Dengan Rp. 235.000 Kamu sudah bisa mendapat rok batik lucu ini, loh! Kombinasikan dengan atasan polos berwarna netral, Kamu siap untuk pergi.

2. Atasan Batik Kombinasi Stripe

Motif Batik Kawung
ans-ein.com

Mode baju batik yang satu ini cocok digunakan saat Kamu diwajibkan untuk bekerja di hari Jumat. Dengan aksen garis di bagian pinggang, baju ini membuat Kamu terkesan lebih langsing.

Kamu bisa memadu-padankan baju batik ini dengan celana kain berwarna hitam atau coklat muda. Harga atasan batik kombinasi stripe ini hanya Rp. 265.000 saja.

3. Terusan Batik Monokrom

Gambar Batik Kawung
popbela.com

Jika Kamu menyukai jenis pakaian terusan atau dress, Kamu wajib untuk memiliki satu buah terusan batik monokrom seharga Rp. 405.000 di dalam lemarimu.

Tak hanya digunakan dalam acara formal, terusan ini dapat digunakan di acara santai seperti bertemu teman di mall. Trik agar tidak terlihat terlalu formal adalah dengan mengurangi aksesoris dan juga gunakan sepatu yang santai.

4. Atasan Batik Rumbai

Batik Motif Kawung
instagram.com/frandafranklin

Kamu yang ingin memiliki jenis batik yang dapat digunakan dalam berbagai acara sepertinya bisa menjadikan baju ini sebagai salah satu pilihan.

Dengan bahan batik yang sangat flowy, atasan batik ini bisa menjadi ‘day-to-night’ outfit. Untuk pergi ke acara formal, Kamu bisa menggunakan kain batik dengan corak senada. Harga atasan ini mulai dari Rp. 335.000

5. Turtleneck tanpa Lengan

Kawung Batik
berrybenka.com

Batik kawung yang sangat klasik bila digunakan sebagai atasan. Kamu yang kurang percaya diri dengan masalah lengan atau mungkin untuk kamu yang berhijab, bisa menggunakan luaran saat mengenakan atasan batik turtleneck seperti ini.

Harga atasan ini cukup murah yaitu Rp. 164.500, lebih murah bukan jika membeli kain batik dan menjahitnya dari awal?

6. Gaun Kawung Cloak

Batik Kawung Modern
grid.id

Kamu berencana untuk pergi ke kondangan dalam waktu dekat? Jika tidak memiliki waktu untuk menjahit baju untuk acara penting, gaun cloak bermotif batik kawung ini bisa menjadi solusinya.

Harga gaun ini sekitar Rp. 472.000. Dengan bahan seperti sifon, gaun batik ini terlihat lebih modern dan bisa menjadi salah satu gaun yang dipakai beragam usia mulai dari anak muda hingga ibu-ibu sekalipun.

7. Atasan Kawung Hitam Putih

Atasan Kawung Hitam Putih
jakartafashionweek.co.id

Kamu tidak perlu khawatir saat memutuskan membeli jenis batik yang satu ini karena atasan kawung hitam putih seperti ini bisa di mix and match menggunakan beragam jenis bawahan dan juga aksesoris.

Batik hitam putih juga bisa digunakan sepanjang musim. Dengan harga Rp, 137.500 Kamu bisa memiliki fashion item yang abadi di dalam lemarimu.

8. Dress Formal Kawung Kombinasi

Dress Formal Kawung Kombinasi
aksentropis.com

Dress formal dengan Batik kawung kombinasi ini memiliki panjang yang cukup terlihat sopan jika dikenakan di berbagai acara.

Tidak terlalu pendek maupun terlalu panjang, jenis dress ini akan sangat terlihat elegan bila digunakan bersamaan dengan heels atau sepatu hak tinggi. Harga dress seperti ini tergolong lumayan mahal yaitu Rp, 425.500.

9. Atasan Babydoll

Gambar Motif Batik Kawung
blibli.com

Selama ini atasan babydoll mungkin terlihat membuat badan kamu terlihat lebar. Tetapi baju jenis ini justru membuat badan terlihat proporsional bila dilakukan pemilihan bawahan yang tepat.

Babydoll bisa digunakan bagi Kamu yang berhijab agar terlihat lebih feminim. Dengan model baju yang lebar, baju ini membuat Kamu menjadi leluasa untuk bergerak. Harga baju ini mulai dari Rp. 161.300.

10. Jumpsuit Kombinasi

Warna Batik Kawung
redbubble.com

Jenis pakaian batik yang satu ini sangat sesuai bagi Kamu yang berjiwa santai. Dengan kombinasi batik kawung dan juga kain polos ini, kamu tidak akan terlihat mencolok saat sedang ngopi bersama teman-teman.

Untuk aksesoris, Kamu bisa menambahkan anting dan juga menggunakan sandal yang santai atau sepatu kets. Kamu bisa mendapatkan jumpsuit ini dari harga Rp. 395.000

11. Atasan Batik Kawung dengan Aksen Kancing

Contoh Batik Kawung
wolipop.com

Bila Kamu bosan melihat atasan batik kawung yang polos, Kamu bisa menjadikan atasan yang satu ini sebagai referensi.

Dengan kancing di bagian atas dada, atasan batik dengan harga Rp. 324.000 ini bisa menjadi salah satu pilihan pakaian kerja Kamu. Lengan dan juga pinggang yang dibuat melebar juga memberikan ruang bagi Kamu untuk bergerak.

12. Atasan Batik Kawung Kombinasi

Atasan Batik Kawung Kombinasi
blibli.com

Dengan setengah bagian batik dan setengah bagian lagi kain polos, Kamu bisa menggunakan atasan seharga Rp. 279.000 ini baik dalam acara formal maupun dalam keseharian.

Dengan memadukan atasan kawung kombinasi ini dengan kulot atau celana panjang hitam penampilan Kamu menjadi semakin terlihat cantik dan elegan. Jangan terlalu banyak menambahkan aksesoris, ya!

13. Luaran Batik Kawung

Luaran Batik Kawung
pasarayastore.com

Mungkin sekilas luaran seharga Rp. 339.000 ini terlihat bermotif bunga-bunga bukan batik. Tapi bila diperhatikan, luaran dengan kesan patchwork atau tempelan ini memiliki motif kawung di beberapa tempatnya.

Luaran jenis ini cocok untuk Kamu yang menyukai key item dalam berpakaian. Tidak perlu bingung mengkombinasikannya, Kamu bisa memberi dalaman berwarna polos berupa dress atau top.

14. Gamis Batik

Model Batik Kawung
idntimes.com

Kamu yang menggunakan hijab tetapi ingin menggunakan batik dalam berbagai kesempatan mungkin harus memiliki gamis batik dengan harga Rp. 475.000 ini.

Batik Kawung dikombinasikan dengan bahan seperti satin atau sifon membuat gaun ini terlihat feminim. Kamu bisa menggunakan hijab berbahan satin atau organza untuk menambah kesan formal pada penampilanmu.

15. Terusan A-Line dengan Dua Motif

Gambar Batik Motif Kawung
aksentropis.com

Tidak hanya cocok digunakan di kantor, terusan A-line ini juga cocok untuk digunakan untuk Kamu yang lebih suka kesan santai saat pergi ke kondangan. Kombinasi dua motif yang berada di dalam satu pakaian ini membuat terusan ini terlihat sangat unik.

Harga terusan semacam ini juga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp. 164.000, Kamu tinggal menambah aksen clutch saja untuk terlihat makin cantik.

16. Terusan dengan Aksen Batik Kawung

Model Baju Batik Kawung
idntimes.com

Memakai batik bukan berarti Kamu harus menggunakan pakaian dengan motif batik sepenuhnya. Dengan jenis terusan yang seperti ini, batik hanya menjadi ornamen atau aksen dalam pakaian.

Cocok untuk Kamu yang mungkin kurang suka dengan pakaian formal. Harga terusan jenis ini juga cukup murah yaitu Rp. 124.900 karena batiknya yang hanya menjadi aksen di tengah terusan.

17. Dress Anak Batik Kawung

Pola Batik Kawung
fimela.com

Batik kini tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, kamu yang memiliki anak juga bisa memilih batik sebagai pakaian formal mereka.

Pilih corak pastel agar terkesan playful dan pilihlan model dress yang tidak berlengan agar si kecil bisa bebas bergerak.

Kamu bisa mendapatkan dress batik anak ini mulai dari Rp. 229.000, tidak hanya cantik tapi kamu juga menanamkan rasa cinta Indonesia padanya.

18. Atasan Batik Kawung Sifon

Contoh Gambar Batik Kawung
pasarayastore.com

Atasan batik ini memang sedikit formal dan hanya bisa digunakan dalam acara tertentu.

Namun jika kamu mengkombinasikannya dengan bawahan yang santai maka kesan formal atasan ini langsung hilang dan kamu akan terlihat lebih santai. Bukan hanya itu, atasan seperti ini juga bisa kamu beli hanya dengan harga Rp. 366.400 loh!

19. Set Batik Kawung

Set Batik Kawung
bukalapak.com

Mungkin belum banyak yang percaya diri untuk menggunakan batik sebagai outfit sehari-harinya. Namun satu set atasan dan bawahan batik seharga Rp. 637.000 ini terlihat sangat bisa untuk menjadi pakaian sehari-harimu.

Dengan aksen ruffles di bagian dada dan juga kaki serta penggunaan warna-warna pastel, set batik ini sangat cocok untuk kamu yang berjiwa feminim dan mencintai batik.

20. Gaun Batik Kawung Sen

Gaun Batik Kawung Sen
pinterest.com

Terlihat mirip dengan gamis batik yang dibahas sebelumnya, penggunaan batik pada gaun ini terlihat lebih banyak digunakan dari bagian bahu hingga dibiarkan menjuntai hingga mata kaki.

Meskipun menggunakan jenis batik yang dibuat dari bahan dasar sifon, penggunaan inner krem ini membuat gaun terlihat sangat sopan. Harga gaun Rp. 649.000 sesuai dengan kualitas yang diberinya.

21. Jumpsuit Batik Kawung

Jumpsuit Batik Kawung
lazada.co.id

Jumpsuit batik berwarna biru ini bisa kamu pakai dalam acara outdoor seperti garden party atau resepsi di tepi pantai.

Dengan celana yang berbentuk harem atau aladdin, jumpsuit ini terlihat santai dan elegan di waktu yang bersamaan. Kamu yang suka mengoleksi pakaian etnik wajib untuk memiliki jumpsuit seharga Rp. 721.000 ini.

22. Atasan Batik Kawung Simple

Atasan Batik Kawung Simple
lazada.co.id

Atasan batik yang satu ini memang sangat sederhana. Dengan pola H namun terlihat tidak murahan karena bentuknya yang mengikuti bentuk tubuh kamu.

Untuk menambah kesan formal dalam atasan ini saat kamu akan menggunakannya ke acara penting, tambahkan kalung ataupun aksesoris lain yang bernuansa gold. Atasan ini cukup murah, yaitu hanya Rp. 126.000.

23. Kemeja Pria Formal

Contoh Motif Batik Kawung
arjunawedabatik.co.id

Bila biasanya anak muda laki-laki jarang mau menggunakan batik, mungkin harus melihat inspirasi batik kawung untuk pria yang satu ini.

Kemeja batik dengan corak pastel ini seakan-akan melepaskan kesan ‘tua’ saat menggunakan batik. Harga kemeja ini juga terjangkau dengan ukuran kemeja batik yaitu hanya Rp. 339.000. Kamu bisa juga memakai baju batik couple dengan pasanganmu.

24. Atasan Batik Kawung Pewarnan Alam

Atasan Batik Kawung Pewarnan Alam
batiketniqcraft.com

Seperti yang dijelaskan mengenai makna batik kawung pewarna alam, yaitu batik yang memiliki ragam kombinasi motif, Batik yang satu ini sesuai untuk digunakan dalam dunia kerja karena warnanya yang juga cenderung tidak terlalu mencolok.

Kamu bisa menggunakan atasan batik ini secara seragam dengan teman-temanmu, untuk satu baju harganya mulai dari Rp. 227.000.

25. Atasan Batik Kawung Kombinasi Parang

Atasan Batik Kawung Kombinasi Parang
bydeals.net

Hampir sama dengan atasan batik kawung sebelumnya, atasan ini juga sangat sesuai bila digunakan sebagai seragam kerja karena motifnya yang cukup formal.

Aksen biru yang menyala tidak memberikan kesan berlebihan namun menjadi pemanis bagi atasan ini. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp. 280.000 untuk satu buah atasan.

26. Terusan Batik Kombinasi

Terusan Batik Kombinasi
bukalapak.com

Terusan ini pasti mengingatkanmu pada motif di tahun 1960, dimana pada masa itu kebanyakan baju memiliki motif monokrom.

Terusan dengan motif batik seperti ini bukan hanya cocok digunakan saat pergi ngantor, tetapi bisa juga digunakan dalam acara seperti arisan keluarga.

Kamu yang berencana untuk merayakan lebaran dengan batik juga bisa memilih motif ini. Harga terusan ini Rp. 310.000.

27. Atasan Kawung Agung

Atasan Kawung Agung
batiketniqcraft.com

Bila di zaman kerajaan dahulu jenis batik kawung agung hanya bisa digunakan oleh anggota kerajaan, sekarang kamu bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Batik kawung agung ini sesuai untuk digunakan sebagai pakaian kerja atau undangan formal lainnya. Kamu bisa mendapatkan jenis batik ini dengan mudah mulai dari harga Rp. 225.000.

28. Terusan Kawung Kombinasi Midi

Terusan Kawung Kombinasi Midi
blibli.com

Terusan ini terbilang cukup elegan dengan tetap menggunakan corak coklat asli batik. Dress jenis ini terlihat klasik dengan pola A-line yang membuat tubuhmu akan terlihat semakin jenjang.

Jika kamu mengenakan dress seharga Rp. 275.000 ini, kamu bisa menambahkan aksesoris seperti anting bernuansa gold yang berukuran sedang.

29. Kemeja dengan Kancing Shanghai

Kemeja dengan Kancing Shanghai
bukalapak.com

Kemeja batik memang terdengar sangat biasa dan sebagian besar digunakan oleh pria. Namun jika kamu ingin memiliki kemeja batik, kamu mungkin bisa membeli kemeja seharga Rp. 186.000 ini.

Dengan boat neck atau tanpa kerah serta aksen kancing shanghai membuat kemeja ini terlihat sangat unik dan beda dari jenis kemeja batik lainnya.

30. Atasan Batik dengan Lengan Lonceng

Atasan Batik dengan Lengan Lonceng
bukalapak.com

Kombinasi atasan batik ini merupakan paduan dari batik kawung dan juga beberapa motif bunga. Jika kamu menyukai jenis baju yang longgar, maka baju seharga Rp. 265.000 ini sangat cocok untukmu.

Baju jenis ini juga bisa digunakan oleh ibu hamil dan juga ibu menyusui karena terdapat kancing di bagian depannya.

31. Batik Kawung Kombinasi Polkadot

Batik Kawung Kombinasi Polkadot
batiketniqcraft.com

Kombinasi terusan batik seharga Rp. 450.000 ini sangat cocok untuk remaja karena corak dan juga kombinasinya yang menggambarkan anak remaja yang ceria.

Batik ini tidak akan membuat kamu terlihat lebih tua dari usiamu.

32. Batik Couple atau Pasangan

Batik Couple atau Pasangan
shopee.co.id

Jika kamu akan mengadakan lamaran atau hanya sekedar menghadiri undangan bersama pasangan, kamu bisa menjadikan baju batik pasangan ini sebagai inspirasi.

Tidak hanya dapat digunakan oleh perempuan berhijab, kamu yang tidak mengenakan hijab juga tetap terlihat elegan bersama pasangan dengan menggunakan batik seharga Rp. 396.000 untuk satu pasang ini.

33. Outerwear Batik Kawung

Outerwear Batik Kawung
btbatiktrusmi.com

Luaran batik seharga Rp. 479.000 ini sangat mudah untuk dikombinasikan dengan pakaian apapun.

Kamu bisa menggunakannya dengan baju dan celana maupun dress yang simple dengan warna-warna netral atau senada.

34. Kemeja Batik dengan Kerah Shanghai

Kemeja Batik dengan Kerah Shanghai
bukalapak.com

Jika Kamu membutuhkan inspirasi kemeja untuk pergi ke acara penting, kamu bisa menggunakan batik dengan kerah shanghai seharga Rp.249.900 ini.

Bukan hanya berbeda dengan kemeja biasa, kemeja jenis ini juga terkesan lebih rapi.

35. Kemeja Batik Kombinasi Kekinian

Kemeja Batik Kawung Kombinasi Kekinian
btbatiktrusmi.com

Siapa bilang jika batik tidak bisa dikombinasikan dengan sesuatu yang kekinian?

Kemeja batik yang satu ini mengkombinasikan motif kotak-kotak dengan Batik kawung yang klasik. Kemeja dengan harga Rp. 179.900 ini bisa kamu gunakan ke acara semi-formal juga, loh!

Batik kawung memang telah ada semenjak ratusan tahun yang lalu. Namun dengan industri yang kreatif, motif batik ini masih dapat terus kita lihat dalam pakaian di berbagai macam acara.

Selain itu harga dari batik juga tidak terlalu mahal jadi bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Dengan berbagai macam mode batik ini Kita tentu tidak akan melupakan salah satu warisan budaya Indonesia ini.

Incoming search terms:

  • jenis bentuk bahan batik kawung
Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *