Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

15+ Motif Batik Parang : Gambar, Makna, Jenis, dan Sejarahnya

13 min read

Motif Batik Parang Kusumo Jogja

Batik Parang – Batik merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. Meski terkesan tradisional, motif kain ini sangat menarik dan sarat akan makna.

Salah satu motif batik yang paling tua adalah batik parang. Dahulu kala, kain batik dengan corak ini tidak boleh digunakan oleh sembarang orang.

Hanya keluarga kerajaan saja yang boleh memakainya. Namun, kini batik ini umum digunakan oleh siapa saja.

Makna Batik Parang

Corak batik ini memiliki motif yang tersusun dalam barisan diagonal. Bentuk motif tersebut seperti lereng yang dalam bahasa Jawa disebut ‘pereng’.

Oleh karenanya, corak batik tersebut disebut ‘parang.’ Sementara itu, pendapat lain mengatakan bahwa nama motif batik ini berasal dari kata karang yang berada di ‘perengan’ (tebing) pantai.

Motif parang tersebut berbentuk mirip huruf ‘S,’ seperti ombak. Corak ini dijalin berdekatan tanpa terputus. Jalinan motif ini dibuat bukan tanpa alasan.

Terdapat makna mendalam di balik corak ini. Filosofi batik parang adalah tidak boleh menyerah laksana ombak lautan yang terus-menerus menggempur karang.

Dengan mengenakan ageman motif parang, diharapkan si pemakai akan terus berusaha melawan godaan dari dalam diri maupun dari luar.

Selain itu, makna batik ini juga berarti bahwa harus terus berjuang untuk memperoleh kesejahteraan dan untuk memperbaiki diri sendiri.

Pada zaman dahulu, batik ini juga menjadi penguat ikatan orangtua dan anak. Para orangtua, terutama dari keluarga kerajaan, akan menghadiahkan batik ini kepada anaknya.

Ini merupakan hadiah yang sangat bernilai bagi si anak. Selain itu, pemberian hadiah tersebut memiliki arti yang sangat penting.

Dengan memberikan hadiah tersebut, diharapkan si anak mau meneruskan perjuangan orangtuanya.

Pada bagian tengah motif yang berbentuk huruf ‘S’ tersebut terdapat garis tegak.

Garis ini memiliki makna tersendiri yaitu kesetiaan pada nilai-nilai luhur, cita-cita, serta penghormatan.

Selain itu, dinamika pada corak tersebut juga melambangkan kewaspadaan serta ketangkasan.

Motif parang ini juga bisa diartikan sebagai perang. Kata perang di sini tidak selalu bermakna perang melawan musuh atau penjajah.

Namun, kata tersebut lebih bermakna sebagai perang melawan hawa nafsu. Oleh karenanya, batik ini setiap hari dikenakan oleh para ksatria serta raja.

Batik tersebut bisa dibilang agama mereka, yang membimbing ucapan dan perilaku mereka.

Motif Batik Parang & Sejarah

Batik motif parang ada banyak jenisnya. Beberapa di antaranya tergolong sebagai jenis motif yang cukup kuno. Salah satunya adalah batik parang rusak yang terinspirasi oleh ombak lautan.

Corak ini diciptakan oleh Panembahan Senopati, pendiri Kesultanan Mataram, saat bertapa di Pantai Selatan. Motif ini bermakna bahwa untuk mencegah kejahatan, manusia perlu mengendalikan hawa nafsu.

Motif lain yang juga klasik adalah batik parang barong. Pencipta corak ini adalah Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Salah satu makna dari batik ini adalah kehati-hatian dalam bertindak. Selain itu, ada juga batik parang klitik yang biasa digunakan oleh para putri raja, batik parang kencana, dan batik parang slobog.

Saat ini, batik motif parang telah banyak berkembang. Sehingga, corak batik ini semakin menarik. Selain itu, teknik pembuatannya juga semakin modern.

Salah satunya dengan batik parang vector. Sehingga, proses produksinya lebih mudah, cepat, dan terjangkau. Alhasil, lebih banyak masyarakat yang mampu membelinya.

Berikut ini jenis motif parang yang bisa kamu pilih untuk dijadikan outfit.

1. Batik Parang Motif Merak

Batik Parang Motif Merak
fimela.com

Motif batik ini terlihat unik dan elegan. Corak tersebut memiliki latar motif parang yang umum ditemui. Namun, batik ini dikombinasikan dengan motif burung merak yang elegan dan cantik.

Kemudian, di bagian tepi kainnya, terdapat corak bunga-bunga yang semakin menambah keindahan motif ini.

Batik motif parang merak ini biasanya tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Selain itu, dalam satu kain biasanya terdapat kombinasi dua sampai lima warna. Coraknya yang feminin membuat batik ini sangat cocok untuk kaum hawa.

2. Parang Kusumo Jogja

Motif Batik Parang Kusumo Jogja
123rf.com

Motif parang kusumo Jogja ini sekilas terlihat sangat sederhana. Meski demikian, kain ini nampak elegan.

Corak utama batik tersebut hanya berupa kombinasi pola ‘S’ serta bulatan-bulatan dan pola permata di ujungnya.

Warna batik ini juga cukup sederhana karena hanya mengkombinasikan dua atau tiga warna. Selain itu, warnanya juga netral, seperti putih dan cokelat.

Batik yang sederhana namun elegan ini cocok dipadupadankan dengan bermacam-macam model outfit. Selain itu, batik ini juga akan terlihat padu dengan berbagai warna.

Baca Juga: Batik Jogja

3. Parang Curigo Merah

Motif Batik Parang Curigo
bukalapak.com

Motif parang curigo merah ini nampak sangat mencolok. Corak ini sendiri merupakan perkembangan dari pola parang curigo. Kata curigo dalam nama batik ini berarti ‘keris tanpa sarung’. Keris sendiri dalam budaya Jawa melambangkan kecerdasan serta ketenangan.

Pada corak tersebut terlihat bahwa terdapat dua kombinasi pola. Yang pertama adalah parang curigo dan yang kedua mirip motif kawung. Kombinasi warna pada motif ini cukup sederhana karena hanya menampilkan dua warna. Akan tetapi, warnanya yang mencolok membuatnya sangat menarik. Jenis batik ini lebih cocok dipadukan dengan baju berwarna soft atau netral.

4. Motif Parang Tuding

Motif Batik Parang Tuding
pinterest.com

Corak batik ini sedikit berbeda dari pola parang biasa. Bentuk huruf ‘S’ pada corak ini tidak begitu kentara. Hal ini karena pola ini lebih menyerupai jari telunjuk dengan susunan berjajar rapat. Oleh sebab itu, batik ini disebut parang tuding.

Pola batik ini termasuk corak yang cukup tua. Makna dibalik motif tersebut adalah sang pemakai mampu menunjukkan hal-hal yang positif, baik, dan dapat ditiru.

Pada zaman dahulu, pola ini lebih sering dipakai oleh orangtua atau orang yang dituakan.

Meski demikian, kamu yang masih muda tetap akan nampak keren memakainya karena motif ini nampak elegan dan berwibawa.

5. Motif Parang Cantel

Motif Batik Parang Cantel
infobatik.id

Corak batik ini memiliki susunan motif ‘S’ yang lebih kecil dan ramping. Jika dilihat sekilas, motif ini bahkan nampak seperti huruf ‘N’ yang disusun secara simetris dan sejajar.

Beberapa pengrajin mengkombinasikan berbagai warna dan menambahkan motif lain, seperti bunga dan dedaunan untuk menambah keindahannya dan membuatnya terkesan lebih modern.

Motif batik ini sebenarnya cukup tua. Namanya sendiri diambil dari kata ‘cumantel’ yang kemudian dipersingkat menjadi ‘cantel’.

Maksud dari penamaan motif ini adalah agar pemakainya hanya ‘cumantel’ atau bergantung kepada Tuhan YME. Sehingga, ia dapat menjadi orang yang bijaksana dan mampu hidup bermasyarakat dengan baik.

6. Batik Parang Kusumo

Batik Parang Kusumo
flickr.com

Meski namanya hampir sama dengan motif parang kusumo Jogja, namun keduanya tidaklah sama. Batik parang kusumo memiliki garis-garis yang lebih tegas.

Selain itu, pola huruf ‘S’ pada corak ini juga lebih ramping daripada parang kusumo Jogja.

Motif ini terlihat sederhana namun menarik. Kamu bisa menjadikannya sebagai atasan maupun bawahan yang fashionable.

Nama motif batik ini diambil dari kata ‘kusumo’ atau ‘kusuma’ yang berarti bunga.

Dengan demikian, sang pemakai kain batik dengan corak ini harus mau berjuang untuk keharuman lahir serta batin.

Keharuman pribadi ini akan terpancar jika sang pemakai bersikap sopan santun serta sesuai dengan norma yang ada.

7. Batik Parang Rusak Barong Warna Cerah

Batik Parang Rusak Barong Warna Cerah
wikipedia.org

Motif batik ini memiliki pola huruf ‘S’ yang berukuran lebih besar dari beberapa motif parang lainnya. Hal ini sesuai dengan kata ‘barong’ yang berarti besar yang tersemat pada nama corak batik ini.

Dahulu, motif ini hanya boleh dikenakan oleh raja dan permaisuri. Makna pola ini adalah agar pemakainya mampu mengendalikan diri dan bertindak lebih bijaksana.

Untuk membuat corak batik tua ini terlihat semakin modern, penggunaan warna cerah diaplikasikan pada motif ini.

Dengan warnanya yang lebih mencolok dan lebih berani, kain batik dengan motif ini bisa dipadukan dengan outfit berwarna yang soft dan polos.

8. Batik Parang Centung

Batik Parang Centung
fasnina.com

Pola batik ini terlihat lebih unik jika dibandingkan dengan beberapa motif parang tertentu. Pada motif tersebut, sebuah ragam corak ditambahkan.

Pola ini berbentuk seperti sendok nasi yang dalam bahasa Jawa disebut centong.

Oleh karenanya, motif ini dinamai parang centung. Makna dari batik ini adalah ‘sudah bisa berdandan.’

Motif tersebut memiliki detail-detail pola yang terkesan lebih feminin.

Oleh karenanya, batik ini cocok dipakai oleh  kaum wanita . Batik motif parang centung biasanya dikenakan pada upacara tujuh bulanan atau mitoni serta pesta pernikahan.

9. Motif Parang Curigo Mlinjon

Motif Batik Parang Curigo Mlinjon
grahabatik.com

Pola batik ini adalah salah satu pengembangan dari batik motif parang curigo.

Ragam tambahan pada susunan pola ‘S’ pada corak tersebut adalah pola keris yang memang menjadi ciri khas parang curigo .

Selain itu, pola permata pada motif ini terlihat sangat jelas. Pola ini disebut mlinjon. Oleh karenanya, motif ini disebut parang curigo mlinjon.

Apabila susunan pola huruf ‘S’ melambangkan ombak, maka mlinjon melambangkan pusaran air yang ditimbulkan oleh ombak.

Motif ini biasanya dikenakan saat seseorang menghadiri pesta. Kain batik dengan pola ini tersedia dalam beberapa pilihan warna.

Sehingga, kamu bisa memilih satu yang memiliki warna paling cocok untuk dipadukan dengan outfit yang dipakai.

10. Parang Rusak Barong

Parang Rusak Barong
grahabatik.com

Pola batik ini merupakan kombinasi dari parang rusak serta parang barong.

Dengan demikian, tak heran jika kamu akan melihat ragam pola parang rusak dalam ukuran yang lebih besar. Selain itu, motif ini juga memiliki mlinjon yang terlihat jelas.

Batik dengan motif parang rusak barong ini terkesan sangat elegan.

Saat dikenakan, personaliti si pemakai akan terlihat lebih menonjol. Jadi, tak ada salahnya buatmu untuk memiliki batik dengan motif tersebut.

11. Motif Parang Sketsa

Motif Batik Parang Sketsa
pinterest.com

Batik dengan motif ini bisa dikatakan sebagai perpaduan antara unsur tradisional dan modern.

Unsur tradisional dalam motif ini terlihat dalam ragam pola yang ada pada batik ini. Polanya murni motif parang yang cukup klasik.

Sedangkan unsur modern terlihat pada penggunaan warna yang sangat minimalis, sehingga mirip sebuah sketsa

Motif parang sketsa ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melestarikan batik dengan cara yang tidak terlalu mencolok. Kain batik dengan motif ini cocok digunakan untuk membuat kemeja maupun gaun.

12. Motif Parang Barong

Motif Parang Barong
inibaru.id

Parang barong memiliki pola huruf ‘S’ berukuran cukup besar, sekitar 20 cm.

Motif batik ini bisa dikatakan sebagai induk dari jenis-jenis motif parang lainnya.

Corak tersebut juga tergolong sangat sakral. Raja biasanya hanya mengenakan batik ini saat sedang bermeditasi atau melaksanakan ritual keagamaan sehingga ia bisa bertindak dengan lebih bijaksana.

13. Batik Parang Motif Curigo

Batik Parang Motif Curigo
peditren.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, batik motif parang curigo ini memiliki ragam pola keris yang diselipkan pada susunan pola huruf ‘S’-nya.

Keris tersebut disimbolkan dengan garis berlekuk-lekuk.

Dengan menggunakan kain batik motif tersebut, diharapkan pemakainya mampu bersikap tenang dan berpikir dengan cerdas.

14. Batik Parang Seling Warna

Batik Parang Seling Warna
kainusa.id

Corak parang seling warna ini tergolong variasi baru dari motif parang pada umumnya.

Pada motif tersebut, corak khas pada motif parang didesain dengan ukuran kecil.

Kemudian, ragam pola ini diselingi pola lain. Sehingga, terciptalah kombinasi pola yang unik serta menarik.

Selain itu, warna dari batik ini juga lebih cerah dan bervariasi ketimbang motif parang tertentu.

Dengan demikian, kamu bisa lebih leluasa memilih warna kain batik motif parang seling sesuai selera.

Baca juga: Batik Kawung

15. Batik Parang Bermakna

Batik Parang Bermakna
prelo.co.ic

Motif batik ini juga tergolong sebagai variasi modern dari motif parang kuno.

Ragam pola bunga dan daun-daun pada batik tersebut menambah keindahan dan kecantikan dari batik ini. Motif ini lebih cocok untuk kaum hawa karena polanya yang cukup feminin.

Selain itu, corak tersebut juga cocok bagi kamu yang lebih suka variasi modern dari motif parang.

Model Baju Batik Parang

Saat ini, penggunaan batik motif parang tidak hanya terbatas pada keluarga kerajaan saja. Semua orang boleh mengenakan batik ini.

Apalagi, kini ada banyak model baju batik motif parang yang bisa dengan mudah dibeli secara online dan offline.

Akan tetapi, sebaiknya kamu tidak mengenakan batik ini saat berkunjung ke keraton Jogja atau Solo, terutama saat Sultan berada satu ruangan denganmu.

Berikut beberapa inspirasi model baju batik motif parang yang tersedia di berbagai online shop.

1. Setelan Batik Motif Parang

Setelan Batik Motif Parang
berrybenka.com

Setelan batik ini terdiri dari atasan berlengan pendek dengan aksen pita batik motif parang dan celana kulot dengan motif parang curigo berukuran besar. Harga setelan ini sekitar Rp 150.000.

2. Blus Batik

Contoh Batik Parang
lazada.com

Motif parang pada blus ini sedikit samar, namun jika diamati lebih seksama maka akan terlihat pola ‘S’ pada corak dedaunannya. Blus batik formal ini dijual dengan harga sekitar Rp 65.000.

3. Kemeja Batik Pria

Batik Parang Rusak Barong
aksentropis.com

Kemeja batik berlengan panjang ini memiliki motif klasik yang elegan. Harga kemeja pria tersebut sekitar Rp 340.000.

4. Dress Batik dengan Outer Motif Parang

Dress Batik Dengan Outer Motif Parang
pinterest.com

Dress batik ini pasti akan membuat kamu terlihat sangat anggun. Perpaduan dress batik dengan outer parang barong ini cocok digunakan ke berbagai pesta.

5. Minidress Batik Motif Parang

Minidress batik motif parang
nunikutami.com

Minidress dengan motif parang ini sekilas terlihat cukup sederhana. Meski demikian, dress ini terlihat elegan dan dapat dikenakan di berbagai acara.

6. Tunik Batik Kombinasi

Batik Parang Kombinasi
pinterest.com

Tunik batik dengan perpaduan motif parang dan bunga-bunga ini terlihat menarik. Busana ini cocok digunakan ke kantor atau ke acara-acara formal. Blus berlengan panjang ini juga bisa dikenakan sebagai busana muslim. Kamu hanya perlu memadukannya dengan celana panjang polos serta hijab polos dalam warna yang tepat.

7. Sackdress Motif Parang Merah

Jenis Motif Batik Parang
berrybenka.com

Gaun ini terlihat sangat cantik dan bisa dikenakan di acara formal maupun semi formal. Warna merah pada sackdress ini cocok bagi kamu yang ingin terlihat sedikit bold. Sackdress batik ini dijual dengan harga sekitar Rp 350.000.

8. Sackdress Batik Tosca

Gambar Batik Parang Jawa
berrybenka.com

Minidress ini terlihat modis dan adem karena berwarna tosca. Kamu bisa membeli batik ini dengan harga sekitar Rp 350.000.

9. Minidress Batik Aksen Motif Parang

Minidress batik aksen motif parang
instagram.com/batikkerisindo

Untuk kamu yang ingin menonjolkan lekuk tubuhmu, kamu harus memiliki minidress ini. Busana batik ini nampak elegan dengan aksen motif parang. Selain itu, hiasan pita pada gaun tersebut membuatnya semakin manis.

10. Minidres Motif Parang Klasik

Minidres Motif Parang Klasik
berrybenka.com

Minidress ini terlihat sangat kalem karena memadukan warna putih pada bagian atasnya dan batik motif parang klasik pada bagian bawahnya. Dengan mengenakan gaun ini, pasti kamu akan terlihat semakin muda namun anggun. Minidress ini dijual dengan harga sekitar Rp 140.000.

11. Dress Motif Parang Curigo Putih Biru

Foto Batik Parang
berrybenka.com

Dengan mengenakan dress ini, dijamin kamu akan terlihat eye-catching. Dress tersebut memiliki desain yang tidak biasa namun fashionable. Kombinasi warnanya yang terdiri dari warna putih biru semakin membuatnya nampak menarik. Dengan mengenakan dress semi formal ini, kamu bisa menghadiri berbagai acara kasual maupun formal.

12. Blus Muslim Batik Motif Parang

Design Batik Parang
berrybenka.com

Blus muslim ini dihiasi dengan motif parang dengan warna yang berselang seling. Warnanya yang netral membuat blus ini terkesan formal. Selain itu, outfit ini pasti akan membuat para pemakainya terlihat elegan. Kamu bisa memadukannya dengan hijab serta celana panjang berbagai warna.

13. Rok Lilit Batik

Batik Parang Gambar
batiknulaba.com

Jika kamu ingin menghadiri acara pesta pernikahan atau acara pesta lainnya, rok lilit batik motif parang ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Outfit tersebut pasti akan membuatmu nampak lebih feminin dan manis. Rok lilit yang mengkombinasikan pola parang dan kawung ini dijual dengan harga antara Rp 100.000 sampai Rp 200.000.

14. Outer Batik Motif Parang Selutut

Batik Parang Slobog
rekomended.com

Outer batik sepanjang lutut ini sangat pas untuk kamu yang ingin tampak modis saat pergi ke kantor. Motif batik warna-warni pada outer ini sangat pas dipadukan dengan dress hitam. Outer ini juga bisa dipadukan dengan busana muslim.

15. Dress Batik Pink

Dress Batik Parang Kencana
jakartafashionweek.co.id

Jika kamu ingin terlihat manis saat menghadiri pesta, kamu bisa memilih dress motif parang berwarna pink ini. Motifnya yang berukuran kecil menambah kesan feminin pada gaun tersebut. Selain itu bagian bawahnya nampak seperti rok lilit sehingga dress ini terlihat sangat unik. Untuk memilikinya, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 300.000

16. Dress Asimetris

Dress Batik Parang Kombinasi
berrybenka.com

Apabila kamu bosan mengenakan minidress yang modelnya itu-itu saja, sebaiknya kamu memiliki dress asimetris seperti di atas. Dress ini nampak sangat unik dengan modelnya yang asimetris. Selain itu, perpaduan warna putih serta motif parang klasik pasti akan membuatmu nampak jauh lebih anggun serta cantik. Dress ini dijual dengan harga sekitar Rp 150000.

17. Outer Parang Barong

Motif Batik Parang Barong
elevenia.co.id

Untuk membuat penampilanmu semakin cantik dan anggun, kamu bisa mengenakan outer parang barong ini. Warna gelap dan motifnya yang klasik membuat outer ini cocok dipadukan dengan warna-warna terang, misalnya krem, keemasan, dan champagne. Outer yang bisa digunakan untuk ke kantor dan ke pesta ini dijual dengan harga sekitar Rp 225.000.

18. Busana Muslim Motif Parang Hijau

Dress Batik Parang
pinterest.com

Untuk kamu yang berhijab setiap hari, busana muslim dengan motif parang berwarna hijau ini bisa menjadi salah satu outfit andalanmu. Dengan mengenakan busana tersebut, kamu akan nampak modis di berbagai acara. Busana muslim batik ini sangat cocok buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi.

19. Kemeja Motif Parang Seling

Batik Parang Solo
aksentropis.com

Kemeja berlengan panjang dengan motif parang seling ini cocok untuk ke kondangan dan berbagai acara formal lain. Motif dan warnanya yang cukup klasik pasti akan membuat kamu, para cowok, terlihat lebih gagah.

20. Cheongsam Parang Merah

Batik Parang Rusak
fbwfashion.com

Apabila kamu ingin terlihat sedikit lebih menarik perhatian saat mengenakan busana batik, cheongsam merah dengan motif parang ini bisa menjadi pilihanmu. Dengan warnanya yang merah dan motifnya yang elegan, Cheongsam ini pasti akan membuat penampilanmu lebih menawan dan eye-catching. Harga outfit ini sekitar Rp 150.000.

21. Minidress Parang Curigo

Batik Parang
elevenia.co.id

Minidress parang curigo ini sangat cantik dan menawan. Gaun ini memadukan kain batik parang curigo dengan kain putih polos serta brokat putih. Sehingga, tak heran jika minidress ini akan membuat kamu merasa lebih cantik. Untuk memilikinya, kamu perlu merogoh kantong sebesar Rp 260.000 – Rp 340.000.

22. Kulot Batik Motif Parang Rusak

Batik Parang Keris
berrybenka.com

Untuk berbagai acara kasual, kamu bisa mengandalkan kulot batik motif parang rusak ini. Dengan mengenakannya, kamu pasti akan merasa leluasa untuk bergerak. Kulot ini cocok dipadukan dengan atasan berwarna hitam atau krem.

23. Sackdress Parang Biru

Batik Parang Kawung
blibli.com

Gaun dengan motif parang berwarna biru ini cocok digunakan di acara-acara formal maupun kasual. Untuk acara formal, kamu bisa memadukannya dengan high heels. Dress ini dijual dengan harga sekitar Rp 200.000.

24. Tunik Batik Kombinasi Biru

Desain Batik Parang
lazada.co.id

Tunik ini memadukan berbagai ragam motif batik, seperti motif parang dan kawung. Hanya dengan memadukannya dengan legging hitam dan kerudung sederhana, penampilanmu saat mengenakan tunik ini akan terlihat menarik.

25. Gaun Batik Unik

Motif Batik Parang Curigo
batik-semar.com

Gaun batik ini terlihat manis dengan motif parang besar yang dikombinasikan dengan ragam pola daun dan bunga. Perpaduan warna serta model dress ini sendiri juga sangat menarik. Jadi, kamu pasti akan terlihat menawan dengan gaun batik ini.

26. Outfit Batik Unik

Batik Parang Rusak Jogja
styl.id

Untuk kamu yang ingin tampil unik dan tidak biasa, kamu bisa memilih model outfit di atas. Perpaduan antara blus putih, celana batik motif parang klasik, dan layering senada tersebut pasti akan membuat penampilanmu semakin eye-catching.

27. Jumpsuit Parang Curigo

Jumpsuit parang curigo
pinterest.com

Untuk kamu yang ingin terlihat seksi saat liburan, jumpsuit batik motif parang curigo ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengenakan jumpsuit halter dengan punggung terbuka ini pasti akan membuatmu menjadi pusat perhatian.

28. Blus Serut Asimetris

Batik Parang Berasal Dari
blibli.com

Blus motif parang berwarna merah ini terlihat unik dengan model serut asimetrisnya. Ditambah dengan warna merahnya yang mencolok, blus tersebut pasti akan membuatmu terlihat lebih menarik.

29. Kemeja Batik Kombinasi

Filosofi Batik Parang
pasarayastore.com

Kemeja pria dengan motif batik kombinasi ini terlihat elegan. Warnanya yang biru keabuan membuatnya cocok dipadukan dengan celana hitam maupun biru dongker.

30. Gamis Batik Sketsa

Batik Parang Curigo
batiknulaba.com

Motif batik pada gamis ini sekilas tidak terlihat karena motifnya adalah parang sketsa. Meski demikian warna lembut dan model gamis ini bisa membuat penampilanmu terlihat cantik.

31. Outer Kasual Motif Parang Hitam Putih

Outer kasual motif parang hitam putih
blibli.com

Outer kasual ini terlihat sederhana dengan motif parang klasik berwarna hitam putih. Namun, dengan perpaduan inner dan bawahan yang tepat, outer ini akan terlihat pas dan menarik.

32. Dress Parang Rusak Biru

Batik Parang Kencana
ans-ein.com

Dress motif parang rusak berwarna biru ini pas sekali untuk menghadiri acara semi formal. Untuk membuat penampilanmu terlihat lebih menawan saat mengenakannya, kamu bisa memadukannya dengan aksesoris mencolok dan high heels cantik.

33. Rok Lilit Batik Multifungsi

Model Batik Parang Kusumo
1worldsarongs.com

Rok lilit motif parang klasik ini sangat unik. Selain difungsikan sebagai rok, outfit ini juga bisa difungsikan sebagai gaun halter top. Dengan mengenakannya, kamu pasti akan terlihat sangat menawan.

34. Blus Motif Parang Kombinasi

Batik Parang Jogja
instagram.com/canting_solo

Untuk kamu yang ingin tampil feminin dan manis, kamu bisa mengenakan blus motif parang kombinasi ini. Perpaduan motif parang centung dan bunga-bunga serta warnanya yang lembut pasti akan membuat kecantikanmu semakin memancar.

35. Tube Top Dress Batik

Batik Parang Barong
instagram.com/batikbaik_id

Dengan mengenakan tube top dress batik ini, daya tarikmu pasti akan terpancar secara maksimal. Agar terlihat lebih cantik, kamu bisa memadukannya dengan kalung etnik berukuran cukup besar.

36. Tube Top Dress Batik Orange Hijau

Model Baju Batik Motif Parang
instagram.com/batikbaik_id

Untuk memperoleh penampilan menawan dan natural, kamu bisa mengenakan tube top dress batik ini. Perpaduan warna orange dan hijau pada gaun ini juga akan membuatmu nampak lebih segar.

37. Kemeja Batik Motif Parang Naga

Kemeja Batik Motif Parang Naga
instagram.com/batik_aqifa.solo

Untuk kamu, para cowok, yang ingin nampak keren saat kondangan atau ke kantor, kemeja batik ini bisa menjadi pilihan. Perpaduan motif parang serta naga pada kemeja ini dijamin akan membuatmu nampak gagah dan keren.

38. Kemeja Motif Parang Kombinasi

Kemeja batik motif parang kombinasi
instagram.com/batik_aqifa.solo

Kemeja lengan panjang dengan banyak pola ragam batik ini terlihat jauh lebih modern dari pada kemeja batik lainnya. Jadi, dengan mengenakan kemeja ini, kamu akan tetap bisa melestarikan tradisi dengan cara yang menawan.

39. Kemeja Motif Parang Naga Hitam Merah

Kemeja batik motif parang naga hitam merah
instagram.com/batik_aqifa.solo

Jika kemeja motif parang naga biru terlalu mencolok untuk kamu, varian warna hitam merah dari kemeja ini bisa menjadi pilihanmu. Dengan warnanya yang tidak terlalu mencolok, kamu bisa memadukannya dengan lebih banyak warna.

40. Kemeja Motif Parang Naga Hitam Hijau

Kemeja Batik Motif Parang Naga Hitam Hijau
instagram.com/batik_aqifa.solo

Varian kemeja motif parang naga lainnya yang bisa kamu pilih adalah varian warna hitam hijau. Kemeja ini cocok untuk kamu yang ingin terlihat lebih fresh saat mengenakan kemeja batik.

Batik motif parang merupakan motif batik klasik yang telah banyak berkembang. Sehingga, ragam kombinasinya juga sangat beragam. Jadi, tak heran jika model-model baju dengan motif ini nampak menawan.

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *