Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Bridal Shower

5 min read

Bridal Shower

Bridal shower itu apa sih ? yuk simak ✅pengertian bridal shower, ✅konsep tema, ✅inspirasi yang cantik dan kekinian di sini.

Apakah kamu punya rencana untuk menyelenggarakan bridal shower untuk temanmu yang mau menikah dan bingung menentukan bagaimanakah konsepnya?

Jangan bingung!

Tarik napas panjang lakukan pekerjaan luar biasamu itu supaya kamu tidak stres, sebab perayaan ini bukanlah hal yang menyulitkan.

Bagi kamu yang bingung ingin membuat tema bridal shower seperti apa untuk sahabatmu, coba kepoin inspirasi konsepnya di bawah ini.

Apa Itu Bridal Shower ?

Apa Itu Bridal Shower

Pesta bridal ( bridal shower ) adalah cara klasik untuk merayakan kehidupan baru calon pengantin wanita.

Menyiapkan pesta ini mungkin terlihat seperti tugas yang berat, tetapi lebih mudah daripada yang kamu pikirkan karena kamu hanya perlu mengundang teman terdekat pengantin wanita untuk merayakan hari spesialnya sebelum menjadi istri orang.

Perayaan ini adalah pesta untuk membuat orang bahagia terutama orang-orang terbaik yang ada di sekitar pengantin wanita.

Jadi, apakah kamu menyiapkan acara ini untuk teman masa kecil kamu, sahabat karibmu saat SMA, kuliah atau kerja, di pesta inilah kamu sepenuhnya fokus untuk bersenang-senang.

Ya, dalam pesta ini, kamu perlu mengundang semua orang terdekat pengantin wanita mulai dari pengiring pengantin wanita hingga teman dekat, saudara perempuan dan rekan kerja.

Setelah kamu memutuskan tema, maka buat undangan yang menggunakan tema tersebut. Buatlah undangan pesta yang cukup sederhana, karena kamu tidak boleh menyaingi undangan pernikahan calon pengantin wanita.

Selain mencantumkan tanggal, waktu dan alamat, kamu juga harus memasukkan informasi pemberian hadiah terkait tema khusus atau instruksi pakaian.

Kamu juga bisa mengadakan pesta perpisahan bersama teman terdekat lainnya di rumah, restoran, taman atau tempat lainnya yang menarik.

Jika cuacanya bagus, menyelenggarakan pesta bridal di luar rumah seperti halaman belakang atau di teras juga selalu menyenangkan.

Kamu yang sudah memiliki tema untuk pesta temanmu, buatlah acara yang sederhana namun yang terbaik. Tidak harus mengikuti tema tren populer jika memilih satu warna khas sebagai tema besar pesta sudah cukup bagus.

Jika dieksekusi dengan penuh semangat, tema pesta untuk sahabatmu bisa menyenangkan, tetapi harus relevan. Ide-ide bertema pesta bridal akan mempengaruhi skema dekorasi pesta temanmu.

Jika memungkinkan berkonsultasilah dengan pengantin wanita.

Apabila dia memiliki banyak ide bridal shower, Kamu tidak akan ingin mengulangi tema dari pesta bridal lain secara tidak sengaja.

Inspirasi Tema dan Konsep Bridal Shower

Ada 7 tema pesta bridal populer yang bisa kamu gunakan untuk menyiapkannya di antaranya adalah :

1. Cokelat Party

Bridal Shower Adalah

Gadis mana yang tidak suka cokelat?

Jika pengantin wanita adalah chocoholic, manjakan ia dan tamu lainnya dengan pesta bridal bertema cokelat.

Cari undangan bertema cokelat dan isi dengan kegiatan mencicipi cokelat dengan dekorasi serba cokelat.

2. Outdoors Travelling

Bridal Shower Party

Teman kamu suka berkemah dan mendaki, jadi mengapa tidak mendesain pesta bridal kamu di luar ruangan?

Berikan peta di pesta dan mereka semua bisa menandainya dengan bendera push-pin.

Sajikan camilan bertema berkemah seperti jagung bakar, ketela bakar, mie instan cup dan sebagainya.

3. Culinary Genius

Bridal Shower Idea

Tema pesta bridal ini sangat populer di kalangan koki rumahan.

Lampirkan kartu resep di undangan pesta sehingga tamu dapat mengisinya sebelum pesta. Mintalah setiap tamu membawa alat dapur favorit mereka untuk diberikan kepada pengantin wanita.

4. Book Club Star

Bridal Shower Gifts

Tema pesta bridal satu ini cocok untuk pengantin wanita yang suka membaca buku.

Hiasi ruangan dengan detail halaman buku dan hardcover vintage.

Jika dia memiliki penulis atau cerita favorit, kamu juga dapat mengatur tema pesta ke arah itu.

5. Movie Buff

Bridal Shower Invitation

Apakah sahabatmu pecinta film?

Rancang pesta bridal dengan merayakan kecintaannya pada film. Berikan sajian makanan popcorn, soda dan permen untuk para tamu.

Jika kamu memiliki ruang, ciptakan suasana bergaya pesta yang nyenyak dengan bantal di lantai ruang tamu dan pertunjukan film favorit pengantin wanita sepanjang masa..

6. Musik Favorit

Bridal Shower Ideas

Jika sahabatmu sangat menyukai musik, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan tema musik.

Cari undangan yang sesuai dengan selera musik pengantin wanita, undangan dengan desain yang unik dan terasa pas untuk tema rock alternatif, misalnya.

Aktivitas pesta bridal bisa berupa karaoke. Kamu dapat menyewa mesin karaoke, tetapi bisa lebih menyenangkan untuk menyewa ruang pribadi di tempat karaoke

7. Tema Dapur Bridal Shower

Bridal Shower Itu Apa

Kamu dapat dengan mudah menemukan undangan pesta pernikahan bertema dapur atau merancang sendiri. Pertimbangkan untuk menggunakan kata-kata yang mengasyikkan seperti “Kami Memasak untuk Katie!”

Dekorasinya bisa menggabungkan peralatan dapur favorit atau barang murah sederhana seperti sendok kayu dan spatula karet.

Kegiatan pesta bridalnya bisa berupa membuat hidangan menu bersama yang menyenangkan.

Sementara untuk ide konsep acara, di bawah ini adalah beberapa gambar yang bisa menginspirasi kamu dalam menemukan konsep acara yang tepat untuk sahabatmu :

1. Pesta Bridal Cuty

Bridal Shower Artinya

Konsep tema yang pesta bridal yang pertama yakni cuty dan manis, kamu bisa menghabiskan waktu bersama sahabat dan teman kamu dengan dekorasi yang lucu seperti bando di kepala dengan memegang balon.

2. Pesta Bridal dengan Dekorasi Meriah

Pesta Bridal dengan Dekorasi Meriah

Tema pesta bridal yang kedua yakni lebih meriah dengan dekorasi balon-balon, tidak lupa berikan selempang untuk teman kamu yang akan menikah.

3. Pesta Bridal dengan Seragam Baju Mandi

Bridal Shower Theme

Kalau tema yang ketiga ini lebih sederhana namun berkesan yang mana kamu bisa memberikan seragam untuk temanmu yang menikah dan merayakan pesta bridal minimalis di rumah bertema serba pink.

4. Pesta Bridal dengan Tema Dress Kembar

Pesta Bridal dengan Tema Dress Kembar

Kalau ingin mengadakan pesta bridal dengan konsep yang sederhana, kamu bisa menggunakan gaya seperti gambar di atas.

Kamu tidak memerlukan dekorasi apapun, hanya seragam dress yang sama dengan teman-teman kamu.

5. Pesta Bridal dengan Dress Manis

Pesta Bridal dengan Dress Manis

Konsep yang kelima ini lebih tema yang manis dipenuhi dengan dekorasi bunga berwarna Salem yang cukup indah dan sangat sweet.

6. Pesta Bridal Outdoor

Pesta Bridal Outdoor

Kalau kamu ingin menghabiskan waktu pesta bridal dengan lebih bermakna bersama teman-teman terdekat, kamu bisa mengadakan makan di luar ruangan hanya dengan dekorasi berupa meja dan vas bunga.

7. Pesta Bridal ala Dress Vintage

Pesta Bridal ala Dress Vintage

Untuk konsep pesta bridal satu ini cukup unik tidak memerlukan dekorasi apapun.

Kamu hanya meminta calon pengantin wanita dan teman-temanmu menggunakan baju ala-ala vintage.

8. Pesta Bridal dengan Lilitan Kain Putih

Pesta Bridal dengan Lilitan Kain Putih

Kalau tema pesta bridal satu ini memang dibuat cukup unik karena kamu berinisiatif menggunakan dekorasi kain serba putih yang dililitkan kepada calon pengantin wanita dan teman-temanmu.

9. Pesta Bridal Sederhana

Pesta Bridal Sederhana

Membuat acara pesta bridal itu tidak harus meriah, megah dan mewah, lho. Kamu juga bisa membuat tema sederhana dan simple seperti gambar di atas.

Cukup mengundang calon pengantin wanita dan satu teman terdekat lainnya kemudian minum minum teh bersama di ruang terbuka.

10. Pesta Bridal dengan Dekor Sederhana

Bridal Shower Styled Shoot

Kalau kamu menyukai pesta bridal dengan hiasan yang unik dan cukup meriah, kamu bisa menggunakan konsep di atas.

Kamu bisa mendesain tempat bersama teman-temanmu dengan beberapa dekorasi balon, vas bunga dan furniture-furniture yang unik

11. Pesta Bridal dengan Kemeja Seragam

Pesta Bridal dengan Kemeja Seragam

Untuk konsep pesta bridal di atas mengusung tema ala-ala vintage.

Kamu, calon pengantin wanita dan teman-temanmu cukup menggunakan kemeja samaan tanpa dekorasi dan hanya memerlukan sebuah tempat yang bagus untuk foto.

12. Pesta Bridal Simple

Pesta Bridal Simple

Kalau kamu ingin mengusung konsep pesta bridal dengan hal-hal yang simple, kamu juga bisa loh menggunakan konsep pesta seperti yang ada di atas, hanya perlu dekorasi balon dan mengundang calon pengantin wanita dan tidak perlu menggunakan seragam yang sama, cukup menghabiskan waktu bersama teman-teman saja.

13. Pesta Bridal Simple Tanpa Dekorasi

Pesta Bridal Simple Tanpa Dekorasi

Pesta bridal di atas juga bisa dikatakan cukup sederhana ya! Kamu hanya mengundang calon pengantin dan membawa hiasan bunga yang digunakan di rambut kemudian berswa foto bersama.

14. Pesta Bridal Outdoor dengan Gaun Putih

Pesta Bridal Outdoor dengan Gaun Putih

Pesta bridal di atas juga cukup Indah dengan hiasan bunga dan juga dress warna putih seragam bersama teman-teman kamu.

15. Pesta Bridal Sederhana di Ruangan Outdoor

Pesta Bridal Sederhana di Ruangan Outdoor

Terakhir, ada konsep pesta bridal yang diselenggarakan di outdoor dengan mengundang teman terdekat dan minum bersama sambil makan cake dan menikmati pemandangan di sekitar.

Tips Mempersiapkan Bridal Shower yang Berkesan

Menyiapkan pesta bridal untuk teman yang hendak menikah memang harus memulai proses perencanaan yang bagus dengan melihat Pinterest, blog, dan instagram.

Berikut adalah beberapa kiat untuk membuat pesta bridal mengesankan :

1. Atur Semua Detail Dekorasi yang Dibutuhkan dengan Tepat

Semua hal harus untuk pesta harus kamu siapkan sedetail mungkin. Menambahkan sentuhan istimewa yang tak terduga benar-benar membuat hari terasa berkesan bagi para tamu dan calon pengantin.

Pikirkan tempat-tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh tamu dan hiasi dengan perlengkapan seindah mungkin.

2. Sajikan Makanan Favorit

Apakah tamu kehormatanmu cenderung lebih condong ke arah gurih daripada manis?

Apakah dia punya minuman favorit?

Pesanlah menu kesukaannya di hari istimewa untuknya dan tamunya dan jangan lupa minumannya.

3. Berikan Ide Kado yang Mengesankan

Calon pengantin wanita seharusnya tidak menjadi satu-satunya orang yang meninggalkan pesta dengan perasaan istimewa.

Berikan sedikit sesuatu untuk dibawa oleh setiap tamu saat mereka menjalani pesta bridal bisa membuat semua orang pergi dengan perasaan dicintai. Menambahkan tanggal pernikahan atau di mana calon pengantin wanita bertemu juga ide yang bagus.

4. Libatkan Para Tamu

Ketika mengundang para tamu untuk menghadiri bridal shower, minta mereka datang dengan kisah manis atau bersulang untuk dibagikan kepada calon pengantin wanita.

Kemudian, ciptakan ruang intim yang disesuaikan dengan selera calon pengantin di mana para tamu dapat berkumpul untuk membuka hadiah dan berbagi perasaan mereka.

Acara di rumah selalu menjadi alasan sempurna. Menciptakan suasana yang sempurna, hangat, dan nyaman akan membuat tamu-tamu calon pengantin merasa berkesan.

Bagaimana?

Masihkah kamu bingung menentukan tema dan konsep yang mengesankan untuk pesta bridal sahabat terdekatmu?

Semoga dengan tema dan konsep di atas bisa menjawab kebingunganmu, ya…

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *