Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Batik Jogja

14 min read

Malioboro

Batik Jogja – Melakukan kunjungan singkat ke Daerah Istimewa Yogyakarta jadi semakin lengkap dengan membeli koleksi batik Jogja yang terkenal.

Batik dari Jogja menjadi daya tarik wisata bagi turis domestik maupun mancanegara. Selain itu para perajin tetap menjaga eksistensi batik dengan cara tradisional maupun modern. Sehingga terdapat motif dan filosofis luhur pada setiap coraknya.

15 Tempat Belanja Batik di Jogja yang Terkenal dan Rekomended

Kegiatan rumah produksi batik di Jogja semakin meningkat, mulai dari membangun lapangan usaha baru atau melanjutkan warisan turun temurun.

Selain itu lokasi penjualan batik Yogyakarta juga bervariatif mulai dari pasar tradisional hingga toko-toko ternama. Terdapat beberapa rekomendasi tempat belanja aneka batik, di antaranya :

1. Malioboro

Malioboro
tripjogja.co.id

Malioboro adalah kawasan ramah wisata dan menjadi ikon Jogja yang beralamat di Jl. Malioboro Danurejan Kota Yogyakarta. Kawasan ini terdiri dari toko-toko yang menjual kain batik khas meteran, pakaian berbahan batik, aksesoris dan makanan tradisional.

  • Alamat :  Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
    Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
    https://goo.gl/maps/wsqt6kXjA7z
  • Hari & Jam operasional :
    Setiap hari (kecuali Selasa Wage): 08.30 – 24.00 WIB
  • Harga tiket masuk :
    Gratis

2. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
alvarotrans.com

Lokasi kedua yang menyediakan aneka kain batik adalah pasar Beringharjo, beralamat di Jl. Margo Mulyo No.16 Ngupasan Gondomanan Kota Yogyakarta. Pasar ini buka dari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Kamu bisa menawar item batik yang dijual supaya mendapatkan batik yang bagus dan terjangkau.

  • Alamat :  Jln. Malioboro, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
    https://goo.gl/maps/TMTyLepohKYaiCGN7
  • Hari & Jam operasional : Setiap hari, pukul 06.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk :
    – Parkir Motor : Rp 2.000    – Parkir Mobil : Rp 5.000

3. Batik Winotosastro

Batik Winotosastro
winotosastro.com

Batik Winotosastro menjadi tempat untuk proses pembuatan aneka koleksi batik. Beralamat di Jl. Tirtodipuran No.54 Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Kamu bisa berkunjung mulai dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Batik Winotosastro menjadi lokasi produksi tekstil khususnya batik tradisional Yogyakarta. Selain lokasi yang luas, Kamu juga bisa melihat pajangan kain batik.

  • Alamat :  Jl. Tirtodipuran No.54, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, DIY.
    https://goo.gl/maps/BY2uGUEMNhenpo5VA
  • Hari & Jam operasional : Setiap hari, pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • No. Telepon : (0274) 371226

4. Kampung Batik Ngasem

Kampung Batik Ngasem
grahabatik.com

Kampung Batik Ngasem berada di kawasan sebelah barat dari Keraton Yogyakarta. Tersedia kain panjang lembaran dan pakaian batik dengan harga bervariasi. Kamu bisa dapatkan satu item kain batik mulai dari 70 ribu. Dapatkan pula koleksi batik premium yang diproduksi satu item per produk.

5. Desa Wisata Krebet

Krebet Jogja
bisnisukm.com

Salah satu desa wisata dengan produksi batik adalah Desa Wisata Krebet. Beralamat di Desa Wisata Krebet Sendangsari Pajangan, Bantul Kota Yogyakarta. Kamu bisa berkunjung mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Kamu akan melihat proses membatik di atas media kayu untuk beragam produk seperti wayang, topeng dan aksesoris.

6. Batik Pajangan

Krebet Jogja
infobatik.id

Kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari kota Yogya ke bagian selatan bernama Pajangan. Batik Pajangan menyediakan koleksi batik mulai dari batik cap dan tulis. Kemudian pengunjung bisa mencoba ikut membuat batik yang sedang dikerjakan oleh perajin.

7. Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo
batikgiriliyo.com

Kawasan Giriloyo akrab dengan suasana kerajaan Mataram, sejak dahulu para penduduk laki-laki berprofesi sebagai abdi dalem dan kaum perempuan sebagai perajin batik. Giriloyo beralamat di Jl. Imogiri Timur KM14 Wukirsari Bantul Yogyakarta. Tersedia Gazebo bagi pengunjung sebagai lokasi untuk belajar banyak hal tentang batik yang buka dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

8. Batik Seno

Batik Seno
gudeg.net

Sentra penjualan batik Yogyakarta juga berada di Batik Seno, beralamat di Jl. Mantrijeron MJ III/800 Kota Yogyakarta. Kemudian buka dari pukul 08.00 sampai 18.30 WIB. Tersedia aneka corak cantik dan berkesempatan melihat pembuatan batik dari awal hingga selesai. Selain itu ada kelas batik yang tersedia bagi wisatawan sehingga berkunjung ke Yogyakarta jadi semakin lengkap.

9. Batik Rumah Suryowijayan

Rumah Suryowijayan
tripadvisor.com

Konsep Batik Rumah Suryowijayan memang identik dengan Yogya. Beralamat di Jl. Suryowijayan No.427 Gendongkiwo Mantrijeron, Kota Yogyakarta yang buka dari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Tersedia koleksi batik dari yang termurah hingga kualitas premium. Koleksi Batik Rumah Suryowijayan sangat lengkap, Kamu bisa mendapatkan pakaian untuk seluruh anggota keluarga.

10. Batik Yudhistira

Batik Yudhistira
grahabatik.com

Wisatawan yang sering berkunjung ke Yogyakarta memang tidak asing dengan Batik Yudhistira. Lokasi penjualan beralamat di Jl. Taman Siswa No.150 A Wirogunan, Mergangsan Kota Yogyakarta. Batik Yudhistira buka mulai dari pukul 08.30 hingga 21.00 WIB. Penjualan grosir atau eceran sangat mendukung di Batik Yudhistira dengan beragam corak dan model batik.

11. Hamzah Batik

Hamzah Batik
hamzahbatik.co.id

Lokasi penjualan kain batik lainnya di Yogyakarta adalah Hamzah Batik yang beralamat di Jl. Margo Mulyo No.9 Ngupasan, Gondoman, Kota Yogyakarta. Hamzah Batik buka dari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Hamzah Batik terdiri dari deretan toko penjualan khususnya kain batik modern dan aksesoris.

12. Batik Wisnu

Batik Wisnu
asahjaya.wordpress.com

Rekomendasi tempat berbelanja batik di Yogyakarta adalah Wisnu Batik yang beralamat di Jl. Ibu Ruswo No.14 Prawirodirjan Gondoman, Kota Yogyakarta. Kemudian buka mulai dari pukul 07.30 sampai 21.00 WIB. Tersedia pembelian baik secara ecer dan grosir. Sehingga dapatkan penawaran khusus ketika melakukan pembelian terutama dalam partai besar.

13. Rianty Batik

Rianty Batik
jognews.com

Destinasi belanja batik Yogyakarta selanjutnya adalah Rianty Batik yang beralamat di Jl. Malioboro No.79 Sosromenduran Gedong Tengen Kota Yogyakarta. Rianty Batik buka mulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB. Tersedia koleksi lengkap mulai dari kain batik dan pakaian dewasa maupun anak-anak. Selain itu tersedia juga model yang beragam, mulai dari model pakaian resmi dan kasual.

14. Mirota Batik

Mirota Batik
yogyakarta.panduanwisata.id

Lokasi perbelanjaan yang menarik bisa Kamu temukan di Mirota Batik, beralamat di Jl. Ngupasan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Kamu bisa berkunjung mulai dari pukul 09.00 sampai 21.30 WIB. Memiliki konsep lokasi yang modern namun masih kental dengan suasana Yogyakarta. Tersedia koleksi batik hingga aneka suvenir untuk hiasan interior dan eksterior hunian.

15. Paradise Batik

Paradise Batik
paradisebatik.com

Aneka corak batik yang didesain secara modern bisa Kamu temukan di Paradise Batik. Beralamat di Jl. Karanglo No.7 Purbayan, Kota Gede Kota Yogyakarta. Paradise Batik buka dari pukul 08.00 hingga 19.30 WIB. Tersedia koleksi dengan konsep one model one item sehingga terkesan lebih eksklusif. Meskipun tersedia corak tradisional, akan tetapi kesan kontemporer jadi lebih dominan.

Motif Batik Khas Jogja

Meskipun batik Yogyakarta memiliki perkembangan yang sangat pesat. Akan tetapi pada setiap corak Set warna pink biru ini dibanderol mulai dari Rp. 350 ribu. Tentu memiliki fungsi dan filosofis tersendiri.

Yuk simak 20 corak batik yang bisa kamu temukan baik di pasar tradisional maupun lokasi penjualan khusus batik, berikut ini :

1. Ceplok Segoro Amarto

Ceplok Segoro Amarto
instagram.com/batik.ricky

Ceplok Segoro Amarto memiliki filosofi agar menjunjung tinggi derajat dan wibawa manusia. Kemudian pemerintah yang berwibawa akan memberi pelayanan terbaik. Sehingga masyarakat hidup sejahtera dan lebih harmonis.

2. Ksatriya Abimanyu

instagram.com/batik.ricky
instagram.com/batik.ricky

Nama Abimanyu sendiri berasal dari nama salah satu putera Arjuna. Menurut legenda, keturunan Parikesit akan mewarisi ksatria yang menjelma raja-raja dari Jawa. Memiliki filosofis bagi pemakainya agar gagah dan berjiwa ksatria seperti Abimanyu.

3. Sido Luhur Latar Pethak

Sido Luhur Latar Pethak
instagram.com/batik.ricky

Latar berwarna putih atau pethak menjadi ciri jarik Yogyakarta. Mengandung filosofi Sidoluhur atau nilai-nilai kehidupan yang harus berdasarkan pada budi pekerti luhur.

4. Kawung Picis

Kawung Picis
instagram.com/batik.ricky

Pada masanya Kawung Picis sering digunakan oleh kalangan kerajaan. Kemudian mengandung filosofi yang melambangkan harapan supaya manusia mengetahui asal usulnya. Pola 4 sudut menyampaikan pesan supaya pemerintahan maupun rakyat mampu menjaga keseimbangan hidup melalui perilaku yang positif.

5. Batik Ciptoning

Batik Ciptoning
borneochannel.com

Batik Ciptoning terdiri dari kombinasi corak parang, sisik, gurdo dan wayang. Memiliki filosofi kebijaksanaan. Kemudian pada zaman dahulu dipakai oleh pegawai pemerintahan dengan harapan dapat bijaksana dalam memberikan peraturan pemerintah.

6. Kawung Sen Kombinasi

Kawung Sen Kombinasi
pinterest.com

Kombinasi yang baik antara Kawung dan garis menandakan corak batik modern. Memiliki filosofis tentang kesucian hati sehingga bagi yang mengenakannya memiliki niat dan kesucian hati dalam berperilaku.

7. Parang Rusak

Parang Rusak
pinterest.com

Pada zaman dahulu Parang Rusak hanya digunakan kalangan bangsawan dan para ksatria. Memiliki filosofis tinggi tentang kekuasaan dan kekuatan, kemudian terdapat sisi magis yang berdampak baik bagi para pemakainya.

8. Parang Barong Nitik

Parang Lerek Seling Nitik Kedua
pinterest.com

Kain batik corak Parang ini diminati sebagai busana daerah, terutama untuk acara kebudayaan. Parang Nitik memiliki filosofi bagi para pemakainya, yaitu akan tampak keluwesan dan “kepantesan”.

9. Satrio Manah

Satrio Manah
pinterest.com

Menurut tradisi jogja, batik Satrio Manah cocok digunakan saat prosesi lamaran sebagai simbolis agar diterima calon perempuan. Memiliki filosofis tentang keberanian seorang ksatria yang memanah hati wanita pujaannya.

10. Semen Rante

Semen Rante
pinterest.com

Batik dengan corak semen Rante biasa dipakai oleh kaum perempuan, khususnya wanita yang hendak dilamar kekasihnya. Semen berarti tumbuh dan rante berarti ikatan. Sehingga memiliki filosofis bahwa setiap perempuan telah bersedia menerima lamaran dan tidak akan terpikat pada laki-laki lain.

11. Sidomukti

Sidomukti
pinterest.com

Sidomukti terdiri dari kata sido yang berarti terus menerus dan mukti adalah mulia sejahtera. Sehingga memiliki filosofis agar setiap pemakainya memiliki harapan dan keinginan yang mulia demi memperoleh kesejahteraan hidup.

12. Parang Kusumo

Parang Kusumo
pinterest.com

Parang memang memiliki corak beragam seperti Parang Kusumo. Memiliki filosofis sebagai bunga yang mekar. Sehingga diharapkan orang yang memakainya akan tampak lebih indah dipandang.

13. Pamiluto

Pamiluto
pinterest.com

Kain dengan corak Pamiluto biasa digunakan saat acara lamaran dan dikenakan oleh ibu mempelai wanita. Memiliki filosofis agar ritual sakral pernikahan tidak dapat terpisahkan.

14. Bondet

Bondet
pinterest.com

Bundet atau bondet menjadi salah satu corak batik yang rumit untuk dibuat para perajin. Sehingga kerumitan dalam pola dan proses membatik menghasilkan bundet atau rumit. Menurut tradisi, batik ini sering dikenakan oleh perempuan yang baru menikah.

15. Ceplok Bligon Kawung

Ceplok Bligon Kawung
pinterest.com

Pada zaman dahulu kain dengan pola Kawung hanya dikenakan oleh para pegawai kerajaan. Terdiri dari corak Kawung yang disusun dengan 4 sudut seperti bunga teratai. Memiliki nilai filosofis sebagai kesucian hati dan harapan agar diberi umur panjang.

16. Cap Encim Kawung Kombinasi

Cap Encim Kawung Kombinasi
pinterest.com

Batik kombinasi kini disukai oleh beragam kalangan sehingga banyak perajin yang mencampurkan aneka pola. Salah satunya adalah pola Kawung yang dikombinasi dengan bunga. Memiliki filosofis sebagai penyeimbang kehidupan dari empat sudut asalnya. Mengandung kesucian hati namun lengkap dengan keindahan bagi pemakainya.

17. Parang Curigo

Parang Curigo
pinterest.com

Parang Curigo adalah salah satu pola yang diambil dari Parang Rusak. Curigo berarti keris dan Parang berarti perang terhadap hawa nafsu. Sehingga secara filosofis melambangkan seseorang yang mampu melawan nafsu dengan cara cerdas dan tetap tenang.

18. Batik Tancep

Batik Tancep
pinterest.com

Tancep adalah nama dari salah satu desa di Kecamatan Ngawen Gunung Kidul. Para perajin dan pengusaha memiliki pasar yang khusus. Batik Tancep terkenal dengan batik tulis yang menggunakan pewarna alami dengan corak tumbuhan, hewan dan bunga.

19. Sawat

Sawat
pinterest.com

Corak Sawat menyerupai sayap burung Garuda sehingga menunjukkan kekuatan. Seiring berjalannya waktu, Sawat bisa dikenakan untuk beragam acara dan oleh siapa saja tanpa harus mengetahui status sosial di masyarakat.

20. Truntum

Truntum
pinterest.com

Tumbuh lagi atau Truntum melambangkan segala sesuatu yang bersemi kembali. Kemudian bisa diartikan sebagai panutan atau contoh kehidupan. Kain batik pola Truntum bisa digunakan oleh orang tua pengantin sehingga diharapkan mampu menjadi panutan bagi anak-anaknya.

Model Baju Batik Khas Jogja

Saat ini batik Yogyakarta disulap menjadi aneka fashion item yang lebih modern. Sehingga Kamu bisa menggunakan kain batik untuk beragam acara. Simak beberapa contoh model gambar baju yang bisa menjadi inspirasi menarik berikut ini!

1. Long Sleeve Parang Kombinasi

Batik Jogja
instagram.com/batik.ricky

Bagi Kamu yang bingung mencari baju batik untuk busana kerja kekinian. Maka pola Parang Rusak dengan kombinasi kotak ini dapat menjadi alternatifnya. Warna pink yang tegas memperlihatkan sisi feminin dengan cara tradisonal modern. Cutting lengan panjang membuat Kamu bisa aman untuk tampil berhijab saat kerja. Fashion item ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 130 ribu.

2. Middle Sleeve Kawung Kombinasi

Motif Batik Jogja
instagram.com/batik.ricky

Jika Kamu lebih tertarik menggunakan salah satu corak lama seperti koleksi di museum batik. Maka corak Kawung adalah pilihan terbaik. Dilengkapi desain kotak-kotak yang akan mengimbangi desain kekinian dan ditambah tali di bagian pinggang. Cocok digunakan ketika bekerja atau hendak menemui para kolega. Fashion item ini dibanderol mulai dari Rp.90 ribu saja.

3. Kardi Truntum Kombinasi

Kardi Truntum Kombinasi
instagram.com/batik.ricky

Kamu bisa memilih dua jenis pola batik untuk disulap menjadi pakaian lengan panjang yang terlihat lebih elegan. Model pakaian ini dibuat 2 layer di bagian depan dengan desain seperti kardigan. Desain baju dipercantik menggunakan kancing di kerah baju dan cocok digunakan untuk acara yang resmi maupun kasual. Fashion item batik murah ini dibanderol mulai dari Rp.100 ribu.

4. Tunik Zipper Modern Parang

Batik Khas Jogja
instagram.com/batik.ricky

Jika Kamu membutuhkan desain baju fullcolor namun tetap kalem, maka tunik ini sangat cocok untuk menjadi pilihannya. Warna dasar hitam batik Yogyakarta dengan corak Parang dan bunga adalah perpaduan sempurna. Desain tunik yang panjang makin dipermudah dengan penggunaan zipper atau resleting. Tunik batik cantik ini dibanderol mulai dari Rp.200 ribu saja.

5. Tunik Parang Rusak dan Bunga

Mirota Batik Jogja
instagram.com/batik.ricky

Yogyakarta tidak hanya menjadi pusat batik yang terkenal di Indonesia, akan tetapi sangat terampil menyajikan desain baju kekinian dari kain batik. Salah satunya adalah Parang Rusak yang dipadukan dengan pola bunga. Sehingga Kamu tidak memerlukan tambahan aksesoris ketika mengenakannya setiap hari. Fashion item ini dibanderol mulai dari Rp.300 ribu saja.

6. Kemeja Batik Gurda Modern

Gambar Batik Jogja
instagram.com/batik.ricky

Perpaduan corak dan warna bisa memperkaya penampilan dengan kemeja batik. Salah satunya adalah kemeja batik lengan panjang dengan aksen Garuda. Kemudian ditambah kombinasi Parang yang bisa perlihatkan kepercayaan diri. Jangan khawatir gerah, karena kain yang digunakan berasal dari katun lembut. Koleksi kemeja batik dari Batik Keris ini dibanderol mulai dari Rp.250 ribu.

7. Kemeja Batik Primisima

Baju Batik Jogja
instagram.com/batik.ricky

Corak hitam dan merah akan mempertegas penampilan Kamu ketika bekerja. Memberikan suasana yang lebih berani dan tampilan segar setiap hari. Koleksi kemeja batik ini dibanderol mulai dari Rp. 280 ribu.

8. Blouse Pink dengan Aksen Putih

Kain Batik Jogja
instagram.com/batik.ricky

Buat Kamu yang ingin tampil feminin di tempat kerja, maka blouse batik dengan warna dasar pink ini adalah jawabannya. Kemudian dijadikan aneka blouse dengan warna yang cantik dari koleksi Batik Wisnu. Blouse dengan latar berwarna pink ini dibanderol mulai dari Rp.175 ribu.

9. Blouse Pola Bunga Merah Bata

Batik Keris Jogja
instagram.com/batik.ricky

Jika Kamu ingin look yang lebih tegas dengan pembawaan santai. Maka Blouse pola bunga dengan perpaduan merah dan hitam ini akan setia temani hari kerja yang sibuk setiap hari. Blouse dengan latar berwarna merah bata ini dibanderol mulai dari Rp.175 ribu.

10. Blouse Peach Aksen Putih

Batik Sidomukti Jogja
instagram.com/batik.ricky

Plihan warna blouse lengan tanggung ini juga tersedia dengan warna peach yang segar. Akan tetapi memberi keanggunan berkat aksen putih di bagian kerah dan ujung lengan. Blouse ini cocok dikenakan ketika di kantor atau kondangan setelah kerja. Blouse dengan latar berwarna peach ini dibanderol mulai dari Rp.150 ribu.

11. Blouse Red Aksen Putih

Batik Jogja Modern
instagram.com/batik.ricky

Jika Kamu penyuka warna merah maka koleksi blouse red aksen putih yang semakin cantik dengan kerah dan lengan berwarna putih. Blouse dengan latar berwarna merah ini dibanderol mulai dari Rp.150 ribu.

12. Blouse Biru Aksen Putih

Baju Batik Jogja Wanita
instagram.com/batik.ricky

Blouse berwarna biru dengan pola batik bunga ini semakin lengkap dengan aksen putih pada kerah dan lengan. Memiliki kesan yang ceria namun tetap santai. Sehingga cocok dikenakan bagi Kamu yang ingin suasana baru dalam mengenakan pakaian. Blouse dengan latar berwarna biru cerah ini dibanderol mulai dari Rp.200 ribu.

13. Blouse Black Aksen putih

Batik Motif Jogja
instagram.com/batik.ricky

Satu lagi koleksi warna blouse cantik nan elegan yang tidak boleh dilewatkan. Tersedia dengan perpaduan warna hitam dan garis merah di ujung cutting baju. Selain itu dipercantik dengan kerah dan lengan batik berwarna putih. Blouse dengan latar berwarna hitam ini dibanderol mulai dari Rp.200 ribu.

14. Short Skirt Kawung Lereng Hitam Kuning

Kulot Batik Jogja
instagram.com/tatabebebatiklasem

Bagi Kamu para pencinta rok pendek kini bisa tampila dengan perpaduan kain batik nusantara, salah satunya adalah corak Kawung. Sehingga terdapat desain modern pada area cutting kain tersendiri. Short skirt latar hitam kuning ini dibanderol mulai dari Rp.120 ribu.

15. Short Skirt Kawung Lereng Hitam Ungu

Batik Jumputan Jogja
instagram.com/tatabebebatiklasem

Koleksi rok pendek kedua adalah latar kain kombinasi warna hitam dan ungu. Semakin dipercantik dengan pola Kawung sebagai titik perhatian yang mempermanis setiap style harian. Blouse dengan latar berwarna hitam ungu ini dibanderol mulai dari Rp.120 ribu.

16. Short Skirt Kawung Lereng Merah Bata Kuning

Batik Danar Hadi Jogja
instagram.com/tatabebebatiklasem

Rok pendek terakhir yang bisa Kamu koleksi adalah Kawung Lereng dengan warna merah bata. Kemudian dilengkapi dengan aksen kuning yang mempertegas corak Lereng. Blouse dengan latar berwarna merah bata dan kuning ini dibanderol mulai dari Rp.120 ribu.

17. Long Outer Batik Bunga Kain Merah

Long Outer Batik Bunga Kain Merah
instagram.com/tatabebebatiklasem

Salah satu koleksi long outer dengan teknik warna batik Sogan adalah long outer corak bunga. Tampilan kasual setiap hari bisa Kamu lengkapi dengan outer panjang, kemudian kesan merah yang berani diredam dengan baik oleh aksen bunga. Dapatkan penampilan yang elegan untuk beragam acara penting. Long outer latar merah ini dibanderol mulai dari Rp.300 ribu.

18. Outer Corak Sisik Kombinasi Bunga

Outer Corak Sisik Kombinasi Bunga
instagram.com/tatabebebatiklasem

Kesan berani juga ditampilkan pada outer satu ini. Terdapat pola batik menyerupai sisik yang menawan dan menambah feminin lewat corak bunga dengan warna senada. Outer dengan sisik dan bunga ini dibanderol mulai dari Rp.190 ribu.

19. Outer Corak Bunga Kain Hitam

Outer Corak Bunga Kain Hitam
instagram.com/tatabebebatiklasem

Kombinasi cantik juga bisa tersedia pada outer bermotif bunga dengan latar kain warna hitam. Kemudian outer ini cocok dipadukan dengan rok atau celana berwarna lebih cerah. Outer corak bunga dengan latar hitam ini dibanderol mulai dari Rp 150 ribu.

20. Outer Corak Truntum Bunga Kombinasi

Outer Corak Truntum Bunga Kombinasi
instagram.com/tatabebebatiklasem

Corak batik bisa menghadirkan ilusi yang cantik seperti rompi. Kemudian dipertegas dengan line merah di daerah cutting outer. Menghasilkan perpaduan yang cantik untuk bisa Kamu kenakan setiap hari. Outer dengan latar kain berwarna hijau tosca ini dibanderol mulai dari Rp.160 ribu.

21. Outer Corak Merak Kombinasi

Outer Corak Merak Kombinasi
instagram.com/tatabebebatiklasem

Outer kekinian yang dipadu pola burung Merak, bunga dan sisik. Perpaduannya semakin kentara dengan kain latar berwarna hitam yang memberi kesan elegan. Outer latar hitam dengan pola Merak sisik ini dibanderol mulai dari Rp.250 ribu.

22. Outer Corak Semen Kain Putih

Outer Corak Semen Kain Putih
instagram.com/tatabebebatiklasem

Setelah Kamu melihat outer batik dengan warna dasar yang cenderung gelap. Maka kini saatnya untuk beralih pada pola Semen latar putih. Outer ini bisa dipadukan dengan inner dan bawahan berwarna senada atau lebih gelap. Outer dengan Semen latar putih ini dibanderol mulai dari Rp.200 ribu.

23. Outer Corak Burung Merak Kain Putih

Outer Corak Burung Merak Kain Putih
instagram.com/tatabebebatiklasem

Satu lagi koleksi outer warna putih yang wajib Kamu miliki yaitu pola Merak dan line hingga zipper area yang mempertegas area cutting. Selain itu Kamu tidak perlu banyak aksesoris tambahan lainnya. Outer corak Merak latar putih ini dibanderol mulai dari Rp.230 ribu.

24. Outer Corak Burung Merak Kain Biru

Outer Corak Burung Merak Kain Biru
instagram.com/tatabebebatiklasem

Koleksi outer dengan pola Burung Merak bisa Kamu temukan dengan warna latar biru dongker. Tidak bisa dipungkiri jika pola utama semakin dilengkapi dengan line di bagian lengan, cutting bawah dan area zipper. Outer corak Burung Merak latar biru dongker ini dibanderol mulai dari Rp.200 ribu.

25. Outer Corak Bondet Kain Biru Satu

Outer Corak Bondet Kain Biru Satu
instagram.com/tatabebebatiklasem

Koleksi outer batik dengan corak bondet satu akan membuat Anda jadi tampil lebih percaya diri. Tersedia corak merak dengan latar kain biru yang kuat. Selain itu menggunakan line merah muda mempertegas warna biru yang terkesan dominan. Outer Bondet dia ini dibanderol mulai dari Rp.350 ribu.

26. Outer Corak Bondet Kain Biru Dua

Outer Corak Bondet Kain Biru Dua
instagram.com/tatabebebatiklasem

Koleksi terakhir dari outer batik ditutup dengan Bondet Jogja yang terkesan rumit. Pada pola yang beraneka ragam Bondet kemudian dipertegas dengan line berwarna merah muda. Outer Bondet dia ini dibanderol mulai dari Rp.300 ribu.

27. Set Kids Batik Warna Pink Biru

Set Kids Batik Warna Pink Biru
instagram.com/tatabebebatiklasem

Selain item fashion dewasa, banyak penjual batik terkenal di Yogyakarta seperti Omah Batik dan galery batik lainnya yang menyediakan koleksi anak-anak. Salah satu desain pakaian yang cantik untuk buah hati adalah atasan pendek dengan aksen pita. Kemudian rok pendek dengan ruffle yang cantik.

Koleksi cantik dengan latar kain berwarna biru dan pink. Kemudian dilengkapi dengan pola batik berwarna senada. Set warna pink biru ini dibanderol mulai dari Rp.350 ribu.

28. Set Kids Batik Warna Hijau Tosca dan Putih

Set Kids Batik Warna Hijau Tosca dan Putih
instagram.com/tatabebebatiklasem

Koleksi lain yang bisa Kamu pilih adalah set batik kids dengan latar kain berwarna hijau tosca. Set warna hijau tosca dan putih ini dibanderol mulai dari Rp.300 ribu.

29. Set Kids Batik Warna Merah Putih

Set Kids Batik Warna Merah Putih
instagram.com/tatabebebatiklasem

Koleksi terakhir tersedia dengan latar kain berwarna merah dan putih, kemudian semakin cantik dengan corak bunga di bagian depan. Set warna merah putih ini dibanderol mulai dari Rp.278 ribu.

30. Rok Panjang Kain Hitam

Rok Batik Panjang Kain Hitam
instagram.com/tatabebebatiklasem

Koleksi pertama yang bisa Kamu coba adalah memilih rok panjang dengan aksen bunga putih kecil. Cocok dikenakan dengan atasan berwarna putih untuk hasil yang lebih menarik. Rok panjang kain hitam ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 150 ribu.

31. Rok Panjang Kain Biru

Rok Panjang Kain Biru
instagram.com/tatabebebatiklasem

Varian yang bisa Kamu pilih selanjutnya adalah kain biru dengan aksen bunga putih. Kemudian ruffle yang cantik menambah kesan anggun bagi pemakainya. Rok panjang kain biru ini dibanderol mulai dari Rp.150 ribu.

32. Rok Panjang Kain Cokelat

Rok Batik Panjang Warna Cokelat
instagram.com/tatabebebatiklasem

Rok panjang dengan warna cokelat ini memberi kesan earth tone. Sehingga cocok dipadukan dengan atasan warna apa saja. Rok panjang kain cokelat ini dibanderol mulai dari Rp.200 ribu.

33. Rok Panjang Kain Hitam Bondet

Rok Batik Panjang Kain Hitam Bondet
instagram.com/tatabebebatiklasem

Jika Kamu suka konsep yang ramai tapi tetap kalem maka rok ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Yakni dengan kain latar hitam yang dipadukan bunga Bondet. Rok panjang kain hitam Bondet ini dibanderol mulai dari Rp.200 ribu.

34. Rok Panjang Kain Merah

Rok Batik Panjang Kain Warna Merah
instagram.com/tatabebebatiklasem

Rok panjang dengan kain latar merah tidak luput dari koleksi Bondet. Sehingga kesan merah berani tetap terpancar dengan aksen batik yang cantik. Rok panjang kain merah ini dibanderol mulai dari Rp.120 ribu.

35. Rok Panjang Kain Biru

instagram.com/tatabebebatiklasem
instagram.com/tatabebebatiklasem

Koleksi terakhir dari rok panjang ini adalah kain latar biru dengan kombinasi bunga putih. Memberi kesan cerah dan segar sehingga cocok digunakan dalam beragam style. Rok panjang kain biru ini dibanderol mulai dari Rp. 120 ribu saja.

Yogyakarta menjadi kota dengan beragam budaya dan adat yang masih lestari hingga saat ini. Kemudian mengetahui aneka corak dan filosofis batik Yogyakarta bisa menambah khazanah keilmuan Kamu tentang batik.

Sehingga miliki tampilan modern setiap hari menggunakan batik sebagai bentuk rasa cinta terhadap sejarah dan budaya Indonesia.

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *