Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Batik Sidomukti

8 min read

Motif Batik Sidomukti

Motif Batik Sidomukti – Selain terkenal dengan keraton dan destinasi wisatanya, Solo juga terkenal dengan batiknya yang khas. Salah satu motif batik khas yang dimiliki Solo adalah motif batik Sidomukti. Pada zaman dahulu, motif Sidomukti hanya boleh dikenakan oleh pengantin keraton yang akan melangsungkan pernikahan.

Makna yang dimiliki batik Sidomukti adalah adanya harapan agar kedua pengantin dapat memperoleh kesejahteraan dan kemuliaan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Namun di zaman modern ini, motif Sidomukti telah banyak digunakan oleh siapa saja, bukan hanya pengantin saja melainkan semua kalangan pun dapat mengenakannya.

Motif Batik Sidomukti

1. Sidomukti Garuda

Sidomukti Garuda
instagram.com/batik_sidomukti

Batik sidomukti garuda merupakan gabungan antara unsur tumbuhan dan unsur burung garuda. Tumbuhan khususnya bunga memiliki filosofi yang dalam, yakni sebagai lambang kecantikan dan sumber kehidupan.

Garuda dalam bahasa Jawa juga disebut dengan Lar, dan sering dipakai untuk motif-motif batik. Sedangkan garuda melambangkan kegagahan dan kewibawaan.

2. Motif Sidomukti Isen Ukel

Motif Sidomukti Isen Ukel
batikdan.blogspot.com

Motif sidomukti ini memiliki ciri khas terdapat ukel di tengah-tengah yang berwarna putih. Ukel merupakan motif yang melungker-lungker atau mengeriting seperti dahan pada daun yang lentur.

Motif ini dibuat pertama kali oleh Sri Sultan Pakubuwono IV pada era Mataram Kartasura.

3. Sidomukti Ornamen Meru

Sidomukti Ornamen Meru
tumpi.id

Ornamen meru merupakan perlambang kemegahan, oleh karena itu diharapkan adanya kehidupan rumah tangga yang bahagia dan berkecukupan lahir dan batin. Di dalam isen-isen lain juga terdapat motif kawung dan motif rambat.

4. Sidomukti Singgasana Truntum

Sidomukti Singgasana Truntum
shopee.co.id

Motif singgasana yang melambangkan kekuasaan memiliki harapan bahwa kedua mempelai pengantin dapat hidup seperti raja yang berwibawa. Dengan wibawanya tersebut diharapkan dapat memiliki martabat dan kehormatan di dalam masyarakat.

Sedangkan motif truntum merupakan motif tambahan dalam sidomukti ini. Motif truntum memang salah satu motif khas Solo yang mengisahkan tentang kesepian.

Baca juga: Batik Parang

5. Sidomukti Motif Sogan Colet Burung

Sidomukti Motif Sogan Colet Burung
bukalapak.com

Motif ini merupakan salah satu motif batik dari Solo. tatanan motif yang geometris dengan burung garuda sebagai ornamennya.

Sayap burung garuda yang tertutup dalam motif ini menggambarkan perwatakan yang tegar dan kuat. Untuk isian motifnya dipenuhi dengan ukel dan cecek.

6. Sidomukti Kreasi Modern

Batik Sidomukti
grahabatik.com

Ciri khas dari kreasi modern motif sidomukti ini adalah sudah adanya warna cerah khas batik pesisir di dalamnya. Dalam gambar di atas, motif khas sidomukti sudah berkolaborasi dengan motif bunga khas pesisir dengan warna cerahnya.

Kreasi motif tersebut juga memiliki kemiripan dengan motif sidomulyo yang identik dengan lengkungannya.

7. Sidomulyo Sogan Klasik

Motif Batik Sidomukti
ukiranbatik.blogspot.com

Nampaknya motif yang satu ini sudah merakyat karena sangkin populernya sebagai salah satu motif klasik batik sidomulyo. Ciri khasnya sudah tentu pada petakan yang membentuk belah ketupat serta isen atau isian di dalamnya yang terkadang sulit ditebak.

Sedangkan warna sogan memang banyak dijumpai pada batik Solo dan Yogyakarta. Tidak seperti warna-warna cerah yang dimiliki batik-batik pesisir.

8. Sidomukti Baron

Motif Batik Sidomukti Baron
bangkitmimpi.com

Ciri khas utama yang menonjol dari sidomukti baron adalah ornamen Lar dan ornamen tambahan lainnya. Lar merupakan perlambang ketabahan dalam menghadapi cobaan hidup yang akan dihadapi setiap pasangan yang sudah menikah.

9. Sidomukti Kupu-Kupu

Batik Tulis Sidomukti
pinterest.com

Ornamen kupu-kupu merupakan ornamen khas sidomukti yang selanjutnya. Kupu-kupu sebagai lambang kebebasan dan kesempurnaan mengajarkan bahwa untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup diperlukan sebuah proses yang terkadang menyakitkan.

Hal tersebut didasari pada metamorfosis kupu-kupu yang sangat sempurna dan tentunya waktunya panjang hingga mencapai kupu-kupu yang indah.

10. Sidomukti dan Sidomulyo Garis Ketupat

Corak Batik Sidomukti
grahabatik.com

Motif sidomukti yang satu ini merupakan motif klasik yang menjadi ciri khas motif sidomukti. Batik ini merupakan pengembangan dari batik sidomukti dengan unsur-unsur khas sebagai isen-isen. Gabungan kedua batik yang mirip ini menjadi sebuah harmoni yang sangat indah dilihat.

11. Motif Sidomukti Sidomulyo Modern

Motif Sidomukti Sidomulyo Modern
bukalapak.com

Menurut sejarah, batik sidoluhur memiliki dasaran warna putih yang membedakannya dengan batik sidomukti. Namun di zaman modern ini dasaran putih banyak divariasikan dengan warna lain, seperti hitam dan coklat.

12. Sidomukti Motif Simetris

Batik Sidomukti Motif Simetris
sketsabaru.blogspot.com

Sidomukti simetris juga merupakan salah satu motif sidomukti yang banyak dijumpai dan merupakan motif klasik batik sidomukti. Isen-isen yang penuh di dalam kotak merupakan ciri khas yang dimilikinya. Warnanya coklat sogan khas batik Solo dan Jogja.

13. Sidomukti Singgasana

Motif Batik Sidomukti Solo
jogjagift.com

Unsur singgasana merupakan salah satu unsur utama di dalam isen sidomukti. Unsur singgasana ini memiliki harapan bahwa nantinya seseorang yang memakainya akan mendapat derajat yang tinggi serta kehormatan di mata masyarakat.

14. Sidomukti Lukis

Batik Sidomukti Lukis
duniakeris.com

Motif sidomukti ini sudah terjun bebas dan meninggalkan ciri khasnya yang biasanya berada di dalam garis ketupat atau petak-petak. Warnanya juga lebih cerah dari warna sogan biasanya. Pada motif ini banyak dijumpai penggunaan unsur floral dalam motifnya.

Selain itu ornamen burung juga sering ditemukan dalam beberapa motif.

15. Sidomulyo Coklat Tua

Gambar Motif Batik Sidomukti
jambi-tribunnews.com

Motif ini merupakan pengembangan dari motif sidomulyo yang kebanyakan berwarna putih dan coklat terang.

Meski warnanya coklat gelap, motif ini masih bisa dilihat antara isen-isen yang satu dengan yang lainnya.
Kain batik dengan motif ini sering dipakai untuk bawahan kebaya pengantin dalam adat Jawa.

Model Baju Batik Sidomukti

1. Hem Sidomukti Kombinasi Kawung

Asal Batik Sidomukti
pinterest

Hem batik campuran yang memperlihatkan keserasian penyatuan beberapa motif di dalamnya, meliputi motif kawung, motif bunga, serta motif parang dan bunga-bunga.

Cocok dikenakan pria usia muda dan pria dewasa. Untuk memperoleh batik ini, kamu diharuskan untuk merogoh kocek sebesar Rp 100.000,00 saja.

2. Hem Sidomukti Kombinasi Parang dan Truntum

Harga Batik Sidomukti
pinterest

Modelnya masih sama dengan hem sebelumnya, hanya terdapat tambahan motif truntum serta tidak ada motif kawung. Ditambah lagi ornamen burung merak yang ada di bagian tengah serta bunga-bunga sebagai perwakilan motif floral.

Uang yang harus kamu keluarkan untuk membeli batik ini adalah Rp 100.000,00.

3. Blouse Batik Sidomukti Model Belah Tengah

Blouse Batik Sidomukti Model Belah Tengah
pinterest

Blazer yang menyatu dengan bagian polos merupakan desain blouse yang satu ini. Dalam blouse ini terlihat belahan tengah pada bagian bawah, sehingga akan terlihat seperti memakai blazer tanpa lengan dengan dasaran warna merah.

Harga blouse merah ini dibanderol sebesar Rp 150.000,00.

4. Hem Sidomukti dan Motif Batik Solo

Hem Sidomukti dan Motif Batik Solo
pinterest

Motif batik Solo ada dalam satu hem yang berwarna hitam putih ini. Bisa dilihat di situ terdapat motif kawung, motif truntum, motif parang, dan motif sidomukti.

Selain itu terdapat burung-burung yang melintas serta ornamen bunga teratai yang menambah kompleks motif. Hem unik ini dibanderol sebesar Rp 100.000,00 saja.

5. Blouse Wanita Resleting

Kain Batik Sidomukti
pinterest

Pecinta atasan wanita dengan zipper perlu mencoba desain yang satu ini. Desain modern atasan blouse wanita dengan batik tradisional yang khas dengan nuansa alam dan kebudayaan.

Cocok digunakan untuk acara formal maupun non formal. Kamu harus membayar sebesar Rp 150.000,00 untuk satu potong blouse zipper ini.

6. Hem Sidomukti Slimfit

Hem Sidomukti Slimfit
pinterest

Memiliki badan seperti para tentara dan polisi mungkin memerlukan desain baju khusus, termasuk hem. Hem motif sidomukti dengan tipe body slimfit ini cocok untuk kamu yang memiliki badan langsing dan tegap.

Bagian bahu yang melebar dan bagian perut yang kecil menjadi ciri khas utama hem yang satu ini. Meskipun desainnya luar biasa, biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan hem ini cukup murah, hanya sebesar Rp 100.000,00 saja.

7. Hem Sidomukti Coklat Tua

Hem Sidomukti Coklat Tua
pinterest

Coklat sogan dan coklat tua memang rajanya warna batik nampaknya. Coklat tua yang segar dapat kamu jumpai pada hem yang satu ini.

Kombinasi motif S dengan motif-motif yang sangat banyak dapat kamu temukan dalam sebuah hem yang nampak gagah dikenakan pria. Hem ini bisa kamu miliki hanya dengan Rp 100.000,00 saja.

8. Blouse Wanita Hitam

Harga Kain Batik Sidomukti
pinterest

Blouse memang mudah untuk dikenakan, terlebih jika desainnya nyaman dan modis tentu akan menjadi pakaian favorit banyak wanita.

Blouse hitam polos dengan batik sidomukti yang menghiasi bagian badan serta kombinasi motif swastika di dalamnya. Blouse dengan belahan sedikit pada bagian bawah leher ini dibanderol sebesar Rp 85.000,00 saja.

9. Blouse Wanita Batik Sidomukti Biru

Blouse Wanita Batik Sidomukti Biru
pinterest

Warna biru cerah dengan warna putih motifnya berpadu menjadi motif yang menyegarkan mata.

Motif kawung besar dan juga motif-motif daun dan burung terlihat dalam blouse yang satu ini. Blouse dipercantik dengan belahan tengah yang ciamik. Blouse cantik ini dibanderol sebesar Rp 150.000,00.

10. Hem Sidomukti Swastika

Hem Sidomukti Swastika
pinterest

Motif swastika menjadi salah satu motif yang banyak dikombinasikan dengan motif batik lainnya termasuk sidomukti. Hem sidomukti dengan kombinasi swastika di atas dibanderol sebesar Rp 100.000,00.

11. Hem Sidomukti Truntum

Hem Sidomukti Truntum
pinterest

Berbeda dengan desain motif hem sebelumnya, hem yang satu ini memiliki motif truntum yang mengisi sebagian besar kain. Hem batik untuk acara formal ini dapat diperoleh dengan membayar sebesar Rp 100.000,00 saja.

12. Blouse Belah Tengah Merak Sidomukti

Filosofi Batik Sidomukti
pinterest

Belah tengah dari blouse ini dapat dimodifikasi seperti blazer batik. Motif meraknya menambah keindahan batik ini. Blouse belah tengah ini dibanderol sebesar Rp 150.000,00.

13. Blouse Merak Sidomukti Coklat

Batik Motif Sidomukti
pinterest

Satu lagi blouse belah tengah yang dapat menjadi referensi kamu dalam memilih outfit. Blouse coklat hitam ini memiliki desain yang sama dengan blouse belah tengah sebelumnya.

14. Sidomukti Kombinasi Mega Mendung

Makna Batik Sidomukti
pinterest

Kombinasi batik dua provinsi ini menjadi suatu hal yang sangat unik dan menarik. Motif mega mendung dengan motif sidomukti dapat kamu temukan dalam hem yang dibanderol sebesar Rp 100.000,00 ini.

15. Sidomukti Magetan Krem

Gambar Batik Sidomukti
pinterest

Sidomukti jenis ini menampilkan corak tumbuhan yang terlihat real dan bukan lagi berwarna coklat atau sogan seperti batik Solo. Batik ini dihargai sebesar Rp 85.000,00.

16. Sidomukti Oranye

Batik Sidomukti Solo
pinterest

Masih sama dari jenis sidomukti sebelumnya, hem berwarna oranye ini dihargai sebesar Rp 85.000,00. Cocok digunakan untuk bersantai.

17. Hem Sidomukti Garuda

Hem Sidomukti Garuda
pinterest

Lar atau garuda memang cocok sekali digunakan untuk kemeja atau hem pria. Belah ketupat juga diisi dengan motif parang atau pilinan khas batik Solo. Hem keren ini dibanderol sebesar Rp 120.000,00 saja.

18. Hem Pria Kombinasi Motif Burung

Sidomukti Batik
pinterest

Hem kali ini memiliki variasi garis tengah berupa motif lingkaran. Sedangkan motif keseluruhan didominasi dengan kombinasi berbagai macam ornamen, seperti burung, dahan, dan yang lainnya. Hem kombinasi ini dihargai sebesar Rp 90.000,00.

19. Kutu Baru Kombinasi

Kutu Baru Kombinasi Motif Batik Sidomukti
pinterest

Memiliki motif batik yang sama dengan hem batik sebelumnya, perbedaan hanya terletak pada variasi pakaian saja.

Jika sebelumnya berupa hem, maka kali ini untuk perempuan berupa kutu baru. Kutu baru modern ini dibanderol sebesar Rp 130.000,00 saja.

20. Hem Sidomukti Garuda Hitam

Hem Sidomukti Garuda Hitam
pinterest

Hem simpel ini memiliki motif garuda atau lar yang cukup besar dan mendominasi. Cocok untuk pria yang memiliki badan kurus dan tinggi. Hem lar ini dihargai sebesar Rp 85.000,00 saja.

Cukup murah, bukan?

21. Sidomukti Full Motif

Sidomukti Full Motif
pinterest

Selain motif batik yang full, hem ini juga memiliki warna sogan yang cukup mencolok.

Ditambah dengan latar belakang atau warna dasar hitam, sangat cocok dipadukan dengan jeans hitam. Untuk membawa pulang hem ini kamu hanya harus membayar sebesar Rp 85.000,00 saja.

22. Hem Sidomukti Modern

Hem Sidomukti Modern
pinterest

Hem dengan nuansa tradisional dan modern menjadi satu ini memiliki warna yang juga mengalami upgrade. Desainnya yang elegan cocok untuk kalangan usia mana saja. Hem ini dibanderol sebesar Rp 100.000,00.

23. Atasan Wanita Resleting Depan

Batik Sidomukti Atasan Wanita Resleting Depan
pinterest

Satu lagi desain atasan dengan zipper yang akan memudahkanmu untuk memakainya. Motif kawung besar dengan burung-burung menambah cantik baju yang berharga Rp 150.000,00 ini. Lengan seperempat menjadi pilihan desain baju ini.

24. Blazer Sidomukti Ukel

Blazer Sidomukti Ukel
pinterest

Blazer motif sidomukti ukel ini cocok dipadu-padankan dengan inner warna apa saja, mulai dari warna merah, putih, hingga warna hitam.

Sehingga outfit kamu juga akan berubah-ubah setiap saat sesuai selera kamu yang mengubahnya. Blazer sidomukti cantik ini dihargai sebesar Rp 155.000,00.

25. Hem Sidomukti Modern Kawung

Hem Sidomukti Modern Kawung
pinterest

Meskipun bertema motif kawung, namun penempatan motif yang tidak biasa membuat hem batik ini terlihat unik dengan motifnya. Untuk hem motif unik ini dijual seharga Rp 85.000,00 saja.

26. Hem Sidomukti Gunungan

Hem Sidomukti Gunungan
pinterest

Gunungan wayang yang melambangkan keagungan ini melekat pada motif hem formal warna coklat tua.

Hem modern dengan nuansa tradisional ini cukup murah, yakni hanya sebesar Rp 85.000,00 saja. Bagian kancing juga memiliki garis lurus yang unik dan bermotif.

27. Hem Sidomukti Kombinasi Tumbuhan

Hem Sidomukti Kombinasi Tumbuhan
pinterest

Motif sidomukti memang cocok dikombinasikan dengan motif apa saja termasuk motif tumbuhan.

Motif bunga-bunga yang biasa dijumpai pada kan sarung dan jarik dikombinasikan dengan motif lainnya dalam sebuah baju. Kamu dapat membeli hem motif kombinasi ini seharga Rp 80.000,00 saja.

28. Hem Kawung Sidomukti

Hem Batik Kawung Sidomukti
pinterest

Perbedaan kawung sebelumnya dengan kawung kali ini adalah formasinya. Kawung pada hem yang satu ini membentuk kotakan yang akan diisi motif lingkaran di dalamnya.

Pada bagian bawah hem terdapat motif khas sidomukti yakni sayap burung garuda. Hem kawung sidomukti dapat dibeli seharga Rp 80.000,00.

29. Hem Kawung Besar Sidomukti

Hem Batik Kawung Besar Sidomukti
pinterest

Batik biru kawung besar kini dimodifikasi menjadi sebuah hem simpel yang keren dipakai pria. Warna birunya terkesan kalem dan menenangkan sehingga terlihat adem. Siapa sangka, hem yang terlihat adem ini hanya berharga Rp 100.000,00 saja.

30. Blouse Kawung Sidomukti

Blouse Batik Kawung Sidomukti
pinterest

Variasi dari kawung sebelumnya, blouse kawung ini terlihat simpel dengan desain yang tidak terlalu rumit namun tetap nyaman dan bagus dipakai untuk wanita berhijab maupun tidak.

Baca juga: Batik Solo

Kamu dapat memakainya dalam pertemuan-pertemuan formal maupun non formal. Blouse kawung cantik ini berharga Rp 85.000,00. Tentu sangat murah dibandingkan dengan tampilan yang akan kamu dapatkan nantinya.

Inspirasi desain dan motif sidomukti di atas merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Sudah selayaknya kita memeliharanya dengan memakainya sebagai pakaian kebanggaan warga Indonesia.

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *