Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Review Drakor Class of Lies / Mr. Temporary – Kisah Dibalik Pembunuhan Siswa SMA Elit

3 min read

Review Drama Class Of Lies

Annyeong Chingudeul!

Kali ini aku bakal review salah satu drama korea genre crime school yang sudah tak asing lagi, yaitu Class of Lies atau yang juga dikenal dengan judul Mr. Temporary.

Class of Lies merupakan drama yang disutradarai oleh Sung Yong II, sosok yang sebelumnya sukses dengan drama misterinya, Dr Frost.

Drama yang tayang di OCN dengan 16 episode ini dibintangi oleh Yoon Gyun Sang, Geum Sae Rok, Jun U-Kiss, Choi Kyu Jin, Kim Myung Ji, Han So Eun, dan lainnya.

Nggak perlu berlama-lama, yuk langsung aja baca review dan sinopsisnya.

Sinopsis

Class of lies bercerita tentang kasus pembunuhan seorang siswi bernama Jung Su Ah. Pada saat kejadian, polisi menemukan seorang pemuda bernama Kim Han Su sedang memegang pisau yang tertancap di perut korban.

Dengan berbagai bukti yang mengarah kepadanya, Kim Han Su ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Jung Su Ah dan dijebloskan ke penjara.

Tapi, apakah Kim Han Su pembunuh sebenarnya? Kita ikuti saja alurnya.

Cerita berlanjut ke Ki Moo Hyeok (Yoon Kyun Sang), seorang pengacara dari firma hukum Songha yang ditugaskan membela Han Sun untuk mendapatkan keringanan hukuman.

Ki Moo Hyeok dikenal sebagai sosok pengacara yang hampir tak pernah kalah di persidangan. Hal yang ia pedulikan hanya tentang uang dan kemenangan. Sampai akhirnya ia terlibat dalam kasus pembunuhan siswa SMA elit yang menjadi awal kehancuran karirnya.

Di persidangan, Ki Moo Hyeok membuat kesalahan yang membuat Kim Han Su lepas kendali. Setelah itu, firma hukum Songha mencabut lisensi pengacaranya dan menyita semua properti yang ia miliki.

Untuk memperbaiki reputasinya, Ki Moo Hyeok menyamar menjadi guru sementara di SMA Cheonmyeong dan berusaha mengungkap kebenaran dari kasus pembunuhan yang terjadi pada siswi SMA tersebut.

Ki Moo Hyeok

Ia juga meminta bantuan temannya Won Suk, seorang hacker handal untuk mengubah semua identitasnya dan mengganti namanya menjadi Gi Kang Je saat berada dilingkungan sekolah.

Dari sinilah awal pencarian bukti dan pelaku sebenarnya dimulai. Namun, banyak hal tak terduga yang membuat kasus ini lebih besar dan lebih rumit dari yang dibayangkan.

Jaksa Cha Hyeon Jeong

Dalam mengusut kasus tersebut ia dibantu oleh Cha Hyeon Jeong (Choi Yu Hwa), seorang jaksa wanita yang bekerja di Kejaksaan Negeri Seoul.

Di SMA Cheonmyeong, Ki Moo Hyeok bertemu dengan Ha So Hyun (Geum Sae Rok), seorang guru wanita yang sangat peduli dengan murid-muridnya. Akhirnya mereka bekerja sama untuk membongkar semua rahasia yang terjadi di sekolah elit tersebut.

Selama berpura-pura menjadi guru sementara, Ki Moo Hyeok dihadapkan dengan empat siswa yang semacam menjadi penguasa di sekolah. Mereka adalah murid veritas yang mendapat perlakuan spesial karena orang tuanya adalah orang-orang ternama yang memiliki kekuasaan.

Keempat murid ini juga yang diduga terlibat dalam kasus pembunuhan Jung Su Ah. Mereka adalah :

Yu Beom Jin (Jun U-Kiss)

Yu Beom Jin (Lee Jun Young/Jun U-Kiss) dikenal sebagai siswa yang sempurna dalam segala hal. Dia sangat disegani semua murid, bahkan kata-kata Beom Jin lebih didengar dibanding guru disana.

Dari luar dia memang terlihat seperti murid baik dan teladan. Sangat tenang, minim ekspresi, tapi pandai memanipulasi.

Han Tae Ra (Han So Eun)

Han Tae Ra (Han So Eun) siswi berbakat yang pandai bermain piano dan selalu mendapat rangking pertama di kelasnya. Dia dan Yu Beom Jin dikenal sebagai pasangan yang serasi.

Lee Gi Hoon (Choi Kyu Jin)

Lee Gi Hoon (Choi Kyu Jin) putra direktur pengacara tempat Ki Moo Hyeok bekerja. Gi Hoon dikenal sebagai siswa yang memiliki temperamen buruk.

Gi Hoon hobi fotografi. Sayangnya, hobi itu ia salah gunakan dengan menguntit dan memfoto Su Ah diam-diam. Hal ini Gi Hoon lakukan karena ia menyukai Su Ah.

Na Ye Ri (Kim Myung Ji)

Na Ye Ri (Kim Myung Ji) si trainee yang sebentar lagi akan debut menjadi idol. Sifat Ye Ri sangat buruk, dia dan Han Tae Ra suka membully Su Ah karena merasa cemburu.

Sejauh ini, mana yang kamu curigai sebagai pembunuh sebenarnya?

Baca Juga :

30+ Rekomendasi Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa. Udah Nonton?

Yang Aku Suka dari Drama Class of Lies

1. Alur cerita sangat menarik

Drama ini tuh nggak bikin bosen. Sejak awal nonton selalu exited ngikutin perkembangan kasus sampai menebak-nebak siapa pembunuh sebenarnya.

Meski aksi investigasinya nggak terlalu kental, tapi masih cukup bagus. Mungkin setiap adegannya juga disesuaikan dengan cerita yang mengambil latar anak sekolah.

Dari satu kasus pembunuhan, konflik drama ini bisa merembet kemana-mana. Mulai dari bullying, kasus suap, manipulasi nilai, sampai kasus prostitusi.

Class of lies

2. Banyak pesan moral

Dilihat dari sisi positif, banyak pesan moral yang bisa kita ambil dari drama ini. Terutama tentang bagaimana semestinya hubungan antara orang tua dan anak, dan etika berteman.

3. Akting keren para pemain

Salut sama semua aktor dan aktris yang sukses membawakan karakter drama ini dengan baik. Wibawa Yoon Kyun Sang sebagai pengacara dapet banget feelnya.

Lee Jun Young yang aslinya anggota boy grup juga keren banget aktingnya. Cuma dari tatapan matanya aja, penonton udah merasa terintimidasi. Apalagi Choi Kyu Jin, si tengil ganteng yang masyaallah. Hehehe…

Class of lies

Kesimpulan

Overall, drama Class of Lies memang bagus tapi nggak pake banget. Jadi setelah nonton ya biasa aja, nggak ada hal spesial yang bakal selalu diinget-inget.

Endingnya juga gantung banget menurutku. Ada beberapa karakter penting yang tiba-tiba hilang gitu aja dan gak diceritain lagi. Kurang klimaks sih.

Gak jelas juga Beom Jin akhirnya gimana, entah dia mati atau sekarat. Sayang banget kalau manusia jahat macam dia mati dengan mudah. Harusnya Beom Jin dapet karma dulu, hidupnya menderita, dia jadi miskin, terus minta maaf ke semua orang yang dia jahatin.

K-drama Class of lies

Satu lagi yang aku kurang suka dari drama ini, yaitu kurang menguak sisi lain karakter utamanya. Jadi kehidupan pengacara Ki Moo Hyeok seakan cuma berpusat soal kerjaan dan kasus-kasus gitu aja.

Mungkin bakal lebih bagus kalau drama ini juga diselipin adegan-adegan manis dan kisah asmara pengacara Ki Moo Hyeok. Biar lebih berwarna dan kehidupannya gak datar terus. Hahaha..

Untungnya ada si hacker Won Suk yang bikin drama ini sedikit lebih hidup dengan segala tingkah kocaknya. Jadi penonton nggak dibuat tegang terus dari awal sampai akhir.

Won Suk Class of lies

Serial drama Class of Lies cukup recommended buat kalian yang suka drama thriller dengan bumbu percintaan anak SMA. Tapi, kalau kalian lebih suka serial drama yang pure menceritakan kisah percintaan anak SMA, coba nonton Extraordinary You yang reviewnya udah aku tulis disini.

Konfliknya gak cuma berpusat di satu kasus, banyak plot twist yang kadang bikin penonton salah nebak. Dijamin seru deh!

Yaudah cukup segitu aja spoiler dan review drakor kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian yang membacanya.

Terima kasih.

Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *