Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Drama Korea Terbaik

12 min read

Drama Korea Terbaik

Drama korea memang sudah mendunia, bahkan popularitasnya bisa menguasai pasar Asia dan menyaingi serial produksi Hollywood di layar kaca. 

Apalagi, sekarang ada banyak sekali serial drama korea yang sangat populer dan berhasil meraih rating tinggi selama masa penayangannya.

Selain plot cerita yang menarik, visual para pemain yang cantik dan tampan juga menjadi salah satu faktor kesuksesan drama korea. 

Nah, buat para K-drama lovers, yuk intip deretan drama korea terbaik berikut ini. Kira-kira ada kesukaanmu nggak ya?

1. Descendants Of The Sun

descendants of the sun

Sempat booming dan menjadi perbincangan banyak orang, serial drama Descendants of The Sun (DOTS) menjadi salah satu drama korea terbaik sepanjang masa.

Bercerita tentang pria wanita beda profesi yang bertemu dalam misi kemanusiaan dan saling jatuh cinta, drama yang diperankan oleh Son Joong-ki dan Song Hye-kyo ini berhasil menarik perhatian dunia. 

Berlatar wilayah konflik dan medan perang, kisah cinta keduanya dibumbui adegan-adegan romantis yang menguras senyum dan air mata.

Berkat kemampuan dan kemistri yang kuat antara kedua pemeran, Descendants of The Sun (DOTS) berhasil meraih rating tinggi hanya dengan 16 episode saja.

2. Goblin

Goblin

Goblin adalah salah satu K-drama terbaik bergenre romance-fantasy dan juga kolosal. 

Drama yang diperankan oleh Gong Yoo sebagai Kim Shin dan Kim Go Eun sebagai Go Eun Tak, mengisahkan seorang panglima perang yang “dikutuk” menjadi goblin. 

Untuk menjalani kutukan, Kim Shin harus hidup abadi sampai ia dibunuh oleh pengantinnya. Pengantin goblin yaitu Go Eun Tak adalah seorang perempuan muda yang masih menjadi siswi SMA.

Banyaknya waktu yang terlewati membuat Go Eun Tak tidak sanggup membunuh Kim Shin karena mereka berdua saling mencintai. Kim Shin pun masih ingin hidup lebih lama bersama sang pujaan hati.

Tanpa mereka sadari ada kutukan lain, dimana pengantin goblin akan mati jika ia tidak segera membunuh sang goblin.

Akankah cinta mereka dapat bersatu atau harus terpisah karena kutukan dan takdir?

3. Itaewon Class 

Itaewon Class

Menjadi banyak perbincangan di semester awal 2020, drama korea Itaewon Class berhasil meraih rating tinggi setiap episode penayangan di Netflix dan JTBC.

Drama yang diadaptasi dari webtoon ini menceritakan pengalaman sekelompok anak muda yang ambisius, punya keberanian, dan sikap keras kepala untuk menghadapi kerasnya dunia.

Diceritakan seorang pria bernama Park Seo Roy yang bertekad mendirikan bisnis barnya sendiri dan mengalahkan perusahaan franchise besar Jangga Group. Konflik di masa lalu membuat Park Seo Roy berambisi membalaskan dendam kepada keluarga Jangga.

Disinilah Sae Roy bertemu dua sosok wanita tangguh Jo Yi Seo dan Oh Soo-ah yang bergabung untuk menunjukkan kekuatan masing-masing. 

Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah Park Seo Roy berhasil membalaskan dendam kepada keluarga Jangga?

4. The Heirs

the heirs

The Heirs adalah salah satu drama korea bergenre komedi romantis yang mengisahkan antara pewaris perusahaan dengan seorang gadis dari kalangan biasa.

Meski alurnya cukup sederhana, The Heirs menawarkan komedi percintaan yang seru untuk diikuti dengan menampilkan para pemain besar seperti Lee Min Ho, Park Shin Hye, Kim Woo Bin, Krystal Jung, dan lainnya.

Drama The Heirs dimulai dengan pertemuan Kim Tan (Lee Min Ho) dan Go Eun Sang (Park Shin Hye) di Amerika. Kim Tan sendiri merupakan seorang pewaris perusahaan besar, sedangkan Go Eun Sang adalah anak pembantu yang bekerja di keluarga Tan yang kaya raya.

Kisah cinta beda kasta ini dibumbui dengan kejutan-kejutan dan sikap manis Kim Tan ke Eun Sang yang sangat sayang untuk dilewatkan. 

Bagaimana kelanjutan dari kisah mereka? kamu bisa menontonnya langsung ya!

5. Hotel Del Luna

Hotel Del Luna

Kamu yang penyuka drama dengan genre fantasi romantis, wajib banget nonton Hotel Del Luna yang diperankan oleh IU, Yeo Jin Goo, P.O Block B dan lainnya.

Hotel Del Luna bercerita tentang hotel “hantu” tempat istirahat para arwah sebelum menyebrang ke alam baka. Pemilik hotel ini adalah seorang wanita cantik bernama Jang Man Wol (IU) yang sangat boros dan doyan belanja.

Karena kesalahan masa lalu Jang Man Wol dihukum untuk menjaga hotel selama 1.300 tahun dan tidak bisa bereinkarnasi. Sampai akhirnya datang manager hotel baru bernama Goo Chan Seong yang akan mengantar Jang Man Wol kembali ke alam baka. 

Selain kisah asmara pemeran utama yang menggemaskan, drama Hotel Del Luna dibumbui unsur komedi dan sedikit kisah horor yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

6. Angel’s Last Mission

Satu lagi drama korea romantis fantasi yang membawa kisah cinta terlarang antara malaikat dan manusia.

Sesuai judulnya, drama ini bercerita tentang misi malaikat Dan untuk membuat Yeon Soo yang sebelumnya tidak percaya pada cinta bisa mengenal rasa cinta dan berbahagia.

Misi ini harus diselesaikan dalam waktu 100 hari agar Malaikat Dan bisa masuk surga dengan tenang. Namun, seiring waktu yang dihabiskan bersama, malaikat Dan dan Yon Seo malah saling jatuh cinta. 

Padahal jelas ada aturan bahwa malaikat dilarang jatuh cinta dan hidup bersama manusia. Jika melanggar, ada hukuman berat yaitu salah satu dari mereka akan dimusnahkan.

7. Crash Landing on You

Crash Landing on You

Crash Landing On You menjadi salah satu drama korea terbaik di semester awal 2020 ini. Serial drama yang tayang di tvN dengan 16 episode ini berhasil meraih rating tertinggi sebanyak 21.6 persen.

Drama yang dibintangi oleh Son Ye Jin dan Hyun Bin ini menampilkan kisah cinta romantis beda negara yang mengambil latar Korea Selatan dan Korea Utara. 

Kisah ini berawal saat wanita asal Korea Selatan bernama Yoon Se Ri (Son Ye Jin) mengalami kecelakaan saat melakukan paralayang sehingga membuatnya mendarat di Korea Utara.

Untungnya dia bertemu seorang perwira tentara Korea Utara yang dikenal sebagai Kapten Ri (Hyun Bin). Kapten Ri mencoba melindungi dan menyembunyikan Se Ri agar tidak ketahuan otoritas masing-masing. 

Kebersamaan yang dilewati ternyata membuat Se Ri dan Kapten Ri saling jatuh cinta, meski mereka harus terhalang otoritas dan perbedaan negara.

8. Doctor Stranger

doctor stranger

Doctor Stranger drama korea yang dibintangi oleh Lee Jong-suk, Jin Se-yeon, Kang Sora, dan Park Hae-jin ini berkisah tentang kehidupan seorang Park Hoon (Lee Jong-suk).

Saat kecil, dia dan ayahnya diculik dan dikirim ke Korea Utara untuk melakukan operasi kepada pemimpin disana. Di Korea Utara, Park Hoon terus dilatih oleh sang ayah sampai dia berhasil menjadi seorang ahli bedah torakalis yang jenius. 

Park Hoon kemudian bertemu dengan Song Jae-hee (Jin Se-yeon) dan saling jatuh cinta. Setelah ayahnya meninggal, dia bertekad kembali ke Korea Selatan bersama Jae-hee.

Namun, Park Hoon justru hilang kontak dengan Jae-hee. Akhirnya dia memutuskan pergi seorang diri ke Korea Selatan sambil mencari Jae-hee. 

Apakah Park Hoon berhasil menemukan Jae-hee? Apakah kisah mereka berdua berakhir bahagia atau malah sebaliknya?

Temukan jawabannya dengan streaming drakor Doctor Stranger (2014) langsung ya!

9. What’s Wrong With Secretary Kim

What's Wrong With Secretary Kim

What’s Wrong With Secretary Kim adalah salah satu drama korea populer yang bercerita tentang bos dan sekretarisnya. 

Mengusung genre komedi romantis, drama ini menyajikan kisah cinta bos tampan yang kaya dan arogan dengan sekretaris cantik yang sudah bekerja selama 9 tahun lamanya. 

Drama ini diperankan oleh Park Seo Joon sebagai Lee Young Joon, dan Park Min Young sebagai Kim Mi So. 

Kisah romantis keduanya dimulai saat Kim Mi So mendadak ingin resign, namun ditolak dan dicegah dengan berbagai cara oleh Lee Young Joon. 

Dijamin, saat menonton drama korea ini, kamu akan disuguhkan dengan adegan-adegan yang mengundang gelak tawa.

10. The World of The Married

the world of the married

Sempat viral dan banyak diperbincangkan, drama The World of The Married menjadi salah satu drama korea terbaik di tahun 2020. Cukup sederhana, drama ini mengambil kisah yang sering terjadi dalam kehidupan pernikahan yaitu pengkhianatan. 

Diceritakan, Ji Sun-woo adalah seorang dokter yang memiliki karir sukses dan keluarga bahagia dengan seorang putra dan suami yang mencintainya. Sampai akhirnya dia dikhianati oleh suami dan orang-orang disekitarnya.

Sedangkan sang suami, Lee Tae Oh memiliki bisnis hiburan dengan ambisi menjadi sutradara film terkenal. Meski mencintai istrinya, Lee Tae-oh tetap melakukan perselingkuhan dengan wanita muda yang lebih kaya bernama Yeo Da-kyung. 

Drama ini berhasil menguras emosi penonton dengan alur cerita yang semakin seru setiap episodenya. Wajar saja jika The World of The Married berhasil meraih rating tinggi selama penayangan.

11. Mother

Mother

Mother adalah salah satu drama korea terbaik yang merupakan remake dari serial asal Jepang. 

Mengusung plot dengan tema keluarga, drama ini menceritakan seorang anak perempuan bernama Hye Na yang sering menjadi korban bully di sekolah dan mendapat kekerasan dari ibunya sendiri. 

Sampai akhirnya, si guru merasa curiga dan berniat baik untuk mengadopsi Hye Na. Konflik yang terjadi membuat ia tak punya jalan lain selain menculik si anak untuk dirawat.

Hingga ia menjadi tersangka penculikan dan membawa kabur si anak dari kejaran polisi. Dari sinilah, kita akan tahu masa lalu kelam sang guru yang ternyata juga menjadi korban kekerasan orang tuanya saat kecil.

12. Boys Over Flowers

Boys Over Flowers

Diadaptasi dari drama produksi Taiwan Meteor Garden, Boys Over Flowers yang dibintangi Lee Min Ho ini sukses berat dan sangat populer pada masanya.

Tidak hanya Lee Min Ho, drama ini juga dibintangi oleh Koo Hye Sun, Kim Bum, Kim Hyung Joong, dan Kim Joon.

Diceritakan, seorang gadis biasa dari keluarga sederhana berhasil masuk ke sekolah elit tempat para orang kaya. Disana ia harus berurusan dengan empat anak laki-laki yang dikenal dengan F4.

F4 adalah geng anak-anak paling kaya dan paling berkuasa di sekolah Shin hwa. Geng ini punya kebiasaan buruk dengan meneror siswa lemah menggunakan kekuasaan dan nama besar orang tua mereka.

Kisah-kisah manis dan perseteruan antara si gadis dengan geng F4 membuat drama ini sangat seru untuk ditonton.

13. Sky Castle

Sky Castle

Di tahun 2019, Sky Castle berhasil mendapatkan rating tertinggi untuk serial TV kabel dan berhasil memecahkan rekor yang mengangkat nama jajaran pemainnya. 

Drama ini menggambarkan realita yang terjadi didunia pendidikan Korea Selatan selama beberapa dekade belakang, yang terfokus pada obsesi orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya.

Para siswa SMA dituntut memiliki nilai akademik yang baik agar bisa masuk ke kampus terbaik di Korea Selatan. Para orang tua pun menghalalkan banyak cara, termasuk menyewa guru les bahkan melenyapkan siapapun yang menghalangi jalannya.

14. Kingdom

Kingdom

Kingdom adalah salah satu drama saeguk yang baru rilis awal tahun 2019. 

Bercerita tentang putra mahkota dinasti Joseon bernama Yi Chang yang dituduh melakukan pengkhianatan dan mempermainkan kekuasaan politik setelah sang raja terjangkit penyakit mematikan dan berubah menjadi zombie saat proses pengobatan.

Berbeda dengan serial drama lain yang menonjolkan kisah cinta pemeran utamanya, drama Kingdom lebih fokus pada perjalanan hidup putra mahkota yang harus menggantikan posisi ayahnya.

Disini, putra mahkota juga dihadapkan dengan korban pandemi yang berubah menjadi zombie dan menghadapi keserakahan sang permaisuri.

15. Love in the Moonlight

Love in the Moonlight

Mengambil kisah pada zaman dinasti Joseon, Love in The Moonlight menceritakan perjalanan cinta antara kasim dengan putra mahkota.

Dibintangi oleh aktor papan atas Park Bo Gum dan aktris cantik Kim Yoo Jung, drama yang tayang tahun 2016 ini mendapatkan rating yang cukup tinggi saat masa penayangannya.

Love in The Moonlight berhasil menggambarkan cerita dan perjuangan cinta di tengah perbedaan. 

Tidak hanya terfokus pada kisah cinta pemeran utamanya, Love in The Moonlight juga menampilkan beberapa intrik politik yang menjadi bumbu dalam cerita.

16. My ID is Gangnam Beauty

My ID is Gangnam Beauty

Satu lagi drama korea yang diadaptasi dari serial webtoon terkenal dengan judul yang sama, yaitu My ID is Gangnam Beauty. 

Mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Kang Mirae yang menjadi korban body shaming sejak kecil, sampai akhirnya dia memutuskan untuk melakukan operasi plastik agar jadi cantik.

Namun bukannya mendapat pujian, kecantikan dirinya justru menjadi bahan olokan dan orang-orang mengejeknya sebagai monster operasi atau Gangnam Beauty. Sampai akhirnya ia dipertemukan dengan Do Kyung Seok, seorang pria kaya raya yang dapat membuatnya jatuh cinta. 

Drama yang penuh lika-liku dengan alur cerita yang tak terduga ini dibintangi oleh aktor/aktris terkenal seperti Cha Eun-woo, Lim Soo-hyang, Kwak Dong-yeon dan Jo Woo-ri.

17. Pinocchio

Pinocchio

Antara karir dan cinta, drama yang dibintangi oleh Park Shin Hye dan Lee Jong Suk ini merupakan drama bergenre komedi romantis dengan total 20 episode. 

Menceritakan seorang pria yang punya dendam pada seorang reporter yang telah menghancurkan karier dan hidupnya, tapi dia justru jatuh cinta pada putri reporter tersebut.

Menariknya, putri si reporter memiliki sindrom unik yang disebut “Pinocchio” dan membuatnya cegukan setiap kali berbohong. Hal ini membuatnya terpaksa selalu berkata jujur bahkan tentang perasaannya saat menyukai seseorang.

Tidak hanya populer di Korea dan Indonesia, Pinocchio juga sukses besar di China. Bahkan, banyak orang yang menyayangkan drama korea bagus ini harus berakhir di episode 20.

18. My Love From the Star

My Love From the Star

Satu lagi K-drama genre fantasi yang berhasil trending berminggu-minggu di aplikasi streaming VIU dan diperbincangkan banyak orang, yaitu serial drama My Love From Star.

Drama ini bercerita tentang alien yang terdampar di bumi karena tertinggal pesawat yang membawanya. Selama hidup di bumi, ia menyamar menjadi seorang profesor yang punya kekuatan khusus seperti pendengaran super, menghentikan waktu, dan melihat masa depan seseorang.

Tiga bulan sebelum pesawat alien yang menjemputnya datang, ia malah jatuh cinta pada seorang aktris cantik yang membuatnya enggan pulang ke tempat asal.

Bagaimana kelanjutan kisah cinta dua makhluk beda planet ini? Apakah si alien memilih pulang ke tempat asalnya atau tetap di bumi bersama sang pujaan hati?

19. 100 Days My Prince

100 Days My Prince

Drama yang dibintangi oleh D.O EXO ini mengusung tema kolosal komedi romantis yang sangat menarik untuk ditonton. 

Dikisahkan seorang putra mahkota kerajaan di Joseon, Lee Yool (D.O EXO) yang sangat perfeksionis, bersikap dingin dan menuntut, padahal kenyataannya dia sangat kesepian. 

Suatu hari, dalam kasus percobaan pembunuhan, Lee Yool terluka dan mengalami amnesia hingga dia berkeliaran tanpa tujuan, sampai akhirnya bertemu dengan Hong Shim. Kemudian Hong Shim merawatnya dan memberinya nama Won Deuk. 

Tanpa tahu jika dia seorang putra mahkota, Hong Shim dipaksa menikahi Won Deuk untuk menyelamatkan desa dari kekeringan. Saat itu masyarakat percaya bahwa bencana alam dan kesengsaraan yang terjadi akibat wanita yang belum menikah.

20. Dream High

Dream High

Menceritakan enam siswa di sekolah seni Kirin Art High School, yang bekerja keras mencapai mimpi mereka menjadi seorang bintang di industri musik Korea.

Selama masa belajar, mereka mulai mengembangkan bakat mereka dari segi suara, akting, menulis lagu, bahkan keterampilan menari yang perlahan mengalami pertumbuhan pribadi. 

Setiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun dengan bimbingan dan dukungan satu sama lain, mereka berjuang untuk memulai debutnya di atas panggung.

Drama yang satu ini sangat wajib ditonton karena membawa banyak hal positif yang bisa kalian ambil dari setiap pemerannya.

21. Mr. Sunshine

Mr. Sunshine

Mengusung cerita tentang masa feodal dimana Korea dijajah oleh Jepang, serial drama korea berjudul Mr. Sunshine ini berhasil meraih rating tertinggi pada masa tayangnya.

Drama ini mengisahkan seorang wanita Joseon bernama Go Ae Shin dengan tiga pria yang memiliki latar belakang berbeda. Yang pertama ada Choi Eugene, pria asal Joseon yang besar dan memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat.

Lalu ada Kim Hee Sung seorang pria Joseon tulen, dan Goo Dang Mae pria keturunan Joseon-Jepang. Ketiga pria ini membuat Go Ae Shin harus berhati-hati menjalankan misi demi kemerdekaan Joseon kala itu.

Melihat alur dan karakter para pemainnya, tentu drama ini mengandung banyak konflik yang terjadi dalam urusan cinta dan politik.

22. Reply 1997

Reply 1997

Mengusung alur cerita dan latar yang nostalgia, Reply 1997 menjadi salah satu drama korea terbaik dan terlaris yang disutradarai oleh Shin Won Ho.

Drama ini menceritakan seorang remaja wanita yang sangat mengidolakan boygroup H.O.T yang sangat populer kala itu. Dengan kelima sahabatnya, dia mengingat-ingat betapa menyenangkannya hidup mereka di masa lalu. 

Reply 1997 berfokus pada high school romance dan kehidupan Sung Shi Won sebagai seorang fangirl. Drama ini punya ending dan jalan cerita yang sangat sweet.

Sangat cocok untuk kamu yang menyukai drama-drama ringan tanpa konflik yang berat.

23. Signal

Signal

Cerita penuh misteri tentang time traveler bisa kamu temukan di drama korea berjudul Signal.

Drama ini mengangkat kisah nyata pembunuhan berantai yang berlangsung selama enam tahun dari 1986-1991 di daerah Hwaseong, Gyeonggi, Korea Selatan.

Dalam drama dikisahkan tiga detektif beda masa bersatu untuk membongkar kasus ini. Suatu hari, Hae Young yang hidup di tahun 2015 menemukan walkie talkie yang menghubungkannya ke seorang detektif yang mengaku berasal dari tahun 2000. 

Meski awalnya tidak percaya, keduanya terus berkomunikasi untuk mengungkap siapa tersangka pembunuhan berantai Hwaseong demi mencegah korban berjatuhan lainnya.

Meski dibumbui unsur fiksi, drama Signal menyajikan ketegangan yang berhasil membuat penonton ikut merinding. Bahkan, Signal masuk ke dalam list drama tvN terbaik dengan rating tinggi.

24. The Tale of Nokdu

The Tale of Nokdu

Satu lagi drama korea terbaik tahun 2019 yang sangat recomended untuk ditonton adalah The Tale of Nokdu.

Mengambil genre komedi romantis, The Tale of Nokdu mengisahkan tentang seorang pria bernama Jeon Nok-du yang menjadi sasaran pembunuhan. 

Untuk menghindari pembunuhan tersebut, Nok-du menyamar menjadi seorang wanita agar bisa masuk dan bersembunyi ke sebuah desa terpencil.

Disinilah Nok-du bertemu dengan Dong Dong Ju, yang ternyata berniat membalas dendam untuk peristiwa yang terjadi di masa lalu.

25. Prison Playbook

Prison Playbook

Prison Playbook merupakan drama korea bergenre black comedy yang menggaet nama-nama besar seperti Park Hae Soo, Jung Hae In, Jung Kyung Ho, Sung Dong II, dan Krystal.

Drama ini mengisahkan tentang seorang atlet baseball berbakat yang harus mendekam di penjara karena sebuah kasus. 

Dipenjara, dia hidup dengan narapidana lain dari berbagai latar belakang. Mulai dari seorang pecandu narkoba, korban fitnah, hingga narapidana kasus penipuan.

Selain menonjolkan sisi komedi, pengambilan plot yang unik membuat drama Prison Playbook mampu menarik perhatian banyak orang.

26. Return

return

Mendulang kesuksesan di tahun 2018, Return menjadi salah satu drama korea terbaik yang mengusung tema hukum dan juga kasus pembunuhan.

Return mengisahkan seorang pengacara dan detektif yang bekerja sama mengumpulkan bukti untuk mengungkap kasus pembunuhan seorang wanita yang melibatkan para pria kaya.

Drama ini juga mengungkap sisi gelap empat pria yang menjadi tersangka termasuk Oh Tae-seok, seorang CEO perusahaan IT sukses yang melakukan kejahatan namun berpura-pura baik untuk menutupi kesalahan yang dia buat.

Sayangnya, tidak semudah itu menjebloskan para tersangka ke penjara karena banyak alibi yang muncul dan itu sangat mempersulit proses persidangannya.

27. Reply 1988

Reply 1988

Reply 1988 adalah drama keluarga yang mengambil latar belakang tahun 1988. 

Drama ini menggambarkan kisah cinta dan persahabatan 5 remaja yang terdiri dari 4 laki-laki dan satu perempuan, yang sudah mengenal sejak kecil dan saling dekat satu sama lain.

Selain kisah cinta dan persahabatan, Reply 1988 juga menonjolkan kehangatan hidup rukun bertetangga dengan saling tolong menolong dalam suka maupun duka.

Serial drama korea yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai drama manis dan ringan.

28. Strangers From Hell

Strangers From Hell

Drama thriller misteri berjudul Strangers From Hell bercerita tentang seorang pemuda yang harus tinggal di kos murah dan jorok dengan orang-orang yang bertingkah laku aneh. 

Kemudian terjadi sejumlah insiden misterius yang membuat pemuda tersebut merasa tak nyaman, tanpa tahu jika dia tinggal di lingkungan para psikopat. 

Ada empat karakter psikopat dalam drama korea ini. Pertama Seo Moon Jo, seorang dokter gigi yang paling berperan dan disegani semua penghuni kos. Kedua, Hong Nam-bok penghuni kamar 313 yang sangat berantakan dan selalu menonton film porno. 

Psikopat ketiga adalah seorang pria keterbelakangan mental yang sangat jahil bernama Byeon Deuk-jong, dan yang terakhir Yoo Ki Hyeok yang sangat perfeksionis.

Pemilik kos Uhm Bok Soon juga memiliki andil dan menyimpan misteri dengan bersikap seolah semuanya normal.

Apakah pemuda tersebut mampu bertahan di kost sampai akhir atau justru memilih keluar? Bagaimana kisah selanjutnya?

29. Woman Of Dignity

woman of dignity

Kalau kamu bosan dengan kisah romansa antara aktor dan aktris dalam sebuah drama, Woman Of Dignity sangat direkomendasikan karena mengambil dua karakter wanita sebagai tokoh utamanya.

Cerita ini dimulai dengan kehadiran perawat baru di tengah keluarga kaya yang bernama Park Bok Ja.

Selain Park Bok Ja ada satu tokoh wanita bernama Woo Ah-jin yang merupakan menantu di keluarga kaya tersebut. Woo Ah-jin adalah gambaran sempurna tentang seorang wanita, dia cantik, pintar, baik hati, dan kaya raya.

Park Bok Ja yang selama ini hidup susah dan menyimpan banyak kenangan gelap sewaktu kecil pun mulai iri dan ingin merasakan kemewahan yang ada pada keluarga tersebut. 

Konfliknya yang intens dan cukup menegangkan membuat drama ini sangat seru untuk diikuti.

30. Hi Bye, Mama

Hi, bye mama

Hi Bye, Mama merupakan drama keluarga bergenre fantasy yang diperankan oleh Kim Tae-hee, Lee Kyu-hyung, Shin Dong-mi, Go Bo-gyeol, Lee Shi-woo, dan Seo Woo-jin.

Drama ini menceritakan seorang wanita hamil bernama Cha Yoori (Kim Tae Hee) yang mengalami kecelakaan tragis, sampai akhirnya ia meninggal tanpa sempat menggendong anak yang dilahirkan.

Menariknya, 5 tahun setelah kematiannya, Cha Yoori diberi kesempatan hidup kembali untuk bertemu dengan suami dan anaknya. Setelah 49 hari, ia diberi dua pilihan untuk kembali ke keluarganya atau kembali ke alam baka. 

Namun masalahnya, suami Cha Yoori ternyata sudah menikah lagi dengan perempuan lain. Siapin banyak tisu karena setiap episode drama ini selalu mengundang air mata.

31. Mother of Mine

Mother of Mine

Mother of Mine adalah serial drama yang dibintangi oleh Kim Hae-sook, Kim So-yeon, Kim Ha-kyung, Nam Tae-boo, Choi Myung-gil, dan Park Geun-soo.

Drama ini bercerita tentang pengorbanan seorang ibu tunggal yang membesarkan ketiga putrinya seorang diri.

Dia memiliki sebuah restoran sup daging untuk menunjang keluarga sampai ketiga putrinya beranjak dewasa dan memiliki kehidupan masing-masing.

Serial drama korea yang rilis pada 23 maret 2019 ini berakhir pada tanggal 22 september 2019 dengan 108 episode.

32. Hospital Playlist

Hospital Playlist

Hospital Playlist adalah sebuah drama yang menggambarkan chemistry persahabatan lima karakter yang saling memahami satu sama lain hanya melalui tatapan mata.

Mereka menjalani hidup bersama dengan cara sederhana namun istimewa dan menjadi saksi kelahiran serta kematian banyak nyawa di sebuah rumah sakit. 

Drama tema medical terbaru karya sutradara Shin Wonho ini digadang-gadang masuk ke dalam list drama korea terbaik sepanjang masa. 

Itulah beberapa rekomendasi drama korea terbaik sepanjang masa dari banyak genre, mulai dari komedi, romantis, thriller, misteri hingga horor. 

Dengan alur cerita yang menarik serta akting para aktor dan aktris yang mumpuni, deretan drama korea di atas sangat wajib kalian tonton. 

Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

2 Replies to “Drama Korea Terbaik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *