Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Batik Madura

6 min read

Batik Sumenep Warna Kombinasi

Batik Madura – Selain terkenal dengan karapan sapinya, Madura juga memiliki produk batik yang tak kalah populer. Ada berbagai corak dengan pilihan warna yang berani di setiap batik yang diproduksi.

Ya, memang batik Madura memiliki ciri unik berupa warnanya yang mencolok alias gonjreng, cerminan karakter orang Madura.

Motif Batik Madura

Dalam hal corak, batik asal Madura memiliki kecenderungan yang beragam. Secara umum ada beberapa motif batik asli Madura yang bisa Anda temui di pasaran.

1. Batik Bangkalan

Bangkalan terkenal akan batiknya yang memiliki variasi berbagai tema dan warna. Namanya batik Gentongan, diambil dari teknik yang digunakan untuk mewarnainya yakni dengan menggunakan gentong. Batik jenis ini pun mempunyai corak yang berbeda-beda, antara lain :

a. Batik Kombinasi

Motif Batik Bangkalan
pinterest.com

Di Madura, batik dengan kombinasi warna terang yang mencolok sangatlah lumrah dilakukan. Kombinasi biru muda, biru tua dan merah menjadikan kain batik lebih semarak digunakan. Apalagi perpaduan antara motif bunga dan kawung yang sangat kontras namun apik.

b. Batik Petengteng Klasik

Batik Madura
pinterest.com

Walau terkenal akan warna yang mencolok, ada pula batik khas Patengteng dengan gaya klasik dan warna kalem. Batik ini cocok untuk Anda kenakan di acara formal agar tak terlalu mentereng.

c. Batik Tanjung Bumi

Batik Madura Tanjung Bumi
pinterest.com

Varian paling terkenal dari Bangkalan adalah batik Tanjung Bumi yang khas. Dengan motif makhluk hidup berupa tumbuhan yang khas, batik ini nampak cantik dan estetik.

2. Batik Sumenep

Daerah Sumenep pun tak ketinggalan menyumpangkan batik dengan corak khusus yang berbeda. Batik ini hadir sebagai warisan budaya Keraton Sumenep. Untuk lebih mengetahuinya, perhatikan contoh berikut ini.

a. Batik Sumenep Warna Kombinasi

Batik Sumenep Warna Kombinasi
pinterest.com

Varian batik dari daerah Sumenep memiliki dua warna atau lebih di dalam coraknya. Lihat saja kombinasi warna biru, hijau, orange, dan hitam yang makin menambah kesan atraktif dan berani ini.

b. Batik Sumenep Kombinasi Corak

Batik Madura Sumenep Kombinasi Corak
pinterest.com

Selain memadukan banyak warna, batik Sumenep juga hadir dengan varian corak yang beragam. Tak hanya dua, bahkan tiga atau lebih corak bisa dipadukan dengan apik. Hampir keseluruhan varian batik yang ada di daerah ini adalah jenis batik tulis, sehingga harganya cukup mahal.

3. Batik Pamekasan

Meski tak seterkenal batik Jogja, namun batik Pamekasan memiliki posisi tersendiri dalam jajaran batik nusantara. Hal ini karena warnanyanya yang cerah dengan kombinasi corak khas seperti Per Keper, Malete Seto’or, Kar Jagad, Mo ‘Ramo’, Tong Centong, dan lainnya.

a. Batik Motif Bunga dan Akar

Motif Batik Madura
pinterest.com

Varian batik dalam warna biru cerah tak biasa membuat tampilan Anda makin mempesona. Terlebih gradasi warna antara kuning, merah dan biru tua di bagian corak bunga dan akar di dalamnya.

b. Batik Daun Kombinasi

Batik Tulis Madura
pinterest.com

Jika dilihat sekilas, batik satu ini menampilkan unsur daun. Kian kental dengan warna hijau pupus yeng menjadi dasarnya. Tambahan corak garis geometris dalam merah dan ungu membuatnya kian nyentrik.

4. Batik Sampang

Seperti namanya, batik satu ini berasal dari daerah Sampang. Umumnya coraknya flora fauna yang diaplikasikan di atas kain berbahan katun ataupun sutra dengan memegang pakem batik klasik gaya lama.

a. Batik Cap Tumbuhan

Gambar Batik Madura
pinterest.com

Meski menggunakan varian warna cerah, batik Sampang tidak menonjolkan diferensiasi banyak warna di dalamnya. Sebaliknya, ada banyak motif yang disuguhkan dalam selembar bahan. Seringkali pengerjaan dilakukan dengan teknik cap lantaran detail yang memerlukan kejelian tinggi.

b. Batik Tumbuhan Merambat

Kain Batik Madura
pinterest.com

Permainan warna juga tak terlalu ekstrem dilakukan dalam batik corak tumbuhan merambat ini. Di sisi kanan-kiri terdapat detail lain yang memperkaya keindahannya. Ramai namun tak terkesan norak karena paduan warnanya yang tak terlalu kontras.

5. Batik Serat Kayu

Meski tak begitu populer dan jarang didengar, namun batik serat kayu memiliki penggemar setia tersendiri. Kamu bisa melihat adanya tekstur seperti alur serat kayu pada kainnya dengan jelas. Alur inilah yang memberikan nilai estetika tersendiri dan menjadikannya makin menarik.

a. Batik Klasik Cokelat Jingga

Ciri Khas Batik Madura
pinterest.com

Dalam jenis batik serat kayu tak banyak warna dan corak yang diaplikasikan di dalamnya. Hal ini karena keberadaan alur serat pun sudah memberi sentuhan unik yang indah. Batik jenis ini cocok untuk dikenakan pada acara resmi.

b. Batik Corak Tumbuhan Klasik Merah Muda

Batik Khas Madura
pinterest.com

Warna merah muda dan cokelat yang kalem ternyata menjadi sangat apik ketika disatukan. Corak yang tak menggunakan banyak gaya juga makin menonjolkan kesederhanaan dan kesan anggun ala wanita Jawa.

6. Batik Kacangan

Batik kacangan memiliki corak yang unik dengan variasi kacang-kacangan yang ada di nusantara. Tak seperti batik asal Madura lainnya, batik kacangan tak begitu banyak bermain dengan motif dan warna, namun inilah yang menjadi nilai jualnya.

a. Batik Kacangan Model Kacang Tanah

Batik Madura Motif Kacangan
pinterest.com

Memasukkan unsur tumbuhan berupa kacang tanah ke dalam batik ternyata merupakan pilihan yang tepat. Corak yang anti-mainstream ini membuat tampilannya makin elegan.

b. Batik Kacangan Kombinasi

Corak Batik Madura
pinterest.com

Untuk tampilan yang lebih modern, ada pula jenis batik kacangan kombinasi yang memadukan beberapa unsur di dalamnya. Tak hanya warna, namun juga corak yang beragam. Umumnya batik model ini lebih digemari oleh para kawula muda, dibandingkan golongan tua yang cenderung suka gaya klasik.

7. Batik Pancawarna

Seperti nama yang disandangnya, dalam batik pancawarna terkandung banyak unsur dan gradasi warna di tiap helainya. Meski berwarna-warni mencolok, tapi kamu tak perlu takut untuk terlihat norak. Toh banyak variasi yang bisa kamu pilih untuk menyemarakkan tampilanmu, antara lain seperti berikut.

a. Batik Pancawarna Cerah

Gambar Motif Batik Madura
pinterest.com

Jika kamu sedang membutuhkan kain warna-warni yang indah, kamu bisa memilih batik satu ini sebagai andalan. Corak dasarnya yang abstrak menyatu sempurna dengan bubuhan gambar bunga-bunga yang makin menambah semarak.

b. Batik Pancawarna Tribal

Contoh Batik Madura
pinterest.com

Kamu akan mendapati batik dengan corak tribal kekinian yang dipadukan dengan corak lain seperti bunga, garis, hingga motif tumbuhan paku. Walau warna yang digunakan tak begitu mencolok, hadirnya berbagai corak yang saling tumpang-tindih membuat penampilanmu unik.

Model Baju Batik Madura

Menurut sejarah, batik telah ada di Indonesia sejak abad ke-17 silam. Namun, perkembangannya makin pesat berkat dilirik oleh pembesar Majapahit.

Kini corak batik makin variatif dengan memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Sebagai bahan referensi, kamu bisa mencontoh berapa model berikut.

1. Kemeja Batik Pria

Model Baju Batik Madura Untuk Kerja
kuka.co.id

Untuk berbagai acara formal, tentu kehadiran batik menjadi pilihan alternatif yang menjanjikan ketimbang harus bertuksedo. Kamu bisa memilih batik kombinasi dengan aneka corak ini dengan harga berkisar di angka 90 ribuan.

2. Kemeja Batik Pria Corak Merak

Harga Batik Tulis Madura
kuka.co.id

Jika kamu lebih menginginkan tampilan yang elegan dan tak terlalu ramai, batik sederhana dengan lukisan merak ini bisa jadi andalan. Selain terlihat formal, kamu hanya perlu dana 80 ribuan saja untuk memilikinya.

3. Bawahan Batik Parang

Model Baju Batik Madura Wanita Modern
pinterest.com

Batik parang memang tak pernah ada matinya dan bisa dikombinasikan dengan apa saja. Terutama dipadukan dengan kebaya, tampilanmu kian anggun seketika. Kini batik parang bisa dimiliki dengan harga variatif, mulai 80 ribuan untuk teknik cap, dan ratusan ribu jika dibuat dengan teknik tulis.

4. Batik Serat Kayu Corak Bunga

Model Batik Madura
pinterest.com

Kesan klasik nan elegan sangat mendominasi batik serat kayu ini. Kamu bisa memilikinya dengan harga 200 ribuan.

5. Batik Serat Kayu

Motif Batik Gentongan Madura
pinterest.com

Tak ingin nampak berlebihan? Alur serat kayu pada bahan berwarna merah ini sudah cukup untuk menampilkan daya tarikmu yang menggelora. Kamu hanya tinggal memadukannya dengan atasan putih. Harganya berkisar di angka 200 ribuan.

6. Batik Pria Corak Naga

Motif Batik Madura Terbaru
batiknulaba.com

Untuk menambah kesan tinggi dan bidang, batik bercorak naga ini cocok kamu gunakan. Harganya pun hanya 90 ribuan saja.

7. Batik Corak Bunga

Harga Batik Madura
pusatseragambatik.com

Corak bunga yang bertumpuk dalam batik bisa makin menambah kesan feminimmu. Untuk tampil seanggun ini, kamu perlu membeli batiknya seharga 120 ribuan.

8. Batik Pria Modern

Jenis Batik Madura
pusatseragambatik.com

Tak melulu bercorak klasik, ada banyak batik yang menampilkan kesan modern seperti contoh. Warna tosca berbaur hitam akan membuat tampilanmu makin manly dan mempesona. Cukup beli dengan harga 100 ribuan saja.

9. Batik Pria Elegan

Filosofi Batik Madura
blanja.com

Mau tampil elegan? Batik satu ini bisa jadi pilihan. Motifnya yang didominasi gambar merak yang membuatmu tampil gagah namun tetap njawani. Cukup rogoh kocek 100 ribu saja.

10. Batik Pria Sederhana

Sejarah Batik Madura
batiknulaba.com

Kalau kamu suka pakaian berlengan pendek, batik berwarna merah-hitam ini cocok untuk kemana-mana. Harganya pun tak sampai 60 ribu.

11. Batik Semen Couple

Macam Macam Batik Madura
bukalapak.com

Batik semen versi couple ini bisa membuat kamu dan pasangan kian serasi. Potongan yang sederhana akan kian menonjolkan pesonamu. Cukup 120 ribuan saja untuk sepasang kemeja ini.

12. Batik Tasik Couple

Batik Gentongan Madura
bukalapak.com

Dengan warna kuning, batik Tasik couple ini menampilkan sisi kalem yang tak terelakkan. Kamu bisa membelinya di harga 120 ribuan.

13. Batik Pria Kombinasi Bunga

Nama Motif Batik Madura
kuka.co.id

Siapa bilang kemeja batik pria tak bisa beraksen bunga cerah? Batik yang dibanderol seharga 100 ribuan ini akan membuat tampilanmu kian memukau.

14. Batik Merak

Model Baju Batik Madura
laxmitailors.com

Corak merak bisa tampak kian mewah jika dilukiskan di atas sutra. Terlebih pemilihan warna yang pas seperti ini. Pantas saja jika harganya dibanderol 150 ribuan.

15. Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung
aksentopis.com

Pilihan batik mega mendung merupakan pilihan aman untuk segala keadaan. Apalagi corak satu ini tak pernah gagal menampilkan kesan manly. Kamu bisa membelinya seharga 60 ribuan.

16. Batik Kombinasi Bunga

Baju Batik Madura
fashionbatikcasual.com

Corak tumbuhan terutama bunga sudah menjadi pilihan yang umum dalam baju batik. Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih warna yang pas sesuai karaktermu. Seperti batik ini, kamu cukup membayarnya 70 ribuan saja.

17. Batik Tunik Sleveless

Batik Madura Bangkalan
fashionbatikcasual.com

Untuk menampilkan kesan lebih santai, kamu bisa memakai batik tunik tanpa lengan ini. Harganya berkisar di 80 ribuan saja.

18. Batik Modern Bunga

Batik Madura Pamekasan
pinterest.com

Tak seperti lainnya, batik modern ini menjadi alternatif kekinian yang cocok untuk segala keadaan. Mini dress cantik ini bisa kamu beli seharga 110 ribuan.

19. Batik Kebaya

Batik Kebaya Madura
bukalapak.com

Batik model kebaya juga bisa dipakai di acara apa saja. Kamu hanya perlu membayar 70 ribu dan memadukannya dengan setelan yang pas.

20. Batik Modern Geometris

Batik Modern Geometris Khas Madura
batiknulaba.com

Batik ini akan mengukuhkan kesan gentleman yang kamu miliki. Terlebih pilihan warnanya agak gelap dan manly. Kamu hanya perlu membelinya seharga 100 ribuan saja.

Nah, kamu suka model batik yang mana nih?

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *