Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Batik Kalimantan

8 min read

Motif Batik Kalimantan Dayak

Batik Kalimantan – Berbicara soal batik, warisan budaya ini telah tersebar di seluruh nusantara dengan kekhasan daerah masing-masing. Berbeda dengan mayoritas batik Jawa yang terkesan kalem dan anggun, batik asal Kalimantan lebih ekspresif dalam menampilkan warna-warna terang.

Agar kamu lebih mengerti tentang seluk beluk batik Kalimantan, sebaiknya simak uraian berikut ini.

Motif Batik Kalimantan

Batik asli Kalimantan dulunya menggunakan serat binatang serta kapas sebagai media dalam pembuatan kain. Namun seiring waktu, masyarakat mulai beralih dan memanfaatkan material non-kapas seperti rayon, sutera, polyester, dan lainnya.

Corak yang disajikan dalam batik asli Kalimantan pun cukup berbeda jika dibandingkan batik Jawa. Untuk lebih jelasnya, kenali beberapa model batik berikut ini :

1. Dayak

Motif Batik Kalimantan Dayak
pinterest.com

Batik model ini lebih menekankan coraknya pada unsur-unsur berbau alam, religius, maupun hal lain yang berkaitan dengan suku tersebut.

Karenanya, kamu tak perlu heran jika corak yang diusung sangatlah unik dan berbeda dengan yang lain. Salah satunya terlihat seperti contoh di atas yang menggambarkan senjata suku asli Kalimantan tersebut.

2. Batik Shaho

Motif Batik Kalimantan Shaho
okezone.com

Batik shaho menjadi salah satu yang paling terkenal di daerah asalnya, Kalimantan Timur. Umumnya corak yang disuguhkan berasal dari inspirasi berbau alam, seperti liukan akar ataupun ranting pohon. Bisa pula dalam wujud corak spiral, patung, ataupun lingkaran. Kamu akan menemukannya dalam balutan warna mencolok yang memberi kesan lebih hidup.

3. Motif Empiek

Batik Empiek Kalimantan
pinterest.com

Masih dari daerah Kaltim, khususnya Balikpapan, ada batik terkenal yang bernama empiek. Kamu bisa menjumpainya dalam berbagai corak yang rapi dan presisi. Batik ini juga sering hadir dalam balutan warna cerah dengan satu warna yang lebih mendominasi dibanding lainnya.

Nggak kalah menarik, batik parang juga menjadi salah satu motif batik khas Indonesia yang banyak diburu pecinta batik.

4. Benang Bintik

Batik Kalimantan
desainbusanaterbaru.blogspot.com

Batik benang bintik sebenarnya merupakan warisan nenek moyang yang mengakulturasi seni ukir ke media berupa kain. Makanya, kamu jangan heran jika corak yang digambarkan banyak berwujud arca, prasasti, dan sebagainya. Salah satu ciri khas batik asal Kalimantan Tengah ini adalah adanya bintik-bintik di sepanjang kain.

5. Jajumputan

Motif Batik Kalimantan
desainbusanaterbaru.blogspot.com

Tampilan batik jajumputan biasanya lebih modern dengan desain minimalis namun estetis. Biasanya corak yang diusung berupa pola geometris yang teratur. Batik jenis ini kerap disandingkan dengan batik sasirangan, walau sebenarnya keduanya tak memiliki kaitan kuat satu sama lain.

Karena tampilannya yang elegan dan tak berlebihan, batik jenis ini banyak digemari berbagai kalangan. Lihat saja motif batik jajumputan di atas kain hitam nan simple ini. Tampak elegan tanpa perlu berlebihan, kan?

6. Naga Balimbur

Gambar Batik Kalimantan Naga Balimbur
tekooneko.com

Seperti namanya, batik naga balimbur mengadopsi coraknya dari bentuk tubuh naga. Hanya sekedar tubuhnya saja, tanpa kepala ataupun ekor.

Kamu bisa melihatnya dalam bentuk corak yang meliuk-liuk dan rumit, atau dalam garis lengkung sederhana. Tak hanya menggunakan teknik lukis dalam pembuatannya, ada beberapa jenis batik naga balimbur yang lebih mengandalkan teknik celup.

7. Batik Bayam Raja

Batik Kalimantan Timur Bayam Raja
tekooneko.com

Sesui nama yang disandangnya, batik ini terinspirasi dari tanaman bayam raja.

Pada dasarnya penampakan batik ini menyerupai naga balimbur, namun dengan pola yang tak begitu teratur. Polanya terwujud dalam garis lengkung naik turun. Biasanya batik jenis ini digunakan dalam keseharian di masyarakat.

8. Batik Daun Jaruju

Batik Khas Kalimantan Timur Daun Jaruju
garissihijau.blogspot.com

Sama seperti batik bayam raja, penamaan batik daun jajuru terinspirasi pada corak di dalamnya. Corak batik ini memiliki bentuk unik menyerupai daun jajuru yang memiliki ujung tajam. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, daun jajuru ini mempunyai makna penting sebagai tolak bala untuk menangkal musibah.

9. Kambang Tampuk Manggis

Contoh Batik Kalimantan Kembang Tampuk Manggis
garissihijau.blogspot.com

Berbeda dengan batik yang umumnya dilukis manual, batik kambang tampuk manggis biasanya dibuat dengan teknik bernama tusuk jejulur.

Lalu, kain diikat menggunakan rafia untuk kemudian dicelupkan dalam warna. Bisa pula dibuat dengan teknik cap agar lebih praktis dan mendapatkan hasil simetris. Batik ini bisa berwujud dalam warna gonjreng maupun kalem.

10. Batang Garing

Model Batik Kalimantan Motif Batang Garing
pinterest.com

Batik batang garing merupakan salah satu corak klasik yang hanya melibatkan dua warna di dalamnya. Meski terlihat sederhana, tapi batik ini memiliki makna yang dalam bagi masyarakatnya.

Suku Kalimantan umumnya menganggap bahwa batang garing menggambarkan sumber semua kehidupan. Dalam kepercayaannya, batang garing melambangkan keharmonisan dan keseimbangan hidup.

11. Batik Etnis Melayu Tradisional

Batik etnis melayu tradisional
gpswisataindonesia.info

Corak pada batik etnis Melayu tradisional banyak dipengaruhi dari daerah asalnya, yakni Kalimantan Barat.

Tak heran, kamu akan lebih banyak menemukannya dalam warna cerah dan meriah. Umumnya, batik jenis ini dilukiskan pada kain sutera yang halus.

12. Burung Enggang

Batik Kalimantan Motif Burung Enggang
ilmunik.com

Dalam kepercayaan masyarakat Kalimantan, burung enggang dianggap suci dan keramat.

Untuk melestarikan kepercayaan tersebut, burung ini diusung menjadi salah satu corak khas asli Kalimantan. Tak jarang batik ini memadukan dengan corak lain agar tak terlihat monoton.

13. Tidayu

Batik Kalimantan Motif Tidayu
infobatik.com

Batik tidayu dikenal mahal dibanding jenis batik lainnya dalam jajaran batik Kalimantan. Batik ini memadukan tiga budaya di dalamnya sekaligus.

Mulai dari Melayu, Dayak, serta Tionghoa. Meski banyak kalagan yang menirunya, namun batik tidayu asli memiliki harga yang cukup mahal.

14. Kembang Kenanga

Batik Kalimantan Motif Kembang Kenanga
produkbanyumas.co.id

Secara umum, batik kembang kenanga hadir dalam bentuk elegan dan anggun layaknya kembang kenanga. Batik ini mengambil inspirasi dari bunga kenanga yang harum dan wangi.

Filosofinya menekankan agar si pemakai selalu menjadi orang bermanfaat bagi sekitarnya. Secara look, batik kenanga memiliki citra elegan yang cocok dikenakan baik laki-laki maupun perempuan.

15. Motif Etnis Melayu

Motif Batik Kalimantan Timur
gpswisataindonesia.info

Batik etnis Melayu kerap memakai kain sutera sebagai media lukisnya. Hal ini membuatnya makin mewah dan berkelas.

Terlebih corak yang dilukiskan menggabungkan unsur binatang dan bunga-bungaan dalam paduan yang pas. Karena semuanya tak berlebihan, tampilanmu pun akan terlihat mengesankan dan berwarna.

Model Baju Batik Kalimantan

Setiap batik dari daerah Kalimantan memiliki ciri khas tersendiri. Kalimantan Selatan terkenal akan batik khas Banuanya. Kalteng dengan benang bintik, Kalbar dengan batik Pontianak, dan Kaltim dengan batik Shaho. Tak ketinggalan pula Kalimantan Utara yang memiliki batik Tarakan.

Dengan ciri dan corak yang beragam tersebut, berbagai model pakaian bisa dihasilkan untuk menunjang penampilan.

Tak hanya untuk acara formal saja, kini batik juga bisa lebih luwas dikenakan pada acara-acara santai sekalipun. Sebagai bahan referensi, kamu bisa menilik model batik-batik yang mempesona untuk melengkapi koleksimu di rumah.

1. Batik Pria Corak Bunga

Batik Kalimantan Barat
pinterest.com

Siapa bilang pria tak bisa memakai pakaian berbunga-bunga. Dengan komposisi dan pemilihan warna yang pas, corak bunga dalam batik malah justru akan memancarkan pesonamu dengan maksimal.

Lihat saja contoh batik warna khaki ini, indah sekali kan? Warna ini juga tergolong netral dan bisa kamu gunakan untuk berbagai momen, bahkan acara formal sekalipun. Harganya sekitar 90 ribuan saja lho.

2. Batik Etnik dengan Corak Unik

Batik Kalimantan Selatan
anantabatik.com

Untuk mengekspresikan diri akan kecintaanmu pada daerah yang ada di Indonesia, kamu bisa menunjukkannya dengan memakai batik etnik dengan corak unik.

Kesan patah-patah dari corak yang tergambar akan membuat tampilanmu makin nyentrik dan menarik. Untuk tampilan yang aman, sebaiknya kamu menghindari pemilihan warna yang terlalu kontras, pilihlah warna-warna netral saja.

Soal harga, batik bergaya etnik ini memang dibanderol lebih mahal dari pasaran jenis batik lainnnya. Maklum saja, batik ini menggunakan bahan kain tenun sehingga terlihat begitu orisinil. Siapkan saja kocek sekitar 100 ribu.

3. Batik Tidayu Pria

Batik Kalimantan Tengah
jd.id

Batik tidayu dengan corak abstrak yang saling bertumpuk memberikanmu vibe yang kuat untuk menampakkan jiwa bebas yang kamu miliki. Ditambah warna orange segar yang menjadi dasarnya. Kamu pun bisa tampil necis dengan memadukan bawahan berwarna gelap, utamanya hitam untuk menetralkan tampilan.

Perpaduan budaya yang berbeda di dalam batik tidayu justru akan membuat tampilanmu mengesankan. Kamu bisa membeli batik ini pada rentang harga 70 ribuan saja.

4. Batik Pria Corak Parang Geometris

Motif Batik Kalimantan Barat
inkuiri.com

Selain berlengan panjang, kamu pun bisa bergaya santai dengan batik berlengan pendek ini. Paduan corak parang dan kotak-kotak geometris membawa kesan berwibawa dan manly makin kentara.

Tak cuma membuat tampilanmu terlihat gagah, ternyata harga yang dipatok untuk kemeja batik ini cukuplah murah. Cukup bayarkan 50 ribuan saja.

5. Batik Elegan Corak Single

Batik Kalimantan Utara
blibli.com

Menggunakan satu pokok corak saja dengan gradasi yang sama ternyata tidaklah membosankan. Malah, kamu bisa tampil elegan dan tak berlebihan.

Sekalipun mengusung tema floral, namun sentuhan gradasi warna yang dipilih membuatmu tampak menawan. Kamu bisa memilikinya dengan membayarkan harga sekitar 80 ribuan saja.

6. Batik Floral Free Butterfly

Batik Khas Kalimantan
inkuiri.com

Sesuai namanya, batik ini mengombinasikan corak floral dengan kupu-kupu yang nampak bebas beterbangan. Tak melulu harus kemeja, outer batik ini bisa menyulap penampilanmu terlihat lebih formal dalam waktu sekejap.

Kamu hanya perlu memadu-padankannya dengan inner dan bawahan yang tepat. Untuk bahan yang agak tebal, kamu bisa membelinya di harga 90 ribuan.

7. Batik Pria Corak Daun

Motif Batik Dayak Kalimantan Barat
jd.id

Bagaimanapun bagusnya, banyak pria tak menyukai apapun yang berkaitan dengan bunga, soal batik sekalipun. Bukan karena memang membencinya, namun kebanyakan dari mereka merasa corak tersebut mengesankan look feminim.

Jika kamu salah satu yang menghindari bunga, pilihlah opsi batik bercorak daun ini untuk setiap acara yang hendak kamu datangi. Harganya sekitar 90 ribuan saja.

8. Batik Kombinasi untuk Momen Santai

Motif Batik Dayak Kalimantan Tengah
pinterest.com

Tak hanya untuk bepergian ke acara formal, kamu bisa menggunakan batikmu untuk baju keseharian. Gaya lengan pendek model peplum semi-kerut ini misalnya.

Tampilanmu akan terlihat santai namun tetap chic berkat perpaduannya yan sempurna dengan aksen mini polkadot di daerah tengah dan kerah. Kamu dapat memilikinya dengan membayar harga 50 ribuan saja.

9. Batik Peplum Parang-Bunga

Baju Batik Kalimantan
pinterest.com

Corak bunga dan parang mungkin memang kerap dipersatukan dalam batik. Bedanya, kali ini susunannya dibuat diagonal sehingga membantu memberi bentuk pada tubuhmu.

Apalagi model baju berpotongan peplum ini memiliki kerut di bagian pinggang. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 90 ribuan.

10. Batik Modern Fifty-Fifty

Motif Batik Kalimantan Selatan
lazada.co.id

Kalau bosan dengan model baju batik yang bercorak penuh, kamu wajib memasukkan batik modern ini dalam daftar list-mu.

Modelnya yang berpotongan setengah batik-setengah polos membuat tampilanmu makin mengesankan dan edgy. Terlebih aksen kancing batik yang melajur diagonal.

Untuk memilikinya, kamu cukup membeli pada harga 70-80 ribuan, tergantung ketebalan bahan.

11. Batik Pria Corak Shaho

Gambar Batik Kalimantan Timur
pinterest.com

Motif shaho merupakan salah satu yang paling terkenal dalam jajaran batik di Kalimantan. Pada dasarnya corak tersebut menggambarkan keberanian dan keindahan.

Sangat pas digunakan bagi para pria untuk menonjolkan sisi machonya tanpa harus terkesan memaksa. Namun sentuhan unik justru datang dari gradasi kecoklatan yang muncul di sisi bahu dan bagian saku.

Agar bisa memilikinya, kamu perlu membeli seharga 90 ribuan. Terbilang cukup mahal untuk ukuran batik lengan pendek. Tapi hal itu wajar mengingat bahan sutera sebagai media utamanya.

12. Batik Pontianak

Model Baju Batik Kalimantan
batikmodernweb.blogspot.com

Corak batik Pontianak dikenal pula dengan sebutan corak insang. Dulunya, batik jenis ini kerap digunakan sebagai syarat pakaian adat untuk dipakai di acara penting seperti pernikahan.

Tapi, kini kamu bisa menggunakannya dengan bebas, bahkan untuk sekedar bersantai di rumah. Kamu bisa memilikinya dengan membeli seharga 90 ribuan.

13. Batik Modern Geometris

Batik Dayak Kalimantan
batikmodernweb.blogspot.com

Tak selalu hadir dalam desain rumit, untukmu yang suka gaya simple, batik ini bisa jadi pilihan tepat. Tak ada corak aneh-aneh yang menghiasi, cukup aksen garis diagonal saling berseberangan yang menciptakan efek geometris.

Di sisi kiri terdapat corak ayam. Cukup simple dan chic untukmu yang memiliki karakter tomboy. Kamu bisa memborongnya di harga 80 ribuan.

14. Batik Burung Enggang

Motif Batik Kalimantan Utara
pinterest.com

Tak perlu khawatir untuk menghadiri suatu acara dengan memakai warna merah. Jika tak terlalu percaya diri dengan tampilan baju merah polos, kamu bisa menggunakan batik burung enggang ini.

Paduannya yang pas dengan kombinsai warna biru dan keemasan akan membuat tampilanmu lebih santai tapi tetap elegan. Harganya pun sekitar 90 ribuan saja.

15. Batik Etnis Melayu

Macam Macam Batik Kalimantan
pinterest.com

Gaya batik etnis Melayu yang kental dengan warna cerah terlihat meriah dan cocok untuk meramaikan suasana. Meski hanya mengusung konsep dwi-warna, tapi kamu bisa melihat tampilannya yang apik.

Walau berpotongan sederhana, batik ini bisa kamu gunakan untuk acara formal. Harganya pun tak terlalu mahal, kamu bisa mendapatkannya pada kisaran 80 ribuan.

16. Batik Tow-Pieces Sleeveless

Corak Batik Kalimantan
pinterest.com

Untuk mendukung tampilan yang santai dan tak kaku, pilihan baju tanpa lengan adalah opsi paling tepat.

Model baju sleeveless seperti ini bisa kamu gunakan untuk acara semi-formal juga berkat mini skirt yang berpotongan sederhana. Kamu bisa membelinya seharga 90 ribuan.

17. Batik Merak Modern

Batik Motif Kalimantan
pinterest.com

Mengombinasikan corak merak dengan aksen monokrom modern tampaknya adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Lihat saja gambar di atas yang terlihat chic dan elegan.

Sekalipun kamu mengenakan setelan kaos atau malah mungkin tank top dan bawahan ala kadarnya, tampilanmu akan seketika berubah formal ketika mengenakan outer batik modern ini. Harganya 60 ribuan saja.

18. Batik Kombinasi

Motif Batik Dari Kalimantan
pinterest.com

Mengenakan terusan batik alias long dress memang agak riskan. Tetapi asalkan kamu PD, semuanya akan berjalan dengan baik.

Apalagi, dengan long dress ini kamu tak perlu lagi sibuk memadu-padankan setelan. Harganya pun cukup miring, sekitar 110 ribuan.

19. Batik Serat Kayu Elegan

Motif Batik Dayak Kalimantan Timur
pinterest.com

Batik serat kayu selalu memiliki keunikan tersendiri yang mampu menunjang tampilanmu tampak lebih fashionable.

Tak perlu banyak bermain warna, corak sederhana dengan warna netral ini justru akan membuat lookmu tampak mahal. Padahal, kamu hanya perlu membayar 100 ribuan saja.

20. Batik Biru Navy nan Manly

Model Baju Batik Sasirangan Kalimantan
pinterest.com

Bosan dengan warna-warna gelap ? Saatnya kamu beralih pada batik berwarna dasar biru navy ini. Warna tersebut membuat tampilanmu terlihat kuat dan manly. Terlebih berkat corak yang tak terlalu alay.

Dari sekian banyak model batik, kamu suka corak khas batik Kalimantan yang mana nih ? Komen dibawah ya 🙂 .

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *