Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Batik Papua

7 min read

Batik Papua Sentani

Batik Papua – Jika mendengar kata ‘batik’ yang teringat pasti sebuah kebudayaan khas Jawa khususnya Jawa Tengah. Padahal nyatanya, batik tidak hanya berasal dari Pulau Jawa saja, namun ada beberapa daerah di Indonesia yang merupakan salah satu penghasil tekstil batik dengan corak-corak unik yang mencerminkan ciri khas budaya mereka. Salah satu penghasil batik dengan motif unik adalah Papua.

Meskipun dulu Papua tidak memiliki peralatan membatik karena seperti yang Kita ketahui bahwa sejarah batik memang berasal dari Pulau Jawa, namun pada tahun 1985 United Nations Development Programme atau UNDP mendatangkan para pembatik dari Jawa untuk mengajarkan masyarakat Papua membatik dengan tujuan agar daerah ini memiliki corak batik dengan ciri khas mereka sendiri.

Ternyata bantuan dari UNDP malah menghasilkan beragam corak batik khas papua yang sangat unik. Banyaknya suku yang tersebar di Papua membuat corak batik di daerah ini memiliki beberapa perbedaan yang justru menambah keanggunan batik khas daerah ini.

Dengan ciri warna yang ceria, batik daerah ini sangat sesuai untuk digunakan oleh berbagai kalangan dalam berbagai kesempatan.

Motif Batik Papua

1. Cendrawasih

Batik Motif Cendrawasih
infobatik.id

Cendrawasih adalah salah satu burung ikonik yang menjadi lambang dari Papua. Burung dengan julukan “birds of paradise” ini memiliki warna yang sangat cantik dan juga bulu serta ekor yang indah.

Corak batik burung ini dianggap sebagai salah satu corak batik yang memiliki nuansa alam karena dengan lukisan burung dalam tekstil ini biasanya ditambahkan ornamen seperti bunga ataupun dedaunan sama seperti batik sidomukti.

Motif Batik Cendrawasih
finebatik.wordpress.com

corak ini tak hanya dapat digunakan untuk perempuan, namun corak ini juga sangat gagah dan elegan bila digunakan oleh laki-laki. Biasanya corak ini seringkali dibuat dengan warna biru, hijau, merah dan kuning yang merupakan warna-warna terang dan juga ceria. Jenis batik ini bisa digunakan sebagai atasan maupun sebagai tekstil dalam acara-acara formal.

Batik Papua Motif Cendrawasih
medium.com

2. Asmat

Motif Batik Asmat
batikdan.blogspot.com

Asmat adalah salah satu suku di Papua yang memiliki ukiran yang unik dan penuh dengan makna. tekstil batik dengan corak asmat biasanya memiliki gambar patung-patung atau alat-alat keseharian suku asmat. Warna tekstil ini biasanya menggunakan warna alam seperti terakota atau warna yang terkenal dengan nama ‘earth tone’.

Batik Motif Asmat
shopee.co.id

Untuk corak suku asmat, jenis batik yang satu ini terlihat cukup modern dan bisa digunakan untuk orang yang suka menggunakan batik dalam acara sehari-hari. Apalagi jika Kamu diwajibkan untuk menggunakan batik di tempat kerja dalam hari tertentu, batik ini bisa dipadu padankan dengan celana jeans atau bawahan lainnya yang terkesan santai.

3. Prada

Batik Papua Motif Prada
batikpelangi.co

corak Prada memang terlihat dan terkesan lebih formal dibandingkan dengan jenis tekstil papua lainnya karena jenis tekstil ini banyak menggunakan benang dari emas yang membuatnya terkesan sangat elegan. tekstil ini seringkali digunakan dalam acara formal seperti pernikahan atau upacara adat lainnya. tekstil jenis ini juga berharga cukup mahal.

Batik Motif Prada
batikpelangi.co

Batik dengan corak prada memiliki warna dasar seperti hitam atau merah karena warna-warna seperti ini membuat warna emas pada tekstil menjadi lebih menyala. corak pada batik jenis prada seringkali berbentuk bunga atau ukiran khas daerah papua. Terkadang corak ini juga dihiasi dengan burung khas daerah papua.

4. Tifa Honai

Batik Papua Motif Tifa Honai
honai-pokjapapua.or.id

corak tifa honai adalah salah satu tekstil batik asli papua yang memiliki filosofi sangat tinggi. Didalam tekstil ini terdapat sebuah filosofi yaitu rumah kebahagiaan. Dimana pada umumnya, rumah atau keluarga melambangkan sebuah kebahagiaan dan kebersamaan dari keluarga. lukisan honai yang terdapat pada tekstil ini adalah rumah khas daerah papua, sedangkan tifai adalah alat musik papua.

Batik Motif Tifa Honai
pinterest

Bukan hanya berisi lukisan tentang rumah dan alat musik khas daerah papua, namun di dalam tekstil ini juga terdapat lukisan-lukisan khas daerah papua seperti burung atau ikon-ikon papua lainnya. Dengan filosofi yang sangat dalam, jenis tekstil ini tentu saja dihormati dan dianggap sangat sakral sehingga digunakan dalam acara adat tertentu.

5. Sentani Papua

Batik Papua Sentani
pinterest

Sama halnya dengan corak tekstil papua lainnya, corak sentani papua juga memiliki filososi yang dalam berdasarkan coraknya yang unik dan melingkar layaknya akar pada pohon. corak ini memiliki filosofi alam Papua yang sangat subur dan sangat kaya akan hasil-hasil alam.

Motif Batik Sentani
pinterest

corak sentani Papua pada umumnya merupakan kombinasi dari 2 hingga 3 warna yang membuat tekstil ini terlihat rapi dan juga tidak terlalu mencolok. corak tekstil ini dapat digunakan untuk pakaian atau banyak juga yang menggunakannya menjadi dekorasi pada rumah.

6. Suku Kamoro

Motif Batik Suku Kamoro
pinterest

corak tekstil batik asli Papua yang selanjutnya adalah corak suku Kamoro. Suku Kamoro sendiri merupakan salah satu suku asli dari Papua yang tinggal di wilayah pesisir Papua Barat tepatnya di wilayah Mimika. corak suku Kamoro memiliki g patung atau seni ukir dari suku ini sendiri.

Batik Papua Motif Suku Kamoro
pinterest

7. Motif Asimetris

Batik Papua Motif Asimetris
pinterest

Jika batik pada umumnya yang berasal dari Solo atau Yogyakarta memiliki corak yang simetris, berbeda halnya dengan Papua yang memiliki corak asimetris dan cerendung berwarna terang.

Motif Batik Asimetris
pinterest

Namun inilah yang membuat batik mereka sangat unik dengan ciri khasnya tersendiri. Batik ini tidak hanya dapat digunakan sebagai pakaian tetapi juga untuk dekorasi rumah.

Selain mengetahui motif batik yang unik, kurang afdol dong kalau kita belum tahu sejarah batik.

Model Baju Batik Papua

Corak batik papua yang memiliki keunikan tersendiri membuat batik ini dapat digunakan dalam berbagai bentuk baju yang bisa Kamu gunakanan dalam berbagai kesempatan. Model baju yang digunakan juga tidak harus formal tetapi bisa digunakan untuk baju dengan model terbaru.

1. Batik Kamoro Couple

Batik Papua Kamoro Couple
pinterest

Kamu yang berencana untuk memiliki acara penting dengan pasangan, seperti kondangan, bisa menggunakan model batik couple ini sebagai inspirasi.

Untuk laki-laki, tentu saja menggunakan tekstil batik ini sebagai kemeja. Sedangkan untuk perempuan dapat menggunakannya dengan mengkombinasikan sebagian tekstil batik dengan bahan tekstil lainnya. Harga mulai dari Rp. 239.000 untuk satu setnya.

2. Kemeja Formal Tifai Honai

Kemeja Formal Tifai Honai
pinterest

Corak tifai honai yang penuh dengan filosofi ini cocok digunakan sebagai pakaian kantor ataupun kemeja formal untuk menghadiri acara penting.

Corak batik jenis ini juga memiliki corak dan warna yang terang sehingga membuat cocok untuk berbagai jenis warna kulit. Harganya terbilang sangat terjangkau mulai dari Rp. 59.000.

3. Kutu Baru dengan Corak khas daerah papua

Kutu Baru dengan Corak khas daerah papua
pinterest

Bila di daerah Jawa kebaya kutu baru seringkali tidak bercorak atau polos karena akan dipadankan dengan tekstil batik, berbeda halnya dengan kebaya kutu baru seharga Rp. 79.000 yang digunakan di daerah papua ini. Corak pada batik yang asimetris membuat kebaya menjadi terlihat colorful dan fun.

4. Pakaian Formal Batik

Pakaian Formal Batik Motif Papua
pinterest

Siapa bilang corak Papua yang warna warni tidak dapat terlihat elegan? Kamu yang seringkali menghadiri acara formal seperti undangan pernikahan maupun acara adat lainnya dapat menggunakan tekstil batik corak burung ini seharga Rp, 145.000 dengan warna yang pop-up seperti merah atau biru.

5. Terusan Batik Tifa Honai

Terusan Batik Papua Tifa Honai
pinterest

Untuk Kamu yang berani dengan penampilan bold, Kamu bisa menggunakan batik dengan corak tifa honai dalam acara penting tanpa menggabungkannya dengan jenis tekstil lainnya, Kamu dan pasangan juga dapat terlihat semakin serasi dengan pemilihan tekstil yang sama seharga mulai dari Rp. 68.000.

6. Set Batik Corak Kamoro

Set Batik Papua Corak Kamoro
pinterest

Corak batik kamoro yang memang terkenal dengan seni ukirnya yang cantik sangat sesuai bila Kamu pakai dalam pertemuan penting. Corak batik kamoro dengan warna-warna cerah ini terlihat cantik bila digunakan diluar ruangan. Harganya juga sangat terjangkau mulai dari Rp. 89.000.

7. Terusan Unik Corak Kamoro

Terusan Batik Papua Unik Corak Kamoro
pinterest

Satu lagi batik dengan corak Kamoro yang bahkan tidak terlihat seperti batik yang pada umumnya terkesan sangat formal.

Bila Kamu suka bereksperimen dengan bahan dan juga siluet dari baju, terutama terusan, Kamu bisa memilih terusan dengan kerah blazer ini menjadi salah satu referensi pakaian batik Kamu. Kamu bisa mendapatkan satu set nya mulai dari Rp. 175.000.

8. Terusan dengan Corak Sentani

Terusan dengan Corak Sentani
pinterest

Corak sentani ini bahkan tidak terlihat seperti batik pada umumnya, Dengan perpaduan warna yang tepat, Kamu bisa membuat batik yang menurut sebagian orang terkesan kuno, menjadi terlihat sangat trendy.

Dengan penambahan obi pada bagian pinggang, terusan corak sentani ini membuatmu terlihat langsing. Batik ini juga cukup murah yaitu hanya Rp. 99.000.

9. Atasan Babydoll

Batik Papua
pinterest

Kamu yang berhijab masih bisa menggunakan batik dengan corak burung dalam acara penting seperti pertunangan. Dengan pilihan corak serta warna yang benar, baju Kamu dan pasanganmu akan terlihat sangat elegan dengan satu set baju seharga Rp. 229.000 ini.

10. Atasan Pria Formal Kombinasi

Harga Batik Papua
pinterest

Siapa sangka jika dengan pilihan warna dan corak batik yang gelap akan membuat pakaian ini terlihat sangat gagah?

Buat Kamu yang tidak nyaman menggunakan batik karena pada sebagian orang batik dirasa sangat ‘tua’, Kamu bisa menjadikan batik warna gelap ini sebagai pilihanmu. Batik ini bisa Kamu dapatkan mulai dari Rp. 89.000.

11. Kemeja Pria Corak Burung

Model Batik Papua
pinterest

Tidak dapat dipungkiri bahwa corak burung dari batik memang terlihat sangat ‘mahal’ dan juga mewah di saat yang bersamaan. Inilah mengapa banyak pria yang menyukai corak batik ini dan menjadikannya pilihan sebagai pakaian formal. Jenis batik ini hanya seharga Rp. 76.000 saja loh!

12. Kemeja Kombinasi Parang Batik Papua

Batik Papua Motif Asmat
pinterest

Kemeja ini merupakan salah satu bentuk kemeja yang sangat unik yakni merupakan kombinasi dari dua kebudayaan dan juga daerah yang berbeda.

Batik parang merupakan salah satu batik yang dihasilkan para pengrajin batik di Solo sedangkan burung ini tentu saja berasal dari Papua. Kemeja ini biasanya dibanderol mulai dari Rp. 135.000. Sangat terjangkau untuk kemeja kombinasi unik ini.

13. Batik Asimetris Couple

Desain Baju Batik Papua
pinterest

Untuk satu set batik couple ini, Kamu bisa mendapatkannya mulai dari Rp. 179.000. Batik couple dengang corak alam ini lebih cocok jika digunakan pada acara semi-formal. Untuk Kamu yang berhijab, bawahannya dapat menggunakan celana dengan warna netral.

14. Kemeja Batik Asmat Lengan Pendek

Model Baju Batik Papua Modern
pinterest

Dalam kegiatan kantor, Kamu mungkin bisa memilih kemeja batik dengan corak asmat seharga Rp. 168.000 ini. Kemeja batik dengan lengan pendek membuatmu lebih leluasa dalam bergerak dan bekerja seharian.

15. Kemeja Batik Sentani Lengan Pendek

Batik Papua Modern
pinterest

corak sentani dengan kombinasi 3 warna yakni merah, hitam dan juga putih cocok untuk Kamu yang berani dalam penggunaan warna-warna bold dalam pakaian sehari-hari. Kemeja ini bisa Kamu dapatkan dengan Rp. 159.000.

16. Kemeja Corak Papua Lengan Pendek

Gambar Batik Papua
pinterest

Apa yang pertama kali ada dipikiranmu saat melihat kemeja satu ini? Dengan corak burung yang sangat elegan, kemeja ini tetap terlihat sangat formal meskipun memiliki lengan yang pendek. Kemeja ini seharga mulai dari Rp. 89.900.

17. Kulot Batik

Kain Batik Papua
pinterest

Kulot kini memang telah menjadi sebuah trend fashion yang digemari oleh hampir semua kalangan. Kulot batik seperti ini tidak hanya berharga sangat terjangkau yakni Rp 129.000, tetapi juga dapat digunakan sehari-hari saat Kamu sedang santai maupun keluar sebentar untuk bertemu dengan teman.

18. Kemeja Batik Nuansa Alam

Baju Batik Papua
pinterest

Bila membahas tentang model baju batik,, kita tentu tidak dapat lepas dengan alam yang melatarbelakangi coraknya. Dengan warna yang senada dengan warna alam, kemeja ini bisa Kamu dapatkan seharga Rp 155.000.

19. Prada Lengan Panjang

Aneka Batik Papua
pinterest

corak batik prada yang pada umumnya berwarna gold atau emas, dapat terlihat menjadi sangat maskulin dengan kombinasi kain hitam dengan corak prada yang berwarna perak. Harganya juga cukup murah yaitu hanya Rp. 55.000.

20. Asmat Couple

Model Baju Batik Papua
pinterest

Bingun mencari batik untuk Kamu dan pasangan yang bisa digunakan untuk datang ke acara penting? corak batik Asmat ini bisa menjadi inspirasi Kamu dan pasangan dalam memilih batik. Bila ingin memiliki set couple ini harganya juga terjangkau mulai dari Rp. 79.000 untuk satu bajunya.

Meskipun Solo ataupun Yogyakarta merupakan daerah asal dari pengrajin batik, namun tidak bisa dipungkiri jika Papua juga memiliki daya tarik tersendiri pada corak batik mereka. Kamu yang berkunjung ke Timika, Papua dapat mengunjungi pasar tradisional setempat untuk mendapatkan batik asli dari pengrajin disana.

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *