Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Tutorial Hijab Kebaya

7 min read

Gambar Tutorial Hijab Kebaya

Ingin tampil cantik di acara pesta ? Yuk simak tutorial hijab kebaya yang simple dan mudah dicoba dirumah berikut ini ❤.

Selain menjadi busana wajib bagi wanita muslimah, hijab juga sudah memiliki trend fashionnya sendiri. Ada banyak model hijab terkini yang bisa kamu gunakan dan sesuaikan dengan acara yang akan kamu datangi.

Jangan sampai model dan desain hijab kebaya dijadikan desain hijab untuk pergi ke acara santai atau pergi ke kampus. Kamu bisa mencoba beberapa tutorial hijab kebaya modern di bawah ini.

Kebaya adalah salah satu jenis pakaian tradisional, yang kini banyak digunakan untuk beberapa acara tertentu seperti misalnya pesta pernikahan atau sebuah acara formal.

Kebaya memang memberi kesan tersendiri bagi seorang wanita, apalagi bila dipadukan dengan hijab yang model dan desainnya sesuai. Sehingga penampilanmu akan terlihat semakin memesona dan tampak lebih menawan.

Tutorial Hijab Kebaya Untuk Hijab Segiempat

Bagi kamu yang senang mengenakan hijab model segiempat yang simpel, maka kamu bisa menggunakannya ke suatu acara. Hijab segiempat polos ini bisa dipadukan dengan model kebaya bahan brukat berawarna oranye. Berikut ini tutorial pemakaian hijab segiempat untuk acara tertentu, misalnya acara pesta pernikahan :

1. Pertama-tama pastikan dua bagian kanan dan kiri hijab sudah sama. Artinya kedua bagian ukurannya sama dan seimbang. Jangan lupa untuk mengenakan ciput ninja polos. Usahakan pilih warna ciput yang hampir senada dengan warna hijabmu.

Tutorial Hijab Menutup Dada Untuk Kebaya

2. Kemudian langkah berikutnya pasangkan hijab di kepala, yang juga sudah dipasangkan ciput ninja.

Tutorial Hijab Kebaya Wisuda

3. Lalu pastikan bagian kanan dan bagian kiri hijab tersebut sudah sama. Jangan sampai ada bagian yang terlalu panjang ke kanan, atau terlalu panjang ke kiri. Ambil bagian kini kain hijab ke bagian kanan.

Tutorial Hijab Untuk Kebaya Pesta

4. Langkah berikutnya adalah sematkan jarum pentul di bagian sisi kanan ciput agar hijab bisa menempel dengan sempurna. Serta tidak mudah copot ketika dikenakan. Kamu juga bisa mengenakan peniti untuk menempelkan kain hijab bagian kanan dengan ciput.

Tutorial Hijab Dua Warna Untuk Kebaya

5. Setelah jarum atau peniti disematkan di bagian kanan hijab tersebut, pastikan lagi bahwa kamu sudah memasangnya dengan tepat dan sudah terlihat rapi. Jangan sampai terlihat lekuk hijab di bagian kanan itu. Jumlah jarum atau peniti disesuaikan. Sampai kamu merasa cukup nyaman.

Tutorial Hijab Segi Empat Untuk Kebaya

6. Setelah terlihat rapi, lipat bagian kanan hijab ke bagian atas sisi kanan kain hijab tersebut. hal ini dilakukan supaya ada variasi pada model hijab kebaya yang akan kamu kenakan.

Tutorial Hijab Memakai Kebaya

7. Kemudian sematkan kembali jarum pentul atau penitik pada kain hijab bagian kanan yang tadi sudah dilipat. Tujuannya agar hijab tidak mudah copot atau merosot.

Tutorial Hijab Simple Kebaya

8. Kini model hijab kebaya segiempat sudah bisa dikenakan dengan baik dan rapi. Hasilnya, bagian kanan menjadi lebih panjang. Sedangkan bagian kiri menutup seluruh bagian leher. Nah, sekarang kamu bisa tampil cantik dan sempurna.

Gambar Tutorial Hijab Kebaya

Tutorial Hijab Kebaya Pesta

Ingin tampil cantik dengan model hijab yang unik di suatu pesta? Inilah saatnya untuk mencoba tutorial hijab yang satu ini.

Kamu bisa mengenakan model baju kebaya dengan aksen tile yang tampak elegan, dengan nuansa warna abu-abu. Yang dipadukan dengan hijab segitiga polos. Berikut tutorial lengkapnya :

1. Seperti biasa, pada langkah pertama kamu kenakan ciput terlebih dahulu. Setelah itu pasang hijab dengan menarik bagian kiri hijab ke bagian kanan. Lalu sematkan jarum pentul di bagian tersebut, supaya hijab menempel pada ciput. Pasang jarum di bagian atas telinga.

Tutorial Model Hijab Untuk Kebaya

2. Setelah itu tarik kain hijab ke atas kepala hingga kain jatuh di bagian kiri dan kepala sudah tertutup kain hijab dengan sempurna. Tarik bagian kanan kain hijab sampai seluruh bagiannya jatuh di bagian kanan.

Tutorial Hijab Untuk Kebaya Perpisahan

3. Rapihkan kembali kain hijab baik di bagian kanan maupun kiri, sekalian memastikan jarum menempel dengan kuat. Kamu juga boleh menambahkan anting di telinga kiri, sebagai pemanis atau tambahan aksesoris hijab.

Tutorial Hijab Pakai Kebaya

4. Selanjutnya tempelken kembali jarum di bagian kanan hijab, tepat di atas telinga. Sehingga kepala di bagian kanan tertutup sempurna dengan kain hijab.

Hijab Tutorial Kebaya

5. Langkah terakhir tampilan hijabmu untuk acara pesta pun sudah siap. Model hijab kebaya pesta yang satu ini memang sangat simpel, cara pemakaiannya pun mudah dan tidak ribet.

Tutorial Kebaya Hijab

Tutorial Hijab Kebaya Simple

Selain hijab model segiempat, kamu juga bisa mengenakan hijab model pashmina polos. Yang juga dipasukan dengan kebaya brokat yang warnanya senada atau hampir sama.

Pilihan warna cream atau kuning muda bisa menjadi pilihan yang pas. Model hijab kebaya ini bisa kamu kenakan di acara tertentu misalnya ke undangan pernikahan, wisuda atau ulang tahun teman. Berikut tutorial lengkapnya :

1. Setelah mengenakan ciput, pasang hijab dengan dua bagian yang sama rata. Bagian kanan dan kiri harus seimbang agar tidak panjang sebelah. Rapihkan juga bagian kepala supaya kain tidak menyembul keluar.

Tutorial Hijab Kebaya Simpel

2. Kemudian tarik kedua bagian kain hijab, baik yang bagian kanan maupun bagian kiri. Seperti biasa rapihkan seluruh bagian hijab. Hal ini dilakukan agar setelah disematkan jarum, bagian leher tertutup sempurna dan tak ada yang terlihat.

Hijab Tutorial Untuk Kebaya

3. Pakaikan jarum atau boleh juga peniti di bagian leher. Supaya bagian kanan dan kiri hijab terpasang dengan rapi. Pasang jarum agak ke samping kanan atau agak ke samping kiri juga boleh. Sesuaikan dengan selera kamu.

Video Tutorial Hijab Kebaya

4. Jika jarum tertempel agak ke sebelah kiri maka tarik bagian hijab sebelah kanan.

Tutorial Hijab Pesta Kebaya

5. Penarikan kain hijab yang kiri ke bagian kain hijab yang kanan ini dilakukan supaya lebih rapi. Tarik ke bagian belakang leher. Serta agar kain tidak melorot. Tidak lucu rasanya kalau sedang menikmati pesta, tiba-tiba hijabmu merosot.

Tutorial Hijab Syar'i Untuk Kebaya

6. Setelah ditarik, kini kain hijab bagian kiri sudah berada di hijab bagian kanan. Sehingga kedua bagian panjangnya sama dan merata.

Tutorial Hijab Untuk Kebaya Wisuda

7. Setelah itu sematkan bagian kanan hijab ke samping, bisa disematkan di leher. Nah, sekarang kamu sudah siap pergi ke pesta dengan bagian kanan hijab yang lebih panjang dari bagian kiri. Sedang bagian kiri sudah tersembunyi. Simpel tapi tetap menawan.

Tutorial Hijab Dengan Kebaya

Tutorial Hijab Kebaya Mewah

Dalam suatu acara tertentu, kamu pasti ingin tampil dengan lebih elegan dan sempurna. Apalagi bila acara tersebut adalah acara yang berkesan mewah atau glamour.

Tentu fashion pun harus disesuaikan. Kamu bisa mencoba tutorial hijab kebaya di bawah ini, yang akan memberi kesan mewah pada penampilanmu. Berikut penuturannya :

1. Sama dengan tutorial lainnya, pasang dahulu inner atau ciput ninjamu. Setelah itu kamu bisa langsung memasangkan hijab polos dengan bahan satin. Lipat dahulu kain hijab hingga menjadi dua bagian.

Tutorial Hijab Paris Untuk Kebaya

2. Langkah kedua yaitu menarik kedua bagian sisi kain hijab di bagian kanan dan kiri. Pastikan juga bagian kanan dan kiri sudah sama rata. Seperti biasa juga utamakan tingkat kerapihan hijab yang kamu kenakan.

Tutorial Hijab Paris Kebaya

3. Setelah itu tarik kedua bagian hijab dan sematkan jarum atau boleh juga dengan peniti. Yang penting bagian leher tersebut tidak mudah lepas, dan bagian leher tertutup semua tak ada bagian yang terlihat.

Tutorial Hijab Untuk Kebaya Simple

4. Langkah berikutnya yaitu menarik bagian atas hijab supaya terlihat lebih rapi. Ditahap ini kamu juga bisa menyematkan jarum ke bagian atas kain hijab, supaya hijab tampak kencang dan tidak mudah copot.

Tutorial Hijab Segi Empat Untuk Kebaya Wisuda

5. Kemudian tarik kedua bagian kanan dan kiri dengan arah yang berlawanan. Lalu tarik keduanya ke bagian belakang. Sehingga kedua ujung kain akan bertemu di bagian belakang kepala.

Tutorial Hijab Untuk Kebaya Modern

6. Bagaimana dengan langkah berikutnya? Kamu hanya tinggal mengikat kedua bagian kanan dan kiri kain hijab, yang tadi sudah kamu tarik ke belakang. Tujuannya juga supaya hijab menempel sempurna dan tak ada yang terlepas di semua bagian.

Tutorial Hijab Pashmina Kebaya

7. Kini hijab cantik kamu dengan warna merah merona dan merah mencolok sudah siap dikenakan. Di bagian belakang akan terlihat ikatan kain hijab yang cantik. Apalagi dipadukan dengan dominasi warna merah baik baju kebaya maupun hijabmu. Tampilan hijab ini cocok digunakan ke suatu acara yang diadakan di malam hari.

Tutorial Hijab Kebaya Pesta

Tutorial Hijab Kebaya Dengan Pashmina Rajut

Pemilihan bahan hijab pashmina juga akan menentukan sebera cantik penampilanmu. Sekali lagi, pemilihan model hijab harus disesuaikan dengan acara yang akan kamu datangi.

Biar nantinya gak saltum alias salah kostum. Nah, sekarang kamu bisa mengenakan pashmina dengan bahan rajut. Tentu dengan tutorial yang simpel, mudan dan hasilnya cantik seperti berikut ini :

1. Pashmina dengan bahan rajut juga bisa dijadikan hijab pesta atau acar formal tertentu.

Langkah pertama yaitu dengan melebarkan hijab kemudian bagi menjadi dua bagian yang sama panjang. Cara ini dilakukan supaya seluruh bagiannya merata dan tidak panjang atau pendek sebelah.

Tutorial Hijab Modern Untuk Kebaya

2. Kemudian kenakan hijab dengan ukuran pendek di bagian depan dan panjang di bagian belakang. Seperti biasa, sematkan jarum atau peniti di bagian leher, pastikan bagian itu sudah tertutup semua.

Tutorial Hijab Untuk Kebaya

3. Untuk bagian kepala tak perlu dilipat dan biarkan seperti itu. Sematkan juga jarum di bagian atas atau bagian kepala. Agar kain di bagian itu tidak mudah copot. Atau hijab tidak akan mudah bergeser.

Tutorial Hijab Pasmina Untuk Kebaya

4. Setelah itu tarik bagian belakang yang ukurannya panjang ke bagian depan.

Tutorial Hijab Baju Kebaya

5. Selanjutnya ukuran hijab di bagian kanan akan sangat panjang, sedangkan hijab di bagian kiri akan sangat pendek dan hanya memenuhi bagian lehernya saja. Model hijab berbahan rajut ini tidak menutup dada. Karena bagian kiri sengaja ditarik hingga menjadi pendek.

Tutorial Hijab Buat Kebaya

6. Lalu sematkan lagi jarum atau peniti di bagian samping kanan, sekali lagi hal ini dilakukan agar hijab tidak mudah copot. Pastikan kamu sudah memasangnya dengan kencang dan rapi ya. Di bagian kanan ini, ujung hijab masih tampak panjang.

Tutorial Hijab Untuk Kebaya Kutubaru

7. Bagian ujung kanan yang panjang ini ditarik ke bagian atas, hingga menutupi bagian kepala kemudian tarik lagi sampai kain hijab berbahan rajut ini berada di samping kiri.

Tutorial Hijab Untuk Baju Kebaya

8. Langkah terakhir adalah menyematkan lagi jarum atau peniti di bagian kiri hijab. Hasil akhirnya yaitu bagian atas atau kepala terlihat berumpak atau ada beberapa bagian, dan ujung bagian kanannya sedikit lebih panjang. Siap berangkat ke pesta deh.

Tutorial Hijab Kebaya Simple

Tutorial Hijab Kebaya Dua Warna

Hijab yang dipadukan dengan kebaya sudah memiliki banyak model dan desain yang sangat bervariasi. Salah satunya yaitu hijab two tone, atau hijab dengan dua warna. Kamu bisa pakai hijab pashmina yang dipadukan dengan hijab segiempat polos dengan warna yang disesuaikan dengan baju kebaya yang kamu pakai. Seperti pada tutorial hijab kebaya dengan dua warna seperti di bawah ini :

1. Pertama-tama lipat hijab pashmina yang kamu pilih untuk dikenakan di suatu acar tertentu. Lipat hijab pashmina terlebih dulu menjadi dua bagian. Jangan lupa untuk mengenakan inner ciput, untuk memudahkan pemasangan kedua hijab.

Tutorial Hijab Segi Empat Kebaya

2. Lalu pasangkan hijab di bagian kanan dengan model yang menggantung. Lalu tambahkan jarum di atas telinga atau di bawah telinga kanan. Sematkan jarum pada ciput.

Tutorial Hijab Simple Untuk Kebaya

3. Kemudian pasang jarum di bagian kiri hijab, supaya bagian tersebut menempel dengan kencang. Hijab sebelah kiri masih dibiarkan menjuntai.

Tutorial Hijab Pashmina Satin Untuk Kebaya

4. Bagian yang menjuntai di samping kiri ditarik ke bagian kanan lewat belakang. Hingga bagian tersebut menjadi panjang di bagian kanan.

Tutorial Hijab Kebaya

5. Bagian yang pertama yaitu hijab pashmina sudah selesai dipasang. Sekarang tinggal memasang warna hijab lainnya yaitu hijab segiempat. Lipat dahulu hijab segiempat tersebut seperti tadi, menjadi dua bagian.

Tutorial Hijab Turban Untuk Kebaya

6. Lalu urutkan pemasangan hijab sama seperti hijab pashmina tadi. Pasang jarum pada bagian kiri hijab pada ciput. Atau bagian lainnya yang belum tertutup hijab. Pasang dengan model menggantung.

Tutorial Hijab Kebaya Modern

7. Tambahkan lagi jarum di bagian kiri, dengan ujung hijab di bagian kanan yang dibiarkan menjuntai ke bawah.

Tutorial Hijab Untuk Kebaya Kutu Baru

8. Kemudian tarik bagian kanan hijab ke bagian kiri melalui belakang. Sampai posisi kedua warna hijab berada di dua bagian, kanan dan kiri. Pastikan bagian kepala sudah saling menyilang dengan rapi.

Tutorial Hijab Kebaya Kartini

9. Bagian hijab pashmina yang tadi masih dibiarkan menjuntai ke bawah tarik kembali ke bagian atas. Sehingga kedua warna hijab tersebut tetap menyilang dengan bertumpuk.

Tutorial Hijab Kebaya Kutu Baru

10. Sampai di sini, kamu sudah bisa tampil cantik dengan hijab kebaya dua warna atau two tone. Untuk memperindah penampilan, tambahkan aksesoris yang bisa dipasangkan di bagian kanan atau kiri hijab. Selamat mencoba ya.

Tutorial Hijab Kebaya Segi Empat

Tutorial Hijab Kebaya Turban

Masih sama dengan model hijab kebaya untuk acara pesta lainnya, kita akan menggunakan hijab pashmina berbahan rajut.

Bahan rajut ini biasanya juga akan digunakan untuk hijab dengan model turban. Berikut ini tutorial lengkapnya :

1. Hampir sama dengan tutorial hijab berbahan rajut tadi, pakaikan dahulu hijab dengan bagian yang pendek di dapan dan bagian yang panjang di belakang. Lalu sematkan jarum atau peniti di bagian lehernya.

Tutorial Hijab Kebaya Wisuda Modern

2. Langkah kedua yaitu tarik bagian belakang hijab ke depan, hingga bagian kanan menjuntai ke bawah.

Hijab Kebaya Tutorial

3. Setelah itu tarik kembali bagian hijab yang panjang tadi ke belakang, melalui leher bagian depan. Pastikan kamu menariknya dengan kencang agak tak mudah lepas.

Video Tutorial Hijab Untuk Kebaya

4. Lalu pasangkan jarum di bagian leher depan atau samping kanan.

Tutorial Hijab Paris Segi Empat Untuk Kebaya

5. Bagian yang masih menjuntai ke bawah ditarik ke bagian atas atau kepala, hingga di bagian tersebut menjadi bertumpuk.

Tutorial Hijab Untuk Pakaian Kebaya

6. Kini bagian yang menjuntai ke bawah sudah tidak ada. Sehingga hijab berbahan rajut ini sudah membentuk seperti turban seutuhnya.

Tutorial Hijab Segi Empat Untuk Kebaya Simple

7. Bila masih kurang nyaman dengan bagian yang sedikit menjuntai ke bawah, maka bagian itu bisa ditarik lagi ke atas. Hasilnya? Penampilan kamu tetap cantik dan menawan. Dengan kombinasi hijab dan kebaya yang elegan.

Tutorial Hijab Segi Empat Untuk Baju Kebaya

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan fashion desain dari masa ke masa. Hobi menulis di blog pribadi dan sekarang menjadi pengurus di bergaya.id

Tutorial Hijab Wisuda

Resty Aprilia
7 min read

Tutorial Hijab Paris

Resty Aprilia
7 min read

Tutorial Hijab Pesta

Resty Aprilia
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *