Home » Teknologi » Cara Live di TikTok Terbaru 2021 Disertai Persyaratannya !

Cara Live di TikTok Terbaru 2021 Disertai Persyaratannya !

Baru-baru ini fitur live streaming di TikTok menjadi fitur menarik untuk digunakan. Tapi, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara live di TikTok ? Yuk simak caranya berikut ini !

Sebagai salah satu aplikasi yang booming belakangan ini, TikTok kini hadir dengan fitur live streaming atau siaran langsung dengan tujuan agar para pemilik akun TikTok lebih aktif sekaligus berinteraksi dengan pengikutnya.

Akun yang aktif dapat menarik lebih banyak viewers dan likes, bahkan bisa berkesempatan menjadi seleb TikTok dan mendapat tawaran endorse jika sudah terkenal. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan live atau siaran langsung di TikTok.

Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, misalnya harus memiliki minimal 1.000 followers. Ini merupakan syarat utama untuk melakukan live di TikTok. Jika pengikut akun TikTok belum menyentuh angka 1.000, maka kamu tidak bisa menggunakan fitur live tersebut.

Nah, untuk kamu yang memiliki akun TikTok dengan pengikut lebih dari seribu, yuk cari tahu cara live di TikTok berikut ini:

Cara Live di TikTok untuk Pemula

Bagi kamu yang punya banyak pengikut, fitur live streaming di TikTok tentu sangat berguna. Dimana kamu bisa berinteraksi dengan penggemar dalam waktu yang lama tanpa dibatasi durasi.

Langsung saja, berikut cara live streaming di TikTok lewat iPhone maupun Android:

  • Buka aplikasi TikTok di smartphone kamu.
  • Pada home, tekan tombol Plus (+) yang terletak di bagian bawah layar.
  • Setelah layar video terbuka, klik tombol LIVE yang terletak disamping tombol perekam.
  • Jangan lupa beri title atau caption yang menarik agar lebih banyak audiens yang tertarik untuk join ke live kamu.
  • Kamu juga bisa menggunakan berbagai filter sebelum melakukan live streaming atau siaran langsung.
  • Jika semua sudah siap, tekan tombol “Go Live” dan sekarang kamu bisa mulai berinteraksi dengan penggemar di TikTok.

Sangat mudah bukan? Sesekali kamu perlu melakukan live di TikTok agar lebih dekat dengan pengikut mu. Namun, sebelum itu pastikan jika kamu sudah memenuhi syarat-syarat berikut ini.

Syarat Live Streaming di Tiktok

Syarat Live Streaming di Tiktok

TikTok menghadirkan fitur live atau siaran langsung, namun tidak diperuntukan untuk semua pengguna. Ada beberapa syarat yang harus kamu pahami seperti berikut:

1. Minimal 1.000 Followers

Aplikasi TikTok memberikan syarat hanya akun dengan 1.000 followers yang bisa melakukan live atau siaran langsung. Lantas, apakah tanpa seribu followers bisa live? Tentu saja tidak bisa.

Jika followers belum menyentuh angka 1.000, maka kamu tidak akan menemukan tombol “Go Live” di layar. Selain itu, jumlah followers ini juga terus bervariasi di berbagai negara.

2. Usia diatas 16 Tahun

Saat pertama kali mendaftar akun TikTok, pengguna akan diminta memasukan tanggal dan tahun lahir. Nah, untuk kamu yang berusia di bawah 16 tahun, sayang sekali karena fitur Live ini hanya bisa diakses oleh pengguna dengan minimal usia 16 tahun.

3. Update Aplikasi Tiktok Versi Terbaru

Terakhir, pastikan jika kamu sudah update aplikasi TikTok versi terbaru. Pasalnya, fitur “Go Live” saat ini sedang berada dalam tahap pengujian. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan TikTok versi terbaru agar fitur live bisa digunakan.

Baca Juga : Situs Download Video TikTok Terbaik

Tips Live Streaming di TikTok

Untuk para pemula yang belum pernah melakukan siaran langsung di TikTok, disini kami akan berikan beberapa tips agar live di TikTok lebih menarik dan bermanfaat untuk banyak orang.

1. Siapkan Peralatan untuk Live

Ada beberapa peralatan yang kamu butuhkan supaya live berjalan lancar. Pertama, siapkan handphone dengan kamera yang baik. Lalu, siapkan tripod atau stabilizer untuk meletakan handphone agar nantinya video terlihat stabil dan tidak goyang.

Terakhir, kamu bisa gunakan ring light untuk mendapatkan pencahayaan yang baik. Apalagi jika kamu melakukan live saat malam hari, maka ringlight ini sangat dibutuhkan.

2. Pilih Topik Pembicaraan yang Menarik

Topik live streaming sebenarnya memiliki beberapa tujuan, entah itu sebagai hiburan, untuk mengedukasi penonton, atau sekedar berinteraksi dengan followers.

Nah, sebelum melakukan siaran langsung, pastikan jika kamu sudah memilih topik pembicaraan yang disukai followers mu ya.

3. Melakukan Interaksi dengan Penonton

Supaya live terasa mengalir antara kamu dan penonton, coba lakukan interaksi kecil seperti menyapa penonton, mengucapkan terima kasih untuk orang yang sudah join ke live mu, serta membaca komentar dan menjawab pertanyaan.

Interaksi dengan penonton merupakan poin yang sangat penting agar mereka merasa lebih dekat, serta live semakin menarik dan interaktif.

4. Membuat Giveaway

Jika kamu ingin menarik lebih banyak followers, coba adakan giveaway dengan hadiah-hadiah yang menarik saat melakukan live. Apapun topiknya, giveaway merupakan cara terampuh untuk menarik perhatian banyak orang di sosial media.

5. Live Bareng dengan Tiktokers lain

Live bareng teman atau tiktokers lain pasti bisa membuat acara live lebih mengasyikan. Selain itu, live bareng juga dapat mendatangkan keuntungan bagi masing-masing pengguna, seperti tambahan followers dan ajang promosi gratis.

Selain beberapa tips diatas, lakukan posting video di tiktok sesuai jadwal fyp tiktok yang bisa membuat video kamu FYP sehingga ditonton banyak orang.

Nah, itulah cara live di TikTok serta tips menarik sebelum melakukan live atau siaran langsung. Semoga bermanfaat ya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment