Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Seserahan Pernikahan

5 min read

Apa saja sih isi seserahan pernikahan ? dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk seserahan ? Simak ulasannya disini.

Pernikahan direncanakan dan dipersiapkan dengan hati-hati karena melibatkan banyak detail dan langkah, apa pun konsep yang kamu pilih.

Dan seserahan pernikahan adalah salah satu tradisi wajib yang harus dilakukan dalam setiap acara pernikahan.

Seserahan, atau disebut juga dengan hantaran, adalah barang-barang yang diberikan keluarga mempelai laki-laki kepada calon pengantin wanita sebagai hadiah.

Prosesi ini biasanya dilakukan selama atau setelah lamaran dan bertempat di rumah orang tua mempelai wanita.

Isi seserahan sendiri biasanya macam-macam, tergantung adat istiadat dan agama yang dianut oleh kedua keluarga.

Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan ?

Isi Seserahan Pernikahan Apa Saja

Di beberapa tradisi, misalnya adat Sunda, seserahan katanya harus berjumlah ganjil.

Tapi, buat kamu yang lebih kekinian, isi dan jumlah seserahan bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan dan anggaran yang kamu punya kok.

Nah, buat kamu yang masih bingung mau beli apa, ini dia beberapa wujud seserahan nikahan yang paling umum di Indonesia:

1. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan Ibadah

Prinsip seserahan adalah barang-barangnya harus bisa dipakai alias bermanfaat untuk calon pengantin wanita, salah satunya adalah perlengkapan ibadah.

Dalam agama Islam, satu set perlengkapan ibadah yang diberikan sebagai seserahan terdiri dari mukena, Al-Quran, sajadah, dan tasbih.

Perlengkapan ibadah selalu dimasukkan ke dalam daftar seserahan karena menjadi simbol penting dan utama dalam hal agama.

Seserahan jenis ini merupakan bekal bagi calon istri agar bisa jadi pendamping hidup yang sholehah. Plus, sebagai bentuk bimbingan mempelai pria kepada calon istrinya.

2. Perhiasan

Perhiasan

Wanita mana sih yang nggak suka dikasih perhiasan cantik?

Itu sebabnya perhiasan selalu masuk dalam list seserahan.

Tapi buat kaum Hawa jangan sampai kalap dan malah memanfaatkan kesempatan ya, hehe. Kamu tetap harus memilih seserahan perhiasan sesuai dengan budget yang sudah ada.

Selain sudah pasti bikin calon istri bahagia, perhiasan juga punya makna khusus dalam seserahan lho.

Perhiasan punya makna sinar atau bersinar, yang menggambarkan harapan dari calon mempelai pria supaya calon istri nantinya bisa terus menjadi sosok yang bersinar dan memperindah rumah tangga.

Perhiasan dalam seserahan bisa berupa satuan atau satu set (kalung, gelang, cincin, anting-anting, dll) tergantung dari kesepakatan kamu dan pasangan.

3. Alat Mandi

Alat Mandi

Terlihat sederhana tapi alat mandi banyak dijadikan opsi sebagai isi seserahan untuk diberikan kepada calon istri.

Karena pasalnya, alat mandi wanita lebih banyak dari pada pria dan kadang beberapa barang juga dibanderol dengan harga yang agak mahal. Jadi item yang satu ini nggak bisa dibilang ‘biasa’ juga ya, hehe.

Untuk perlengkapan mandi, sebaiknya calon suami membeli merk dan varian yang paling disukai atau sering digunakan oleh calon istri.

Karena kalau kamu beli yang berbeda, bisa jadi nantinya nggak cocok dan barang-barang tersebut jadi terbuang sia-sia. Atau biar lebih simpel, ya calon istri aja yang milih sendiri. Baru deh nanti diserahkan ke kamu untuk dikemas.

Seserahan ini biasanya terdiri dari sabun mandi, shower puff, facial foam, shampoo, conditioner, hair vitamin, body scrub, handuk atau jubah mandi, dan segala produk perawatan tubuh khas wanita dan wewangian lainnya.

Kalau ingin seserahan terlihat lebih banyak, kamu juga bisa nih mengemas wewangian atau parfum dan body lotion dalam box mika atau hampers yang berbeda.

Karena botol parfum sendiri sudah banyak yang desainnya cantik, jadi meski hanya satu atau dua botol, looknya akan tetap classy kok.

4. Peralatan Make Up

Peralatan Make Up

Ini nih, wujud seserahan yang paling dinanti dan jadi favorit untuk banyak wanita.

Sama seperti pemilihan isi seserahan perlengkapan mandi, pilihan perlengkapan make up sebaiknya juga diserahkan kepada calon istri agar beberapa make up mahal yang sudah dibeli nggak jadi mubazir.

Soalnya, make up adalah hal yang cukup sensitif untuk wanita, dan kaum Adam dijamin nggak akan tahu harus memilih apa.

Tapi sebagai gambaran untuk pria, isi seserahan make up biasanya terdiri dari foundation, face powder, blush, eye shadow, pensil alis, eye liner, bulu mata palsu, dan maskara.

Bisa juga ditambah dengan beberapa tools make up seperti penjepit bulu mata, aneka macam brush, beauty blender, dsb.

Intinya, nggak ada batasan tentang seberapa banyak atau apa saja make up yang harus dibeli untuk seserahan, cukup sesuaikan dengan alokasi dana yang sudah kamu siapkan.

5. Pakaian Dalam

Pakaian Dalam

Mengemas pakaian dalam sebagai seserahan juga udah bukan jadi hal yang tabu dan aneh lho.

Justru, item yang satu ini adalah aspek penting yang melambangkan intimacy dalam rumah tangga dan biasanya jadi hal yang sangat berkesan buat para calon istri.

Isi seserahan dalam list ini umumnya terdiri dari satu atau dua set underwear, baju tidur, dan lingerie.

Untuk hal warna dan model, sang wanitalah yang biasanya memilih sendiri lalu menyerahkannya pada pihak laki-laki untuk dikemas dengan cantik.

Supaya nggak terlihat mencolok, tempat seserahan pernikahan untuk underwear dan lingerie bisa berupa kertas buram yang kemudian dimasukkan ke dalam box mika.

6. Setelan Pakaian Wanita

Setelan Pakaian Wanita

Ada banyak banget nih jenis dan model pakaian wanita yang bisa dijadikan seserahan. Mulai dari gaun pesta, atasan formal untuk ke kantor, celana santai, rok untuk jalan-jalan, dsb. Untuk menekan budget, kamu bisa mengakalinya dengan memanfaatkan momen-momen diskon belanja.

Kalau kamu telaten, kamu bisa menjelajahi toko-toko online atau marketplace yang menawarkan diskon hampir setiap hari.

Atau, datang langsung aja ke mall. Membeli barang diskon untuk seserahan nggak salah kok. Halal dan sah-sah saja. Yang penting, barang tersebut disukai oleh calon istri dan bisa benar-benar digunakan.

Karena itu, saat membeli sebaiknya mempelai wanita juga ikut agar bisa memilih sendiri apa yang diinginkan dan ukuran mana yang palin cocok dengannya.

Hal ini untuk menghindarkan kamu dari kesalahan membeli dan supaya barang nggak berakhir dengan hanya ditumpuk di lemari.

7. Tas

Tas

Barang yang satu ini juga masuk dalam daftar kesukaan kaum Hawa. Karena pasalnya, seberapa banyak pun koleksi tas wanita, wanita masih sering merasa bahwa tasnya sedikit dan perlu membeli lagi.

Makanya, kalau tas dimasukkan ke dalam seserahan pernikahan, dijamin deh calon istri kamu akan sangat senang dan semakin sayang.

Harga tas wanita sangat beragam, mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta.

Modelnya yang bermacam-macam mungkin membuat sebagian besar pria bingung, untuk itu, kamu bisa meminta saran dari ibu atau saudara perempuan kamu.

Bisa juga dengan bertanya langsung pada calon istri tentang tas seperti apa yang sedang ia inginkan.

8. Sepatu

Sepatu

Selaras dengan barang sebelumnya, sepatu juga salah satu item favorit bagi mayoritas wanita.

Ada ribuan jenis sepatu wanita yang bisa dipilih untuk hantaran pernikahan, mulai dari sneakers, heels, flat shoes, wedges, sepatu kantor, dll.

Pilih salah satu dan masukkan ke dalam box mika transparan dan hiasi sedemikian rupa agar tampil cantik saat dibawa.

Ada banyak ide hiasan seserahan pernikahan yang bisa kamu lihat di Google, mulai dari dengan kain renda, manik-manik, mutiara, pita, dll.

Kalau menghias sendiri terlalu merepotkan, kamu juga bisa kok menyewa seperangkat kotak seserahan atau menyewa jasanya saja.

9. Kue Tradisional

Kue Tradisional

Selain benda, hantaran pernikahan juga bisa berupa makanan lho.

Contohnya adalah kue-kue tradisional. Jika barang-barang sebelumnya dikhususkan untuk mempelai wanita, hantaran berupa makanan biasanya diberikan oleh pihak pengantin pria agar bisa dinikmati oleh keluarga besan.

Isi kue tradisional ini beraneka macam tergantung adat dan tradisi apa yang kamu gunakan.

Beberapa contoh kue-kue ini adalah lapis legit, bugis mandi, lumpur pisang, kue ku singkong, kue putu tegal, lemper, jenang, wajik, dan banyak lagi.

Kue-kue semacam ini bisa dengan mudah kamu temukan di pasar-pasar tradisional atau toko kue online yang khusus menjual kue basah.

Selain murah, rasanya juga enak kok. Lebih dari itu, kue ini memiliki simbol harapan agar pasangan pengantin tidak meninggalkan adat dan budaya serta terus melestarikannya.

10. Buah-buahan

Buah-buahan

Untuk menemani si kue, kamu juga bisa memasukkan buah-buahan ke dalam paket seserahan kamu.

Menurut kepercayaan, buah-buahan menyimbolkan kemakmuran dan berkat, dengan harapan agar pasangan pengantin senantiasa diberikan hidup makmur dan menjadi berkat untuk keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Sementara dalam tradisi Tionghoa, buah-buahan memiliki makna kesejahteraan dan kedamaian, dan jika dijadikan seserahan harus dalam jumlah genap.

Untuk seserahan pernikahan berupa makanan seperti buah dan kue, sebaiknya kamu nggak memilih mika tapi keranjang anyaman.

11. Daun Sirih atau Suruh Ayu

Daun Sirih atau Suruh Ayu

Dalam prosesi pernikahan adat Jawa, daun sirih atau suruh ayu digunakan sebagai simbol pengikat cinta saat prosesi lamaran. Suruh Ayu berasal dari Bahasa Jawa yang terdiri dari dua suku kata, yaitu “suruh” (daun sirih) dan “ayu” (cantik).

Daun sirih yang dimasukkan dalam daftar seserahan nggak boleh asal lho. Daunnya harus dalam keadaan bersih, bagus, dan segar. Karena daun ini melambangkan bahwa wanita yang akan menjadi pengantin harus terlihat segar dan cantik.

Kalau kamu tinggal di daerah yang sangat kental dengan adat istiadat Jawa, biasanya bersama dengan daun sirih ini calon pengantin pria juga wajib membawa satu tandan pisang sebagai lambang Sedyo Rahayu alias suatu harapan kesejahteraan.

12. Set Cincin Pernikahan

Set Cincin Pernikahan

Baik dalam adat tradisional atau pun modern, cincin pernikahan sama-sama jadi simbol kalau kamu dan pasangan sudah terikat di depan keluarga besar dan tinggal satu langkah lagi menuju ikatan yang sah.

Banyak banget lho model cincin nikah yang bisa kamu pilih. Harganya juga macam-macam, tergantung pada desain, berat, jenis bahan, dan brand.

Kalau kamu ingin cincin nikah berbahan emas 17 atau 18 karat, dengan berat 3-5 gram dan model sederhana misal, kamu perlu menyiapkan dana mulai dari 5 jutaan.

Tapi, kalau kamu dan pasangan ingin cincin custom atau personalisasi, biasanya akan ada biaya tambahan sekitar 500 ribu sampai 1 juta rupiah per cincin, tergantung tingkat kesulitan. Jadi, harga untuk sepasang cincin custom bisa sekitar 8 juta rupiah.

Banyak yang bilang kalau seserahan pernikahan adalah simbol keseriusan dan kesiapan seorang pria untuk memberikan nafkah kepada wanita yang akan dinikahinya. Dalam seserahan terselip juga simbol cinta dan kasih sayang, oleh karenanya, pilih barang seserahan jangan asal-asalan ya…

Seserahan Pernikahan

Tanya Jawab

Apa saja isi seserahan untuk pernikahan ?

1. Makeup
2. Perhiasan
3. Perlengkapan Mandi
4. Makanan & Buah-buahan
5. Kue Tradisional
6. Perlengkapan pesta
7. Alat sholat

Apa perbedaan seserahan lamaran dan pernikahan ?

Perbedaannya terletak pada isi seserahan itu sendiri. Ada beberapa komponen seserahan yang sering digunakan untuk lamaran tapi tidak digunakan untuk pernikahan. Salah satu contohnya adalah buah-buahan.

Kapan waktu seserahan ?

Biasanya prosesi seserahan hanya dilakukan pada saat lamaran saja. Namun, terdapat juga adat yang melakukan prosesi seserahan pada saat acara nikad berlangsung.

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *