Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Cincin Nikah

7 min read

Cincin Nikah

Cincin Nikah – Sebuah pernikahan tak lengkap rasanya tanpa cincin nikah yang melingkar di jari manismu.

Ada yang bilang, aksesoris yang satu ini adalah lambang kesetiaan.

Makanya mumpung hari bahagia kamu masih lama…

Yuk intip dulu “calon” cincin yang bakal kamu pesan bareng, agar bisa mewujudkan arti setia untuk kalian berdua!

Model dan Desain Cincin Nikah Terbaik

Dilihat dari bahannya, cincin untuk pernikahan yang umum biasanya terbuat dari emas. Tapi seiring perkembangan zaman, beberapa bahan seperti perak, emas putih, berlian dan titanium juga jadi pilihan.

Ditambah pula semakin varuatifnya desain yang disiapkan produsen cincin, jadi kamu tinggal pilih bahan, desain dan jadi deh sepasang cincin yang akan kamu pakai seumur hidup.

1. Cincin Emas

Bahan emas memang jadi yang paling dicari, karena sejak dulu kesakralan pernikahan tak bisa lepas dari unsur emas.

Berikut ini beberapa desain cincin emas yang akan membuatmu terpesona, karena pastinya beda dari yang lain!

1. Oval Semi Eternity Ring

Model Cincin Nikah Terbaik

Sepasang cincin emas bertemakan semi eternity ring ini bisa jadi pilihan kamu. Buat cowok, beri sentuhan guratan garis kasar pada bagian tengah untuk memberi kesan formal modern.

Sedangkan untuk cewek, beri butiran berlian setengah lingkaran agar terlihat mewah. bila perlu kamu hitung jumlah berliannya agar sesuai dengan angka favorit kalian berdua.

2. Simple And Classic Diamond

Model Cincin Nikah Bagus

Kalau kamu dan pasangan tidak suka cincin nikah banyak motif, cincin simple ini bisa jadi pilihan lho.

Untuk pria cukup desain oval polos tanpa desain apapun, wanita bisa diberi deretan permata berbentuk persegi, sebagai ganti bongkakan permata atau berlian yang biasa identik sebagai cincin kawin.

Hasilnya akan terlihat beda ketika sudah terpasang manis di jarimu.

3. Elegance Custom Ring

Model Cincin Nikah Keren

Desain seperti dua cincin yang disatukan menjadi cincin dengan sedikit bagian dibiarkan terbuka ini, cocok untuk kamu yang anti mainstream.

Karena pastinya jarang pasangan yang memilih desain ini, kamu bisa berikan sentuhan beberala berlian sebagai penanda kemewahannya. Jika ingin lebih sakral, ukirlah inisial kalian di bagian dalam cincin.

4. Simple Oval Ring With One Little Diamond

Model Cincin Nikah Mewah

Masih mengusung konsep simple karena bahan emas sudah mewakili kemewahan, kamu bisa pilih desain polos untuk pria dengan lebar minimalis, dan desain dengan hanya satu berlian kecil di tengah cincin wanita.

Walau terlihat sederhana, tapi sesungguhnya maknanya sangat dalam lho! Yaitu berdua menjalani hidup dalam kesederhanaan cinta.

5. Eternity Ring

Model Cincin Nikah Yang Bagus

Kalau cincin nikahnya hanya untuk pihak wanita, sepertinya desain eternity ring ini bisa kamu pilih.

Cincin oval yang dipenuhi susunan berlian atau permata satu baris, sudah melambangkan bagaimana pernikahan yang kekal.

Ketika memakainya kamu para wanita akan merasa tersanjung, percaya deh!

6. Middle Simple Diamond

Model Cincin Nikah Custom

Kilauan emas pada desain ini mampu menyempurnakan jemarimu dan pasangan. Buat pria biarkan kilau polosnya melingkari jari manis.

Sedangkan untuk wanita bisa diberi taburan permata. Tak perlu terlalu banyak, cukup 20 butir yang akan melambangkan banyak hal buat kalian.

2. Cincin Perak

Kalau kamu alergi menggunakan cincin emas, perak bisa jadi alternatif yang tak kalah indah untuk sepasang cincin nikah. Apalagi ketahanan perak asli tak kalah dengan emas, dengan harga yang jauh lebih murah.

1. Clustered Ring

Model Cincin Nikah Elegan

Mau mengedepankan detil permata pada cincin pernikahanmu? Sepertinya desain clustered ini bisa masuk list favorit.

Beri sebuah permata besar di bagian tengah cincin wanita dengan beberapa permata ukuran kecil di sampingnya. Sedangkan untuk mempelai pria, cukup biarkan deretan permata menjadi detail utama cincin.

2. Custom Oval Tebal

Model Cincin Nikah Harga

Desain super elegan yang bisa kamu request pada produsen cincin, bentuk oval yang dipertahankan, hanya memberi sentuhan bidang kasar pada beberapa bagian cincin pria, dan deretan permata di bagian tengah cincin wanita dan jadilah sepasang cincin mengagumkan yang akan dipuji banyak orang.

3. Two Line With Geometric Stone

Model Cincin Nikah Syari

Kalau kamu pernah melihat cincin pertunangan Paris Hilton dan pasangannya Chris Zylka, sangat mirip dengan desain two line ini.

Hanya saja mata cincin geometrik jadi pembedanya, karena memberi kesan lebih mewah dan pastinya punya filosofi sendiri nantinya untukmu dan pasangan. Misalnya satu mata cincin berarti hanya ada satu orang dihati kalian masing-masing.

4. Glamour Ring With Full Diamond

Model Cincin Nikah Model Terbaru

Kamu yang suka hal berbau glamour, bisa diwujudkan lewat desain cincin nikah full diamond.

Bagi pria bisa diberi detail berlian memenuhi lingkaran cincin, sedangkan untuk wanita biarkan tiga berlian besar menjadi detail utama cincin, berpadu dengan deretan berlian kecil di sekelilingnya.

Fantastis dan luar biasa, pantas untuk jadi cincin di hari sakral kalian.

5. Flower Cut Perfect

Model Cincin Nikah Sederhana

Sepintas desain cincin ini terlihat sederhana, namun lihatlah detail oval yang lingkarannya menggembung sempurna.

Lalu mengecil hingga bagian flower cut diamond di bagian tengah, memberi kesan simple elegant yang sempurna.

Kalau kamu mau mengganti bentuk bunga menjadi berbentuk segitiga, bulan sabit, atau persegi indah, hasilnya akan tetap indah kok.

6. Lotus Ring

Model Cincin Nikah Wanita

Desain bunga lotus di tengah cincin membuatnya jadi istimewa. Apalagi dipadu dengan deretan permata yang indah, dengan desain menyilang, bukan kamu saja yang terkagum saat mengenakan tapi siapa saja akan iri dibuatnya.

Padahal bahan utamanya hanya perak namun dengan desain maksimal terlihat benar-benar sempurna.

2. Cincin Emas Putih

Sepintas emas putih terlihat seperti perak, namun sebenarnya memiliki ketahanan yang lebih maksimal, apalagi kalau kamu pilih yang memiliki kadar terbaik.

Kalau kamu ingin menjadikan emas putih sebagai bahan cincin nikah, kamu bisa lihat beberapa inspirasi desainnya berikut.

1. Full Eternity Love

Model Cincin Nikah Emas 24 Karat

Desain ini memiliki filosofi yang romantis, keabadian cinta yang sesungguhnya.

Karena bentuk oval cincin yang bertabur permata melambangkan keabadian tak terbatas, kamu bisa menentukan berapa batu permata yang akan diisi pada ruang cincin berukuran kecil ini.

Bisa tanggal pernikahan, tanggal jadian, atau gabungan tanggal lahir kamu dan pasangan.

2. Simple Protection Love

Model Cincin Nikah Sepasang

Cincin pria tak perlu sentuhan permata, cukup oval cembung yang dibiarkan alami. untuk wanita biarkan permata mengintari lingkaran cincin.

Bisa diartikan dengan bentuk penjagaan tanpa pamrih oleh pria kepada wanita yang dicintainya.

Kamu pasti tersentuh ketika mengenakannya untuk pertama kali, apalagi pria pilihanmu yang melingkarkannya di jari manismu.

3. Modification Elegant

Model Cincin Nikah Jakarta

Kalau mau cincin beda dari desain kebanyakan, kamu bisa pilih desain unik modifikasi ini. Diberi lengkungan pada bagian depan, kemudian bertahtakan beberapa permata yang tentu bisa memberi makna sendiri bagimu dan pasangan.

Coba deh pasang dijari, akan terlihat elegan dan tak pasaran.

4. Glamour Abstract White Gold

Model Cincin Nikah Terbaru

Kesan glamour langsung terpancar dari keunikan susunan permata bada bagian depan cincin, jika kamu lihat detail permata, terlihat diapit penyangga berbahan emas putih yang sangat kuat.

Bisa diartikan sebagai ikatan pernikahan yang kuat dan tak akan mudah goyah walau banyak masalah yang datang, so sweet kan?

5. Made By Heart

Model Cincin Nikah Muslim

Kenapa dibilang made by heart? Karena tak butuh sentuhan permata apapun, sederhana kepolosan desain menggambarkan tulusnya cinta antara kamu dan pasangan.

Sedangkan bagian dalam diberi sentuhan inisial atau nama masing-masing, yang akan selalu diingat di dalam hati selamanya.

6. Perfect Couple

Model Cincin Nikah Untuk Pria

Cinta sejati bisa kamu representasikan melalui desain cincin nikah couple banget. Detail yang sama, hanya ukuran ketebalan yang membedakannya.

Permatapun menandakan kesejatian yang sesungguhnya, yaitu tanggal lahir masing-masing yang selalu jadi pengingat bahwa kamu sudah memilih dia untuk jadi pasangan sehidup semati.

3. Cincin Berlian

Berlian memang sering diidentikkan dengan cinta dan hubungan yang berharga, makanya tak sedikit pasangan yang memilih berlian sebagai mahkota jari mereka saat bersanding di pelaminan.

Mau yang simple, hingga bertabur berlian terbaik tergantung kesepakatan kamu dan pasangan.

1. Circle Diamond

Model Cincin Nikah dari Berlian

Cincin seperti ini pernah dikenakan oleh pasangan selebriti dunia. Desainnya memang sederhana, hanya deretan berlian butiran kecil yang disusun circle setengah lingkaran.

Tapi kesederhanaan itulah yang membuatnya terlihat sempurna, karena kilauan berlian asli yang tentu beda dengan berlian murahan.

Jika kamu ingin sebuah pengingat yang kuat, bisa memastikan jumlah butiran berlian sesuai dengan tanggal hari pernikahan kalian.

Jadi kapanpun, dimanapun kamu dan pasangan terpisah jarak, bisa tetap mengingat hari bersejarah itu lewat lirikan kecil pada cincin indah ini.

2. One Eye Diamond Mix Simple

Model Cincin Nikah Murah

Kalau kamu mau couple ring dengan pasangan, bisa memilih desain yang satu ini.

Dengan dasar lingkaran bertabur berlian ukuran kecil sesuai ukuran cincin, bedanya hanya one eye berlian untuk cincin wanita. Lihatlah ketika sudah melekat di jari, sempurna dan mewah maksimal.

3. Round Diamond With Simple Case

Model Cincin Nikah Simple

Kamu bisa memadukan perak atau emas putih untuk menyematkan desain berlian indah ini.

Case persegi yang melindungi butiran berlian besar, menjadi makin indah dengan tambahan sprinkle diamond pada sisi kiri dan kanannya. Sentuhan yang indah untuk sebuah cincin nikah idaman banyak orang.

4. Unique Symmetric

Model Cincin Nikah Perak

Desain simetris cincin bertabur berlian mampu memberi kesan modern yang tak tergerus zaman.

Lihatlah jalinan dia sisi cincin bak ular saling berpelukan, menjadikan cincin terlihat unik tanpa menghilangkan kesan mewah dengan satu butiran berlian besar ditopang empat penyangga.

Kamu bisa mengkolaborasikan bahan emas putih atau perak sebagai bahan dasar cincin.

5. Luxury Middle Heart Diamond

Model Cincin Nikah Unik

Berlian selalu berhasil mencuri perhatian dengan kilauannya yang menakjubkan, apalagi kalau disusun dengan desain berjejer di bagian tengah cincin oval.

Tak perlu terlalu banyak tambahan desain, berlian saja sudah cukup mewakili nuansa luxury berkelas yang ingin kamu tampilkan.

6. Full Diamond Four Prong

Model Cincin Nikah Berlian

Jika kamu ingin menampilkan kesempurnaan berlian pada cincin nikah, cukup memilih desain full diamond four pong.

Berlian disusun melingkari jari dengan four pong yang melekatkannya satu sama lain. Kesan kokoh dan berkarakter sangat tercermin dari desain ini, kamu tak akan menyesal memilihnya.

4. Cincin Titanium

Bahan saat ini sudah jadi favorit banyak orang, sebagai pengganti emas atau perak yang harganya lebih mahal. Kelebihan bahan titanium adalah anti karat tahan lama.

Ditambah pula bisa dipadukan dengan berbagai bahan lain dengan desain yang lebih variatif dan warna lebih kompleks

1. Kolaborasi batuan Alam

Model Cincin Nikah Titanium

Buat kamu yang punya aliran seni tingkat tinggi, bisa pilih desain kolaborasi antara bahan dasar titanium dengan berbagai batu alam yang diproses menjadi material bermotif unik.

Kemudian dijadikan motif utama mengitari lingkaran cincin couple kamu dan si dia. Pilih beberapa batu alam menjadi susunan motif abstrak yang sempurna.

2. Titanium Unik Black and Gold

Model Cincin Nikah Couple

Ini adalah salah satu desain yang paling disukai pasangan, bukan saja yang sedang kasmaran karena baru jadian, tapi juga yang akan menikah.

Memadukan varian black dove dipoles warna silver, untuk cincin pria dengan ukiran setengah bentuk hati.

Sedangkan untuk wanita, dipilih titanium gold dipoles silver, kemudian untuk motif setengah lingkaran diberi sensasi permata.

3. Kolaborasi Titanium dan Berlian

Model Cincin Nikah Palladium

Memadukan titanium sebagai dasar cincin, dengan berlian sebagai mata cincin yang dibuat tersusun rapi membentuk garis sprinkle akan terlihat mewah dan elegan.

Kamu bisa membuatnya seragam dengan pasangan, lalu selipkan inisial di bagian dalam cincin untuk menandakan bahwa kalian sudah memiliki satu sama lain, sungguh romantis!

4. Titanium Glosy Dove

Model Cincin Nikah Polos

Desainnya memang terlihat sederhana, memadukan titanium jenis mengkilap glosy dengan dove, tanpa tambahan aksesoris lain.

Tapi walau sederhana, tetap bisa menampilkan kesan glamour maksimal saat dikenangan sebagai cincin nikah oleh pasangan yang baru menikah sebagai tanda ikatan sehidup semati.

5. Titanium Batu Akik

Model Cincin Nikah Emas Putih

Batu akik yang asah dan ditipiskan kemudian dibentuk menjadi bagian dalam cincin titanium, memberikan bentuk tak biasa.

Karena cincin pada umumnya menjadikan batu akik sebagai mata utama cincin tanpa mengubahnya menjadi bentuk lain.

6. Titanium Desain Kekinian

Cincin Nikah Titanium Desain Kekinian

Semakin canggihnya teknologi ternyata membuat titanium juga bisa dikolaborasikan dengan berbagai material lain.

Sehingga menghadirkan kesan otentik, mungkin hanya kamu yang mampu merealisasikannya seperti desain titanium silver diberi sentuhan material bunga merah muda.

Tips Memilih Cincin Pernikahan

Kalau kamu sudah mengantongi desain cincin nikah yang paling indah, jangan buru-buru pesan dulu ya!

Beberapa tips berikut perlu kamu lakukan dulu, biar saat dipakai cincin tersebut benar-benar bisa mewakili banyak hal antara kamu dan pasangan.

1. Anggaran

Persiapkan anggaran yang cukup untuk membeli cincin, jangan sampai over budget karena akan berdampak pada persiapan pernikahan yang lain.

Misalnya, anggaranmu Rp. 1 juta, maka carilah cincin dengan harga tersebut. jangan karena suka yang harganya mahal kamu mengambil dana katering untuk mendapatkan cincin idaman.

2. Bahan

Pastikan bahan cincin merupakan bahan terbaik menurut kamu dan pasangan, apalagi kalau salah satu dari kalian ada yang alergi terhadap material tertentu. Jadi pastikan bahan aman, dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama.

3. Tempat Beli

Carilah referensi sebanyak-banyaknya tentang tempat terbaik untuk membeli cincin, sehingga kamu bisa mendapatkan cincin dengan kualitas terbaik, harga tepat, dan layanan pendukung lainnya.

Seperti diskusi desain hingga menukar cincin jika terdapat perbedaan desain dari yang sudah disepakati sebelumnya.

4. Otentik dan Unik

Jangan mencari cincin dengan desain pasaran dan sudah banyak dipakai orang.

Cobalah buat desainmu sendiri, atau cari desain unik yang membedakanmu dengan pasangan lain.

Tak perlu takut berekspresi dengan desain, selama kamu dan pasangan menyukainya.

Bukan hal yang mudah untuk memilih cincin nikah apalagi saat ini sudah banyak bahan pembuatan cincin yang tersedia. Kamu harus mempersiapkannya dengan matang, karena cincin itu bukan sekedar aksesoris di hari pernikahan, tapi juga lambang menyatunya kamu dan pasangan dan akan dipakai selamanya. Mau mulai hunting sekarang?

Cincin Nikah

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *