Home » Teknologi » Cara Reset HP Xiaomi (Semua Tipe) dengan Mudah. 100% Work

Cara Reset HP Xiaomi (Semua Tipe) dengan Mudah. 100% Work

Cara reset HP Xiaomi sebenarnya cukup mudah, namun hal ini tidak boleh dilakukan sembarangan karena sangat beresiko jika sampai terjadi bootloop. Jika kamu pernah mengalami, bootloop adalah kondisi dimana ponsel gagal melakukan booting.

Xiaomi memang menjadi salah satu brand smartphone paling favorit di Indonesia. Harganya yang tergolong murah, spesifikasi dan fitur yang mumpuni, serta desain yang cukup elegan menjadi alasan utama mengapa HP Xiaomi sangat laris dipasaran.

Meskipun Xiaomi menawarkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi, namun ada sejumlah pengguna yang mengalami hang atau error saat HP digunakan untuk memuat aplikasi atau game yang berat. Jika hal ini dibiarkan terjadi terus-menerus, satu-satunya cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset pada HP Xiaomi tersebut.

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara reset HP Xiaomi ke pengaturan pabrik, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik

Sebelum melakukan reset HP Xiaomi, pastikan kamu sudah backup semua data penting yang ada di smartphone, mulai dari kontak, foto, video, file, dokumen, riwayat chat, atau bahkan aplikasi yang terpasang.

Setelah itu, simak cara reset HP Xiaomi tanpa menghapus data sebagai berikut.

1. Cara Factory Reset HP Xiaomi

Cara Factory Reset HP Xiaomi

Factory reset merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi lag karena dapat karena dapat membasmi cache, junk file, dan lainnya.

Cara ini bisa kamu lakukan jika HP Xiaomi masih bisa masuk ke homescreen dan mengakses menu setelan. Langsung saja, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan factory reset HP Xiaomi:

  • Buka menu Setting / Pengaturan di HP Xiaomi.
  • Klik Setelan Tambahan atau Additional Setting.
  • Selanjutnya, klik Cadangkan & Setel Ulang.
  • Pilih Factory Reset (kembalikan ke setelan pabrik).
  • Reset phone kemudian konfirmasi dengan memilih hapus.
  • Tunggu sampai proses factory reset selesai.

Setelah proses factory reset selesai, nantinya HP Xiaomi akan melakukan reboot secara otomatis. Proses ini biasanya membutuhkan waktu selama 10-15 menit.

Jika smartphone telah kembali ke menu home screen, itu artinya proses reset telah selesai dilakukan. Cara factory reset ini bisa diterapkan untuk semua tipe HP Xiaomi, tinggal kamu sesuaikan metodenya saja.

2. Cara Hard Reset HP Xiaomi

Hard Reset Xiaomi

Hard reset biasanya dilakukan jika pengguna smartphone lupa pola atau lupa sandi Akun Mi. Sebelum melakukan hard reset HP Xiaomi, pastikan baterai ponsel penuh atau minimal terisi 50%.

Berikut cara hard reset di HP Xiaomi:

  • Matikan terlebih dahulu HP Xiaomi kamu.
  • Kemudian, masuk ke menu Recovery Xiaomi dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume up secara bersamaan.
  • Sampai muncul logo Xiaomi, secara otomatis layar akan menampilkan Mi recovery. Dalam kondisi ini, touchscreen tidak akan berfungsi sama sekali. Sebagai gantinya, kamu bisa gunakan tombol pengaturan volume untuk navigasi.
  • Selanjutnya, saat muncul opsi bahasa pilih “Bahasa Inggris”.
  • Kemudian arahkan kursor untuk ke menu Wipe Data / Factory Reset.
  • Pilih Wipe All Data dan klik tombol Yes untuk konfirmasi.
  • Terakhir, tunggu proses Wipe Data (Hard Reset) selesai dilakukan.
  • Setelah itu, kamu bisa reboot HP Xiaomi kamu dan proses hard reset telah selesai.

Hard reset bisa jadi pilihan yang tepat jika sewaktu-waktu kamu lupa pola atau lupa sandi smartphone. Namun, jika HP Xiaomi sampai mengalami bootloop, melakukan hard reset pun tidak akan ada hasilnya.

Jadi sebelum melakukan reset, pastikan dengan benar apa yang menjadi alasan kerusakan HP Xiaomi mu. Yup, itulah 2 cara reset HP Xiaomi yang bisa kamu coba.

Semoga bermanfaat ya, sobat bergaya !

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment

x