Home » Teknologi » 10 Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis Terbaik untuk UKM

10 Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis Terbaik untuk UKM

Aplikasi Kasir Gratis – Aplikasi kasir atau yang bisa disebut dengan POS (Point of Sale) merupakan salah satu hal yang penting dalam bisnis. Coba bayangkan bagaimana jadinya jika kasir dicatat secara manual, berapa lama waktu yang akan dibutuhkan untuk mencatat semua transaksi tersebut.

Dengan aplikasi kasir, pencatatan keuangan jauh lebih mudah, cepat, dan aman. Tak hanya itu, aplikasi kasir juga bisa membantu kamu mengelola operasional toko, seperti mengatur stok dengan optimal untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Saat ini, ada banyak aplikasi kasir gratis yang dapat digunakan secara cuma-cuma. Jika dibandingkan dengan aplikasi kasir berbayar, tentu keduanya punya banyak perbedaan. Namun, aplikasi kasir gratis ini sudah menjadi solusi terbaik untuk kebutuhan toko skala kecil, bisnis rumahan, UMKM, dan sejenisnya.

Nah, kalau kamu bingung untuk memilih mana yang terbaik, berikut kami berikan rekomendasi aplikasi kasir gratis yang bisa kamu pilih.

10 Aplikasi Kasir Gratis untuk PC & Android

1. Moka POS

Moka POS (Aplikasi Kasir Gratis)

Moka POS merupakan aplikasi kasir online berbasis cloud milik PT Moka Teknologi. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk membuat daftar menu, menambahkan harga, stok barang, laporan transaksi, bahkan memungkinkan kamu untuk memantau transaksi secara real-time kapanpun dan dimanapun.

Salah satu fitur andalan dari aplikasi Moka POS adalah sistem back office, dimana owner bisa melihat transaksi kasir dari semua cabang yang dimiliki secara langsung. Aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan receipt printer, barcode scanner, dan cash drawer sehingga kamu bisa mencetak invoice digitalnya.

Sayangnya, layanan gratis Moka POS hanya bisa dinikmati selama 14 hari. Setelah itu, kamu bisa membeli akun premium jika ingin terus menggunakannya.

2. Kasir Pintar

Kasir Pintar

Selanjutnya, ada aplikasi bernama Kasir Pintar. Aplikasi yang satu ini khusus hanya untuk pengguna smartphone saja. Sama seperti Moka POS, aplikasi Kasir Pintar juga sudah berbasis cloud sehingga tetap bisa diakses meski dalam keadaan offline.

Ada banyak fitur yang bermanfaat seperti fitur pencatatan data produk, laporan hasil transaksi, serta laporan analisa keuntungan dan kerugian. Menariknya, Kasir Pintar memiliki fitur barcode sehingga kamu tidak perlu membeli scanner barcode.

3. Qasir

Qasir

Untuk kamu yang punya berbagai jenis usaha seperti toko, restoran, kedai, online shop, dan lainnya, coba gunakan aplikasi Qasir. Dengan aplikasi Qasir, kamu bisa mengetahui produk yang paling laris, mencatat transaksi, dan mencatat berbagai tipe pembayaran.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pendataan produk dan stok yang tersedia sehingga tidak perlu ke gudang untuk mengeceknya. Dan yang paling penting, Qasir tidak ada biaya berlangganan. Tanpa mengeluarkan dana sepeserpun, kamu sudah bisa menikmati fitur POS basic dari Qasir.

4. Pawoon: Kasir / POS Online

Pawoon

Pawoon: Kasir / POS Online merupakan aplikasi kasir gratis berbasis cloud yang menawarkan berbagai macam fitur menarik. Pasalnya, kamu bisa mengelola dan memantau semua cabang usaha sekaligus hanya dengan menggunakan satu akun saja.

Pawoon juga menghadirkan fitur CRM, dimana kamu bisa menganalisa pelanggan untuk mengembangkan bisnis. Jika berminat menggunakan Pawoon, kamu bisa menikmati masa trial selama 14 hari. Setelahnya, Pawoon tetap bisa diakses gratis dengan batasan 500 transaksi/ bulan.

5. Majoo

Majoo

Majoo merupakan aplikasi kasir online yang punya banyak fungsi. Aplikasi ini punya kemampuan multi kasir, multi cabang, dan multi gudang sehingga sangat recommended untuk digunakan. Lewat Majoo, kamu bisa mendata produk dan stok serta memantau laporan penjualan secara real-time.

Majoo bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha, terutama bisnis kuliner. Dimana kamu bisa mencatat semua jenis order, mencatat semua operasional meja (gabung, pisah, pindah), dan memantau barang yang diproses, diterima, atau selesai diambil.

6. Olsera POS

Olsera POS

Olsera POS memiliki sistem yang handal, berbasis cloud sehingga kamu bisa mengakses dimana saja dan kapan saja untuk memantau transaksi penjualan. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang berguna untuk berbagai jenis usaha.

Olsera POS juga mendukung penyimpanan offline. Saat kamu terhubung dengan internet, secara otomatis aplikasi akan memperbarui data. Sama seperti aplikasi kasir lainnya, Olsera POS juga bisa digunakan gratis selama 14 hari. Setelahnya, kamu harus berlangganan jika ingin terus menggunakan aplikasi ini.

7. Omega POS

Omega POS

Satu lagi aplikasi kasir gratis yang direkomendasikan untuk pengguna Android adalah Omega POS. Aplikasi ini menawarkan banyak sekali keunggulan, salah satunya yaitu bisa diintegrasikan dengan modul accounting dan inventory produk.

Tak hanya soal pencatatan penjualan, dengan Omega POS kamu bisa menganalisa pelanggan untuk mendapatkan strategi marketing terbaik.

8. Keyhut

Keyhut

Kalau kamu mencari aplikasi kasir gratis untuk laptop, aplikasi Keyhut bisa jadi salah satu pilihan. Meski Keyhut memiliki UI yang jadul, namun aplikasi ini memiliki banyak fitur dan tidak berbayar alias gratis selamanya.

Keyhut memiliki fitur CRM, laporan keuangan, pelacakan inventaris, dan manajemen karyawan. Fitur manajemen karyawan ini menjadi keunggulan Keyhut karena tidak akan kamu temukan di aplikasi kasir lainnya.

9. TruePOS

TruePOS

TruePOS merupakan salah satu aplikasi kasir berbasis web yang bisa digunakan gratis, baik secara online maupun offline. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur menarik seperti CRM, inventory, laporan keuangan, dan masih banyak fitur yang dapat mendukung bisnis usaha.

Menariknya, TruePOS bisa diakses dari beberapa hardware termasuk HP dan PC. Aplikasi ini juga menyediakan akses gratis yang cocok untuk para pebisnis pemula.

10. VendHQ

VendHQ

Aplikasi kasir PC gratis yang selanjutnya bisa kamu coba adalah VendHQ. Aplikasi ini menawarkan user interface yang menarik dan modern. Beberapa fitur yang ditawarkan seperti real-time reporting, CRM, inventory management, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah 10 rekomendasi aplikasi kasir gratis yang bisa kamu gunakan di PC maupun android. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga kamu bisa pilih mana yang paling cocok untuk kebutuhan usahamu.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, sobat bergaya !

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment

x