Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Souvenir Pernikahan

10 min read

Ide Souvenir Pernikahan Unik dan Bermanfaat

Souvenir pernikahan adalah hadiah kecil yang diberikan pasangan pengantin kepada para tamu sebagai memorabilia pernikahan.

Memilih souvenir untuk pernikahan bisa dibilang susah-susah gampang, karena harus unik dan cantik agar para tamu terkesan, tapi juga harus dibuat sedemikian rupa agar tak memakan banyak biaya.

Kamu dan pasangan tak perlu khawatir tentang anggaran saat memilih souvenir pernikahan, karena ada banyak item yang harganya bersahabat. Let’s check!

1. Donat

Donat

Donat adalah salah satu camilan favorit bagi banyak orang.

Entah kamu membeli atau membuatnya sendiri, buatlah toping donat yang berbeda agar terlihat menarik. Kemudian kemas dalam kotak kecil yang cantik bertuliskan nama kamu dan pasangan.

2. Macaron

Macaron

Kue bulat warna-warni ini selalu berhasil menarik mata semua orang. Jika kamu ingin membuat pernikahan yang elegan dan apik, terutama jika konsep pernikahan adalah modern, macaron adalah ide yang tepat.

Pastikan kamu mengemasnya dalam kotak agar mudah dibawa para tamu di akhir acara.

3. Coklat

Coklat

Coklat adalah souvenir manis yang disukai semua orang alias nggak akan mubazir. Kamu bisa membuatnya sendiri atau memesan dari produsen pilihan.

Kamu bisa memilih warna hitam atau putih, dengan atau tanpa buah-buahan, dan dalam ukuran kecil atau besar. Kamu bisa mengemasnya satuan atau dalam satu paket lucu.

4. Permen Karet

Permen Karet

Manis dan mungil, permen karet hadir dalam banyak pilihan warna, rasa, dan aroma.

Kamu bisa memilih satu yang paling sesuai dengan tema pernikahan kamu dan mengemasnya dalam toples kaca mini. Kamu bisa memadukan beberapa warna dalam satu toples agar tampilannya lebih cantik.

5. Pop Corn

Pop Corn

Pernah kepikiran nggak, kalau pop corn yang biasanya kamu cemilin pas lagi nonton, juga bisa kamu jadikan souvenir pernikahan lho?

Siapkan popcorn dalam jumlah banyak dan cobalah untuk memilih paper bag yang bagus untuk mengemasnya. Kamu bisa mempersonalisasikan paper bag dengan tanggal pernikahan atau nama kamu dan pasangan.

Baca juga: Kado Pernikahan

6. Permen Warna-warni

Permen Warna-warni

Kalau kamu perhatikan, di supermarket banyak banget nih permen warna-warni yang bisa kamu jadikan souvenir murah dan unyu.

Pilih permen yang ingin kamu jadikan sebagai souvenir, kemas dalam box mika, dan hiasi dengan pita. Tambahkan juga thanks card wedding sebagai pelengkap.

7. Madu atau Selai

Madu atau Selai

Jika ingin memberikan souvenir yang bisa dimakan tapi tidak langsung habis, madu atau selai bisa kamu pertimbangkan.

Para tamu bisa menggunakannya beberapa kali sebagai topping roti untuk sarapan atau membuat minuman madu.

Kamu bisa menggunakan wadah berupa toples kaca kecil, menghias leher toples dengan kain renda, dan gantungkan thanks card wedding dengan tali rotan.

8. Kue-kue Cantik

Kue-kue Cantik

Selain beberapa camilan di atas, masih ada banyak jenis kue cantik yang bisa kamu jadikan oleh-oleh resepsi pernikahan lho, seperti cupcake, nastar, cookies, dll.

Semuanya tersedia dengan berbagai harga yang bisa kamu sesuaikan dengan anggaran dan sangat mudah didapat.

Kamu bisa mengemasnya dalam toples plastik. Jadi selain bisa langsung dimakan, toplesnya bisa dipakai ulang oleh para penerima.

9. Lilin Berwarna

Lilin Berwarna

Jika kamu tidak begitu suka souvenir yang langsung habis seperti makanan dan lebih suka sesuatu yang bermanfaat sekaligus romantis, maka lilin berwarna adalah yang kamu cari.

Ada ratusan ide DIY untuk membuat lilin beraroma warna-warni sebagai souvenir.

Kamu bisa mengemasnya dalam kotak atau membungkusnya dengan plastik dan pita.

10. Tote Bag

Tote Bag

Saat ini, tote bag kanvas adalah salah satu yang paling terkenal, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai souvenir pernikahan yang bermanfaat.

Selain praktis, tas jenis ini juga murah dan bisa kamu personalisasi sesuai dengan keinginan.

11. Payung

Payung

Payung adalah souvenir bermanfaat untuk semua orang, apalagi jika saat itu adalah musim hujan.

Pilih warna payung yang cocok dengan palet warna pernikahan kamu, atau personalisasi payung dengan membubuhkan nama kamu dan pasangan. Pilih payung lipat agar kamu mudah mengemasnya.

12. Succulent

Succulent

Succulent adalah tanaman yang paling tahan terhadap unsur matahari dan kelangkaan air.

Tanaman kecil nan indah ini tidak memakan banyak ruang dan bahkan tamu yang paling tidak suka tanaman dapat menyimpannya untuk waktu yang lama tanpa harus sering-sering merawatnya.

13. Bunga Kecil Dalam Pot

Bunga Kecil Dalam Pot

Jika resepsi pernikahan kamu akan berlangsung di tengah-tengah taman besar, jadikan bunga sebagai hadiah untuk para tamu undangan.

Kamu bisa memilih bunga kecil agar mudah dikemas dan dibawa, dan ingat, selalu padukan dengan tema pernikahan.

14. Bibit Tanaman Indoor

Bibit Tanaman Indoor

Bibit tanaman indoor adalah salah satu ide souvenir kekinian yang ramah anggaran dan mudah didapat.

Pastikan bibit tanaman yang kamu pilih mudah tumbuh dan membutuhkan sedikit perawatan, seperti kemangi, serai, daun bawang, daun mint, atau lavender.

15. Bibit Pohon

Bibit Pohon

Selain bunga dan tanaman indoor, bibit pohon juga bisa jadi souvenir nikah yang anti mainstream nih.

Beli bibit pohon dalam jumlah besar dan kemas dalam kantong goni individu mini dengan sedikit tanah di dalamnya.

Tambahkan juga kartu kecil berisi cara menanam atau merawat agar pohon tumbuh subur dan sehat. Terakhir, tambahkan pita untuk mempercantik kemasan.

16. Bunga Kering

Bunga Kering

Jika kamu ragu menjadikan tanaman hidup sebagai cinderamata karena mungkin saja tidak semua orang mau merawatnya, maka bunga kering adalah pilihan yang sempurna.

Identik dengan momen bahagia dan keindahan, opsi souvenir yang satu ini juga bisa dijadikan elemen dekorasi di rumah para penerima. Kamu bisa mengemasnya dalam frame cantik atau menyusunnya dalam vas kecil.

17. Sapu Tangan

Saputangan

Kamu tidak harus selalu memberikan souvenir indah luar biasa untuk mengapresiasi kedatangan para tamu.

Meskipun klasik, tapi saputangan banyak dibutuhkan. Agar beda dari yang lain, kamu bisa memesan saputangan dengan desain dan warna yang selaras dengan tema pernikahan.

Berikan inisial nama di tepi saputangan dan bungkus dalam kotak kecil.

18. Kaus Kaki

Kaus Kaki

Jika ingin beda dari yang lain, ide souvenir kaus kaki bisa kamu coba nih. Kamu bisa memilih warna netral agar semua orang bisa memakainya.

Kamu bisa membungkusnya dengan kotak atau langsung masukkan ke dalam paper bag ukuran kecil dan hias dengan pita atau renda.

19. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

Benda kecil ini bisa jadi souvenir bermanfaat bagi para tamu untuk waktu yang lama lho.

Bentuknya yang beraneka ragam dan harganya yang murah bisa menjadi pilihan sempurna untuk kamu yang ingin menikah dengan anggaran rendah.

20. Sunglasses

Sunglasses

Sunglasses alias kacamata hitam adalah salah satu ide souvenir unik dan elegan untuk pernikahan modern.

Terutama jika kamu menggelar resepsi di siang hari dan area outdoor, souvenir ini bisa langsung dipakai oleh para tamu.

Ada banyak pilihan model dan harga, kamu bisa memilih satu dan memberikan personalisasi dengan nama.

21. Sendok Kayu

Sendok Kayu

Selain sedang hits, sendok kayu juga bermanfaat dan tahan lama. Sendok jenis ini tidak cepat panas, ramah lingkungan, dan tidak mudah berkarat.

Kamu bisa menambahkan kata-kata cinta inspiratif singkat di bagian pegangan sendok dan mengemasnya dalam kotak berpita agar terlihat mahal.

22. Card Holder

Card Holder

Simpel, murah, tapi terlihat classy, card holder berbahan kulit bisa kamu jadikan buah tangan untuk resepsi pernikahan.

Ada banyak warna yang bisa kamu pilih, mulai dari nada klasik coklat muda dan tua, warna netral hitam, hingga warna mencolok merah atau kuning.

Berikan inisial nama sebagai personalisasi dan kemas dalam kotak putih bertuliskan tanggal pernikahan lalu hiasi dengan kain renda.

23. Flip-flop

Flip-flop

Flip-flop alias sandal jepit bisa menjadi ide souvenir pernikahan on budget yang juga bermanfaat dalam jangka panjang.

Kamu bisa mengemasnya dengan plastik dan memasukkannya ke dalam paper bag cantik.

24. Notes Book

Notes Book

Meskipun berbagai hal bisa ditulis dan disimpan di handphone atau laptop, tapi kadang buku catatan masih banyak dicari karena lebih simpel dan mudah digunakan, terutama untuk orang tua dan anak sekolah.

Kamu bisa memilih notes book dengan desain sampul polos yang ditambah inisial nama atau quotes cinta pendek.

25. Pouch

Pouch

Meskipun pouch dengan bahan premium seperti kulit masih jadi item favorit untuk souvenir pernikahan, tapi kamu juga bisa memilih bahan lain seperti kanvas agar anggaran tidak membengkak.

Kamu hanya perlu memilih desain yang unik agar benda biasa ini menjadi spesial.

26. Hanger

Hanger

Meskipun tak biasa, hanger adalah souvenir bermanfaat untuk semua orang. Untuk memberikan kesan spesial, kamu bisa personalisasi hanger dengan ukiran nama berwarna netral seperti krem, abu-abu, putih, atau hitam.

Dan untuk kesan classy, kamu bisa memilih hanger berbahan kayu. Dijamin, cinderamata ini bakal memorable banget buat para tamu!

27. Essential Oil

Essential Oil

Essential oil adalah souvenir elegan yang juga bermanfaat.

Kamu bisa mengemasnya dengan kain lace dan pita, lalu sempurnakan dengan kartu berisi tulisan terima kasih dan initial name.

28. Tumblr

Tumblr

Saat ini, semakin banyak orang membawa tumblr alias tempat minum ke mana pun.

Dengan desain yang unik plus inisial nama kamu dan pasangan, kamu bisa menjadikan tumblr sebagai kenang-kenangan dari pernikahan kamu.

Cukup tambahkan pita di bagian tumblr dan kemas dalam kotak bersama dengan setangkai bunga, benda ini akan berubah menjadi souvenir mewah ala kamu.

29. Sabun

Sabun

Sabun handmade bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin memberikan souvenir bermanfaat tanpa mengeluarkan dana lebih.

Pertimbangkan untuk membelinya dari usaha kecil setempat atau buat sendiri dengan bahan-bahan alami untuk sabun yang paling aman dan ramah alergi.

30. Syal

Syal

Jika kamu menikah di bulan-bulan musim hujan, syal bisa menjadi souvenir berguna untuk para tamu undangan.

Personalisasi syal dengan monogram pernikahan kamu, tanggal, atau inisial nama.

Setelah beberapa waktu, semua orang masih akan ingat dengan hari istimewa kamu setiap kali syal tersebut dikenakan.

31. Kerudung Sutra

Kerudung Sutra

Kerudung sutra adalah aksesoris mewah dan populer dalam fashion modern saat ini, terutama di kalangan kaum muda.

Aksesoris ini akan membantu teman-teman hijabers kamu terlihat lebih bergaya dan keren tanpa mengubah gaya dasar mereka.

32. Teh Kering

Teh Kering

Jika kamu pernah minum teh tradisional yang cara membuatnya adalah direndam dan disaring, kamu akan tahu bahwa rasa teh ini jauh lebih nikmat dari teh celup.

Kamu akan menemukan rasa manis dan asam pekat di saat yang sama. Bagikan rasa unik ini dengan teman dan kerabat dengan menjadikannya cinderamata pernikahan.

Kemas teh dalam toples mini dan berikan initial name pada bagian tutupnya.

33. Handuk Kecil

Handuk Kecil

Handuk kecil adalah salah satu ide souvenir pernikahan terbaik karena akan useful untuk para tamu. Dibandingkan dengan handuk mandi yang besar, handuk kecil dekoratif tentu terlihat lebih menarik.

Agar para tamu ingat kalau hadiah kecil ini dari kamu, kamu bisa membuat personalisasi handuk dengan kaligrafi nama kamu dan pasangan.

34. Biji atau Bubuk Kopi

Biji atau Bubuk Kopi

Indonesia memiliki beragam jenis dan rasa kopi yang berbeda, yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Pilih salah satu yang terbaik versi kamu dan kemas dalam jar kecil.

Setelah kopi habis, jar bisa digunakan sebagai wadah lain oleh para tamu undangan.

35. Coin Pouch

Coin Pouch

Selain card holder dan pouch, coin pouch juga merupakan salah satu ide souvenir pernikahan ramah anggaran dan bermanfaat.

Ada banyak bentuk, bahan, dan warna yang bisa kamu pilih, mulai dari bundar, oval, segitiga, hingga yang unyu seperti bentuk boneka.

36. Bingkai Foto

Bingkai Foto

Ada ribuan desain bingkai foto yang tersedia di pasaran, mulai dari gaya tradisional hingga hiasan yang bisa kamu personalisasi dengan initial name atau ilustrasi cinta pendek.

Para tamu akan menggunakannya sebagai pigura di rumah dan setiap kali melihatnya, momen pernikahan kamu juga ikut terkenang.

37. Asbak

Asbak

Souvenir yang satu ini bisa jadi kesukaan kaum Adam nih.

Bahkan meskipun penerima tidak merokok, asbak tetap bisa digunakan di rumah untuk para tamu yang datang.

Jangan lupa untuk mengukir tanggal pernikahan dan nama kamu beserta pasangan pada permukaan asbak.

38. Mug atau Cangkir

Mug atau Cangkir

Souvenir yang satu ini memang sangat klasik, tapi juga yang paling berguna.

Kamu bisa menempatkan kutipan romantis atau lucu dengan font yang indah.

Elegan dan klasik, atau keren dan inovatif, ada banyak desain mug universal yang bisa kamu pilih.

39. Diffuser

Diffuser

Akhir-akhir ini, pemakaian diffuser sedang menjadi tren dalam gaya hidup banyak orang. Jika kebetulan kamu memiliki dana lebih, benda yang satu ini bisa kamu hadirkan sebagai souvenir pernikahan kekian dan mewah.

Tentu diffuser sangat berguna, karena bisa digunakan berkali-kali dalam jangka waktu yang panjang.

40. Sedotan Ramah Lingkungan

Sedotan Ramah Lingkungan

Kamu tahu kan, kalau sedotan yang satu ini sedang tren di seluruh dunia?

Nah, kamu bisa menjadikannya sebagai souvenir kekinian dan bermanfaat nih buat para tamu pernikahan.

Ada banyak warna yang bisa kamu pilih, bahkan kamu juga bisa menambahkan initial name atau kalimat romantis pada sedotan.

41. Solid Perfume

Solid Perfume

Ingin yang lebih kekinian?

Maka jadikan solid perfume sebagai hadiah untuk para tamu pernikahan kamu. Kamu bisa memilih aroma yang netral agar semua orang bisa menggunakannya.

Tambahkan juga nama dan tanggal pernikahan di bagian tutupnya.

42. Traveling Toiletries

Traveling Toiletries

Jika kamu dan pasangan adalah pecinta jalan-jalan, traveling toiletries bisa jadi ide souvenir sempurna yang menggambarkan kamu banget!

Apalagi jika si penerima adalah seorang traveller sama seperti kamu, sudah pasti benda yang satu ini akan sangat berguna untuknya.

43. Bantal Travel

Bantal Travel

Masih seputar traveling, bantal travel juga bisa jadi pilihan souvenir pernikahan yang tak hanya berguna untuk traveller tapi juga semua orang.

Baik digunakan saat bepergian dengan mobil pribadi atau kendaraan umum, atau bahkan digunakan di dalam rumah, benda yang satu ini sudah pasti memberikan manfaat.

44. Mangkuk atau Piring

Mangkuk Piring

Pilihan luar biasa lainnya adalah mangkuk atau piring. Benda yang satu ini sudah pasti akan terpakai di rumah masing-masing penerima.

Bahkan jika desain yang kamu pilih unik, bisa jadi penerima akan menyimpannya di rak atau etalase pajangan agar tidak cepat rusak.

45. Sewing Kits

Sewing Kits

Sewing kits atau perlengkapan menjahit adalah souvenir super useful untuk semua orang.

Paket kecil ini berisi peralatan jahit lengkap seperti jarum, benang, gunting kecil, meteran, jarum pentul, dll.

Ada berbagai desain kemasan dan isi yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget.

46. Manicure-Pedicure Kit

Manicure-Pedicure Kit

Kit yang satu ini bisa jadi salah satu souvenir terbaik untuk kaum hawa lho.

Bahkan meskipun penerima adalah laki-laki, ia bisa memberikannya kepada ibu atau saudara perempuannya di rumah.

Manicure-Pedicure kit bisa dengan mudah kamu temukan di mall maupun toko kosmetik online dan offline.

47. Karya Seni Kecil

Karya Seni Kecil

Ada ribuan jenis karya seni kecil yang bisa kamu jadikan souvenir untuk pernikahan, seperti kuda-kudaan mini, miniature menara Eiffel, miniature tokoh terkenal, dll.

Ada banyak bahan yang bisa kamu pilih, mulai dari tanah liat, kayu, hingga keramik.

48. Pensil

Pensil

Pensil adalah benda universal yang cocok untuk semua kalangan.

Agar terkesan mahal, kamu bisa memilih desain tak biasa seperti ukiran kata-kata bijak atau romantis. Jika satu buah terlalu sedikit, kamu bisa memberikan 3-5 dalam satu kotak berhiaskan pita.

Tenang, meski banyak, kamu nggak akan over budget kok. Karena souvenir ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 1.000 saja.

49. Kipas Lipat

Kipas Lipat

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.000 per buah, kipas lipat memiliki banyak pilihan warna dan motif.

Kamu bisa memilih yang feminim seperti pola bunga, atau yang lebih netral seperti batik. Jika ingin lebih unik, kamu bisa menuliskan puisi atau sebait kalimat romantis.

50. Botol Mini Hiasan

Botol Mini Hiasan

Anak pantai pasti tahu nih benda yang satu ini. Yap, ini adalah botol mini berisi pasir pantai dan karang aneka warna.

Tampilannya menarik dan sangat imut. Para tamu bisa menggunakannya sebagai gantungan kunci atau barang pajangan.

51. Sumpit

Sumpit

Sudah banyak orang Indonesia yang mahir menggunakan sumpit. Benda ini memang sudah tidak asing lagi di dalam negeri.

Kamu bisa memanfaatkannya sebagai souvenir pernikahan yang bermanfaat dan tahan lama. Kemas sumpit dalam kantong kain bernada selaras dengan tema pernikahan dan ikat dengan pita renda.

52. Toples Kaca

Toples Kaca

Selain kue-kue dalam toples, kamu juga bisa menggunakan si toples itu sendiri sebagai souvenir. Pilihan terbaiknya adalah toples kaca, karena terlihat lebih elegan dan tahan lama.

Agar semakin cantik, kamu bisa menghias leher toples dengan pita berwarna dan menaruh thanks card wedding di bagian dalamnya.

53. Talenan

Talenan

Yap, talenan! Unik banget, kan?

Dimajin ibu-ibu akan berterima kasih padamu karena telah memberikan benda useful yang satu ini.

Terlihat biasa, tapi talenen adalah salah satu souvenir paling hits belakangan ini lho. Harganya juga cukup terjangkau, sekitar Rp 5.000 atau lebih tergantung pada bahan dan ukuran.

54. Gelas

Gelas

Masih seputar peralatan dapur, gelas juga bisa dijadikan cinderamata pernikahan jika kamu ingin yang bisa sering dipakai.

Ada banyak produsen yang menawarkan cetak nama dan desain gelas sesuai dengan keinginan.

55. Serbet Dapur

Serbet Dapur

Cukup sederhana tapi juga bermanfaat, serbet dapur adalah pilihan yang sempurna untuk souvenir pernikahan dengan mayoritas tamu yang sudah berkeluarga.

Kamu bisa mencetak nama kamu dan pasangan di serbet, atau menuliskan kutipan favorit kamu tentang cinta, pernikahan, atau persahabatan.

56. Tin Can

Tin Can

Wadah kaleng multifungsi ini terdiri dari beragam model, bentuk, ukuran dan desain. Plus, bisa kamu custom dengan nama kamu dan pasangan.

Para penerima bisa menggunakannya sebagai wadah camilan, koin, atau benda-benda kecil lainnya. Jika tak ingin memberikan yang kosong, kamu juga bisa memasukkan coklat atau permen-permen kecil.

57. Kalender Mini

Kalender Mini

Jenis kalender ini cocok banget nih diletakkan di atas meja kerja atau meja samping tempat tidur. Bahkan saking mininya, juga bisa dimasukkan ke dalam tas dan dibawa kemana-mana.

Kamu bisa meminta produsen untuk menyematkan nama kamu dan pasangan di bagian depan halaman dan mengemasnya dengan paper bag atau plastik berpita.

58. Lace Coaster

Lace Coaster

Souvenir yang satu ini memang terdengar biasa, tapi akan sangat bermanfaat karena bisa digunakan sebagai alas gelas, mug, cangkir atau piring, sehingga melindungi meja dari tetesan air dan goresan.

Benda sederhana ini tentu akan menemani aktivitas sehari-hari para tamu undangan.

59. Pembatas Buku Unik

Pembatas Buku Unik

Kamu bisa memesan pembatas buku custom di banyak produsen online maupun offline dan menjadikannya sebagai souvenir pernikahan.

Benda imut ini merupakan pilihan paling pas jika kamu ingin menghemat anggaran, dan tentu saja berguna bagi banyak orang.

60. Vas Bunga

Vas Bunga

Jika kamu mengira bahwa vas bunga selalu mahal, maka kamu salah. Karena benda cantik yang satu ini dijual dengan harga mulai dari Rp 3.500 saja.

Kamu bisa memilih warna dan bentuk yang sesuai dengan tema pernikahan, lalu mengemasnya dalam kotak agar para tamu bisa membawa pulang dengan aman.

61. Scented Pouch

Scented Pouch

Scented pouch adalah kantong goni kecil yang isinya adalah pengharum ruangan. Benda mungil dan compact ini sedang naik daun karena tampilannya yang cukup menarik.

Ada banyak varian aroma yang bisa kamu pilih, seperti lavender, peppermint, eucalyptus, atau yang lainnya.

62. Dompet Holo

Dompet Holo

Dompet holo adalah souvenir pernikahan lain yang juga sedang banyak diminati karena desainnya yang unik dan bermanfaat untuk menyimpan uang, terutama koin.

Kamu bisa mengemasnya dengan wadah mika atau box kecil dan tambahkan pita.

63. Gunting Kuku

Gunting Kuku

Nggak perlu ditanya lagi benda ini akan bermanfaat atau nggak, karena jawabannya sudah pasti “iya”. Selain murah, gunting kuku juga tersedia dalam berbagai pilihan desain dan hiasan.

Agar hari bahagiamu terus diingat, kamu bisa menambahkan namamu dan pasangan sebagai personalisasi.

64. Kotak tisu

Kotak tisu

Kotak tisu adalah souvenir terbaik bagi setiap orang, karena benar-benar berguna dan universal.

Kamu bisa membuat desain custom dan memberikan initial name agar penerima selalu ingat kalau benda ini dari kamu.

65. Baki

Baki

Baki sederhana dengan nickname atau initial name bisa menjadi pilihan souvenir pernikahan yang out of the box sekaligus bermanfaat. Item ini banyak dijual dengan harga yang relatif terjangkau dan cukup tahan lama.

Menjadi elemen penting dalam sebuah pernikahan, souvenir memang perlu dipilih dengan hati-hati agar sesuai dengan tema dan para penerima. Di antara semua pilihan di atas, temukan yang paling sesuai dengan budget dan gaya kamu.

Souvenir Pernikahan

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

One Reply to “Souvenir Pernikahan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *