Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Review Crash Landing on You – Kisah Cinta Terhalang Ideologi dan Otoritas Negara

4 min read

Crash Landing On You

Annyeong Chingudeul !

Kali ini kita bakal review serial drama korea yang booming banget bahkan di kalangan non K-drama lovers, apalagi kalau bukan ‘Crash Landing on You’.

Drama yang dibintangi oleh Hyun Bin dan Son Ye Jin ini berhasil mencampur aduk perasaan penonton dengan chemistry yang mereka bangun. Senyum, sedih, tawa, dan air mata, semua akan kamu rasakan saat menontonnya.

Bukan cuma itu, ‘Crash Landing On You’ juga berhasil meraih rating tertinggi sepanjang sejarah televisi kabel tvN hanya dengan 16 episode saja. Sangat layak jika dikategorikan sebagai salah satu drama korea terbaik sepanjang masa.

Nah, daripada berlama-lama yuk langsung aja baca sinopsis dan review dibawah ini.

Sinopsis

Crash Landing on You menceritakan kisah cinta antara Yoon Se-Ri (Son Ye Jin), pengusaha cantik super kaya asal Korea Selatan dengan seorang tentara tampan dari Korea Utara bernama Kapten Ri Jeong Hyuk (Hyun Bin).

Se-ri

Kisah keduanya dimulai saat Se-Ri mengalami kecelakaan paralayang akibat terbawa badai besar dan berakhir di perbatasan Korea Utara. Mana mendaratnya nyangkut di atas pohon lagi, kan kocak. Hahah…

Untungnya dia bertemu dengan kapten Ri Jong Hyuk yang sudi menampung Se-Ri untuk tinggal dirumahnya. Bersama anak buahnya, kapten Ri Jong Hyuk berusaha menyembunyikan identitas Se-Ri sekaligus mencari jalan keluar untuk memulangkan Se-Ri ke negara asalnya.

Drama Crash Landing on You

Kapten ri

Masalahnya, memulangkan Se-Ri ke Korea Selatan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak cara yang mereka lakukan namun berujung gagal, mulai dari usaha penyelundupan melalui laut sampai usaha menyelundupkan Se-Ri sebagai anggota tim olahraga yang akan berangkat ke Eropa.

Ditambah banyak orang disekitar mereka yang punya niat jahat untuk menghancurkan Se-Ri maupun Kapten Ri.

Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah kapten Ri berhasil memulangkan Se-Ri ke Korea Selatan?

Karakter Tambahan

Dalam perjuangan memulangkan Se-Ri ke Korea Selatan, Kapten Ri dibantu oleh empat anak buahnya yang sangat setia.

Pertama ada Sersan utama Pyo Chi So (diperankan oleh Yang Kyung Won), si cerewet dan tukang ghibah. Pyo Chi So ini salah satu contoh korban doktrinasi yang suka nyinyir dengan segala hal berbau Korea Selatan.

Dia juga paling sering adu bacot dengan Se-Ri. Tapi, meskipun cerewet dan nyinyir, pria ini aslinya punya hati yang lembut kok.

Pyo Chi Soo

Kedua ada Sersan Kim Ju Muk (Yoo Su Bin), seorang tentara penggemar berat drama korea yang mengidolakan aktris Choi Ji Woo. Meski tahu hal itu terlarang di Korea Utara, Kim Ju Muk suka sembunyi-sembunyi nonton drakor lho.

Kim Ju Muk

Ketiga ada Letnan Park Kwang Beom (Lee Shin Young), tentara ganteng yang penampilannya lebih mirip model dan aktor. Paling mending lah kalau disandingin sama ketampanan Hyun Bin Oppa. Hahaha….
Letnan Kwang Beom ini punya sifat yang paling kalem. Dia juga agak misterius dan jadi salah satu peran yang mencuri banyak perhatian.

Baca Juga :

15+ Rekomendasi Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa. Kamu Udah Nonton ?

Park Kwang Beom

Dan yang terakhir ada Geum Eun Dong (Tang Jung Sang), seorang prajurit muda yang masih berusia belasan tahun. Dia ini yang paling muda, jadi wajar saja kalau sikapnya polos dan sedikit kekanak-kanakan. Dia juga agak cengeng dan mudah percaya dengan orang lain.

Geum Eun Dong

Drama ini makin ramai dengan adanya geng persatuan ibu-ibu yang menjadi fans berat kapten Ri. Mereka ini kompak banget dalam hal berghibah dan stalking si kapten ganteng. Ibu-ibu ini juga yang jadi sahabat Se-Ri selama di kampung.

Sedikit spoiler nih, selama di kampung Se-Ri mengaku sebagai tunangan Kapten Ri yang baru pulang dari Korea Selatan. Berawal dari tunangan pura-pura, lama-lama benih cinta mulai tumbuh diantara keduanya.

Cameo 2

Cameo 1

Cerita makin kompleks karena Kapten Ri ternyata bukan orang sembarangan. Dia berasal dari keluarga terpandang dan ayahnya adalah jenderal tertinggi di Korea Utara. Tapi yang lebih mengejutkan lagi, Kapten Ri ternyata sudah bertunangan dengan anak konglomerat di Korea Utara, namanya Seo Dan.

Seo Dan

Seo Dan (Seo Ji Hye) adalah seorang musisi yang melanjutkan pendidikan musik di Rusia. Dia ini sudah menyukai Kapten Ri sejak masa sekolah. Meski tahu cintanya bertepuk sebelah tangan, dia tetap memilih untuk bertahan. Bucin banget deh pokoknya!

Gak nyangka ya ternyata Hyun Bin Oppa jadi fuckboy di drama ini, udah punya tunangan tapi masih lirik cewek lain. Hehehe…

Kenapa Harus Nonton Crash Landing on You?

1. Pemainnya

Tak bisa dipungkiri bahwa sosok pemeran utama menjadi salah satu faktor kesuksesan drama Crash Landing on You. Memang siapa sih yang gak tau Hyun Bin?

K-drama lovers pasti sudah tak asing lagi dengan aktor yang membintangi drama Secret Garden ini. Hyun Bin juga pernah membintangi drama Memories of the Alhambra pada tahun 2018 lalu.

Crash Landing on You drama

Disini, Hyun Bin beradu akting dengan sosok Son Ye Jin yang memang lebih aktif membintangi film ketimbang drama.

Beberapa drama yang pernah dibintangi Son Ye Jin sebelumnya adalah Personal Taste (2010), Spotlight (2018), Something in The Rain (2018), dan lainnya.

Selain Hyun Bin dan Son Ye Jin, drama ini juga didukung sederet nama-nama terkenal seperti Seo Ji Hye yang bermain di 49 Days dan Black Knight, serta Kim Jung Hyun yang mengambil peran di drama School 2017.

2. Sutradara dan penulis cerita ternama

Buat kamu yang belum tahu, drama Crash Landing on You disutradarai oleh Lee Jung Hyo. Sutradara yang pernah menggarap drama A Witch’s Love, Criminal Minds, dan In Need of Romance.

Drama ini juga ditulis oleh Park Ji Eun, penulis drama populer lain seperti My Love from the Star, The Legend of Blue Sea, The Producers, dan My Husband Got A Family.

CLOY

3. Jalan cerita yang unik

Drama ‘Crash Landing on You’ menyajikan cerita yang benar-benar kompleks dengan banyak humor di tiap episodenya.

Tak jarang penonton dibuat tertawa terbahak-bahak melihat humor dari para pemain pendukung setelah menguras emosi dan air mata melihat drama percintaan Se-Ri dan kapten Ri.

Dijamin gak bakal nyesel deh setelah nonton!

Crash Landing on You moment

4. Visual yang indah

Selain cerita yang unik dan akting para pemain yang tak perlu diragukan lagi, CLOY juga menyajikan visual yang sangat indah.

Visual yang kita bahas ini bukan cuma tentang paras pemainnya, tetapi soal pemandangan lokasi yang memanjakan mata seperti saat pengambilan gambar di Swiss, Mongolia, bahkan Korea.

Latar crash landing on you

Satu lagi yang perlu diapresiasi adalah gaya sinematografi dalam membungkus aksi laga kapten Ri. Namanya juga drama militer, gak lengkap rasanya tanpa adegan berantem dan tembak-tembakan. Heheh…

Keindahan drama ini semakin apik dengan alunan OST yang dibawakan oleh sederet penyanyi ternama, seperti IU, 10cm, Crush, dan Yoon Mi-rae.

5. Kisah rumit Korea Utara dan Selatan

CLOY memberi sedikit gambaran tentang betapa rumitnya hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Meskipun bukan gambaran yang utuh, kita bisa melihat bahwa dua negara yang dulunya satu kini harus terlibat perang dingin dan penuh curiga.

Bahkan, drama Crash Landing On You mendapat kritik tajam dari Korea Utara karena dianggap mengandung konten propaganda dan memberikan gambaran rekayasa tentang Korea Utara.

Review Crash Landing on You

Kesimpulan

Secara keseluruhan, drama ‘Crash Landing on You’ dibungkus dengan baik, indah, dan tuntas hanya dengan 16 episode saja.

Dan yang paling bikin susah move on tentu saja soal chemistry dan interaksi yang menggemaskan antara Se-Ri dan Kapten Ri.

Kapten Ri ini gambaran cowok yang bener-bener romantis. Hal-hal kecil yang dia lakukan selalu berhasil bikin hati meleleh. Mulai dari ngiketin rambut pasangannya, sampai nulis resep makanan yang Se-Ri suka. Romantis banget kan.

Crash Landing on You sweet moment

Sweet momen kapter Ri

Meski udah ketebak kalau drama ini bakal happy ending, tetap aja penonton dibuat penasaran banget gimana cara mereka mencapai ending tersebut. Apalagi banyak hal yang membuat cinta mereka nyaris mustahil untuk bersatu.

Tapi jujur, aku kurang suka sama ending pasangan Seo Dan dan Gu Seung Joo. Dua orang patah hati yang akhirnya saling mencintai ini lebih berhak untuk bersatu dan bahagia bersama.

Tapi Gu Seung Joo malah dibuat mati dalam cerita. Sampai akhirnya Seo Dan memutuskan untuk melajang seumur hidupnya. Ngenes banget deh kisah percintaan Seo Dan di drama ini.

Baca Juga :

Bikin Baper ! 10+ Rekomendasi Drama Korea Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Yup, cukup sampai disini review kita tentang drama Crash Landing on You. Buat kalian yang belum nonton, buruan nonton deh dijamin gak bakal nyesel pastinya.

Temukan review drama korea menarik lainnya hanya disini ya!

Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *