10+ Rekomendasi Film Horor Indonesia 2019 yang Wajib Ditonton

Wednesday, November 11th, 2020 - Film Indonesia

Semakin lama industri film nasional semakin menampakkan eksistensinya. Salah satu genre film nasional yang semakin berkibar adalah horor. Hingga akhir tahun, sektor film horor Indonesia 2019 telah mampu menyita perhatian puluhan juta penonton yang sangat antusias.

Berdasarkan data yang dikumpulkan, mulai bulan Januari hingga Oktober telah tercatat lebih dari 20 film yang tayang. Demam film horor juga mulai naik di tahun ini, bukan hanya film dengan genre romantic dan komedi saja. Nuansa baru benar-benar jelas terlihat dari perfilman tanah air.

10 Rekomendasi Film Horor Indonesia 2019 Terbaik

Jika pada tahun-tahun sebelumnya telah mulai bermunculan film horor yang cukup banyak peminatnya, begitu juga tahun 2019 ini.

Kualitas dan efek film semakin membaik, dengan latar cerita yang semakin menegangkan. Berikut adalah 12 film horor Indonesia terbaru 2019 yang wajib kamu lihat:

1. Tembang Lingsir

Tembang Lingsir

Film horor Indonesia terseram 2019 diwakili oleh film Tembang Lingsir. Sebuah kisah yang menceritakan tentang misteri lagu jawa “Lingsir Wengi”.

Seperti yang kamu ketahui, lagu ini merupakan lagu yang sering digunakan untuk memanggil makhluk gaib seperti kuntilanak.

Bintang utama film ini adalah Marsha Aruan yang memerankan sosok Mala. Di sini Mala selalu berurusan dengan tembang Lingsir yang diajarkan oleh ibunya ketika masih kecil.

Namun, sebuah kejadian kebakaran membuat ibunya tewas dan mendadak suara Mala juga menghilang.

2. Sunyi

Sunyi

Film horor Indonesia 2019 ini menceritakan tentang Alex (Angga Yunanda) yang bertemu dengan Maggie (Amanda Rawles), teman barunya.

Alex adalah siswa baru di sebuah SMA. Namun, ternyata menjadi murid baru tidaklah menyenangkan, walaupun sekolah tersebut adalah sekolah favorit.

Alex banyak mengalami penindasan dari kakak kelasnya, hingga banyak terjadi kejadian aneh yang menimpanya.

Maggie banyak membantunya mengatasi kesulitan selama di sekolah. Lambat laun ada hal yang aneh tentang sosok Maggie yang sebenarnya.

3. Satu Suro

Satu Suro

Kisah mistis tanah jawa sepertinya masih menjadi topik menarik untuk diangkat ke layar lebar. Film Satu Suro ini juga menjadi salah satu film yang mengusung kisah misteri tersebut. Menurut mitos, tanggal 1 Suro adalah hari yang sakral di cerita mistis Jawa.

Perjalanan kisah ini bermula ketika Adinda (Citra Kirana) dan Bayu (Nino Fernandez) pindah ke rumah yang jauh dari kota.

Saat itu Adinda sedang hamil besar, dan merasakan kontraksi. Bayu segera membawanya ke rumah sakit yang ternyata adalah rumah sakit hantu dan telah lama tidak terpakai.

Penduduk setempat mengingatkan untuk berhati-hati karena tanggal kelahiran Adinda diperkirakan persis tanggal 1 Suro, dimana para makhluk gaib bermunculan. Bayu mencoba menyelamatkan istrinya dan keluar dari rumah sakit tersebut walau harus bertarung dengan hantu-hantu di sana.

4. Mata Batin 2

Mata Batin 2

Mata Batin 2 adalah salah satu film horor terbaik Indonesia 2019. Seperti pada film sebelumnya, kali ini masih berkisah tentang Alia (Jessica Mila) yang kembali bertarung melawan makhluk astral. Perjalanan dimulai ketika Alia memutuskan untuk menjadi pekerja sosial di salah satu panti asuhan.

Di tempat tersebut, dia bertemu dengan Nadia (Nabilah Ayu) seorang anak yang juga memiliki mata batin. Nadia bisa mendengar suara mistis yang muncul dari dinding rumah tersebut. Karena penasaran, Alia dan Nadia membuka salah satu ruangan yang terkunci.

Namun, ternyata hal tersebut adalah suatu kesalahan, karena yang tinggal di dalamnya adalah Darmah. Dalam film ini Darmah adalah arwah yang penuh dendam. Alia harus menghadapi arwah tersebut untuk menyelamatkan dirinya dan panti asuhan.

5. Makmum

Makmum

Film Makmum adalah versi panjang dari film pendek karya Riza Pahlevi. Tokoh utama film ini adalah Titi Kamal yang berperan sebagai Rini. Kisah ini menggunakan latar sebuah asrama yang dihuni oleh beberapa anak dan dipimpin oleh ibu Kinanti (Jajang C Noer).

Rini kembali ke asrama tersebut karena Ibu Kinanti mulai menurun kesehatannya. Saat berada di asrama, Rini banyak mendengar cerita tentang kejadian aneh di asrama. Rini mulai menyadari keanehan terutama ketika menjalankan sholat, ada suara aneh ketika membaca bacaan sholat.

Semakin hari, sosok itu semakin mengancam Rini dan penghuni asrama lainnya. Sosok mengerikan itu terus mengikuti ke manapun Rini pergi. Demi menyelamatkan diri dan penghuni asrama lainnya, Rini terus berusaha untuk menghadapi makhluk tersebut.

6. DreadOut

DreadOut

DreadOut adalah film horor Indonesia 2019 yang mengisahkan tentang sekelompok anak SMA. Mereka nekat datang ke apartemen angker hanya untuk unggahan di media sosial. Dibintangi oleh Marsha Aruan, Susan Sameh, Irsyadillah, dan Jefri Nichol memiliki alur khas anak remaja.

Ketika masuk ke salah satu ruangan, terdapat perkamen dengan tulisan Kawi kuno. Linda (Caitlin Halderman) yang mampu membaca tulisan tersebut. Ternyata itu adalah mantra untuk membuka portal hitam ke neraka dan mereka harus melawan makhluk tersebut untuk menyelamatkan diri.

7. Ghost Writer

Ghost Writer

Ghost Writer menjadi film horor komedi Indonesia 2019 yang unik. Disutradarai oleh Ernest Prakasa, film ini membawa artis papan atas seperti Tatjana Saphira dan Ge Pamungkas. Kehadiran film ini cukup memberi warna baru pada dunia film horor.

Film ini mengisahkan tentang Naya (Tatjana Saphira) yang menemukan buku diary tua yang ternyata milik Galih (Ge Pamungkas), yang saat itu telah meninggal. Bagi Galih, buku diary tersebut merupakan rahasia kelam baginya.

Bagi Naya, diary tersebut memberikan ide segar untuk novel terbarunya. Arwah Galih berkomunikasi dengan Naya selama melakukan penulisan novel. Naya telah berjanji untuk mengungkap cerita kelam Galih dalam novelnya tersebut.

8. Kuntilanak 2

Kuntilanak 2

Sekuel dari film Kuntilanak sebelumnya tayang dengan sukses di bioskop tanah air. Masih mengisahkan tentang ritual pemanggilan arwah. Banyak hal mistis yang terjadi ketika seorang kakek berhasil memanggil Kuntilanak yang kemudian dibunuh di ruangan pemanggilan.

Ketegangan bermula ketika seorang wanita bernama Karmila datang dan memperkenalkan diri sebagai ibu kandung Dinda, anak asuh Donna. Akhirnya Dinda ikut bersama Karmila. Namun, setelah itu anak-anak asuh yang lain dihantui oleh setan yang berbeda.

Salah satu anak asuh, Miko, melihat Karmila melayang di udara. Dia meyakini bahwa Karmila bukanlah manusia. Seiring waktu berjalan, diketahui Dinda merupakan keturunan Mangkoedjiwo, pemilik Kuntilanak, dan Karmila adalah jelmaan dari Kuntilanak tersebut.

9. Danur 3

Danur 3

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan judul film ini. Ya, Danur 3 merupakan prekuel dari 2 film sebelumnya dengan judul yang sama. Rilis pada bulan September 2019, film ini masih memiliki tempat di hati para pecinta film tanah air dan menjadi film horor Indonesia 2019 terlaris.

Danur 3 merupakan film yang diangkat dari novel Sunyaruri karangan Risa Saraswati. Berkisah tentang lima hantu anak-anak dari film sebelumnya dan juga Risa sebagai tokoh utama. Kisah ini masih tentang hal mistis yang mengikuti perjalanan hidup Risa.

Berawal dari keinginan Risa untuk memiliki kehidupan yang normal dengan memiliki kekasih bernama Dimas (Rizky Nazar). Risa tidak pernah menceritakan kemampuannya kepada Dimas, termasuk cerita tentang sahabat hantunya. Namun, Risa melihat peter cs mulai mengganggu Dimas.

Risa memutuskan untuk menutup mata batin agar tidak melihat peter cs, sahabat hantunya. Setelah kejadian tersebut, Risa tidak lagi melihat peter, namun masih bisa mencium bau danur. Ada hantu jahat yang masuk ke rumah ketika hujan deras, dan hantu itu mengancam hidup Risa.

10. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam

Masuk dalam jajaran film horor Indonesia 2019 dengan rating tertinggi, kisah film ini menceritakan tentang Maya dan Dini yang berjuang untuk bisa tetap hidup di kota. Suatu ketika ada orang yang mencoba membunuh Maya, untungnya dia selamat dari pembunuhan tersebut.

Maya baru mengetahui bahwa memiliki warisan di desa. Maya dan Dini pulang ke desa dan menempati rumah warisannya. Namun, ternyata rumah tersebut menyimpan banyak hal mistis. Banyak kejadian mengerikan yang membuka misteri tentang kenyataan masa lalu.

11. Ikut Aku ke Neraka

Ikut Aku ke Neraka

Ikut Aku ke Neraka berkisah tentang sepasang suami istri, Lita (Clara Bernadeth) dan rama (Rendy Kjaernett) yang sedang berbahagia dengan kehamilannya. Saat mendekati persalinan, tiba-tiba muncul hantu wanita yang meneror Lita dengan tujuan untuk mengambil anak dalam kandungannya.

Teror berlanjut ketika anak mereka telah lahir, hingga nyawa sang anak pun terancam. Rama akhirnya memanggil orang pintar untuk melawan hantu tersebut. Sang dukun menyampaikan bahwa hantu wanita itu adalah kembaran dari istrinya yang telah meninggal.

12. Lampor: Keranda Terbang

Lampor Keranda Terbang

Lampor diluncurkan pada akhir Mei 2019. Dibintangi oleh Dion Wiyoko dan Adinia Wirasti, film horor Indonesia 2019 ini menceritakan kembali mitos yang ada di masyarakat. Kisah dimulai ketika Netta (Adinia Wirasti) dan Edwin (Dion Wiyoko) pulang ke Temanggung bersama anak-anaknya.

Netta telah 25 tahun meninggalkan rumah tersebut karena marah dengan perbuatan sesat yang dilakukan oleh ayahnya. Masyarakat setempat menganggap kembalinya Netta sebagai pembawa musibah. Apalagi saat itu kampung tersebut muncul Lampor.

Lampor adalah wujud setan pencabut nyawa yang kedatangannya selalu membawa keranda terbang. Ayah Netta juga meninggal secara mendadak. Melihat ada yang tidak beres, lama-lama skandal busuk terkuak bersama dengan kejadian mengerikan yang muncul dari Lampor.

Munculnya film horor saat ini menjadi semakin menarik, karena banyaknya pilihan yang bisa kamu nikmati. Ketegangan yang diciptakan juga bervariasi. Setidaknya jajaran film horor Indonesia 2019 ini mampu menandingi film luar yang masuk ke tanah air.