15 Rekomendasi Film Indonesia 2019 Terbaik yang Wajib Ditonton

Wednesday, November 11th, 2020 - Film Indonesia

Tahun 2019 tampaknya menjadi tahun yang dibanjiri dengan film-film terbaik, baik film dalam negeri maupun luar negeri. Tak kalah dengan film dari luar negeri, film Indonesia 2019 juga cukup menarik untuk ditonton.

Ada banyak genre film yang bisa memanjakan penonton dengan alur cerita yang sangat menarik. Berikut beberapa deretan film Indonesia terbaik 2019 yang wajib kamu tonton untuk menemani waktu senggangmu:

15 Rekomendasi Film Indonesia 2019 Terbaik yang Wajib Ditonton

1. Terlalu Tampan

Terlalu Tampan

Film yang satu ini patut ditonton, karena menyuguhkan alur cerita yang sangat menarik dan tidak mudah ditebak penonton, sehingga menimbulkan rasa penasaran yang besar.

Film Terlalu Tampan cukup menggebrak dugaan penonton yang menganggap drama adaptasi Webtoon ini biasa saja.

Penonton akan disuguhi dengan adegan-adegan yang disisipi komedi yang mengundang gelak tawa. Karena diadaptasi dari webtoon, film ini juga tak lepas dari elemen Webtoon itu sendiri dengan tampilannya yang begitu komikal.

Dengan adanya kesuksesan Terlalu Tampan ini bukan tak mungkin akan memunculkan drama-drama adaptasi Webtoon selanjutnya.

2. Susi Susanti

Susi Susanti

Salah satu pebulutangkis Indonesia yang begitu melegenda adalah Susi Susanti, yang sekaligus telah membawa nama Indonesia ke kancah dunia, khususnya dunia bulutangkis.

Secuil kisah hidupnya yang inspiratif bisa kamu saksikan di film Susi Susanti – Love All yang disutradarai oleh Sim F ini.

Hal menarik dalam film ini adalah kemampuannya membawa penonton ikut larut dalam semangat dan patriotisme yang begitu kuat. Alurnya yang menarik akan membuat naik – turun emosimu selama menonton film ini.

Tak hanya itu, kisah cinta Susi Susanti dengan Alan Budikusuma juga diceritakan di dalam film ini. Dengan demikian, tak hanya semangat patriotisme saja yang ditampilkan, namun penonton juga akan disuguhkan dengan romantisme yang membuat terkesan.

3. Imperfect

Imperfect

Ernest Prakasa menjadi sutradara untuk film yang dialihwahanakan dari novel karya istrinya sendiri, Meira Anastasia, yang berjudul Imperfect: A Journey to Self-Acceptance.

Film Indonesia terbaru 2019 ini menyuguhkan alur cerita dengan genre komedi percintaan yang ringan.

Ciri khas Ernest sangat terasa di dalam film ini, seperti film-film karyanya yang terdahulu. Meski bukan best of the best sepanjang tahun, film ini wajib kamu coba saksikan karena alurnya yang lucu akan membuatmu tertawa sepanjang cerita.

4. Pretty Boys

Pretty Boys

Penggemar film Indonesia dihebohkan dengan kehadiran Tompi di dalam dunia perfilman tanah air.

Debutnya yang dipadukan dengan si pasangan kocak Desta dan Vincent, membuat film perdananya ini semakin membuat penasaran dan begitu banyak diperbincangkan.

Jika biasanya penonton melihat lawakan Desta dan Vincent di layar kaca, kehadiran keduanya di layar lebar menjadi lebih bagus dengan ciri khas mereka.

Salah satu film komedi Indonesia 2019 terbaik ini, patut masuk dalam list tontonanmu karena suguhan sinematografi yang tak kalah menariknya.

5. Preman Pensiun

Preman Pensiun

Berbeda dengan beberapa film sebelumnya, Preman Pensiun tidak begitu menonjolkan pemain yang biasanya menjadi ikon layar lebar Indonesia.

Meskipun begitu, film ini cukup mengejutkan karena di luar dugaan mampu menggaet hingga 1 juta lebih pasang mata.

Pemeran film yang bisa dibilang “biasa saja” ternyata tidak menjadi masalah, karena memang dari segi alur cerita sudah bagus.

Dengan adanya hal ini, maka dapat mematahkan anggapan bahwa film yang bagus harus dibintangi oleh aktor dan aktris ternama.

Film ini pantas dinobatkan sebagai film terbaik, karena kemampuan para pemainnya dalam mendalami naskah film dengan baik. Selain itu, pengarahan sang sutradara yang bagus membuat ceritanya menjadi lebih menarik.

6. My Stupid Boss 2

My Stupid Boss 2

Kehadiran film My Stupid Boss yang sukses memanjakan mata para pencinta film tanah air, rupanya menjadikan penonton kecanduan dengan film ini.

Tak kalah menghiburnya dengan yang pertama, My Stupid Boss 2 juga tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Duet Bunga Citra Lestari dan Reza Rahardian yang penuh dengan kecocokan ini rupanya menjadi penentu film yang mengambil genre komedi ini.

Ceritanya lebih kompleks dibandingkan dengan film pertamanya, namun tetap menyuguhkan cerita yang klise.

7. Love for Sale 2

Love for Sale 2

Dibandingkan dengan film pertamanya, film kedua ini dianggap memiliki jalan cerita yang lebih berat.

Perubahan drastis cerita dari film pertamanya menjadi alasan mengapa kamu harus melanjutkan tontonan film ini ke film keduanya.

Film Indonesia 2019 yang masuk ke dalam kategori 10 film terbaik ini memiliki frame cerita berbeda, bukan lagi sebatas ditinggal pas lagi sayang-sayangnya.

Dengan begitu, penonton tidak akan terjebak dengan rasa bosan karena alur cerita yang mudah ditebak.

8. Gundala

Gundala

Mendengar istilah super hero, kebanyakan orang pasti akan membayangkan sesosok manusia super berbaju laba-laba atau kelelawar yang menumpas kejahatan. Ekspektasi semacam itu tidak akan kamu temukan dalam super hero di film Gundala ini.

Ketidaknyamanan tampilan CGI bukan menjadi masalah, karena suguhan adegan-adegan perkelahian dalam film ini jauh lebih baik.

Minimnya penggunaan CGI dalam menampilkan adegan-adegan menegangkan membuat film ini terasa lebih natural.

Namun, banyak yang menyayangkan film ini karena kurangnya peningkatan dalam hal eksekusi cerita, perpindahan antar adegan, koreografi, dan sebagainya. Hal tersebut membuat penonton merasa film ini begitu monoton atau “biasa saja”.

Meski tak sesuai dengan ekspektasi kebanyakan, salah satu film action Indonesia 2019 ini patut kamu tonton. Pasalnya, cerita yang diangkat tak kalah menarik dengan film-film super hero dari Negeri Paman Sam.

9. Habibie & Ainun 3

Habibie & Ainun 3

Kehadiran film Habibie & Ainun hingga ke sekuel-sekuelnya rupanya tak membuat penonton kehilangan rasa minat terhadap film ini.

Kemampuan akting Maudy Ayunda dalam film ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya, bahkan tidak buruk jika dibanding pemain film Habibie & Ainun sebelumnya.

Kisah cinta masa muda Alm. BJ Habibie dan Almh. Ainun rupanya cukup menarik dikisahkan dalam film, sehingga muncullah film romantis Indonesia 2019 ini yang menjadi versi ketiga.

Gubahan cerita yang apik dijamin akan membuat mellow siapa saja yang menontonnya.

Kisah Ainun yang tak banyak orang tahu dimunculkan dalam sekuel kali ini, sehingga penonton tidak akan merasa bosan dengan alur cerita meski sudah tiga kali difilmkan.

Tak hanya dari segi cerita saja, teknik CGI dan tata rias pemain yang membuat pemain terasa hidup, membuat film ini banyak membius dan membuat takjub penonton.

Visual para pemain yang dirias sedemikian rupa membuatnya terlihat begitu nyata, yakni tampilan layaknya pemuda berusia 17 tahun.

Tak hanya itu, riasan Reza Rahardian sebagai Habibie usia lanjut juga sangat mirip dengan aslinya, membuat seakan-akan BJ Habibie-lah yang memerankannya sendiri.

10. Twivortiare

Twivortiare

Film yang awalnya dikira “biasa saja” karena kisahnya yang klise, rupanya mampu menunjukkan bahwa cerita di dalamnya tidak seperti apa yang menjadi anggapan banyak orang.

Akting Reza Rahardian bersama Raihanun memunculkan chemistry yang begitu kuat di dalam film ini.

Jika biasanya drama percintaan di film-film tanah air begitu klise, film ini telah mematahkan anggapan seperti itu.  Pasalnya, alur cerita yang solid dan “berdiri sendiri” alias  tidak terpengaruh dengan unsur drama percintaan seperti biasanya.

Film ini mengangkat cerita kehidupan pernikahan yang tak selamanya mulus layaknya pengantin baru.

Pasalnya, ada rasa bosan yang kemudian timbul akibat hidup bersama dalam waktu yang panjang. Kehidupan pernikahan yang monoton ini memunculkan konflik yang menjadi daya tarik dalam cerita.

Tak hanya segi alur dan konsep, film ini juga bagus karena menyampaikan pesan yang dalam mengenai kehidupan pernikahan.

11.  Keluarga Cemara

Keluarga Cemara

Menonton salah satu film bioskop Indonesia 2019 berjudul Keluarga Cemara ini akan membuat emosi kamu benar-benar terikat.

Film ini merupakan versi layar lebar dari serial televisi yang begitu populer di Indonesia, dengan kemasan konsep yang lebih kekinian dan menyesuaikan zaman.

Tak hanya menyuguhkan alur yang mengaduk-aduk emosi penonton, film Keluarga Cemara ini juga mengajarkan sudut pandang yang tidak dijumpai dalam prinsip keluarga kebanyakan. Alur cerita yang awalnya terasa klise, lama-kelamaan menjadi lebih menarik karena mampu menggiring emosi.

Penonton akan merasakan kesedihan bahkan menitikkan air mata, hingga tersenyum lebar yang disertai dengan perasaan lega. Film ini juga membawa pesan yang baik, sehingga patut ditonton bersama keluarga besar.

12.  Kucumbu Tubuh Indahku

Kucumbu Tubuh Indahku

Film Indonesia 2019 yang telah menerima Piala Citra dan masuk dalam beberapa nominasi penghargaan film ini, berjudul Kucumbu Tubuh Indahku.

Penghargaan tersebut menjadikannya masuk ke dalam tiga besar jajaran film terbaik di Indonesia yang ditayangkan pada tahun tersebut.

Film ini mengangkat kisah tentang kehidupan penari Lengger yang penuh dengan makna kehidupan. Ada banyak realitas kehidupan di tanah air dengan keanekaragamannya, namun belum sepenuhnya diterima masyarakat, yang diangkat dalam film ini.

Karakter dalam film ini begitu kuat, sehingga mampu mengajarkan penonton mengenai pesan moral yang dikandungnya secara tidak langsung melalui akting pemainnya yang memukau. Untuk itu, jangan lupa untuk memasukkan film ini dalam list tontonan kamu di akhir pekan.

13.  Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam

Reputasi film horor tanah air memang cukup buruk dengan banyaknya adegan-adegan berbau pornografi. Hal tersebut cukup meresahkan penonton, karena mencemari jalan cerita. Adanya hal ini menjadikan penonton sedikit ragu jika hendak menonton film layar lebar bergenre horor.

Seakan menepis anggapan itu, Ratu Ilmu Hitam sebagai salah satu film Indonesia 2019 bergenre horor, rupanya menjadi satu dari beberapa film terbaik dengan genre yang sama.

Kimo Stamboel yang kurang sukses dengan DeadOut-nya mencoba kesempatan kedua dengan kolaborasi bersama Joko Anwar. Seperti yang sudah banyak diketahui para pencinta film bergenre horor, Joko Anwar adalah penulis yang kerap kali memanjakan penonton dengan naskah garapannya.

14.  Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam

Sebagai ahli penulis naskah film bergenre horor, Joko Anwar rupanya butuh waktu selama kurang lebih sepuluh tahun untuk menyelesaikan cerita ini, hingga diangkat menjadi film berjudul Perempuan Tanah Jahanam.

Perjuangan selama satu dekade ini rupanya tak mengecewakan, dengan suksesnya film ini yang mampu menembus hingga lebih dari 1 juta penonton. Film horor Indonesia 2019 terbaik ini memiliki banyak peminat karena memang menampilkan alur cerita yang punya sudut pandang berbeda.

Meskipun genre thriller belum cukup populer di tanah air, sentuhan-sentuhan thriller dalam film ini mampu membuat penonton merasa “ngeri”. Bagi kamu pencinta film horor sekaligus thriller, film lokal ini cukup bagus untuk dijadikan rekomendasi tontonan.

15.  Dua Garis Biru

Dua Garis Biru

Bisa dibilang, film Dua Garis Biru ini merupakan film yang menjadi buah bibir rakyat tanah air dalam urusan perfilman.

Bagaimana tidak, penonton seakan larut dalam alur cerita yang mengisahkan seks bebas anak sekolah yang penuh dengan nilai moral di dalamnya.

Dibintangi oleh Angga Aldi Yunanda dan Adhisty Zara, film ini bercerita tentang Dara (Adhisty Zara) yang menjalin hubungan dengan Bima (Angga Aldi) di bangku SMA. Kisah tersebut terjalin hingga akhirnya Dara hamil karena melakukan hubungan terlarang.

Penonton akan dibuat kesal sekaligus prihatin dengan kisah Bima, yang harus menghidupi Dara di usianya yang masih belia karena rasa tanggung jawab. Film ini juga menyampaikan pesan bahwasanya hubungan pacaran yang tidak sehat tidak akan membawa kebahagiaan.

Konflik-konflik dalam cerita juga membuat film ini terasa segar dan patut ditonton sebagai pembelajaran bagi para remaja. Tak heran jika film ini dinobatkan menjadi film Indonesia terlaris 2019 yang sukses memvisualisasikan film layar lebar.

Daftar 15 film Indonesia di tahun 2019 di atas bisa kamu masukkan sebagai daftar film yang wajib untuk ditonton meski sudah tahun 2020. Suguhan cerita-cerita yang segar dijamin tidak akan membuat kamu bosan saat menontonnya, baik sendirian, bersama teman, maupun bersama keluarga.