Home » Hiburan » 10 Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

10 Rekomendasi Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

Film Dokumenter Terbaik – Ada berbagai macam genre film yang sangat menarik untuk ditonton, salah satunya adalah film dokumenter. Film dokumenter merupakan film non-fiksi yang diambil dari kisah nyata atau realita kehidupan seseorang, masyarakat, maupun lingkungan.

Film dokumenter dapat membawa penonton ikut merasakan kesedihan, kebahagiaan, dan merasakan suasana sebenarnya dalam adegan demi adegan. Banyak orang yang jatuh cinta dengan film dokumenter karena mampu membuka mata mereka untuk melihat realita yang terjadi di sekitar.

Film dokumenter sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, mulai dari film dokumenter biography, investigasi, ilmu pengetahuan, sejarah, dan traveling. Nah, untuk kamu yang suka menonton genre film semacam ini, berikut daftar film dokumenter terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton.

1o Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa

1. Fahrenheit 9/11

Fahrenheit 9 11

Film dokumenter terbaik sepanjang masa yang pertama ini berjudul Fahrenheit 9/11. Film ini diadaptasi dari sebuah buku berjudul Fahrenheit 459 karya Ray Bradbury yang dipublikasikan pada tahun 1953.

Fahrenheit 9/11 menceritakan kondisi Amerika Serikat pasca insiden terorisme 11 September 2001 yang berada dalam dunia distopia, serta mengaca pada pemilihan presiden Amerika pada tahun 2016. Kalau kamu suka film dokumenter yang mengangkat kisah kontroversial dan semi konspirasi, coba tonton film ini.

2. The Act of Killing (Jagal)

The Act of Killing

The Act of Killing atau judul lainnya “Jagal” merupakan salah satu film dokumenter terbaik dari Indonesia. Film karya Joshua Oppenheimer ini mengangkat kisah-kisah sejarah di Indonesia yang terjadi pada tahun 1965-1966.

Jagal menyoroti kisah para algojo pada masa itu yang bertugas untuk menghukum para simpatisan PKI. Meskipun sempat menjadi kontroversial, film ini berhasil mendapatkan berbagai penghargaan internasional, salah satunya ialah Best Documentary di ajang BAFTA 2013.

3. Searching for Sugar Man

Searching for Sugar Man

Film dokumenter terbaik sepanjang masa selanjutnya menceritakan kisah Sixto Rodriguez, seorang musisi yang kurang populer di Amerika Serikat namun begitu dipuja dan menginspirasi banyak orang di Afrika Selatan.

Bagi masyarakat Afrika Selatan, lagu-lagu Rodriguez sangat menginspirasi para musisi disana bahkan menjadi anthem untuk para pejuang anti-apartheid.

Film Searching for Sugar Man sendiri menceritakan usaha Stephen Sugar Segerman dan Craig Bartholomew untuk mencari sang idola yakni Sixto Rodriguez. Karena Rodriguez adalah sosok yang misterius bahkan tidak banyak orang yang mengenalnya secara personal.

4. Oceans

Oceans

Bagi pecinta lautan, film dokumenter yang satu ini siap memanjakan mata. Oceans merupakan film asal Prancis yang diproduksi oleh Jacques Perrin. Secara garis besar, film yang dirilis pada tahun 2009 ini menggambarkan tentang kehidupan laut.

Menariknya, film ini diambil dari 50 tempat berbeda di beberapa laut ternama diseluruh dunia, sehingga butuh waktu sampai 4 tahun untuk proses syuting nya. Bahkan, biaya produksinya pun mencapai US$80 juta.

5. The Cove

The Cove

The Cove menceritakan tentang perburuan lumba-lumba di Jepang. Di dalam film ini, kamu akan melihat betapa kejamnya dunia pelatihan dan pembantaian lumba-lumba di balik layar. Berkat keberhasilannya, The Cove dianugerahi Academy Award untuk Film Dokumenter Terbaik sepanjang masa pada tahun 2010.

Film ini berisi banyak pesan salah satunya yaitu ajakan untuk menghentikan pembunuhan dan penangkapan lumba-lumba secara massal, serta mendidik masyarakat tentang bahaya keracunan merkuri dari mengkonsumsinya.

6. Miss Americana

Miss Americana

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Taylor Swift. Yup, musisi populer yang satu ini menampilkan sisi kehidupan di balik layar dan titik terendah hidupnya dalam film dokumenter berjudul Miss Americana.

Miss Americana disutradarai sendiri oleh Taylor Swift dengan bantuan Lana Wilson. Dalam film ini, Taylor memperlihatkan kegiatan apa saja yang ia lakukan selama hiatus 3 tahun. Bahkan drama pertikaian dengan Kanye West dan Kim Kardashian pun ikut dibahas dalam film dokumenter ini.

7. Kurt Cobain: Montage of Heck

Kurt Cobain Montage of Heck

Satu lagi film dokumenter terbaik sepanjang masa yang mengangkat kisah musisi terkenal adalah film berjudul Kurt Cobain: Montage of Heck. Dari judulnya pun sudah bisa ditebak jika film ini menceritakan Kurt Cobain, sang pentolan band Nirvana.

Menariknya, film ini bukan mengangkat kesuksesan karir Kurt Cobain dan Nirvana. Namun, film ini lebih berfokus pada kondisi mental Kurt Cobain selama masa perjuangan melawan narkoba, serta hubungan love-hate relationship dengan istrinya, Courtney Love.

8. The Times of Harvey Milk

The Times of Harvey Milk

The Times of Harvey Milk menceritakan kisah kontroversial Harvey Milk, seorang politikus San Fransisco yang berani hidup terbuka sebagai gay bahkan mendukung kaum LBGTQ+ di Amerika Serikat. Karena saat itu, kaum LBGTQ+ masih merupakan hal tabu.

Dalam film ini, kamu akan melihat perjuangan dan usaha keras Harvey Milk dalam membangun komunitas yang aman bagi kaumnya. Film dokumenter yang satu ini berhasil meraih penghargaan Academy Award untuk Film Dokumenter Terbaik tahun 1985.

9. History of World War II – Hiroshima

History of World War II - Hiroshima

Beralih ke film dokumenter yang berjenis sejarah, ada film berjudul “History of World War II – Hiroshima” yang menceritakan tragedi bersejarah dan masa kelam negara Jepang.

Film ini menampilkan reka ulang kejadian dari sudut pandang saksi mata yang menjadi korban selamat dalam tragedi tersebut. Menariknya, film ini dirilis pada tahun 2005 bertepatan dengan 60 tahun jatuhnya bom atom di kota Hiroshima oleh tentara Amerika.

10. I Am Not Your Negro

I Am Not Your Negro

Terakhir, ada film berjudul “I Am Not Your Negro” yang disutradarai oleh Raoul Peck berdasarkan manuskrip Remember This House, karya James Baldwin yang belum selesai.

Film dokumenter sekaligus kritik sosial ini mengangkat sejarah rasisme di Amerika Serikat berdasarkan ingatan Baldwin tentang pemimpin hak-hak sipil Malcolm X dan Martin Luther King Jr. Berkat ceritanya yang bermutu, film ini sempat masuk dalam nominasi Oscar tahun 2016.

Nah, itulah daftar film dokumenter terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton untuk mengisi waktu luang.

Kamu juga bisa nonton rekomendasi film netflix yang telah Bergaya.ID rangkum di artikel lain, jika belum bisa berlangganan netflix, kamu bisa nonton netflix secara gratis.

Bukan hanya sekedar hiburan, film-film diatas juga dapat menambah wawasanmu.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment