Home » Teknologi » Biaya Transfer BRI ke BCA dengan Berbagai Metode Transaksi

Biaya Transfer BRI ke BCA dengan Berbagai Metode Transaksi

Transfer antar bank adalah hal yang umum dilakukan, misalnya transfer dari BRI ke BCA. Kalau kamu bertanya berapa biaya transfernya? Tentu jawabannya berbeda-beda tergantung metode transfer yang digunakan. Entah itu via ATM, via mobile banking, via brilink, atau mungkin lewat teller secara langsung.

Selain berdasarkan metode transfernya, biaya transfer yang dibebankan juga tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Biasanya, biaya transfer bank-bank di Indonesia dibedakan menjadi dua bagian, yaitu biaya transfer ke sesama bank dan transfer ke bank lain.

Sebelumnya, transfer sesama bank BRI dikenakan biaya sebesar Rp 1.000 baik melalui ATM BRI maupun ATM Link. Namun, kini BRI telah menggratiskan layanan transfer sesama bank. Hanya saja, transfer ke bank lain tetap dikenakan biaya begitupun kalau kamu ingin transfer ke bank BCA.

Daftar Biaya Transfer BRI ke BCA (Antar Bank)

Daftar Biaya Transfer BRI ke BCA
sumber : merdeka.com

Nah, kalau kamu pengguna rekening BRI dan ingin transfer uang ke BCA, berikut daftar biaya transfer BRI ke BCA yang harus kamu tahu.

Jenis Transaksi Biaya Transaksi BRI ke BCA 
ATM BRI Rp 6.500
ATM Link, Prima dan Bersama Rp 6.500
Mobile Banking BRI Rp 6.500
SMS Banking BRI Rp 6.500
Internet Banking BRI Rp 6.500
Kliring Rp 5.000
RTGS Rp 25.000
Flip dibawah Rp 5 juta / hariGratis
Flip diatas Rp 5 juta / hari Rp 2.500

Berdasarkan informasi di atas, biaya transfer BRI ke BCA adalah Rp 6.500 per transaksi untuk segala metode transfer, baik itu lewat ATM, mobile banking, dan SMS banking . Namun, biaya ini dapat berubah kapan saja tergantung ketentuan masing-masing bank.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan transfer uang antar bank melalui Kliring dan RTGS (Real Time Gross Settlement). Biaya transfer metode Kliring memang jauh lebih murah, tapi butuh waktu lebih lama karena uang akan dikirim ke Bank Indonesia terlebih dahulu.

Sementara metode RTGS, proses transfer memang lebih cepat sampai ke rekening penerima namun biaya admin nya mahal. Metode RTGS ini memang lebih banyak digunakan oleh para nasabah yang hendak mengirim uang dalam jumlah besar minimal Rp 100 juta.

Cara Transfer BRI ke BCA via ATM

Jika kamu ingin transfer uang dari BRI ke BCA, ingat-ingat kode bank yang harus kamu pakai adalah 104. Setiap kode bank berbeda-beda, jadi jangan sampai kamu salah memasukkannya. Berikut cara transfer BRI ke BCA melalui ATM :

  • Masukan kartu ATM BRI ke mesin.
  • Pilih bahasa yang akan digunakan, contohnya bahasa Indonesia.
  • Masukan PIN ATM dan pilih menu Transaksi Lainnya.
  • Selanjutnya, pilih menu Transfer. Akan muncul dua opsi tujuan transfer di layar, yaitu transfer ke sesama BRI atau Bank Lain.
  • Jika kamu ingin transfer ke BCA, maka pilih “Bank Lain”.
  • Masukan kode BCA “104” lalu diikuti dengan nomor rekening BCA penerima.
  • Jika lupa kode bank tujuan, kamu bisa lihat di menu “Daftar kode bank”. Disana, kamu akan melihat berbagai kode bank seperti BRI, BCA, Mandiri, dan lainnya.
  • Selanjutnya, masukan nominal uang yang akan ditransfer.
  • Teliti kembali kode bank, nomor rekening tujuan, dan nominal uang yang kamu masukan. Jika dirasa sudah benar, tinggal klik “Benar”. Namun, jika ada kesalahan, kamu bisa memperbaikinya dengan klik “Salah”.
  • Tunggu struk bukti transfer keluar dan kamu bisa simpan atau foto sebagai bukti transaksi.

Nah, itulah cara transfer uang dari rekening BRI ke BCA. Sebaliknya, jika kamu ingin transfer dari BCA ke BRI, beban biaya yang ditanggung pun sama untuk sekali transaksi.

Itulah daftar biaya transfer BRI ke BCA melalui berbagai metode transfer, mulai dari via ATM, via Brilink, via mobile banking, SMS banking, maupun internet banking.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, sobat bergaya !

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment