Home » Inspirasi » Contoh Surat » Lengkap ! 7 Contoh Surat Pengantar yang Baik dan Benar

Lengkap ! 7 Contoh Surat Pengantar yang Baik dan Benar

Walaupun zaman sudah semakin canggih dengan banyaknya orang yang berteknologi, tetapi surat menyurat antar perusahaan atau instansi pemerintah masih digunakan sampai saat ini. Salah satunya contoh surat pengantar, yang diperlukan untuk berbagai kebutuhan administrasi.

Misalnya sebelum kamu membuat KTP di kelurahan maka kamu harus membawa surat pengantar terlebih dulu. Jelaslah sudah, kalau surat pengantar ini sering kita temui di kegiatan sehari-hari terutama secara adminsitratif.

Pengertian Surat Pengantar

Pengertian Surat Pengantar

Sederhananya ya, pengertian dari surat pengantar ini adalah jenis surat resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh organisasi, instansi, atau suatu lembaga, yang akan memberi informasi yang sifatnya penting pada suatu pihak.

Surat pengantar ini bisa berupa apa aja, misalnya surat pengantar dari RT/RW, surat pengantar proposal, surat pengantar kerja, dan sebagainya. Surat pengantar juga menjadi salah satu jenis surat resmi, sehingga bahasa yang dipakai di dalamnya harus bahasa baku dan sopan.

Penulisannya pun harus sesuai dengan aturan atau kaidah yang berlaku saat ini. Bahasa penulisannya yaitu bahasa baku atau formal. Surat pengantar ini terdiri dari dua jenis surat yaitu surat pengantar resmi.

Surat tersebut memakai tanda tangan dan juga materai sehingga terdapat kekuatan hukum di dalamnya. Sedangkan jenis surat pengantar lainnya yaitu surat pengantar yang tak resmi, hanya dibutuhkan tanda tangan saja di dalamnya tetapi gak perlu pakai materai.

Format Surat Pengantar yang Benar

Format Surat Pengantar yang Benar

Secara umum, format dari surat pengantar ini diantaranya yaitu:

  • Kop surat yang sudah mencakup alamat, nama, logo, dan nomor telepon.
  • Perihal dari surat pengantar tersebut yang berisi keterangan atau maksud dibuatnya surat.
  • Nomor
  • Salam pembuka
  • Isi
  • Penutup

Contoh Surat Pengantar untuk Berbagai Keperluan

Setelah paham dengan maksud dan pengertian surat pengantar, mari kita lihat beberapa contoh surat pengantar di bawah ini agar lebih jelas:

1. Contoh Surat Pengantar RT

Tujuan dibuatnya surat pengantar dari RT ini bisa berupa apa saja, misalnya surat pengantar RT untuk nikah bagi warga setempat. Misalnya sebelum menikah kamu harus meminta surat pengantar terlebih dulu pada ketua RT di wilayahmu.

Contoh Surat Pengantar RT

2. Contoh Surat Pengantar Proposal

Proposal yang diajukan untuk penyelenggaraan kegiatan misalnya, biasanya juga dibuatkan surat pengantarnya terlebih dulu. Supaya lebih jelas tujuan dibuatnya surat pengantar tersebut untuk kebutuhan proposal, misalnya dalam hal bantuan dana.

Selain proposal untuk kebutuhan bantuan dana, kamu juga bisa meminta surat pengantar untuk proposal kerjasama.

Contoh Surat Pengantar ProposalContoh Surat Pengantar Proposal

3. Contoh Surat Pengantar Dokumen

Surat pengantar dokumen ini berhubungan dengan dokumen apapun, contohnya dokumen tagihan. Sehingga dokumen tersebut menjadi resmi jika didampingi dengan surat pengantar dari perusahaan.

Contoh Surat Pengantar Dokumen

4. Contoh Surat Pengantar Dinas

Surat pengantar dikategorikan sebagai jenis surat resmi yang juga masih banyak digunakan dalam kebutuhan dinas pemerintah. Seperti pengantar dari dinas pendidikan seperti di contoh surat pengantar tersebut.

Contoh Surat Pengantar Dinas

5. Contoh Surat Pengantar Sekolah

Pengantar surat yang masih berkaitan dengan sekolah biasanya berkaitan dengan kegiatan sekolah, atau surat dari kepala sekolah yang menyatakan bahwa surat pengantar tersebut dibuat untuk mengurus kepindahan salah satu guru di sekolahnya.

Contoh Surat Pengantar Sekolah

6. Contoh Surat Pengantar Barang

Kebutuhan dari pembuatan surat pengantar barang ini bisa untuk pengiriman atau pengambilan barang, yang biasanya dilakukan antar kedua pihak yaitu pihak pembeli dan pihak penjual.

Contoh Surat Pengantar Barang

7. Contoh Surat Pengantar Inpassing

Jenis surat pengantar yang satu ini berkaitan dengan surat yang dibuat oleh kepala sekolah kepada dinas pendidikan, untuk mengajukan permohonan status guru di sekolahnya yang belum menjadi PNS untuk segera diubah menjadi PNS.

Contoh Surat Pengantar Inpassing

Dari sekian banyak contoh surat pengantar resmi yang sudah diuraikan di atas, kamu bisa memilih jenis surat mana yang paling pas untuk menjadi referensi.

About Puput Ariviana

Introvert yang suka drama korea

Leave a Comment