Bagas Kurnia Prasetyo Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Menarik! 17 Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Ada Bahasa Inggris Juga

5 min read

Contoh CV untuk Lamaran Kerja

Melamar pekerjaan memang butuh ketekunan, kesabaran, dan persiapan yang matang. Terutama soal dokumen yang akan dikirimkan, salah sedikit saja mungkin dokumen lamaran kerjamu tak dilirik HRD untuk tahapan selanjutnya.

Kebanyakan kesalahan ada pada Curriculum Vitae, karena banyak yang membuat alakadarnya. Padahal banyak contoh CV lamaran pekerjaan yang bisa dijadikan acuan.

Biar kamu lebih siap dengan dokumen CV yang menarik, wajib simak informasi ini, yang memuat semua hal penting seputar CV, lengkap dengan contoh-contoh terbaik yang layak “jual”.

Karena kegunaan CV memang untuk menginformasikan detail diri kamu selengkap-lengkapnya, agar perusahaan “jatuh cinta” lalu menerima kamu jadi karyawannya.

7 Hal yang Harus Dicantumkan pada CV

Penasaran seperti apa CV yang bagus itu?

Kamu harus paham dulu struktur yang harus ada di dalamnya. Bukan sekedar memberi informasi sekedarnya, hanya untuk memenuhi kelengkapan dokumen lamaran.

Tujuh poin berikut wajib kamu cantumkan di dalam CV, agar HRD bisa mengenal kamu dengan lebih baik.

1. Informasi Pribadi

Informasi Pribadi
tempo.co

Kebanyakan orang hanya mengisi informasi penting berupa nama, alamat, nomor telepon.

Padahal ketika kamu memberikan data yang lebih lengkap akan semakin bagus, seperti jenis kelamin, agama, alamat email, dan juga alamat akun media sosial yang aktif kamu gunakan.

Jadi selain mengecek melalui CV, HRD perusahaan juga bisa cek dan ricek via dunia maya.

Tapi jangan mengisi informasi yang salah, apalagi pada nomor telepon atau alamat email.

Bisa-bisa kamu tidak mendapat update informasi, seandainya kamu lolos pada tahap seleksi selanjutnya.

2. Deskripsi Singkat

Deskripsi Singkat
infia.co

Berikanlah deskripsi singkat tentang dirimu secara jelas, ini adalah nilai jual utama yang akan menjadi pertimbangan untuk meloloskan atau tidak.

Buatlah deskripsi tentang sisi positif dirimu di dunia kerja, misalnya menceritakan ketertarikan kamu pada sebuah hal yang berkaitan dengan posisi kerja atau karakter positif di dalam diri kamu.

Contohnya:

“Saya adalah pribadi yang sangat kreatif dan selalu mencoba hal-hal baru. Terutama di bidang desain grafis, saya suka menghabiskan waktu membuat desain unik dan mempelajari aplikasi-aplikasi baru. Dalam pergaulan saya juga tergolong sangat mudah bergaul dan bisa dipercaya”.

3. Riwayat Pendidikan dan Pelatihan

Riwayat Pendidikan dan Pelatihan
pinterest.com

Nah ini akan menjadi poin yang cukup penting, di mana kamu harus memberikan informasi lengkap tentang riwayat pendidikan dari yang terendah hingga tertinggi.

Terutama pendidikan terakhir kamu jika lulusan sarjana maka berikan data jurusan, fakultas, dan universitas tempat kamu kuliah.

Jangan lupa IPK terakhir juga dicantumkan sebagai bahan pertimbangan.

Kalau pendidikan kamu hanya sampai SMA, maka optimalkan pada pelatihan yang pernah kamu ikuti. Apalagi jika ada pelatihan yang berhubungan langsung dengan posisi yang ditawarkan, oleh perusahaan tempatmu melamar.

Cantumkan dengan lengkap, sebagai pengganti tingkat pendidikan yang terbatas karena kamu akan dinilai kompeten untuk bidang tertentu,

Khusus informasi pelatihan data yang harus ada adalah jenis pelatihan, kapan dilaksanakan, dan siapa yang menyelenggarakannya.

Coba kamu cek contoh CV lamaran pekerjaan yang bisa dilihat pada pembahasan selanjutnya, orang akan berlomba memasukkan pelatihan untuk menambah isi dan kualitas sebuah CV.

4. Prestasi

Prestasi
passionatelypam.com

Ini akan sangat menunjang nilai tambah di mata perusahaan, masukkan semua prestasi yang memang ada kaitannya dengan posisi yang kamu pilih.

Contohnya kamu memasukkan lamaran untuk posisi desain grafis, kemudian saat kuliah pernah mendapat juara lomba desain poster di kampus. Maka jangan lupa masukkan data prestasi tersebut.

Tapi sebaiknya masukkan prestasi kekinian yang memang benar-benar kamu dapatkan.

Tak perlu memasukkan prestasi juara lomba menyanyi tingkat RT saat SD, atau prestasi yang kamu dapatkan saat masih kecil.

Apalagi jika tidak ada kaitannya dengan posisi yang kamu lamar.

5. Pengalaman Organisasi

Pengalaman Organisasi

Menentukan sejauh mana seseorang bisa bekerja dalam tim, bisa dilihat dari seaktif apakah dia dalam berorganisasi.

Kamu bisa memberikan informasi tersebut, pastikan jabatan dan organisasinya dijelaskan secara detail.

Dengan demikian, kamu punya kelebihan yang akan semakin banyak, dan peluang lolos sudah di depan mata.

Data ini jangan diabaikan terutama buat kamu yang masih minim pengalaman kerja, karena bisa jadi pengganti pengalaman kerja.

Apalagi kalau ternyata kamu sangat aktif berorganisasi, tinggal nunggu dipanggil HRD aja nih.

6. Keahlian (Skill)

Keahlian (Skill)
diadona.id

Apa saja kemampuan tambahan yang kamu punya?

Misalnya kamu bisa berbahasa Mandarin dan Prancis atau bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk komputer, ekonomi, atau desain grafis.

Ini juga wajib dicantumkan sebanyak-banyaknya, walaupun terkadang tidak relevan dengan latar belakang pendidikan.

Keahlian yang semakin banyak, bisa jadi penilaian di bidang wawasan dan kreativitas kamu dalam bekerja.

Misalnya kualifikasi pendidikan dari jurusan akuntansi, tapi bisa menggunakan Adobe Photoshop tentu orang akan menilai bahwa kamu punya kemampuan lebih di banyak bidang.

Tapi pastikan keahlian itu bisa kamu buktikan, bukan hanya isapan jempol saja.

Baca Juga :

7 Contoh CV Fresh Graduate Plus Cara Kirim Lamaran Kerja

7. Pengalaman Bekerja dan Referensi

Pengalaman Bekerja dan Referensi
lifehack.org

Informasi tentang pengalaman kerja juga sangat penting untuk dimasukkan dalam CV.

Kamu bisa lihat bahwa banyak contoh CV lamaran pekerjaan yang memberikan detail pengalaman kerja secara maksimal, bahkan dari posisi kerja yang sangat rendah hingga pekerjaan terbaru mereka.

Soal referensi, jika memungkinkan kamu juga bisa memintanya pada perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya.

Bisa juga dari orang yang berkompeten untuk memberikan referensi terhadap hasil kerjamu.

Contohnya adalah referensi kerja dari dosen, ketika kamu jadi asistennya, atau dari HRD kantor lama kamu.

Dengan mengetahui sepak terjang kamu di perusahaan sebelumnya, juga akan jadi daya tarik tersendiri bagi calon perusahaan baru untuk memilih kamu jadi karyawan baru mereka.

17 Contoh CV Lamaran yang Menarik

Berikut ini ada sejumlah contoh CV yang bisa kamu pilih untuk dijadikan acuan.

Baik dari segi tata bahasanya, hingga format yang digunakan.

Disesuaikan juga dengan kondisi diri sendiri, agar tidak terkesan meniru 100 persen.

  1. Kalau kamu tidak punya waktu untuk mendesain CV tampil menarik, contoh klasik ini bisa jadi pilihan. Tapi pastikan semua data yang dibutuhkan sudah kamu input ke dalam CV tersebut, dengan pengaturan yang rapi.

Contoh CV untuk Lamaran Kerja

  1. Mau yang sedikit cerah namun tidak berlebihan, kamu bisa memilih CV dengan template seperti ini. Detail datanya jelas, dan mudah dipahami.

Gambar Contoh CV Lamaran Kerja

  1. Kalau kamu tidak punya pengalaman kerja siasati dengan menampilkan detail pendidikan dan kemampuan lebih maksimal, sajikan dengan template modern ini.

Contoh CV untuk Lamar Kerja

  1. Contoh yang satu ini cocok untuk kamu yang mau melamar pekerjaan, ke perusahaan di bidang desain grafis. Hitung-hitung menampilkan kehebatanmu dalam mendesain sebuah informasi. Cukup menarik bukan?
Desain Contoh CV Lamaran Kerja
maxmanroe.com
  1. Ini adalah contoh CV berbahasa Inggris yang lengkap, terstruktur, dan rapi. Tidak perlu tampilan berlebihan, kamu sudah bisa memberikan nilai lebih dengan tata bahasa Inggris yang baik dan benar. Bravo!
Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris
my-resume-templates.com
  1. Memulai sebuah CV dengan deskripsi singkat, adalah sebuah nilai plus. Kamu bisa menyandingkannya dengan fotomu, sehingga saat membaca deskripsi bisa langsung melihat wajah cakep Jangan lupa lengkapi dengan semua pencapaianmu hingga saat ini, biar lebih sempurna.
Gambar CV Lamaran Kerja
novoresume.com
  1. Satu kata untuk contoh CV yang satu ini, yaitu Kamu bisa menampilkan foto terbaru, kemudian berikan detail informasi secara terstruktur dan kamu sudah siap untuk memikat HRD nih!
Contoh CV Lamaran Kerja yang Unik
anakui.com
  1. Membagi dua struktur CV dengan bagian kiri memberikan informasi seputar pengalaman kerja, pendidikan dan hobi. Kemudian bagian kanan lebih pada informasi personal, bisa kamu coba untuk CV yang diajukan ke perusahan berskala nasional dan internasional.
Contoh Desain CV Lamaran Kerja
idntimes.com
  1. Orang desain grafis memang selalu punya ide menarik dalam menampilkan CV, kamu juga bisa mencoba menggunakan trik ini ketika pengalaman kerjamu masih kurang. Yaitu menampilkan keahlian desainmu, namun tetap tidak lupa pada detail informasi yang dibutuhkan seakurat dan selengkap mungkin.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Bagus

  1. CV yang satu ini juga terlihat mudah dipahami, tapi memang cocoknya untuk kamu yang sudah punya banyak pengalaman kerja. Jadi bisa leluasa menjelaskan detail pengalaman lengkap dengan data personal hingga hobi, jika memang akan menunjang skill dan kemampuan di bidang kerja yang kamu lamar.

Contoh Cv Lamaran Kerja Menarik

  1. Kalau dokter sih CV nya tidak perlu mengedepankan template, yang penting sudah punya banyak ikut pelatihan dan seminar. Terutama yang berhubungan dengan posisi pelayan kesehatan yang dicari perusahaan, berbekal tampilan klasik namun kaya informasi ini, sudah jadi nilai tambah untuk kamu.
Contoh CV Lamaran Kerja Dokter
pinterest.com
  1. CV ini memang sering digunakan, terutama bagi para fresh graduate tanpa pengalaman kerja. Tonjolkan saja kemampuan dan pengalaman organisasimu agar punya nilai tambah, yang jelas struktur informasi yang diberikan tetap tertata rapi dan mudah dipahami.

Contoh CV Lamaran Kerja untuk Frash Graduate tanpa Pengalaman Kerja

  1. Buat kamu yang ingin terlihat berpengalaman dalam sebuah bidang pekerjaan, bisa menampilan CV dengan tampilan ini. Sederhana tapi punya nilai lebih yaitu kerapian, pemisahan data dengan tepat, dan pemilihan spot foto yang eye catching.
Contoh Cv Lamaran Kerja Sederhana
pinterest.com
  1. Nah untuk yang sudah punya pengalaman banyak, cukup menampilkan hal-hal penting soal pengamalan kerja dan kemampuan saja. Karena jika harus bermain dengan template, mungkin informasi yang ingin diberikan melebihi satu halaman. Kamu bisa tiru CV yang satu ini.
Contoh Cv Lamaran Kerja Kreatif
pinterest.com
  1. Memberi kesan pertama yang beda, pasti bisa kamu berikan saat memilih membuat CV seperti contoh ini. Di mana sisi kiri berupa foto dan informasi pribadi, baru beralih ke bagian kanan yang memberikan data pendidikan hingga sertifikat apa saja yang pernah kamu terima. Sederhana tapi to the point.
Contoh Cv Lamaran Kerja Pdf
gawecv.com
  1. Kamu bisa coba membuat CV berdasarkan struktur baku CV ala Google ini, sudah banyak yang membuktikan hasilnya. Karena fokus pada satu sisi halaman saja, dengan data yang super lengkap.

    Contoh Cv Lamaran Kerja Word
    hipwee.com
  2. Jika kamu diperbolehkan membuat CV yang anti mainstream, bisa mencoba ide pembuatan CV yang bisa dibentuk menjadi origami ini. Tapi harus melihat perusahaan yang akan dikirimi CV ini ya!

Contoh Cv Lamaran Kerja Tulis Tangan

Menambah wawasan tentang pembuatan CV perlu kamu lakukan, apalagi saat ini persaingan di dunia kerja luar biasa hebatnya. Butuh sesuatu yang beda tapi mampu membuat orang terkesima.

Tentunya tanpa menghilangkan data penting, seperti contoh CV lamaran pekerjaan di atas. Ayo buat CV baru kamu, dan adopsi cara terbaik agar segera dapat kerja!

Bagas Kurnia Prasetyo Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *