Home » Inspirasi » Contoh Surat » 10 Contoh Surat Keterangan Kerja Biasa, Kerja, Dinas (Lengkap)

10 Contoh Surat Keterangan Kerja Biasa, Kerja, Dinas (Lengkap)

Surat keterangan biasanya dibuat untuk kebutuhan administasi, tetapi masih banyak orang yang kurang paham dengan pengertian dari surat keterangan tersebut. Kamu bisa melihatnya di contoh surat keterangan, untuk lebih memahami fungsi dan tujuan dibuatnya surat tersebut.

Surat keterangan merupakan salah satu jenis surat atau dokumen yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai status individu/organisasi, dan penjelasan tentang identitas dari orang yang disebutkan di dalamnya.

Pengertian Surat Keterangan

Pengertian Surat Keterangan

Jenis surat yang dalam pembuatannya bertujuan untuk memberi keterangan/kesanggupan dalam melakukan suatu jenis pekerjaan atau kegiatan, adalah pengertian dari surat keterangan itu sendiri.

Tujuan lainnya dari pembuatan surat keterangan bisa juga untuk memberitahu, tentang seseorang/kelompok yang pernah melakukan suatu jenis kegiatan atau bisa juga sebaliknya. Secara umum, jenis surat ini sudah dilengkapi dengan materai yang nilainya 6 ribu.

Namun ada pula jenis surat yang hanya dibuat dengan tanda tangan tanpa menggunakan materai. Pengertian lainnya dari surat keterangan ini adalah jenis surat yang dibuat/disusun untuk membuat keterangan, yang masih berkaitan dengan kesanggupan dalam melakukan pekerjaan/kegiatan.

Surat ini juga bisa dibuat oleh pihak ketiga, dengan cara memberi keterangan yang sesuai dengan kondisi atau keadaan dari si pembuat surat itu sendiri.

Banyak sekali contoh surat keterangan yang biasa dibuat dalam berbagai keperluan, seperti misalnya surat keterangan kerja, pengalaman kerja, ataupun keterangan bahwa ia tidak mampu melakukan suatu kegiatan, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Surat Keterangan

Jenis-Jenis Surat Keterangan

Surat keterangan ini terbagi dalam dua jenis, yang diantaranya yaitu:

1. Surat Keterangan Biasa

Surat keterangan biasa merupakan jenis surat yang diberikan pada warga/masyarakat dalam kesibukan atau kegiatannya sehari-hari. Misalnya surat keterangan untuk kebutuhan mahasiswa, surat keterangan dari anggota organisasi, dan lain sebagainya.

Dalam surat keterangan yang biasa ini tidak ada keterangan dari pejabat, dan data pribadinya juga tidak harus dituliskan. Namun pejabat yang menerangkan di dalam surat langsung menuliskan jabatannya saja.

Contoh lain dari surat keterangan biasa misalnya surat keterangan tidak mampu, surat keterangan belum menikah, dan lain sebagainya.

2. Surat Keterangan Penting

Ukuran kepentingan dari surat kepentingan bisa kamu lihat dari dampak dikeluarkannya surat keterangan tersebut.

Untuk lebih memahami jenis surat keterangan penting ini bisa dilihat dari contoh surat keterangan yang sifatnya penting, misalnya surat keterangan kesehatan, keterangan tak pernah berhubungan dengan organisasi terlarang, dan sebagainya.

Fungsi Surat Keterangan

Fungsi Surat Keterangan

Berikutnya, kita bahas fungsi dari surat keterangan itu sendiri yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberi Peluang pada Penerima Surat Keterangan

Supaya penerima surat memiliki alasan serta bukti yang kuat dalam menuntut, ataupun meminta tanggung jawab dari pihak pemberi keterangan. Jika di masa mendatang pihak penerima surat memperoleh hal yang tidak sesuai dengan keinginan seperti di dalam surat.

  • Adanya Alasan dan Bukti

Dengan dibuatnya surat keterangan tersebut, maka akan ada alasan dan juga bukti dari orang yang membuat surat keterangan bahwa ia memang benar-benar menulis surat tersebut.

  • Menjadi Tolak Ukur dari Kondisi Pihak Pembuat Suara

Surat keterangan juga berfungsi sebagai tolak ukur dari pihak pembuat surat, baik keadaan yang sifatnya positif ataupun negatif.

Format Surat Keterangan yang Baik dan Benar

Format Surat Keterangan yang Baik dan Benar

Nah, gimana dengan format dari pembuatan surat keterangan tersebut? Begini penjelasan lengkapnya:

1. Kop Surat atau Kepala Surat Instansi

Surat keterangan diterbitkan/dikeluarkan dengan resmi oleh perusahaan ataupun organisasi. Maka tambahkan kop surat di bagian atas surat.

2. Nama dan Nomor Surat

Saat menulis surat keterangan maka pemilik usaha atau perusahaan yang bersangkutan juga harus menuliskan nama dan juga nomor surat.

3. Identitas Diri

Identitas diri ini tercantum di dua bagian surat, yang pertama adalah identitas diri dari yang menerangkan dan dari yang diterangkan. Secara umum pada bagian ini terdapat beberapa hal yaitu nama, alamat, nomor induk, jabatan, dan sebagainya.

4. Isi Surat

Terdapat beberapa poin penting di bagian isi tentang keterangan dari surat yang ditujukan untuk orang lain atau suatu perusahaan/organisasi.

5. Memakai Bahasa yang Baku

Surat keterangan termasuk jenis surat resmi sehingga pembuatannya harus dibuat dengan bahasa baku.

Kumpulan Contoh Surat Keterangan

Berikut ini sederet contoh surat keterangan yang bisa kamu contoh ketika membuat surat keterangan:

1. Contoh Surat Keterangan Kehilangan STNK, BPKB, SIM

Contoh Surat Keterangan Kehilangan STNK, BPKB, SIM

2. Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja

3. Contoh Surat Keterangan Domisili

Contoh Surat Keterangan Domisili

4. Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

5. Contoh Surat Keterangan Sakit

Contoh Surat Keterangan Sakit

6. Contoh Surat Keterangan Sehat

Contoh Surat Keterangan Sehat

7. Contoh Surat Keterangan Ahli Waris

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris

8. Contoh Surat Keterangan Pendaftaran Tanah

Contoh Surat Keterangan Pendaftaran Tanah

9. Contoh Surat Keterangan Pengunduran Diri

Contoh Surat Keterangan Pengunduran Diri

10. Contoh Surat Keterangan Magang Kerja

Contoh Surat Keterangan Magang Kerja

Setelah memahami pengertian dan fungsinya, maka kamu bisa langsung membuat contoh surat keterangan yang sesuai dengan keperluannya. Pastikan formatnya juga sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga :

About Puput Ariviana

Introvert yang suka drama korea

Leave a Comment