Home » Inspirasi » Contoh Surat » 17 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Resmi & Sopan

17 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Resmi & Sopan

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Bagi sebagian orang, bekerja di perusahaan besar dengan gaji yang tinggi adalah suatu kebanggaan. Namun, tidak sedikit pula yang merasa nyaman dan akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri (resign) sehingga membutuhkan contoh surat pengunduran diri.

Dalam menulis surat pengunduran diri juga harus sesuai dengan format yang benar dan tidak boleh asal-asalan. Untuk mengetahui struktur surat pengunduran diri yang baik dan benar beserta contoh-contohnya, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini.

Hal yang Harus Ada Dalam Surat Pengunduran Diri

Hal yang Harus Ada Dalam Surat Pengunduran Diri

Mengundurkan diri tidak melulu soal pekerjaan, tapi bisa juga mundur dari jabatan di dalam suatu organisasi atau komunitas.

Meskipun akan berpisah, kamu tetap harus menjaga hubungan yang baik demi mempertahankan nama baik dan koneksimu di dunia pekerjaan.

Dalam menulis surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa unsur yang harus ada dalam surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

1. Memuat Tujuan yang Logis

Dalam menulis surat pengunduran diri, kamu harus bisa menyampaikan tujuan yang logis. Artinya, kamu harus mencantumkan alasanmu resign dengan singkat, padat, dan jelas.

Perusahaan atau instansi tempatmu bekerja hanya perlu mengetahui alasanmu memilih resign alias mengundurkan diri, bukan rencana hidupmu untuk dua atau lima tahun ke depan.

2. Gunakan Kata-kata yang Sopan

Ketika menulis surat pengunduran diri, kamu bisa menggunakan bahasa yang sopan dan penuh hormat demi nama baikmu sendiri. Meskipun kamu akan meninggalkan perusahaan tersebut, kamu nantinya juga memerlukan pekerjaan di perusahaan lainnya.

Apabila kamu bisa menjaga nama baikmu dan memiliki rekam jejak yang baik, maka bisa kamu jadikan sebagai lompatan untuk karirmu di masa mendatang.

3. Cantumkan Identitas Diri

Unsur lainnya yang perlu dicantumkan dalam surat pengunduran diri yaitu identitas atau data diri seperti nama, alamat, dan jabatan. Tujuan pencantuman identitas diri adalah untuk memudahkan perusahaan dalam mengetahui informasi pekerja secara detail dan kebutuhan pengarsipan.

4. Sampaikan Ucapan Terima Kasih

Unsur berikutnya yang wajib ada dalam surat pengunduran diri dari pekerjaan yaitu ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih ini bisa dicantumkan pada paragraf selanjutnya setelah kamu menjelaskan alasan kamu memilih mengundurkan diri.

Sampaikan ucapan terima kasihmu untuk perusahaan yang sudah memberikan kesempatan untuk bekerja dan mendapatkan banyak pengalaman, serta pembelajaran. Unsur ini akan membuatmu terlihat lebih profesional dan rendah hati, sehingga pihak perusahaan akan merasa lebih segan.

5. Ucapkan Permohonan Maaf

Selain mengucapkan rasa terima kasih, unsur yang harus ada dalam contoh surat resign yaitu permohonan maaf. Kamu bisa menyampaikan permintaan maafmu kepada perusahaan apabila ada beberapa tugas atau pekerjaan yang belum terselesaikan dengan maksimal.

Kamu juga bisa menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan, baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.

Struktur Surat Pengunduran Diri

Struktur Surat Pengunduran Diri

Sama halnya seperti surat resmi lainnya, surat pengunduran diri juga memiliki struktur tersendiri. Hanya saja, antara surat pengunduran diri dengan surat lainnya seperti surat lamaran kerja, surat undangan, dan lain-lain memiliki isi dan tujuan yang berbeda.

Dalam surat pengunduran diri biasanya tersusun dari beberapa unsur seperti tempat dan tanggal pembuatan surat, nama dan alamat yang dituju, isi surat, dan tanda tangan di atas materai. Nah, biar kamu makin paham, berikut ini struktur pada surat pengunduran diri.

1. Pendahuluan

Bagian awal dari struktur surat pengunduran diri yaitu pendahuluan. Pendahuluan dalam surat ini memuat ajuan atau alasan resign dengan mencantumkan waktu pengunduran diri.

2. Isi Surat

Bagian surat pengunduran diri selanjutnya yaitu bagian isi surat yang memuat ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan karena sudah memberikan kesempatan bagimu untuk bekerja. Pada bagian ini, dicantumkan juga permintaan maafmu atas kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Kamu juga bisa menyampaikan permohonan maaf karena sudah tidak menjadi bagian krusial dari perusahaan tersebut.

3. Penutup

Struktur atau bagian terakhir dari surat pengunduran diri yaitu bagian penutup yang memuat doa dan harapan bagi perusahaan, sehingga ke depannya bisa lebih maju dan berkembang.

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri

Tidak hanya memperhatikan unsur dan struktur penyusunan surat pengunduran diri yang tepat, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal seperti etika dalam penulisan surat resign.

Ada beberapa tips dan hal yang harus dipertimbangkan antara lain sebagai berikut.

  • Mengawali surat dengan kata “Yth.” atau ‘yang terhormat’ sebagai bentuk penghormatan kepada pihak perusahaan atau instansi yang dituju.
  • Menyampaikan isi surat dengan singkat, padat, dan jelas.
  • Mencantumkan alasan mengapa memilih mengundurkan diri dengan alasan yang logis.
  • Tidak memberikan atau meninggalkan kesan yang buruk bagi perusahaan.
  • Menyampaikan ucapan terima kasih atas pekerjaan yang sudah dipercayakan dan pengalaman bekerja yang sudah diberikan.
  • Menyampaikan permohonan maaf karena sudah tidak bekerja dan menjadi bagian dari perusahaan atau instansi tersebut.
  • Selipkan kenang-kenangan sebagai ucapan rasa terima kasihmu kepada perusahaan yang sudah menaungimu selama ini.

Dengan menerapkan tips dan etika di atas, perusahaan yang kamu tinggalkan akan memandangmu sebagai pekerja yang baik, rendah hati, dan profesional. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang positif ketika nantinya kamu melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi yang baru.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Unsur, Struktur, dan Tips Menulis yang Benar

Untuk mendapatkan gambaran mengenai contoh surat pengunduran diri secara lebih jelas, berikut ini contoh format surat pengunduran diri yang baik dan sesuai.

Yogyakarta, 5 Juni 2021

 

Yth.

HRD PT. Tuman Jaya Abadi

Jalan Nuri Nomor 50-51

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                : Putri Kumala Pertiwi

NIK                   : 123455428982990

Jabatan                        : Staf Administrasi

ID Karyawan      : EMPL1009

Menyatakan bahwa saya mengundurkan diri dari status saya sebagai Karyawan di PT. Tuman Jaya Abadi terhitung sejak tanggal 7 Juni 2021.

Adapun alasan yang melatarbelakangi pengunduran diri saya adalah kondisi kesehatan ayah saya yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit Medan. Hal inilah yang mengharuskan saya untuk kembali ke Medan hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Mengenai tanggung jawab pekerjaan yang belum sempat terselesaikan, saya telah melampirkan progress-nya dalam bentuk CD dan flash disk.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan, dukungan, dan motivasi yang telah diberikan selama saya bekerja di sini. Banyak pelajaran yang saya dapatkan dan mampu menjadikan saya sebagai seseorang yang lebih bertanggung jawab dan profesional.

Dalam kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi dan karyawan PT. Tuman Jaya Abadi apabila ada kesalahan yang saya lakukan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Saya berharap PT. Tuman Jaya Abadi dapat terus berkembang menjadi perusahaan yang sukses dan maju.

Demikian surat ini saya sampaikan. Atas perhatian dari Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Putri Kumala Pertiwi

 

Contoh Surat Pengunduran Diri Lainnya

Selain contoh surat di atas, ada beberapa contoh surat pengunduran lainnya seperti surat pengunduran kerja, pengunduran diri dari jabatan, surat pengunduran dari organisasi, dan lain sebagainya.

1. Surat Pengunduran Diri Karyawan

Sebagai karyawan di suatu perusahaan atau instansi dengan beban kerja yang cukup berat, tentu dapat membuat kamu merasa jenuh dan bosan.

Alasan inilah yang membuat mengundurkan diri alias resign menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini adalah contoh surat mengundurkan diri untuk karyawan.

Surat Pengunduran Diri Karyawan

2. Surat Pengunduran Diri PNS

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu banyak diimpikan oleh banyak orang.

Dengan gaji dan tunjangan yang cukup menjanjikan, profesi ini banyak dilirik. Meski begitu, tak sedikit pula yang memilih mundur karena alasan kesehatan, bosan menjadi pegawai, atau ingin berwirausaha.

Surat Pengunduran Diri PNS

3. Surat Pengunduran Diri Guru dari Sekolah Yayasan

Guru merupakan salah satu profesi yang banyak diminati karena lapangan pekerjaan yang terbuka luas.

Sama seperti instansi pendidikan lainnya, mengundurkan diri dari sekolah Yayasan juga harus disertai surat yang baik dan benar seperti contoh berikut.

Surat Pengunduran Diri Guru dari Sekolah Yayasan

4. Surat Pengunduran Diri Indomaret/Alfamart

Sebagai minimarket waralaba yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Indomaret dan Alfamart memang membutuhkan banyak tenaga kerja. Namun, tidak sedikit pula yang merasa bosan dan memilih resign dari pekerjaan di minimarket waralaba ini.

Surat Pengunduran Diri Indomaret alfamart

5. Surat Pengunduran Diri dari Tender Proyek

Tidak hanya mengundurkan diri dari pekerjaan saja, supplier atau kontraktor juga bisa mengajukan pengunduran diri dari tender proyek.

Tender sendiri merupakan suatu kontrak bisnis yang dilakukan oleh kontraktor atau supplier dengan pihak lain seperti instansi pemerintah atau swasta.

Ketika kontrak sudah disetujui, sering kali ada beberapa hal yang kurang sesuai dengan harapan sehingga memaksa salah satu pihak untuk mundur. Nah, berikut ini contoh surat untuk mundur dari tender proyek yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Surat Pengunduran Diri dari Tender Proyek

6. Surat Pengunduran Diri dari Instansi Pemerintah

Bekerja di lingkungan pemerintahan memang suatu kebanggaan. Namun, tidak jarang para pegawai merasa bosan dengan pekerjaan yang monoton, sistem kerja yang mengikat, dan alasan lainnya. Untuk mundur dari pekerjaan di instansi pemerintah, berikut ini contoh suratnya.

Surat Pengunduran Diri dari Instansi Pemerintah

7. Surat Pengunduran Diri Karena Hamil

Salah satu alasan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan adalah hamil dan ingin fokus mengurus anak. Nah, berikut ini contoh surat pengunduran diri karena hamil yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Surat Pengunduran Diri Karena Hamil

8. Surat Pengunduran Diri dari OSIS

Bergabung dalam organisasi siswa di sekolah atau OSIS memang membanggakan sekaligus melatih kemandirian siswa.

Akan tetapi, kegiatan yang terlalu padat sering kali membuat aktivitas akademik menjadi terganggu. Buat kamu yang ingin mundur dari OSIS, berikut ini contoh suratnya.

Surat Pengunduran Diri dari OSIS

9. Surat Pengunduran Diri Jabatan

Memiliki jabatan dalam suatu komunitas atau lembaga tentu menjadi impian sebagian orang.

Sayangnya, tidak semua orang yang ditunjuk dan terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Untuk mundur dari posisi yang dijabat, berikut ini contoh suratnya.

Surat Pengunduran Diri Jabatan

10. Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Kampus

Jenjang pendidikan di perguruan tinggi memang menjadi ajang untuk melatih kemandirian dan kepemimpinan dalam organisasi kemahasiswaan.

Bagi kamu yang tergabung dalam organisasi kampus seperti BEM atau himpunan mahasiswa tapi ingin mundur, berikut ini contoh suratnya.

Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Kampus

11. Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

Kesehatan menjadi salah satu poin paling vital dalam beraktivitas, termasuk dalam bekerja. Salah satu alasan mengapa orang-orang memilih resign adalah karena kondisi kesehatan yang menurun alias sakit.

Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

12. Surat Pengunduran Diri Perangkat Desa

Mengundurkan diri dari pekerjaan sebagai perangkat desa juga membutuhkan surat pengunduran diri yang disusun dengan bahasa yang sopan dan format yang tepat.

Surat Pengunduran Diri Perangkat Desa

13. Surat Pengunduran Diri Tenaga Honorer

Tenaga honorer menjadi alternatif apabila tidak diterima di perusahaan atau instansi. Namun, banyak yang tidak betah karena gaji yang terbilang kecil sehingga memutuskan untuk mengundurkan diri.

Surat Pengunduran Diri Tenaga Honorer

14. Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Sederhana

Sesuai dengan aturannya, surat pengunduran diri harus disertai alasan mengapa mengundurkan diri secara logis, singkat, dan jelas. Berikut ini contoh surat untuk mengundurkan diri yang simpel.

Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Sederhana

15. Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Beberapa perusahaan asing tentu menerapkan bahasa Inggris, termasuk surat pengunduran diri. Berikut ini contoh surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris yang benar dan bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

16. Surat Pengunduran Diri CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)

Untuk bisa menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu harus melalui serangkaian tahapan seleksi.

Namun, beberapa orang yang sudah berhasil lolos seleksi justru memilih mengundurkan diri karena alasan pribadi seperti masalah kesehatan, penempatan yang terlalu jauh, dan lain-lain.

Surat Pengunduran Diri CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)

Dari penjelasan di atas, kamu tentu semakin paham dengan poin-poin penting yang harus ada di dalam surat pengunduran diri, bukan?

Nah, beberapa contoh surat pengunduran diri di atas juga bisa dijadikan sebagai referensi, sehingga kamu bisa menulis surat resign yang baik dan benar.

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment