Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Biaya Nikah

7 min read

Biaya Nikah

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa pernikahan merupakan sebuah dilema. Pernikahan seringkali dikaitkan dengan estimasi dana yang cukup banyak. Biaya nikah inilah yang kerap membuat para mempelai pusing.

Khususnya jika kamu memiliki begitu banyak kerabat dan jalinan pertemanan yang luas. Semakin banyak tamu undangan, maka semakin besar pula biaya yang diperlukan.

Perkiraan anggaran terbesar dari penyelenggaraan acara pernikahan ada pada konsumsi. Hampir 50% anggaran pernikahan terserap di konsumsi. Sisanya ada pada wedding venue, MUA, undangan, souvenir dan sebagainya.

Biaya Nikah di Rumah

Biaya Nikah di Rumah

Bagi kamu yang ingin menggelar pesta pernikahan dengan dana terbatas, maka bisa menjadikan rumah sebagai inspirasi wedding venue.

Tidak ada salahnya lho menggelar pesta pernikahanmu di rumah. Bahkan gelaran pesta pernikahan di tempat tinggal ini juga banyak dilakukan oleh pasangan pengantin yang ingin menggelar acara dengan konsep adat.

Misalnya, adat Bali, adat Jawa, Sunda dan sebagainya. Mayoritas orang-orang menggelar acara pernikahan di tempat tinggal pengantin perempuan biasanya karena lebih terjangkau (tidak usah sewa tempat), memiliki jam pesta yang bebas serta bisa mendapatkan rewang (bantuan dari para tetangga sekitar).

Bagi kamu yang ingin menggelar pesta pernikahan di tempat tinggalmu, maka bisa menyimak estimasi biayanya sebagai berikut:

1. Sewa tenda

Karena kamu menggelar acara pernikahan di tempat tinggalmu, maka perlu menyewa tenda. Dengan adanya tenda, maka orang-orang di sekitarmu bisa tahu kalau di tempatmu sedang diselenggarakan acara penting.

Di samping itu, tenda juga bisa melindungi para tamu dari sinar matahari maupun hujan.

Biasanya saat kamu menyewa tenda pernikahan juga satu set dengan pelaminan beserta dekorasinya.

Setidaknya kamu perlu menyiapkan anggaran sebesar Rp. 20.000.000,00. Ini sudah cukup untuk memberikan dekorasi menarik sesuai keinginanmu.

2. Katering

Meskipun kamu menyelenggarakan gelaran acara pernikahan skala rumahan, namun kamu tetap perlu menyiapkan anggaran katering yang cukup.

Setidaknya untuk menyambut 500 tamu undangan, kamu bisa membuat menu istimewa dengan kisaran harga setiap orang sebesar Rp. 30.000,00.

Maka, total anggaran untuk katering yang perlu kamu siapkan ialah Rp. 30.000,00 x 500 orang = Rp. 15.000.000,00.

Kisaran dana tersebut sudah cukup untuk menyambut tamu undangan dengan menu makanan utama, makanan pendamping serta buah-buahan.

3. MUA dan sewa baju pengantin

Agar tampil menawan di hari istimewamu dengan si dia, kamu perlu merias diri secantik mungkin. Begitu pula dengan si dia.

Maka dari itu, kamu perlu menyewa MUA terbaik sejak jauh-jauh hari. Siapkan juga baju pengantin terbaikmu agar penampilanmu semakin mengagumkan. Setidaknya kamu bisa menyiapkan anggaran sebesar Rp. 10.000.000,00.

4. Dokumentasi dan hiburan

Agar lebih menghemat pengeluaran, sebaiknya kamu coba memanfaatkan jasa dokumentasi beserta hiburan dari kerabat maupun teman sendiri.

Cobalah untuk berbicara kepada mereka bahwa kamu juga bisa sekalian mempromosikan jasa mereka kepada orang banyak. Siapkan saja anggaran untuk dokumentasi dan hiburan sekitar Rp. 10.000.000,00.

5. Undangan dan souvenir

Cobalah untuk membuat desain undangan semenarik mungkin. Tidak perlu harus mewah dan terlihat glamour, kamu juga bisa sendiri membuat desain undanganmu menggunakan aplikasi corel draw maupun photoshop.

Siapkan juga sejumlah souvenir untuk para tamu undangan yang sudah hadir di resepsi pernikahanmu.

Jangan lupa siapkan souvenir pernikahan yang bermanfaat. Souvenir tersebut bisa berupa perkakas dapur, sisir, tempat tissue dan sebagainya. Setidaknya kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 5000.000,00 untuk undangan dan souvenir.

Adapun estimasi biaya nikah yang diselenggarakan secara rumahan ialah Rp. 75.000.000,00. Ini sekadar jumlah kisaran saja. Biaya ini masih bisa kurang atau lebih bergantung situasi yang ada.

Biaya Nikah di Gedung

Biaya Nikah di Gedung

Tidak sedikit orang yang ingin menyelenggarakan pernikahan di gedung. Barangkali kamu menjadi salah satunya. Bukan berarti harus glamour, menggelar pernikahan dalam sebuah gedung bisa dikarenakan sejumlah alasan.

Secara umum alasan orang-orang mengadakan pesta pernikahan dalam gedung tidak lain karena kapasitas ruangannya yang lebih besar.

Di samping itu, lokasi gedung juga memiliki lahan parkir luas sekaligus mudah dijangkau karena letaknya amat strategis.

Para tamu undangan menjadi lebih leluasa untuk bergerak serta mampu menampung banyak jumlah tamu yang hadir. Cocok sekali bagi kamu yang mempunyai keluarga besar.

Lantas, apakah biaya pernikahan menggunakan gedung selalu mahal?

Jawabannya, tidak. kamu bisa menyiasati biaya pernikahan seperti ini agar lebih hemat. Simulasikan terlebih dahulu perhitungan kasarnya agar kamu bisa mengira-ngira seberapa besar sih biaya yang hendak dikeluarkan nantinya.

Untuk memperjelas gambaran kamu, maka berikut ini adalah simulasi biaya pernikahan dengan total tamu undangan sebanyak 500 orang.

1. Sewa gedung

Dalam menggelar pernikahan dengan wedding venue gedung, kamu mesti cepat-cepat membooking gedung yang diinginkan.

Jangan sampai gedung incaranmu justru sudah full booked. Pilihlah gedung yang berlokasi strategis dan memiliki cukup lahan parkir. Kisaran biaya sewa gedung yang cukup hemat ialah Rp.25.000.000,00.

2. Dekorasi gedung

Setelah mendapatkan gedung, kamu mesti memikirkan dekorasi pelaminan dan wedding venue tersebut. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa konsep pernikahanmu.

Apakah formal, semi formal atau modern. Kemudian kembangkan konsep tersebut dengan berbagai tema yang bisa kamu cari inspirasinya melalui laman internet.

Misalnya, kamu ingin menggelar acara pernikahan dengan konsep informal.

Dengan 500 undangan, setidaknya kamu harus menyiapkan dekorasi yang baik menggunakan anggaran sebesar Rp.15.000.000,00.

Pastikan kamu memiliki tim dekorasi yang professional dan mengerti apa maksud konsep pernikahanmu dengan sangat baik.

3. Katering

Sudah tidak asing lagi rasanya jika biaya katering dikenal paling menyita anggaran dibanding komponen pernikahan lain.

Apalagi yang dinamakan dengan menu prasmanan adalah salah satu kunci suksesnya gelaran acara nikahmu dan pasangan. Jangan terlihat pelit dalam menyuguhkan menu prasamanan kepada tamu undangan, ya!

Meskipun kamu sedang berhemat, akan tetapi jangan kentara kalau biaya pernikahanmu terbilang low budget.

Tipsnya adalah carilah penyedia katering yang menawarkan varian menu dengan cita rasa lezat namun berharga terjangkau.

Setidaknya kamu dan pasangan perlu mencoba menu tersebut sebelum disuguhkan dalam gelaran resepsimu nanti.

Apabila ada waktu senggang, maka kamu dan pasangan bisa langsung melakukan tes rasa. Konsultasikan juga terkait anggaran yang telah disiapkan sehingga menghindari adanya kesalahan komunikasi.

Adapun simulai anggaran untuk 500 tamu undangan dengan paket katering per orang sebesar Rp.60.000,00 per orang ialah Rp. 30.000.000,00.

4. Makanan pendamping

Anggaran Rp. 30.000.000,00 tersebut khusus diperuntukkan bagi makanan inti saja.

Nah, jika ingin menggelar pesta pernikahan dalam gedung tentu kamu perlu menyiapkan makanan pendamping yang biasanya ada dalam bentuk gubukan.

Kamu bisa menyiapkan pempek, sate, siomay, es krim, bakso dan sebagainya bergantung selera.

Simulasi anggaran untuk makanan gubukan yang bisa kamu siapkan adalah Rp. 10.000,00 x 250 tamu undangan x 3 gubukan = Rp. 7.500.000,00. Untuk 500 tamu undangan, 3 gubukan dirasa sangat cukup. Oleh karena itu, tidak perlu harus menyiapkan 500 makanan per gubukan.

5. MUA dan baju

Setiap pasangan mempelai tentu ingin terlihat sempurna di hari istimewanya. Tanpa terkecuali kamu.

Nah, salah satu kunci utama untuk tampil mempesona di hari tersebut adalah dengan menyewa jasa MUA sekaligus baju pengantin beserta keluarga yang professional.

Dengan demikian, tampil manglingi di hari pernikahan bukan tidak mungkin lagi kamu wujudkan.

Estimasi biaya MUA beserta sewa baju pengantin dan keluarga ialah Rp. 10.000.000,00. Biaya ini sudah komplit dan cukup untuk mendapatkan baju resepsi yang bagus.

6. Hiburan dan dokumentasi

Untuk lebih menghemat anggaran, kamu bisa menggunakan jasa band dari teman. Ini juga bisa dijadikan sebagai mode promosi mereka.

Siapkan saja anggaran sekitar Rp. 5000.000,00 khusus untuk menghibur para tamu undangan. Jangan lupa siapkan lagu-lagu cinta menarik yang bisa diperdengarkan pada hari bahagiamu. Bisa juga

Kamu persembahkan sejumlah lagu adat seperti adat Batak, Jawa dan sebagainya.

Guna dokumentasi, kamu juga bisa menyewa jasa teman. Sama halnya seperti mode hiburan yang bisa kamu berikan bagi tamu undangan.

Siapkan anggaran sekitar Rp.5000.000,00 untuk mengabadikan momen pernikahanmu.

7. Undangan dan souvenir

Untuk menekan budget pernikahanmu, tidak perlu harus memiliki desain undangan yang serba wah.

Bahkan, apabila kamu atau pasangan bisa mendesainnya menggunakan aplikasi corel draw atau photoshop maka bisa melakukannya sendiri. Ini tentu akan lebih hemat. Kamu hanya perlu mengeluarkan budget untuk biaya percetakan saja.

Berikutnya, kamu juga perlu menyiapkan souvenir bagi tamu undangan yang telah hadir. Pastikan kamu memberikan souvenir yang bermanfaat.

Misalnya, mangkuk kecil, garpu, sendok dan sebagainya. Kamu bisa menyiapkan anggaran khusus untuk undangan dan souvenir sebesar Rp. 5.000.000,00.

Estimasi biaya pernikahan yang bisa kamu siapkan untuk menggelar pernikahan dengan wedding venue gedung ialah Rp. 102.500.000,00.

Ini hanyalah jumlah total kisaran saja. Biaya ini bisa kurang maupun lebih bergantung kondisi lapangan sebenarnya.

Biaya Nikah di KUA

Biaya Nikah di KUA

Tidak sedikit orang yang menunda pernikahan dikarenakan urusan budget. Mereka cenderung berpikiran bahwa biaya pernikahan itu tidak sedikit.

Ada banyak hal tentang pernikahan yang berkaitan dengan uang. Padahal, sebenarnya biaya pernikahan itu enol. Tidak perlu banyak uang untuk menyelenggarakan pernikahan. Bagaimana sih caranya?

Kamu bisa menyiasati biaya pernikahan tersebut dengan menyelenggarakannya di KUA. Kamu hanya perlu menyiapkan sejumlah persyaratan saja untuk menuju kata “sah” bersama pasanganmu.

Pertama, kamu perlu menyiapkan sejumlah dokumen guna memperoleh surat keterangan dari pihak kelurahan. Dokumen-dokumen tersebut di antaranya seperti berikut:

1. Surat N1 (surat keterangan khusus untuk menyelenggarakan pernikahan).
2. Surat N2 (surat keterangan yang berkaitan dengan asal-usul calon pengantin).
3. Surat N3 (surat keterangan terkait calon mempelai pengantin).
4. Surat N4 (surat keterangan terkait orangtua kedua belah pihak calon mempelai).

Setelah kamu menyiapkan keseluruhan dokumen tersebut, maka berikutnya kamu bisa tinggal menambahkan sejumlah kelengkapan dokumen lain untuk dibawa ke KUA.

Kelengkapan dokumen tersebut di antaranya:

1. Salinan KTP kedua bakal mempelai.
2. Salinan KK kedua bakal mempelai.
3. Salinan KTP kedua orangtua calon mempelai.
4. Salinan ijazah.
5. Pas foto 2 x 3 sejumlah 4 lembar, 4 x 6 sejumlah 2 lembar dengan latar belakang warna biru.
6. Melampirkan empat surat keterangan dari kelurahan.
7. Melampirkan surat pernyataan belum pernah melakukan pernikahan sebelumnya yang telah ditandatangani pada materai enam ribu.
8. Melampirkan akta yang menerangkan tentang perceraian jika pernah melakukan perceraian.
9. Melampirkan surat kematian jika pernah ditinggal mati suami atau istri sebelumnya.
10. Melampikan surat izin yang berasal dari orangtua calon mempelai jika usianya belum mencapai 21 tahun.

Sarannya, kamu dan pasangan harus melakukan pernikahan pada hari kerja.

Karena jika kamu dan pasangan menyelenggarakan pernikahan pada hari sabtu maupun minggu, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp. 600.000,00.

Biaya Nikah Siri

Biaya Nikah Siri

Sebaik-baiknya suatu pernikahan memang harus dilaksanakan secara resmi pada KUA serta dicatat oleh negara.

Namun, saat ini fenomena nikah siri sudah cukup menjamur di Indonesia. Bahkan sejumlah selebriti dan pejabat setempat banyak yang mempraktekan pernikahan semacam ini.

Walaupun pernikahan ini terbilang cukup tidak menguntungkan bagi pihak wanita, akan tetapi praktiknya masih cukup banyak saat ini.

Perlu kamu ketahui saat ini biaya nikah seperti ini berkisar Rp. 3000.000,00. Sebaiknya sebelum melakukan pernikahan ini, kamu perlu membuat janji terlebih dahulu dengan jasa penghulu khusus.

Rincian Biaya Nikah 20 Juta

Rincian Biaya Nikah 20 Juta

Menikah tidak perlu mahal, lho! Kamu masih bisa menggelar acara pernikahan yang semarak dan sakral cukup dengan Rp. 20.000.000,00 saja.

Relatif murah, bukan?

Berikut ini adalah rincian simulasi biaya nikah dengan anggaran sebesar Rp. 20.000.000,00 saja.

1. Undangan

Kalau kamu tidak memiliki cukup waktu, maka bisa coba mendesain sendiri undanganmu. Saat ini ada begitu banyak apliksi yang bisa kamu gunakan untuk mendesain undangan dengan begitu mudah.

Setidaknya jika mengundang sekitar 100 tamu, maka kamu hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 300.000,00 saja.

2. Souvenir

Perhitungkan biaya pembuatan souvenir untuk tamu undangan yang telah hadir di gelaran resepsimu. Berikan souvenir yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan harian.

Tentunya, dengan harga yang tidak terlalu mahal. Siapkan sekitar 150 souvenir dengan estimasi biaya per souvenir sebesar Rp. 4000,00. Jadi, untuk 150 souvenir x Rp. 4000,00 maka total biayanya Rp. 600.000,00.

3. Tenda dan perlengkapannya

Guna menghemat dana pernikahanmu, kamu tidak perlu menyewa gedung. Alih-alih mengadakan acara pernikahan dengan wedding venue gedung, kamu bisa menggelarnya di tempat tinggalmu.

Untuk itu, kamu hanya perlu menyewa tenda beserta perlengkapannya saja guna menggelar resepsi outdoor ini. Kisaran dana yang bisa Kamu siapkan untuk sewa tenda dan kelengkapannya ialah Rp. 3000.000,00.

4. Dekorasi

Siapkan anggaran untuk dekorasi sebesar Rp 1000.000,00. Dana ini sudah cukup untuk mendesain tempat tinggalmu sebagai wedding venue yang memukau.

Pastikan juga sebelumnya kamu dan pasangan telah menentukan konsep acara pernikahanmu sehingga kamu tinggal menyiapkan tim dekorasi yang sudah ahli.

5. Sewa baju dan MUA

Dengan budget terbatas, kamu juga mesti pintar-pintar dalam memilih salon tempat sewa baju pengantin beserta MUAnya.

Setidaknya kamu menyiapkan dana sebesar Rp 3000.000,00. Biaya ini sudah termasuk dengan baju keluarga, kerabat serta panitia acara.

6. Dokumentasi

Kamu juga perlu menyiapkan anggaran khusus dokumentasi untuk mengabadikan momen istimewamu. Anggarkan dana sebesar Rp. 1000.000,00 khusus untuk dokumentasi.

Bila kamu ingin lebih hemat, maka kamu hanya perlu menyewa kamera saja dan meminta kerabat professionalmu untuk mengambil potret terbaik.

7. Prasmanan

Prasmanan adalah komponen resepsi pernikahan yang paling menyita anggaran.

Untuk 100 orang tamu undangan, kamu perlu menyiapkan anggaran yang cukup banyak yaitu sekitar Rp 8000.000,00. Ini sudah termasuk porsi yang lebih dari 100 undangan.

8. Biaya lain-lain

Untuk antisipasi biaya tak terduga, kamu juga perlu menyiapkan dana lain-lain. Dana ini bisa kamu pergunakan apabila anggaran semula yang sudah kamu poskan pada tiap-tiap komponen kurang atau perlu tambahan sesuatu.

Siapkan saja dana untuk pengeluaran tidak terduga yaitu Rp 3.100.000,00.

Biaya nikah tidak perlu mahal-mahal, toh masih ada biaya yang kamu butuhkan setelah pernikahan itu sendiri.

Kamu bisa menyelenggarakan sakralnya pesta pernikahan secara sederhana. Yang terpenting adalah kamu sudah merencanakan segala persiapan pernikahan dengan matang terlebih dahulu.

Sudahkah kamu menyiapkan rencana pernikahanmu bersama pasangan? Kalau kamu punya unek-unek tulis di kolom komentar ya!

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Doa Pengantin

Resty Aprilia
6 min read

Pernikahan Adat Jawa

Resty Aprilia
9 min read

Nasehat Pernikahan

Resty Aprilia
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *