Home » Teknologi » 10 Aplikasi Baca Novel Online & Offline Terbaik 2021

10 Aplikasi Baca Novel Online & Offline Terbaik 2021

Aplikasi Baca Novel – Membaca novel menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu dirumah untuk bekerja, belajar, dan lain sebagainya.

Jika biasanya novel dibaca dalam bentuk buku, sekarang ada banyak aplikasi baca novel gratis yang menyediakan ratusan koleksi novel dari berbagai genre, mulai dari romance, komedi, horor, fantasi, misteri, teen-fiction, hingga Sci-fi.

Aplikasi baca novel tentu punya banyak keunggulan. Kamu bisa membaca novel kapanpun dan dimanapun tanpa perlu terhubung ke internet, karena ada aplikasi baca novel offline yang bisa digunakan. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan budget untuk membeli novel versi cetak.

Nah, untuk kamu yang hobi baca novel, berikut kami rekomendasikan 10 aplikasi baca novel terbaik yang bisa langsung didownload di smartphone kamu.

10 Aplikasi Baca Novel Gratis Terbaik

1. Wattpad

Wattpad (Aplikasi Baca Novel)

Wattpad merupakan aplikasi baca novel paling populer dan paling laris di Indonesia. Lewat aplikasi ini, kamu bisa menikmati berbagai macam cerita seru dan gratis dari para penulis dalam negeri maupun luar negeri.

Menariknya, tak hanya sekedar aplikasi untuk baca novel, Wattpad juga menyediakan ruang untuk para penggunanya yang ingin mencoba menulis karya mereka sendiri. Jadi, kalau kamu punya cerita atau karangan fiksi yang bagus, coba sesekali publikasikan melalui wattpad.

2. NovelPlus

NovelPlus (Aplikasi Baca Novel)

NovelPlus dikenal sebagai salah satu aplikasi baca novel yang menyediakan banyak cerita dari berbagai genre seperti romance, fiksi, fantasi, horor, dan lain-lain. Aplikasi besutan NovelPlus.co ini bisa digunakan secara gratis di HP Android, iOS, maupun Windows.

Sama seperti Wattpad, di NovelPlus kamu juga bisa menulis dan menerbitkan cerita sendiri. Apalagi jika cerita yang ditulis menarik banyak pembaca, bisa jadi karyamu akan dimasukan ke bagian “Pilihan Editor” dan ditampilkan di daftar paling atas.

3. Storial.co

Storial.co

Storial.co juga tak kalah populer dan banyak didownload, terutama oleh para pengguna Android. Pasalnya, aplikasi baca novel yang satu ini hanya menampilkan cerita dengan bahasa Indonesia saja. Apalagi ada ribuan cerita menarik dari 40 genre yang bisa dinikmati secara gratis.

Lewat storial.co, kamu bisa terhubung langsung dengan penulis atau pembaca lain. Menariknya, terdapat fitur Audio Story dan fitur share quote favorit ke media sosial jika mungkin kamu menemukan kalimat yang disukai dalam novel.

Nah, kalau kamu mencari aplikasi baca novel dapat uang, maka storial.co adalah pilihan yang tepat. Karena, aplikasi ini menyediakan kompetisi menulis dengan hadiah utama mencapai jutaan rupiah lho.

4. NovelToon

NovelToon (Aplikasi Baca Novel)

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store ini memang sangat recommended untuk digunakan, khususnya bagi para pembaca remaja. Mengapa? karena NovelToon dapat memberikan rekomendasi jenis novel yang bagus sesuai dengan usia penggunanya.

Sama seperti aplikasi lain, NovelToon juga menyediakan ruang untuk menulis karya sendiri. Dan kalau kamu malas membaca cerita dalam bentuk teks, terdapat fitur berupa AudioBooks dan Podcast sehingga kamu tinggal mendengarkan cerita favoritmu tanpa perlu membacanya.

5. Amazon Kindle

Amazon Kindle

Amazon Kindle merupakan salah satu aplikasi baca novel paling populer, terutama di luar negeri. Pasalnya, Amazon Kindle memiliki lebih dari 6 juta judul cerita yang bisa dinikmati secara gratis oleh para pembaca. Selain novel, aplikasi ini juga menyediakan berbagai judul buku, surat kabar, majalah, sampai komik.

Aplikasi ini bisa didownload di App Store dan Google Play Store. Dengan versi gratisnya, kamu sudah mendapatkan banyak judul cerita. Namun, jika kamu menginginkan akses tanpa batas, maka kamu harus berlangganan setiap bulannya.

6. Hinovel

Hinovel

Kalau kamu penyuka cerita-cerita romantis yang gak kalah seru dari drakor romance, kamu wajib download aplikasi Hinovel. Aplikasi ini menyediakan ribuan judul cerita romantis yang diposting hampir setiap hari.

Meski begitu, tetap ada genre lain yang bisa dinikmati pembaca seperti horor, misteri, dan fantasi yang bisa didapatkan melalui fitur “Rekomendasi Personal”.

Hinovel termasuk aplikasi baca novel tanpa beli koin karena kamu akan mendapat koin gratis setiap hari setelah menyelesaikan berbagai misi.

7. Google Play Books

Google Play Books

Yup sesuai namanya, Google Play Books adalah aplikasi baca novel milik Google. Kamu bisa menemukan berbagai macam koleksi novel gratis di aplikasi ini. Sayangnya, tidak semua novel bisa diakses secara gratis, tetap ada novel berbayar dengan harga yang beragam.

Salah satu hal yang menarik dari Google Play Books yaitu terdapat fitur penerjemah. Jadi, kalau kamu tidak paham arti dari suatu kata atau kalimat, maka kamu bisa gunakan fitur tersebut. Tak hanya itu, kamu juga bisa pilih warna dan ukuran font sesuai keinginan.

8. Goodreads

Goodreads

Di aplikasi Goodreads, kamu dapat menemukan banyak buku gratis, meskipun ada juga yang berbayar. Aplikasi ini tergolong lawas, namun masih banyak digunakan dan cukup direkomendasikan oleh para pembaca di tanah air.

Goodreads memiliki database yang baik, dimana kamu bisa melihat berapa banyak buku yang telah dibaca, dan menandainya sebagai “buku yang selesai dibaca” atau “buku yang ingin dibaca selanjutnya”.

9. WeRead

WeRead

Nah, kalau kamu mencari aplikasi baca novel terjemahan Inggris, maka WeRead adalah pilihan yang tepat. Selain koleksi cerita yang dikirim oleh para penulis Indonesia, WeRead juga menyediakan novel-novel terjemahan dari luar negeri. Terjemahannya pun cukup bagus dan mudah dipahami.

Aplikasi ini memiliki banyak novel gratis dan premium. Untuk kamu yang ingin baca novel gratis tanpa koin berbayar, ada tugas harian yang bisa diselesaikan dengan mendapatkan hadiah berupa koin gratis.

10. English Novel Book

aplikasi English Novel Book

Mau baca novel sekaligus belajar bahasa Inggris? kamu bisa download aplikasi English Novel Book. Sama seperti namanya, aplikasi yang satu ini memang hanya menyediakan novel dan bacaan dalam bahasa Inggris saja.

English Novel Book memiliki fitur download sehingga kamu tetap bisa membaca novel tanpa jaringan internet alias offline. Menariknya lagi, kamu bisa baca novel best seller gratis dari berbagai penulis terkenal seperti Mark Twain, Arthur Conan Doyle, Lewis Carroll, dan lain-lain.

Itulah tadi rekomendasi aplikasi baca novel terbaik yang bisa diakses secara online maupun offline. Isi waktu senggang mu dengan membaca ribuan judul novel gratis dari aplikasi diatas.

Semoga bermanfaat ya, sobat bergaya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment