Home » Hiburan » Bikin Nangis ! 10 Rekomendasi Film Sedih yang Siap Kuras Air Mata

Bikin Nangis ! 10 Rekomendasi Film Sedih yang Siap Kuras Air Mata

Apakah kamu penyuka film bernuansa haru dengan jalan cerita yang menyayat hati? Jika iya, maka kamu harus melihat rekomendasi film sedih berikut ini.

Film yang bagus adalah film yang mampu memainkan emosi penonton dan dapat membawa mereka terlarut dengan alur ceritanya. Dimana penonton akan dibuat tertawa, kesal, marah, terkejut, hingga menangis saat menonton film tersebut.

Seringkali film sedih mengusung genre drama, percintaan, persahabatan, maupun cerita tentang keluarga. Namun, tak jarang banyak film sedih yang diangkat dari kisah nyata sehingga suasana haru lebih terasa karena penonton lebih bisa membayangkan bagaimana rasanya berada diposisi tokoh utama.

Berikut 10 rekomendasi film sedih versi Bergaya.ID yang bisa kamu tonton di waktu luang.

10 Rekomendasi Film Sedih Terbaik

1. Ayla the Daughter of War

Ayla the Daughter of War

Ayla the Daughter of War adalah film sedih asal Turki yang diangkat dari kisah nyata. Film ini menceritakan kebaikan hati tentara Turki bernama Suleyman Dilbirligi yang merawat anak perempuan sebatang kara yang kehilangan kedua orangtuanya setelah terjadi perang Korea.

Film ini sukses menguras air mata penonton saat melihat kepolosan Ayla di tengah kecamuk perang dan ketulusan hati para tentara. Meskipun terkendala bahasa, mereka menjadi sangat dekat layaknya keluarga.

Cerita semakin mengharukan saat Suleyman harus berpisah dengan Ayla karena tidak bisa membawanya pulang setelah perang berakhir.

2. Miracle in Cell No.7

Miracle in Cell No.7

Korea punya segudang film sedih, salah satu yang wajib kamu tonton adalah Miracle in Cell No. 7. Film ini menceritakan kisah haru seorang ayah penderita keterbelakangan mental yang terpaksa di penjara dan mendapat hukuman mati untuk tuduhan kejahatan yang sama sekali tidak ia lakukan.

Suasana makin haru dan menegangkan saat pertemuan yang terjadi antara sang ayah dengan putrinya di dalam sel. Dimana teman-teman di sel ikut membantu menyembunyikan mereka agar tidak ketahuan petugas penjara. Dijamin, kamu akan tetap menangis meski sudah menonton film ini berulang kali.

3. Grave of the Fireflies

Grave of the Fireflies

Grave of the Fireflies adalah film animasi yang akan membuatmu banjir air mata. Film ini menceritakan kisah perjuangan Seita, seorang anak muda yang harus menjaga adik perempuannya di tengah tragedi Perang Dunia II.

Mereka berdua harus bertahan dari kelaparan, pertarungan, dan berbagai masalah selama berbulan-bulan. Meski film animasi, Grave of the Fireflies berhasil memainkan emosi penonton bahkan menyandang gelar sebagai film animasi dengan cerita paling menyedihkan yang pernah ada.

4. My Idiot Brother

My Idiot Brother

Beralih ke rekomendasi film sedih tentang keluarga, ada film berjudul “My Idiot Brother” yang dibintangi oleh Adila Fitri dan Ali Mensan. Film Indonesia yang satu ini diadaptasi dari novel karya Agnes Davonar.

Diceritakan, Angel (Adila Fitri) adalah gadis berusia 15 tahun yang memiliki seorang kakak berkebutuhan khusus. Meskipun sang kakak sangat menyayangi, Angel justru benci dan merasa malu sebab memiliki kakak yang tidak normal. Sampai suatu hari, terjadi tragedi yang membuat Angel menyesal dan trauma.

5. Taiyou No Uta

Taiyou No Uta

Taiyou No Uta adalah film asal Jepang yang menceritakan seorang gadis penderita penyakit kulit xeroderma pigmentosum atau XP bernama Kaoru (Yui). Karena penyakitnya, Kaoru tidak boleh terkena sinar matahari. Sampai suatu saat, ia bertemu dengan seorang pemuda bernama Koji (Takashi Tsukamoto).

Koji yang tak tahu penyakit yang diderita Kaoru pun mengajaknya untuk pergi saat siang hari. Meski penyakitnya semakin parah, keinginan Kaoru untuk keluar rumah bertemu sang kekasih pun semakin besar. Dari sinilah kisah cinta keduanya diuji.

6. Wedding Dress

Wedding Dress

Hubungan erat antara ibu dan anak juga sering diangkat dalam cerita film sedih. Sama halnya dengan film berjudul Wedding Dress yang menceritakan kisah seorang ibu tunggal bernama Go-eun (Song Yoon-ah) yang merawat anaknya sendirian.

Go-eun yang bekerja sebagai desainer gaun pengantin, jarang memiliki waktu untuk sang anak. Sampai divonis menderita penyakit kanker stadium akhir, barulah ia sadar telah menyia-nyiakan banyak waktu dengan anaknya, Jang So-ra (Kim Hyang-gi).

Cerita semakin mengharukan saat So-ra berusaha memenuhi semua keinginan ibunya yang sakit. Dijamin, kamu akan menangis saat melihat perjuangan dan momen keduanya.

7. Keluarga Cemara

Keluarga Cemara

Rekomendasi film sedih Indonesia yang tak kalah menarik untuk ditonton ialah Keluarga Cemara. Film ini diadaptasi dari serial yang booming di era 1990-an dan berhasil menyabet sejumlah penghargaan bergengsi di tanah air.

Keluarga Cemara mengisahkan sebuah keluarga yang pindah ke desa terpencil setelah rumah dan hartanya disita oleh debt collector. Banyak adegan yang membuat penonton terenyuh dengan kisah perjuangan keluarga tersebut. Ceritanya yang relate dengan banyak keluarga di dunia nyata, membuat film ini sangat direkomendasikan.

8. Stand by Me

Stand by Me

Stand by Me menceritakan perjuangan seorang kakek yang berusaha membahagiakan kedua cucunya. Seorang kakek bernama Kim Hak Su merawat kedua cucunya yaitu Kim Deok Goo dan Kim Deok Hee.

Kim Deok Goo tumbuh ditengah keluarga yang tidak harmonis. Sang ayah meninggal, sementara sang ibu telah diusir karena mencuri uang kematian suaminya.

Cerita makin dramatis saat kakek Hak Su menderita penyakit dan menyadari bahwa umurnya tidak lama lagi. Di Tengah situasi tersebut, kakek Hak Su berusaha mempersiapkan bekal masa depan dan kado spesial untuk kedua cucunya.

9. Hope

Hope

Satu lagi rekomendasi film sedih Korea yang tak kalah menyayat hati yaitu “Hope”. Film yang satu ini diangkat dari kisah nyata tentang seorang anak usia 8 tahun yang mengalami pelecehan seksual.

Diceritakan, So Won (Lee Re) adalah siswi sekolah dasar yang dilecehkan oleh seorang laki-laki pemabuk tak dikenal dan juga melukainya habis-habisan. Akibat kejadian itu, So Won mendapat luka mental yang sangat marah sampai ia menolak berbicara dengan laki-laki termasuk ayahnya sendiri.

Baca Juga : Film Netflix Terbaik Sepanjang Masa

10. Hachiko

Hachiko

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan judul film yang satu ini. Yup, Hachiko merupakan salah satu film legendaris yang menceritakan kisah kesetiaan seekor anjing kepada pemiliknya. Film ini diambil dari kisah nyata dan telah dibuat dalam dua versi, yaitu versi Jepang dan Amerika.

Hachi adalah seekor anjing milik tuan Parker yang selalu menjemput tuannya setiap sore hari di depan stasiun. Hachi sangat setia, bahkan meski tuan Parker telah meninggal dunia, Hachi selalu berada di stasiun untuk menunggu kedatangan tuan Parker meski itu mustahil terjadi.

Nah, itulah rekomendasi film sedih yang bakal menguras air mata. Tak hanya sekedar hiburan, deretan film diatas juga membawa banyak nilai-nilai positif yang bisa dijadikan pelajaran. Selamat menonton ya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment