Home » Teknologi » Cara Melacak Nomor dengan Telkomsel Finder Terbaru 2021

Cara Melacak Nomor dengan Telkomsel Finder Terbaru 2021

Telkomsel Finder merupakan salah satu layanan andalan dari provider Telkomsel yang bisa digunakan untuk melacak lokasi orang lain. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan Telkomsel Finder. Padahal, layanan yang satu ini punya fungsi yang tak kalah keren dari aplikasi pelacak nomor HP.

Umumnya, Telkomsel Finder bisa diakses melalui beberapa cara yaitu via SMS, dial number, atau melalui aplikasi dan situs resmi telkomsel.com. Dengan bantuan Telkomsel Finder, kamu bisa dengan mudah mengetahui lokasi dari pengguna kartu Telkomsel lainnya.

Jadi, kalau sewaktu-waktu kamu ingin mencari tahu keberadaan teman atau orang terdekat yang sudah lama tidak ada kabar, fitur ini akan sangat membantu. Asalkan orang tersebut juga merupakan salah satu pengguna Telkomsel.

Cara Melacak Lokasi dengan Telkomsel Finder

Ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengakses Telkomsel Finder. Sayangnya, layanan Telkomsel Finder sudah tidak diaktifkan lagi oleh pihak Telkomsel. Padahal, layanan ini sangat membantu saat situasi tertentu.

Tapi tenang, kamu masih bisa melacak lokasi seseorang melalui beberapa alternatif berikut ini:

1. Melalui SMS

Telkomsel Finder melalui SMS

Pertama, kamu bisa melacak lokasi seseorang melalui SMS. Cukup dengan mengirim pesan ke 2500, maka kamu bisa mengetahui dimana target berada. Yang terpenting, kamu dan target sama-sama pengguna nomor Telkomsel.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pesan di smartphone kamu.
  • Ketik SMS dengan format TEMAN (spasi) NAMA (spasi) NOMOR TARGET
  • Contoh: TEMAN BUDI 085281392566
  • Kirim SMS tersebut ke 2500.

Nantinya, target akan menerima pesan yang berisi izin untuk berbagi lokasi. Jika permintaan disetujui, barulah kamu bisa mengetahui lokasi dari orang tersebut. Memang kurang worth it sih, namun cara ini bisa dipilih sebagai alternatif.

Pasti kamu bertanya-tanya, mengapa harus ada permintaan izin? Nah, permintaan izin ini dibuat Telkomsel untuk menjaga privasi pengguna. Pasti kamu gak mau kan, ada orang asing yang dengan mudah mengetahui lokasimu berada.

Alternatif Melacak HP Selain Telkomsel Finder

1. Melalui Google Maps

Melalui Google Maps

Selanjutnya, kamu bisa melacak lokasi seseorang melalui aplikasi Google Maps. Selain digunakan untuk navigasi, Google Maps ternyata dapat melacak lokasi dengan tepat dan akurat. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Google Maps di HP kamu. Pastikan kamu sudah update aplikasinya, karena cara ini hanya bekerja pada versi terbaru.
  • Setelah masuk, klik ikon berupa tiga garis horizontal yang terletak di pojok kiri atas.
  • Pilih Berbagi Lokasi, kemudian klik Mulai pada halaman baru yang muncul.
  • Pilih durasi waktu, lalu pilih kontak yang kamu inginkan untuk berbagi lokasi.
  • Jika sudah, klik Kirim. Jika muncul pop-up yang berisi persetujuan, tinggal klik OK.
  • Nantinya, link akan dikirim ke orang yang dipilih. Jika penerima menanggapi link tersebut, maka akn muncul lokasi secara real-time di Google Maps.

FYI, cara yang satu ini sebenarnya bukan untuk melacak, melainkan untuk berbagi lokasi. Jadi kalau kamu ingin mengetahui lokasi seseorang, minta orang tersebut untuk melakukan cara diatas.

2. Melalui GPS

Melalui GPS

 

Untuk melacak seseorang melalui GPS, kamu butuh sebuah aplikasi untuk membantu pelacakan. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan ialah Phone Tracker. Berikut caranya:

  • Download dan install aplikasi Phone Tracker terlebih dahulu.
  • Setelah itu, buka aplikasi lalu pilih menu Find My Friend.
  • Masukan nomor Telkomsel yang ingin dilacak, kemudian klik OK.
  • Tunggu proses loadingnya dan pilih “Locate” untuk mengetahui lokasi dari pemilik nomor tersebut.

3. Melalui Aplikasi Google Find My Device

Google Find My Device

Terakhir, kamu bisa gunakan aplikasi besutan Google yaitu Google Find My Location untuk melacak seseorang. Aplikasi ini mungkin tidak asing bagi sebagian orang, bahkan sering digunakan untuk melacak HP yang hilang.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu memasukan nomor telepon, tapi menggunakan akun Gmail yang ingin dilacak. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Find My Device di smartphone, atau bisa juga mengunjungi website https://www.google.com/android/find.
  • Kemudian login menggunakan akun Gmail yang terpasang di HP yang ingin dilacak.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi tentang keberadaan HP tersebut.
  • Kamu bisa pantau dan cek dimana lokasi tersebut berada.

Nah, itulah beberapa cara untuk melacak lokasi pengguna Telkomsel. Meskipun fitur dan layanan Telkomsel Finder sudah tidak tersedia, kamu bisa menggunakan cara-cara diatas jika ingin mengetahui lokasi seseorang. Semoga bermanfaat ya !

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment