Home » Teknologi » 7 Cara Melacak HP Hilang dengan Email Paling Ampuh

7 Cara Melacak HP Hilang dengan Email Paling Ampuh

Bagaimana sih cara mudah untuk melacak HP hilang? Ini pasti jadi pertanyaan besar bagi orang-orang yang pernah kehilangan HP, entah itu karena dicuri atau tidak sengaja jatuh dijalan.

Saat ini, HP menjadi perangkat elektronik yang paling penting dan tidak bisa lepas dari keseharian. Hampir semua orang punya HP, dan hampir semua aktivitas termasuk komunikasi dan jual beli dipermudah dengan kehadiran ponsel pintar ini.

Oleh karena itu, saat HP hilang pemiliknya pasti kebingungan. Umumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP yang hilang, bisa lewat Email, IMEI ponsel, lewat No HP, maupun mengandalkan aplikasi bawaan dari perangkat itu sendiri.

Cara Melacak HP Hilang dengan Email

Cara Melacak HP Hilang dengan Email

Email bisa jadi salah satu opsi yang digunakan untuk melacak HP hilang. Syaratnya hanyalah kamu harus menggunakan alamat email yang sama dengan email yang ada pada HP hilang tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka halaman website gmail.com menggunakan laptop atau HP lain.
  • Kemudian login sesuai alamat email yang terpasang pada HP yang hilang.
  • Setelah berhasil masuk, klik simbol dengan titik sembilan yang ada di sisi kanan atas.
  • Lalu masuk ke Akun Google (Google Account).
  • Di pencarian, ketik “Temukan Ponsel Anda”.
  • Pilih jenis HP yang hilang sesuai opsi yang ditampilkan oleh Google.
  • Kemudian klik “Terima” untuk melanjutkan pelacakan.
  • Terakhir, kamu akan dialihkan ke Google Maps yang akan menunjukkan lokasi HP tersebut berada.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas unik yang selalu ada di setiap smartphone. IMEI ini biasanya terdiri dari 15 hingga 16 digit angka dan bisa ditemukan di kardus HP, baterai, maupun di cek langsung ke *#06#.

Selain membuktikan bahwa perangkat tersebut legal, IMEI ternyata juga bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang lho. Caranya memang lebih ribet dan tidak semudah sebelumnya, namun melacak HP dengan IMEI dijamin aman dan membuat data privasi lebih terjaga.

Langkah pertama, kamu harus mengetahui nomor IMEI dari ponsel yang hilang. Kemudian, hubungi call center dari operator seluler dan minta mereka untuk melacak HP dengan nomor ponsel yang terpasang. Nantinya, pihak operator akan memberi tahu keberadaan HP tersebut.

Namun perlu diingat, cara yang satu ini bisa bekerja asalkan HP yang hilang tersebut dalam keadaan menyala, memiliki koneksi internet, GPS, dan kartu SIM masih terpasang di dalamnya. Jika HP dalam keadaan mati dan kartu SIM telah diganti, maka kamu tidak akan bisa melacak HP menggunakan IMEI.

Cara Melacak HP Hilang dalam Keadaan Mati

Melacak HP Hilang dalam Keadan Mati

Kebanyakan orang yang mencuri atau menemukan HP dijalan pasti langsung mematikannya agar tidak dapat dihubungi. Namun ternyata, HP yang tidak menyala masih bisa dilacak keberadaannya lho.

Langsung saja, berikut cara melacak HP hilang dalam keadaan mati.

1. Melacak HP Android Menggunakan Komputer

Untuk melacak HP Android dalam keadaan mati, sangat disarankan menggunakan perangkat seperti komputer atau laptop. Berikut caranya:

  • Buka browser lalu kunjungi situs google.com/android/find.
  • Masukan alamat email yang terpasang pada HP yang hilang.
  • Kemudian, kamu akan dialihkan ke Google Maps yang menunjukan lokasi terakhir HP tersebut.
  • Selain menemukan lokasi, ada 3 opsi yang bisa kamu lakukan yaitu putar suara, amankan perangkat, dan hapus perangkat.
  • Aktifkan “Putar Suara” maka HP akan berdering selama 5 menit meskipun dalam mode senyap.
  • Aktifkan “Amankan Perangkat” untuk mengunci HP dan logout dari Akun Google. Kamu juga bisa menampilkan pesan atau nomor telepon di layar kunci agar penemu HP tersebut segera menghubungi kamu.

2. Melacak HP iPhone Menggunakan Komputer

Selain Android, HP iPhone yang hilang dalam keadaan mati juga bisa dilacak keberadaannya menggunakan komputer. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser lalu kunjungi situs iclod.com/find.
  • Masuk ke situs menggunakan ID Apple yang sama dengan HP yang hilang.
  • Kemudian, kamu akan melihat lokasi terakhir iPhone di Google Maps.
  • Kamu bisa klik “Play Sound” atau aktifkan “Lost Mode” dan tulis pesan yang ingin disampaikan kepada pencuri atau orang yang menemukan HP kamu.

Cara Melacak HP Hilang dengan No HP dan Google Maps

Melacak HP Hilang dengan Google Maps

Nomor HP yang terpasang juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang lho. Untuk cara ini, kamu butuh bantuan aplikasi Google Maps agar titik keberadaan HP lebih jelas diketahui.

Di Google Maps sendiri terdapat fitur-fitur yang penting seperti My Location, Business Listing, Driving Direction, dan lainnya. Langsung saja, berikut caranya:

  • Pertama buka aplikasi Google Maps menggunakan HP lain.
  • Klik Setting, kemudian pilih Bagi Lokasi.
  • Tentukan waktu pelacakan, bisa satu jam atau sesuai perkiraan waktu kehilangan.
  • Selanjutnya, pilih “Orang” lalu masukan nomor HP yang terpasang pada HP yang hilang tersebut.
  • Klik Bagikan dan Aktifkan.
  • Tunggu selama 1×24 jam dan nanti lokasi HP yang hilang akan terlacak di Google Maps.

Cara Melacak HP Hilang dengan Aplikasi

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk melacak HP yang hilang adalah menggunakan bantuan aplikasi. Sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi yang sengaja diciptakan untuk melacak HP dan berikut rekomendasinya:

1. Find My Mobile

Find My Mobile

Find My Mobile adalah aplikasi pelacakan milik perusahaan HP Samsung untuk mempermudah para penggunanya. Jadi, kalau HP Samsung milikmu hilang, kamu bisa gunakan HP Samsung lain untuk melacak keberadaannya.

Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah, tinggal masuk ke menu Setting > Biometrics and security > Find My Mobile, lalu kamu bisa pilih opsi “Send Last Location” untuk melihat lokasi terakhir HP. Menariknya, kamu bisa gunakan fitur Remote unlock untuk mengontrol HP yang hilang dari jarak jauh.

2. Find My Device

Find My Device

Selanjutnya ada aplikasi Find My Device yang paling banyak digunakan untuk melacak HP Android yang hilang. Selain melacak HP, aplikasi ini juga dapat mengunci HP dari jarak jauh guna meminimalisir hal-hal buruk yang terjadi.

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan asalkan HP yang hilang dalam keadaan hidup dan tersambung dengan koneksi internet.

3. Where’s My Droid

Where's My Droid

Where’s My Droid bisa melacak HP yang hilang menggunakan GPS. Nantinya, fitur GPS dapat memberikan notifikasi jika HP tersebut dalam keadaan lowbat atau habis daya.

Aplikasi Where’s My Droid memiliki fitur yang cukup canggih, dimana kamu bisa mengetahui apakah HP yang hilang tersebut telah diganti SIM Card nya atau belum. Jika belum, kamu akan lebih mudah menemukan keberadaan HP dengan banyak cara.

4. Lost Phone Tracker

Kalau kamu mencari aplikasi yang tidak hanya bisa melacak HP namun juga bisa membagikan lokasi ke pengguna lain, maka Lost Phone Tracker adalah jawabannya.

Cara kerja aplikasi ini mirip dengan Find My Device, dimana kamu bisa mengontrol HP dari jarak jauh untuk mengunci layar dan factory reset. Menariknya, aplikasi ini juga bisa memberikan notifikasi ke HP yang hilang.

5. Life360

Life360

Terakhir ada Life360 yang bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang. Life360 ini disebut sebagai all-in-one tracking app atau aplikasi pelacak multifungsi karena mendukung fitur grup tracking.

Jadi, saat HP kamu hilang, kamu bisa langsung membuat grup di Life360 bersama teman atau keluarga dan langsung melacak keberadaan HP tersebut menggunakan fitur bernama private map.

Nah, itulah beberapa cara melacak HP hilang sekaligus rekomendasi aplikasi terbaik yang bisa menjadi bantuan. Semoga bermanfaat ya!

About Puput Ariviana

Introvert yang suka drama korea

Leave a Comment