Home » Teknologi » Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI Tanpa Email dengan Mudah !

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI Tanpa Email dengan Mudah !

Cara melacak hp dengan imei – Saat ponsel hilang pasti kamu menjadi sangat panik dan khawatir. Apalagi jika didalam ponsel tersebut terdapat data-data penting yang akan jadi masalah jika disalahgunakan orang lain. Tapi tenang, sekarang ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak HP yang hilang.

Salah satunya adalah melacak HP dengan bantuan nomor IMEI. Cara ini cukup mudah dilakukan dan dijamin aman, serta tidak akan menghapus atau mengambil data-data penting yang ada di ponsel kamu. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini:

Apa itu IMEI ?

Apa itu IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah kode unik pada ponsel yang biasanya terdiri dari 15 sampai 16 digit angka. IMEI ini tidak bisa diubah karena setiap ponsel memiliki identitas masing-masing yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Saat membeli ponsel baru, pastikan kamu memverifikasi nomor IMEI untuk memastikan bahwa itu perangkat asli. Selain itu, dengan menggunakan IMEI kamu bisa melacak HP yang hilang meski sudah tidak tersambung dengan email.

Cara cek IMEI sendiri bisa kamu ketahui atau kamu dapatkan melalui beberapa opsi berikut ini:

  • Nomor IMEI biasanya tercantum di belakang kardus HP.
  • Di baterai HP juga terdapat nomor IMEI yang menampilkan 15-16 digit angka.
  • Kamu bisa hubungi atau dial *#06#* dan nantinya nomor IMEI ponsel akan muncul di layar.
  • Untuk pengguna Android, buka menu Setting > About Phone > Status > IMEI Information.
  • Untuk pengguna iPhone, buka menu Setting > General > About Phone.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Cara Melacak HP hilang dengan IMEI

Setelah mengetahui nomor IMEI, selanjutnya kamu bisa ikuti beberapa cara berikut ini untuk melacak HP yang hilang.

1. Minta Surat Kehilangan dari Pihak Berwajib

Pertama, kamu harus memiliki surat keterangan kehilangan dari pihak berwajib atau kepolisian untuk meminta pihak operator seluler melacak HP menggunakan nomor IMEI.

Cara ini memang terdengar sedikit ribet dan butuh usaha karena kamu harus melibatkan beberapa pihak. Namun, melacak HP yang hilang dengan nomor IMEI dijamin aman dan data privasi kamu akan lebih terjaga.

2. Hubungi Call Center Operator

Setelah mendapat surat keterangan kehilangan dari pihak berwajib, selanjutnya kamu bisa menghubungi call center operator atau datang langsung ke gerai operator provider yang kamu gunakan sebelumnya.

Beritahu IMEI dan nomor ponselmu ke pihak operator seluler, dan minta mereka untuk melacak keberadaan ponsel mu yang hilang. Pencuri mungkin saja telah mematikan ponselmu dan mengganti kartu provider-nya, sehingga pihak operator hanya mampu melacak lokasi terakhir saat kartu SIM masih terpasang.

3. Cari Tahu Nomor IMEI

Kamu bisa menemukan IMEI dengan cara membuka menu “about device” atau dengan mengetikkan di telepon kode *#06#*.

Cara ini hanya bisa kamu lakukan jika hp kamu terdeksi dengan koneksi Internet, GPS, dan handphone berada dalam keadataan aktif (menyala) dengan kartu SIM di dalamnya.

Jika hp kamu mati, maka lokasi hp kamu tidak bisa terdeksi.

Cara Melacak HP Menggunakan Aplikasi

Ada cara yang lebih simple untuk melacak HP dengan IMEI yaitu menggunakan bantuan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi pelacakan, kamu tidak perlu ribet meminta bantuan kepolisian atau pihak operator.

Cukup ikuti instruksi yang tertera di aplikasi tersebut maka keberadaan atau lokasi HP yang hilang akan ditemukan. Berikut penjelasannya:

1. Menggunakan Google Find My Device (Android)

Google Find My Device

Untuk para pengguna Android, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama Google Find My Device untuk melacak HP yang hilang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs Google Find My Device yang akan menampilkan peta lokasi dimana ponselmu berada.
  • Ada 3 opsi yang bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi ini yaitu amankan HP, bunyikan dering, dan hapus semua data.
  • Pilih opsi amankan HP dengan cara klik Secure Device.
  • HP Android kamu akan langsung terkunci dan sign out secara otomatis dari akun Google. Meskipun telah sign out, kamu tetap bisa melacak lokasi HP tersebut.
  • Cari dan temukan HP kamu sesuai lokasi yang ditampilkan oleh peta.
  • Setelah sampai di lokasi tujuan, klik Play Sound untuk membuat HP berbunyi sehingga kamu bisa tahu keberadaan HP tersebut.
  • Terakhir, kamu bisa pilih opsi Erase Device untuk menghapus semua data-data penting dalam HP jika berada dalam keadaan terdesak.

2. Menggunakan Find My iPhone (iPhone)

Find My iPhone

Aplikasi Find My iPhone ini hanya bisa digunakan bagi pemilik iPhone iOS 5 ke atas dengan valid Apple ID. Cara menggunakannya pun cukup mudah, pastikan terlebih dahulu kamu sudah terhubung dengan koneksi internet yang lancar.

  • Buka dan masuk ke web iCloud.
  • Kemudian login menggunakan Apple ID.
  • Pilih menu Find My iPhone yang secara otomatis akan melacak keberadaan dan lokasi iPhone kamu.
  • Jika iPhone dalam keadaan mati atau tidak sedang terhubung dengan internet, kamu bisa aktifkan opsi menerima email untuk mengirim lokasi dari peta.
  •  Nantinya, aplikasi akan memberikan beberapa pilihan seperti mengirimkan pesan, menyalakan suara, menghapus data-data penting, maupun mengunci iPhone dari jarak jauh.

Nah, itulah cara melacak HP dengan IMEI yang bisa kamu coba. Dengan mengetahui nomor IMEI, sekarang kamu bisa melacak keberadaan dan lokasi ponsel yang hilang, entah itu dicuri atau tidak sengaja terjatuh di jalan. Semoga membantu ya!

About Puput Ariviana

Introvert yang suka drama korea

Leave a Comment