Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

10 Jenis Tanaman Aquascape untuk Pemula. Mudah Dipelihara!

3 min read

Jenis Tanaman Aquascape

Pesona aquascape memang tak ada pudarnya, saat ini saja semakin banyak penggemar akuarium yang beralih pada seni membuat tampilan akuarium yang lebih berkelas.

Kamu juga mau coba jadi salah satu newbie di bidang ini? Yuk, mulai tata akuarium kamu dengan memilih tanaman aquascape yang tepat, biar tampilannya beda dan ikan-ikan semakin betah tinggal di dalamnya.

10 Jenis Tanaman Aquascape untuk Pemula

Dari ratusan jenis tanaman yang bisa dijadikan penghias aquascape, sepuluh berikut ini adalah yang paling mudah didapat dan dirawat dengan harga yang relatif murah.

Jadi bagi para pemula dalam seni aquascape, bisa memilih salah satu atau memadukan beberapa di antaranya.

1. Amazon Sword

Amazon Sword
amazon.com

Tanaman yang satu ini punya ciri khas daun menjulang ke atas, dan cukup besar. Cocok untuk diletakkan pada bagian pojok belakang akuarium kamu.

Tanaman dengan beberapa jenis seperti Echinodorus amazonicus ini bisa hidup pada kisaran suhu 22 sampai 28 derajat celcius, jadi cocok untuk yang tinggal di perkotaan kok.

Namanya yang unik memang diambil dari bentuknya yang seperti pedang, dan akan meliuk ketika terkena gelombang air.

Perawatannya juga cukup mudah, jadi tak perlu khawatir kalau kamu belum mahir mengelola aquascape.

2. Java Moss

Java Moss
amazon.com

Kalau dalam bahasa Indonesia disebut lumut Jawa, merupakan tanaman aquascape paling banyak digunakan dalam sebuah aquascape.

Karena memiliki daya tahan tubuh sangat maksimal, jadi mau diletakkan di manapun dia akan bertahan bahkan ketika tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Selain memperindah aquascape pada bagian dasar, tanaman yang biasa tumbuh di daerah tropis bersuhu maksimal 24 derajat celsius ini juga bisa dimanfaatkan ikan-ikan kecil untuk menyimpan telur mereka.

Jadi bisa dibilang multifungsi dan akan membantumu merawat ikan, sekaligus menampilkan sisi lain dari aquascape barumu.

3. Hygrophila Difformis

Hygrophila Difformis Scaled
wikimedia.org

Merupakan salah satu tanaman unik, karena bisa hidup tanpa CO2.

Selain itu juga cukup kuat karena bisa tahan di udara dengan suhu cukup panas dengan maksimal 28 derajat celcius.

Untuk tumbuh maksimal tanaman ini tak perlu cahaya terlalu terang, cukup dengan lampu kategori sedang saja.

4. Anubias Nana

Anubias Nana
shopify.com

Tanaman ini asalnya dari Afrika Barat, Kamerun, dan Nigeria, dan dikenal dengan warna hijaunya yang mengkilap.

Sehingga cocok untuk dijadikan bagian dinding dari aquascape, karena bisa tumbuh maksimal dengan panjang hingga 15 cm.

Tapi memang perawatannya harus cukup telaten, salah satunya dengan memastikan suhu air antara 22 hingga 28 derajat celcius.

Agar terlihat memukau, kamu bisa memadukannya dengan batu pualam putih yang akan memperlihatkan detail warna dan bentuk tanaman ini dengan lebih jelas.

Baca Juga :

17 Jenis Ikan Aquascape Terbaik dan Mudah Dipelihara

5. Lilaeopsis

Lilaeopsis
niceshops.com

Buat kamu yang mau membuat “karpet” pada aquascape, bisa memanfaatkan tanaman ini. Karena bentuknya yang ramping dan kecil-kecil, sangat mirip dengan rumput asli jenis Jepang di halaman rumah.

Kamu bisa memainkan kreativitas dengan menempatkannya pada motif tertentu, sehingga karpet yang tersaji memiliki bentuk yang unik.

Misalnya, biarkan dia hidup melewati batang kayu kecil yang ada di dalam aquascape, sehingga terlihat seperti jembatan.

Atau beri sentuhan tanaman lain yang lebih berwarna di bagian tengah “karpet” tersebut, untuk membuatnya terlihat lebih hidup.

6. Bacopa SP Colorata

Bacopa SP Colorata
thegorbalsla.com

Merupakan salah satu tanaman aquascape, yang biasa diletakkan pada bagian tengah. Karena memiliki warna yang menarik yaitu merah muda, pantas saja banyak yang menyebutnya Bacopa pink.

Sedangkan untuk merawatnya memang butuh kerja ekstra soal pencahayaan dan ketersediaan CO2, karena jika kekurangan unsur tersebut dia pertumbuhannya akan terganggu.

Tapi jika kamu memang ingin menampilkan sisi terbaik dari tanaman ini, tak ada salahnya sedikit berkorban untuk mendapatkan sebuah mahakarya aquascape pertamamu.

7. African Water Fern

African Water Fern
aquasabi.com

Satu lagi tanaman yang sangat cocok untuk aquascaper pemula, karena perawatannya yang mudah bahkan bagi orang yang tidak suka tanaman sekalipun.

Yang perlu dilakukan hanya memastikan pencahayaan maksimal didapatkannya selama berada di dalam air, kalau tidak kamu akan merelakannya mati lebih cepat.

Dan pastikan juga aquascape tempat dia akan dijadikan panorama bagian tengah, memiliki ukuran cukup besar. Gunanya agar pertumbuhannya tidak terganggu, karena ruang yang sempit untuk berkembang.

8. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears
ytimg.com

Tanaman imut ini cocok untuk diletakkan pada bagian depan aquascape, sebab daunnya mini dan pertumbuhannya cepat dan padat.

Untuk mendapatkan manfaat dari bentuknya yang imut itu, kamu perlu memastikan pasokan cahaya maksimal untuknya. Serta tambahan CO2 karena sangat penting agar dia bisa tumbuh sesuai yang diinginkan.

Tanaman yang katanya berasal dari Kuba ini bisa dikolaborasikan dengan Lilaeopsis menjadi karpet aquascape dengan motif yang berbeda.

Tapi hati-hati dengan penempatannya, jika kurang cahaya akan menjadi rimbun dan membuat karpet jadi terlihat kurang menarik.

9. Java Fern

Java Fern
amazon.com

Ini adalah tanaman untuk aquascape asli Asia, yang mudah didapatkan di Indonesia. Kamu bisa menempatkannya sebagai pengisi pojok aquascape, karena pertumbuhannya relatif cepat dan rimbun.

Bagi pemula ini akan jadi favorit, karena bisa memodifikasi bentuknya menjadi berbagai pola yang menarik, sebagai gaya terkini aquascape kamu.

Perawatan utama yang harus dilakukan agar tanaman ini berumur panjang adalah memangkasnya dengan rutin. Karena ketika dia tumbuh melebihi kapasitas, akan membuat suasana aquascape jadi kurang menarik.

10. Ludwigia Repens

Ludwigia Repens
shopify.com

Nama lainnya adalah creeping primrose willow, dan berasal dari negeri Paman Sam Amerika. Tanaman ini cocok untuk dijadikan background dari aquascape kamu.

Karena ukurannya cukup besar, dan warnanya yang cantik yaitu merah kecoklatan. Biasanya dia akan tumbuh merayap, dengan panjang batang hingga 30 sentimeter.

Keunikan lainnya terdapat pada susunan daun yang berlawanan arah, dan punya ukuran simetris maksimal lima sentimeter.

Baca Juga :

Mudah untuk Pemula ! 10 Cara Membuat Aquascape sendiri di Rumah

Jadi buat kamu yang mau tampilan aquascape seperti kebun bunga milik mama di belakang rumah, sangat cocok menjadikannya salah satu penghuni utama akuarium berseni tersebut.

Pastinya kamu sudah tak sabar ingin segera membeli tanaman aquascape di atas bukan? Jangan khawatir, karena untuk mendapatkannya sangat mudah. Bahkan beberapa bibit di antaranya sudah dijual online. Tinggal tunggu tanaman sampai di rumahmu, dan manfaatkanlah untuk membuat sebuah aquascape dengan style sendiri yang pastinya akan sangat menarik dan memuaskan!

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *