Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Mudah dan Murah! 7 Cara Membuat Aquascape Air Terjun untuk Pemula

3 min read

Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Sejak beberapa tahun lalu teknik aquascape mulai digandrungi oleh pecinta akuarium. Dengan berbagai kreasi mereka bisa menciptakan taman bawah laut yang indah, dan membuat nyaman para ikan hias yang tinggal di sana. Salah satu aksesoris pendukung taman tersebut adalah air terjun, yang biasa dibuat dari aliran pasir putih di dalam air.

Kalau dilihat sepintas, air terjun yang ada di dalam aquascape tersebut terlihat nyata.

Padahal yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan aerator, untuk mendorong pasir putih silika keluar melalui aliran pipa paralon berbentuk khusus.

Sehingga terlihat seperti air yang menetes dari ketinggian tertentu dan membentuk kubangan air.

Cara Membuat Aquascape Air Terjun untuk Pemula

Bagi kamu yang baru menggeluti dunia aquascape, bisa menambahkan sensasi aquascape air terjun indah di dalam kolaborasi tata letak taman bawah laut mini buatan sendiri itu.

Caranya relatif mudah, karena hanya mengandalkan beberapa bahan yang sudah sangat familiar dengan pembuatan akuarium.

Di antaranya adalah double aerator, pipa paralon berdiameter 2 inci dan tingginya 30 cm dan disebut pipa A. Lalu ada pipa paralon lagi dengan diameter 2 inci dan tinggi 10 cm, yang disebut pipa B.

Bahan pelengkapnya adalah selang aerator, sambungan belokan, sambungan T, penampungan pasir yang dibuat dengan permukaan miring, pasir silika, dan obeng. Ayo mulai membuatnya!

1. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan Alat dan Bahan
amazon.com

Pastikan semua alat dan bahan sudah siap sedia, untuk membuat miniatur air terjun di dalam aquascape ini.

Masing-masing bahan hanya dibutuhkan satu buah saja, jadi kamu tak perlu keluar biaya banyak untuk membuatnya. Semua barang tersebut juga mudah didapat di toko perlengkapan akuarium terdekat.

2. Pasang Sambungan Paralon

Pasang Sambungan Paralon
ytimg.com

Sambungan pertama yang harus dipasang adalah paralon T yang dihubungkan dengan paralon yang tingginya 10 cm, atau disebut paralon B.

Fungsi dari sambungan ini adalah bagian atasnya, sebagai tempat memasukkan selang aerator nantinya. Sedangkan bagian bawahnya dijadikan tempat pasir silika, yang menjadi bahan utama air terjun keluar.

Saat melakukan penyambungan ini, sebaiknya kamu menyediakan lem khusus paralon untuk menambah erat sambungan.

Apalagi nantinya paralon ini akan berada lama di dalam air, dan terpengaruh oleh getaran dari aerator. Sebab tak sedikit yang melakukan kesalahan fatal di mana air terjun tidak berfungsi, hanya gara-gara tingkat keeratan sambungan pipa yang bermasalah.

3. Sambung Belokan

Sambung Belokan
pinterest.com

Lanjutkanlah cara membuat aquascape air terjun dengan membuat sambungan belokan dari ujung pipa paralon B tadi, ini fungsinya adalah untuk mengalirkan pasir.

Pastikan juga pertemuan antara sambungan belokan dan paralon sangat rapat, dan tidak bercelah udara. Hal ini untuk meminimalisir berkurangnya tekanan udara, untuk mengeluarkan pasir sebagai air terjun buatan.

4. Masukkan Selang Aerator

Masukkan Selang Aerator
tokopedia.net

Setelah sambungan paralon selesai, saatnya kamu memasukkan selang aerator pe dalam sambungan pipa.

Mulailah dari sisi atas dari sambungan T, kemudian lanjutkan ke bawah menuju sambungan belokan. Jangan sampai salah arah, karena akan mempengaruhi pola keluar masuknya pasir air terjun nantinya.

Jangan lupa untuk memastikan ukuran selang aerator lebih kecil dari paralon, ini untuk mencegah rangkaian alat penghasil air terjun kamu tidak berfungsi dengan baik.

Kamu juga bisa mendapatkan selang aerator lengkap dengan mesinnya pada toko alat akuarium, atau memesannya secara online dengan harga relatif terjangkau.

5. Lubangi Paralon untuk Memasukkan Pasir

Lubangi Paralon untuk Memasukkan Pasir
ytimg.com

Kita menuju ke paralon A, coba ambil dan buatlah lubang dengan ukuran berkisar 3 sentimeter sampai 5 sentimeter di bagian depannya.

Pastikan juga lubang tidak sampai mengenai ujung paralon, sebab hal itu juga akan mengganggu tekanan pasir yang akan keluar nantinya.

Fungsi lubang ini adalah untuk menyedot pasir dan mengalirkannya ke ujung paralon B, makanya dibutuhkan lokasi pembuatan lubang yang tepat. Biasanya para aquascaper menyisakan 5 sentimeter paralon B, sebelum membuat lubang tersebut.

6. Pasang Paralon dan Penampung Pasir

Pasang Paralon dan Penampung Pasir
pinterest.com

Setelah pembuatan lubang selesai, saatnya untuk cara membuat aquascape air terjun lanjutan dengan memasang paralon B tersebut pada sambungan paralon.

Sehingga membentuk aliran yang menanjak dan menurun. Jangan lupa untuk memastikan bahwa selang dan mesin aerator sudah berada di dalam ujung paralon B, agar saat dihidupkan bisa berfungsi dengan baik.

Langkah selanjutnya adalah pemasangan penampung pasir di depan paralon B, tepatnya pada bagian bawah. Pastikan posisinya tepat agar pasir yang ditampung, tidak berserakan keluar dari bagian penampung tersebut.

Penampung pasir memang sengaja dibuat miring, fungsinya agar pasir bisa dengan mudah turun secara otomatis. Kemudian secara teratur masuk ke dalam paralon B ketika aerator sudah dinyalakan dan air terjun difungsikan.

Jika tidak miring, maka pasir akan susah untuk mengalir ke paralon B. Kemiringannya bisa sekitar 45 derajat, untuk aliran air terjun pasir terbaik.

7. Masukkan Rangkaian Pipa dalam Air

Masukkan Rangkaian Pipa dalam Air

Setelah penyambungan dan semua rangkaian selesai, saatnya membuat aquascape air terjun yaitu memasukkannya ke dalam akuarium.

Letakkan pada posisi terbaik yang sudah kamu pilih sebelumnya. Bisa di salah satu sudut, di bagian tengah belakang, atau di bagian sudut depan tapi memang usahakan berada di dekat dinding akuarium.

Uji cobalah air terjun kamu dengan memasukkan pasir pada tempat penampungannya, kemudian hidupkan aliran aerator.

Jika pasir sudah bisa keluar dengan sempurna maka kamu sudah memiliki sebuah air terjun indah minimalis di dalam aquascapemu.

Tapi jika belum, maka cobalah untuk mengecek kembali sambungan paralon dan lubang yang dibuat sebelumnya.

Jika terdapat bagian yang kurang erat, kamu bisa menambah lem pada bagian tersebut agar udara tidak mengganggu proses air terjun yang keluar. Tapi kalau yang bermasalah adalah aliran pasirnya, maka coba cek kemiringan penampung pasir dan letak pipa aeratornya.

Apakah kamu sudah paham cara membuat aquascape air terjun di atas? Semuanya bisa dilakukan sendiri dengan mudah, karena alat dan proses pembuatannya sangat sederhana. Sangat cocok jika aquascaper pemula menggunakan cara ini, untuk menghasilkan sebuah air terjun pasir sebagai pemanis aquascape mereka. Sekarang saatnya untuk membeli alat dan bahan, lalu mulailah berkreasi!

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *