Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

17 Jenis Ikan Aquascape Terbaik dan Mudah Dipelihara. Mau Pilih yang Mana Nih ?

5 min read

Jenis Ikan Aquascape

Sejak dahulu ikan hias sudah banyak jenisnya dan dipelihara di dalam akuarium.

Tapi sejak trend aquascape merebak, jenis ikan yang menghiasi akuarium dikelompokkan jadi lebih spesifik agar mampu menyempurnakan seni penataan akuarium yang lebih berestetika.

Lantas, apa saja jenis ikan aquascape terbaik yang cocok untuk akuarium kekinian tersebut?

Ikan yang cocok untuk mengisi sebuah aquascape adalah yang memiliki ukuran relatif kecil, dengan bentuk dan warnanya yang unik.

Selain itu biasanya juga dipilih yang bisa hidup bergabung dengan ikan jenis lain dan perawatannya relatif mudah.

Sebab si empunya aquascape harus membagi fokus antara merawat ikan dan menjaga stype akuariumnya, agar tetap sesuai konsep yang diinginkan.

17 Jenis Ikan yang Cocok untuk Aquascape

Dari sekian banyak jenis ikan kecil yang masuk kategori hiasan, 17 di antaranya paling cocok dijadikan bagian dari seni aquascape.

Karena memenuhi kriteria yang dibutuhkan sebagai penghuni aquascape, berikut ini daftarnya.

1. Rainbow Fish

Rainbow Fish
pinimg.com

Dari namanya saja sudah jelas kalau pesonanya terletak pada, warna-warni sisik dan tubuhnya. Kelincahannya menjadi salah satu alasan banyak orang memilihnya, untuk menghuni aquascape.

Buat pemula juga sangat cocok karena harganya sangat ramah di kantong, kamu bisa memilih beberapa ekor ikan ini lalu padukan dengan beberapa spesies ikan kecil lainnya.

Soal interaksinya dengan ikan lain cukup agresif tapi tidak sampai menyakiti ikan lain. Makanan ikan ini juga tidak terlalu khusus, kamu bisa memberikannya pakan khusus ikan hias yang mudah dibeli di toko ikan hias.

2. Ikan Tetra

Ikan Tetra
petworlds.net

Dengan warna mencolok, kamu tidak akan kesulitan menemukannya di antara rimbun tanaman aquascape.

Ikan yang hidupnya berkelompok ini juga cocok jadi penghuni akuarium apalagi kalau memilih warna-warna cerah seperti biru merah, kuning perak, dan masih banyak lagi.

3. Discus

Discus
wallpaperflare.com

Kalau biasanya ikan memanjang dan langsing, discus punya keunikan dengan tubuh pipih dan lebarnya.

Selain itu warnanya yang sangat variatif juga memungkinkan kamu memilih warna sesuai dengan tema aquascape.

Perawatannya yang mudah juga jadi salah satu alasan, untuk memasukkannya dalam daftar belanjaan ikan aquascape kamu nanti.

Berasal dari Amazon, ikan ini punya keunikan saat akan kawin yaitu mengeluarkan segenap kekuatan agar warna cerah tubuhnya terlihat lebih menyala.

Jadi pejantan bisa lebih cepat mengidentifikasinya untuk diajak bersenggama.

4. Angel Fish

Angel Fish
wallpapercave.com

Sepintas seperti layang-layang karena pada bagian depan tubuhnya, terdapat tali yang menjuntai panjang.

Perpaduan motif hitam dan cerah juga membuat banyak orang jatuh cinta, tapi kamu harus sedikit ekstra dalam pemeliharaan.

Sebab ikan ini kurang bisa bergaul dengan spesies lain dan harus hidup di air yang super bersih.

5. Dwarf Gourami

Dwarf Gourami
pinimg.com

Kalau kamu membuat aquascape ukuran besar, sepertinya perlu membeli ikan dengan reflektif cahaya cerah pada tubuhnya ini.

Walaupun kuat untuk hidup berdampingan dengan spesies lain, tapi dia termasuk ikan yang suka menyendiri dan pemalu.

Jadi jangan kaget jika tiba-tiba kamu menemukannya sedang bersembunyi, di belakang tanaman rimbun aquscape kamu.

Baca Juga :

7 Gaya Aquascape dari Berbagai Negara. Kamu Suka yang Mana ?

6. Zebra Danio

Zebra Danio
fishkeepingworld.com

Sekali melihatnya kamu akan langsung teringat zebra, dengan corak monochrome pada tubuhnya.

Tapi bedanya ikan ini punya corak garis yang bukan hanya hitam dan putih saja, banyak perpaduan warna lain yang sangat indah.

Seperti biru dan merah, hitam dan kuning, abu-abu dan merah. Jadi kamu tinggal pilih mana yang paling cocok menghias aquascape barumu.

7. Manfish

Manfish

Mirip dengan angel fish namun spesifikasi dari ikan aquascape yang satu ini, jauh lebih mirip dengan layang-layang.

Jadi ketika dia melenggak-lenggok di dalam air, seolah kamu sedang bermain layangan. Kamu bisa memilih warna khasnya mulai dari putih bertahta emas, hitam dan putih, dan sejumlah perpaduan warna lainnya.

Kamu juga tak perlu merawatnya dengan cara berlebihan, cukup kasih makan pakan ikan yang tepat maka pertumbuhannya akan maksimal.

Soal sosialisasi dengan ikan lain? Dia cukup jago lho, tapi harus ekstra hati-hati karena jika agresifnya muncul maka pertempuran antar spesies bisa terjadi.

8. White Cloud

White Cloud

Ikan hias yang satu ini baru dikenal beberapa tahun belakangan, tapi langsung menarik perhatian pecinta ikan hias termasuk para aquascaper yang mau punya ikan baru yang tidak pasaran.

White cloud juga termasuk ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, dan tidak perlu dirawat dengan cara khusus.

Harganya juga masih sangat murah, tapi tergantung ukuran yang kamu pilih makin besar ukurannya harganya juga semakin murah. Soal habitatnya, kamu bisa menempatkan di dalam aquascape ukuran besar maupun kecil yang penting airnya bersih.

9. Guppy

Guppy Scaled

Seperti putri kerajaan dengan rok panjang menjuntai, kesan feminim langsung terpancar saat kamu pertama kali melihat ikan ini.

Perpaduan warna yang juga sangat indah, membuatnya jadi favorit untuk dijadikan ikan hias aquascape.

Karena merupakan ikan petarung, jadi kamu harus waspada untuk menempatkan lebih dari satu ikan dalam tempat yang sama.

Kamu bisa memilih warna-warni terindah yang sesuai dengan tema aquascape, karena ikan ini punya banyak variasi warna dan bentuk ekor yang juga super unik.

10. Chili Rasbora

Chili Rasbora
petsoid.com

Kalau kamu punya aquascape ukuran kecil, ikan ini sangat cocok jadi penghuninya karena ukuran tubuhnya lebih kecil dibanding ikan hias lainnya.

Untuk membuatnya tumbuh sempurna kamu bisa menempatkannya bergerombol di satu tempat, karena dia kurang mahir bersosialisasi apalagi dengan ikan besar bisa-bisa dia jadi santapan ikan lainnya.

Salah satu ciri utamanya adalah warna merah yang mendominasi tubuhnya, kemudian terdapat garis hitam di tengah bagian tubuh yang berpadu cantik dengan kilauan perak jika terkena cahaya.

Kamu tidak akan kecewa kalau memilihnya tinggal di dalam aquascape lho!

11. Siamese Algae Eater

Siamese Algae Eater
tropco.co.uk

Kamu butuh satu ikan pembersih yang memakan alga yang satu ini. Ibarat vacuum cleaner ikan berwarna perak dengan garis hitam di tubuhnya ini akan menyedot lumut pengganggu, yang ada di semua penjuru aquascape.

Kamu jadi hemat biaya untuk pemeliharaan aquascape, sebab sebagian pekerjaanmu sudah dilakukan olehnya.

Ikan yang lebih dikenal dengan panggilan SAE ini, sangat mudah didapat dan harganya sangat murah.

Biasanya untuk satu ekor bibit bisa dibeli dengan harga Rp6000,00 saja, kamu tinggal beli beberapa dan sisanya pilih ikan dengan corak yang lebih menarik. Hasilnya aquascape akan penuh warna dan selalu bersih.

12. Spotted Headstander

Spotted Headstander
shopify.com

Ciri khas dari ikan ini adalah bintik hitam pada sekujur tubuhnya yang berwarna silver kekuningan. Tapi memang kamu butuh usaha ekstra untuk mendapatkannya, sebab kebanyakan hanya didapat langsung dari alam.

Tapi sekali memiliki kamu akan sangat sayang pada si bercak ini, sebab dia termasuk ikan yang mudah diatur dan bisa hidup berkolaborasi dengan ikan lain.

Di manakah habitatnya?

Ikan ini bisa hidup di air tawar atau laut jadi kalau kamu mau dia hidup aman, sehat, dan berumur panjang cobalah sediakan air dengan sedikit tambahan garam. Dijamin pertumbuhannya akan maksimal bersama ikan-ikan lainnya.

13. Tropheus Moorii

Tropheus Moorii
pinimg.com

Kalau ikan aquascape cocok kamu pilih kalau aquascape yang dibuat, bertema bebatuan dan kayu.

Sebab ikan yang identik dengan warna kuning bercampur merah maroon ini, sangat suka dengan alga yang menempel di bebatuan. Bahkan itu bisa jadi utamanya agar bisa cepat dewasa.

Soal tempat yang nyaman untuk tropheus moorii ini adalah aquascape berukuran relatif besar, agar tumbuh kembangnya tak terganggu.

Tapi jangan takut, dia bisa mudah berteman dengan ikan lain walaupun masuk kategori pendiam. Selama ikan lain tidak terlalu ramai, dia akan jadi ikan yang paling tidak banyak ulah.

14. Sun Catfish

Sun Catfish
pinimg.com

Ibarat kelelawar di alam bebas, ikan yang satu ini adalah ikan yang beraktivitas di malam hari. Dengan warna kuning atau merah muda transparan, ikan ini akan terlihat berwarna indah di malam hari.

Apalagi spot hitam yang ada di tengah tubuh dan ekornya, menambah keunikan ikan yang juga memiliki kumis layaknya ikan lele ini.

Usut punya usut ternyata ikan ini berasal dari India lho, tepatnya di sungai dengan aliran tenang pada daerah Kerala.

Jadi kalau kamu sedang suntuk dan tak bisa tidur hingga larut malam, pilih ikan ini sebagai teman “curhat” karena dia akan menemanimu dengan lenggak lenggok tubuhnya yang lentur dan indah.

15. Platy

Platy
inlandaquatics.com

Ikan yang hidup bergerombol ini juga sangat cocok menghiasi aquascape kamu, karena akan memberikan nuansa warna cerah saat dia sedang lewat mencari tempat bermain.

Pilihan warnanya juga sangat beragam, bisa disesuaikan dengan warna utama yang ada di dalam aquascape kamu.

Ikan ini juga tergolong tidak sulit dirawat, pastikan saja makanannya tercukupi dan air di dalam aquascape kamu selalu bersih. Maka keindahannya akan bisa kamu nikmati, untuk waktu yang sangat lama.

Baca Juga :

10 Cara Mudah Membuat Aquascape sendiri di Rumah

16. Boesemans Rainbow Fish

Boesemans Rainbow Fish
ytimg.com

Salah satu jenis lain dari rainbow fish ini juga jadi favorit para pecinta aquascape. Karena perpaduan warna cerahnya mampu membuat tampilan akuarium milik kamu, jadi lebih segar dan tidak membosankan.

Badannya yang seolah terbagi dua menjadikannya terlihat unik, di mana bagian depan memiliki warna lebih netral sedangkan bagian belakang berwarna cerah.

Untuk mendapatkannya juga sangat mudah, karena banyak dijual oleh peternak ikan hias. Pastinya kamu nyaman memelihara ikan ini, sebab perawatannya super murah dan tidak masuk kategori ikan agresif.

17. Tiger Barb

Tiger Barb
zonaikan.com

Masih belum puas dengan perburuanmu akan ikan aquascape? Sepertinya ikan yang satu ini bisa jadi pelengkapnya.

Ikan hias yang merupakan asli Sumatera ini punya spesifikasi perpaduan warna hitam pekat di antara red golden sebagai warna utamanya.

Jadi ibarat harimau Sumatera, dia akan membuat aquascape jadi tampil lebih berkarakter.

Untungnya lagi ikan ini sangat mudah bersosialisasi dengan ikan lain, makanya sangat tepat sebagai penghuni utama akuarium buatan kamu.

Apalagi kalau dipadukan dengan style Taiwan bertema hutan Sumatera, wah sudah sangat sempurna!

Berapa jeniskah ikan aquascape yang akan kamu beli nanti? Pilih yang benar-benar cocok dengan keinginan dan kantongmu. Tapi jangan lupa untuk menentukan ukuran dan karakteristik dari masing-masing ikan. Agar saat dipelihara di dalam aquascape yang sama bisa menambah keindahan, bukan membuatmu pusing karena ulah mereka.

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *