Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Review Backstreet Rookie – KDrama Terbaru yang Penuh Kontroversi

4 min read

Review Drama Korea Backstreet Rookie

Annyeong Chingudeul !

Welcome Back, kali ini aku bakal review salah satu drama korea terbaru yang sejak awal rilis sudah menuai banyak kontroversi, apalagi kalau bukan ‘Backstreet Rookie’.

Backstreet Rookie merupakan drama kedua yang dibintangi Ji Chang Wook setelah wajib militer. Drama sebelumnya berjudul Melting Me Softly dan sudah tayang tahun lalu.

Drama yang diangkat dari webtoon berjudul “Convenience Store Saet-byul” karya Hwalhwasan ini disutradarai oleh Lee Myoung Woo dan naskahnya ditulis oleh Son Geun Joo.

Sebenarnya aku sendiri nggak menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi dengan drama ini. Apalagi sejak liat poster dan trailernya yang menurut aku biasa aja, nggak ada yang spesial. Mon maap nih, hehehe

Tapi yang namanya drakor itu banyak misteri dan susah ditebak yeorobun. Kita nggak bisa nyimpulin drama ini bagus, drama ini jelek hanya dari episode awal-awalnya saja.

Jadi nggak usah lama-lama, yuk langsung baca dulu sinopsisnya.

Sinopsis

Backstreet Rookie bercerita tentang Choi Dae Hyun (Ji Chang Wook), seorang pria naif dan canggung yang dicampakan oleh kekasihnya karena dianggap terlalu baik.

Merasa patah hati, Dae Hyun akhirnya minum-minum sampai mabuk. Secara tak sengaja, di jalan ia berpapasan dengan tiga orang siswi SMA yang memaksanya untuk membelikan rokok.

Saet Byul Backstreet Rookie

Alih-alih membelikan rokok, Dae Hyun malah membeli permen dan menasehati ketiga gadis tersebut. Entah kenapa, salah satu gadis itu tiba-tiba mencium Dae Hyun. Dan pelakunya adalah Jung Saet Byul.

Jung Saet Byul (Kim Yoo Jung) adalah siswi cantik yang pandai berkelahi dan sangat disegani teman-temannya. Ayahnya adalah seorang pelatih taekwondo, wajar saja jika dia jago baku hantam dan tingkahnya bar-bar kayak preman.

Dae Hyun dan Saet Byul Backstreet Rookie

Tiga tahun kemudian.

Setelah mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai staf humas di kantor pusat GS 25, Choi Dae Hyun memutuskan untuk mengelola toserba milik keluarganya.

Karena lelah menjalankan toko sendirian, Dae Hyun akhirnya mencari pekerja part time untuk mengisi shift malam.

Choi Dae Hyun (Ji Chang Wook)

Sampai akhirnya datang seorang gadis cantik yang melamar lowongan tersebut. Dia adalah Jung Saet Byul, orang yang sama yang sudah mencium Dae Hyun 3 tahun lalu.

Awalnya Dae Hyun menolak keberadaan Saet Byul dan mengusirnya dengan berbagai cara, namun kepribadian Saet Byul yang ramah dan murah senyum membuat toko kebanjiran pembeli. Omset toko meningkat, dan Dae Hyun punya cukup waktu untuk beristirahat.

Jung Saet Byul (Kim Yoo Jung)

Meski kinerja Saet Byul sangat baik, Dae Hyun tetap aja suudzon dan menyimpan kecurigaan pada gadis itu.

Tapi, insting Dae Hyun memang nggak salah. Saet Byul ini sosok gadis yang penuh misteri. Dia tidak menyelesaikan pendidikan SMA-nya, karena setelah sang ayah meninggal, Saet Byul harus bekerja untuk menghidupi dirinya dan adiknya.

Banyak momen lucu yang dilewati Dae Hyun dan Saet Byul bersama, sampai akhirnya hubungan mereka makin dekat dan akrab. Kedekatan mereka tentu membuat kekasih Dae Hyun, Yoo Yeon Joo (Han Sun Hwa) merasa cemburu.

Cinta Seitiga Backstreet Rookie

Kisah cinta makin rumit karena teman masa kecil Yeon Joo, yaitu Joo Seung Joon (Do Sang Woo) menyimpan rasa padanya. Seung Joon bukan orang sembarangan, dia adalah Direktur perusahaan waralaba GS25.

Joo Seung Joon (Do Sang Woo)

Bagaimana kisah selanjutnya?

Ya, nonton aja sendiri. Wkwkwk

Dianggap Rasis, Banjir Protes dan Kritikan

Sejak awal rilis, Backstreet Rookie sudah menuai kontroversi. Bahkan, episode pertamanya langsung dibanjiri protes dan kritik dari netizen Korea.

Menurut k-netz, Beberapa adegan Backstreet Rookie dianggap terlalu berani. Usia Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung yang terpaut cukup jauh dianggap kurang pantas dijadikan pasangan.

Backstreet Rookie

Apalagi di drama ini, ada adegan yang menampilkan Saet Byul mencium Dae Hyun. Adegan siswi SMA dibawah umur yang mencium pria dewasa dinilai memberi contoh yang buruk.

Selain itu, ada selipan scene prostitusi yang menampilkan potret wanita telanjang. Jadi secara nggak sengaja, Choi Dae Hyun terjebak di tempat prostitusi hingga diamankan oleh polisi.

Backstreet Rookie 1

Adegan lain yang diprotes adalah saat Dal Shik (Um Moon Suk) yang berprofesi sebagai penulis webtoon dewasa, menggambar adegan eksplisit sambil membuat suara erangan. Apalagi, adegan itu dilengkapi dengan gambar sketsa perempuan berpakaian minim.

Memang kurang pantas sih, apalagi drama Backstreet Rookie ini ditayangkan di televisi nasional dan bisa ditonton siapa saja.

Backstreet Rookie Vulgar Scane

Selain banyak diprotes karena dinilai terlalu vulgar, drakor Backstreet Rookie juga tuai kecaman fans Internasional karena ada sebuah adegan yang dianggap rasis terhadap warna kulit.

Drama ini dinilai rasis karena Han Dal Sik digambarkan tidak bisa membedakan sebagai keturunan Nigeria atau Jamaika.

Isu rasis memang menjadi hal yang sangat sensitif. Apalagi drama ini tayang di tengah gerakan Black Lives Matter yang hangat diperbincangkan.

Baca Juga :

30+ Rekomendasi Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa 

Side Story yang Menarik

Honestly, aku pribadi lebih tertarik dengan kisah Dal Shik si penulis komik dewasa yang jatuh cinta dengan penggemar setianya, Aphrodite.

Dal Shik dan Geum Bi

Walaupun belum pernah ketemu, mereka selalu mengahabiskan waktu berjam-jam ditelepon sambil bertukar rayuan dan kata-kata mesra.

Rasanya lebih deg-degan nungguin mereka ketemu. Penasaran banget gimana reaksi Dal Shik kalau tau sosok Aphrodite yang dia cintai ternyata adalah Hwang Geum Bi (Seo Ye Hwa).

Pasti kocak banget sih! secara didunia nyata kedua orang ini nggak pernah akur, malah terkesan saling benci. Hahaha…

Dal Shik dan Geum Bi Moment

Pas nonton episode terakhir aku cukup surprise sih, nggak nyangka ternyata Dal Shik yang punya muka dan gaya berantakan kayak gitu aslinya chaebol, alias sultan cuy. Kebun dan tanahnya dimana-mana.

Udahlah, kalau aku jadi mbak Geum Bi langsung sikat aja. Wkwkwk

Selain kisah cinta Aphrodite dan Fire Volcano yang kocak, aku juga lebih tertarik sama hubungan orang tua Dae Hyun. Mereka kayak Tom & Jerry yang selalu berantem tapi saling sayang. Nah, gimana tuh?

Orang Tua Dae Hyun

Di drama ini, bapaknya Dae Hyun hobi foya-foya. Sedangkan emaknya kerja keras tapi nggak pernah menikmati hasil kerja kerasnya. Suka meratapi nasib dan menyesal karena menikah dengan suaminya yang miskin, padahal aslinya bucin akut sama sang suami.

Bukan Hanya Drama Komedi Romantis, Tapi Juga Drama Keluarga

Sejak episode pertama, drama Backstreet Rookie memang kental dengan unsur komedi romantis. Banyak adegan konyol dan absurd yang sukses bikin penonton tertawa.

Tapi nyatanya, backstreet rookie juga menampilkan drama keluarga. Ikut sedih pas adegan orang tua Dae Hyun yang direndahkan oleh keluarganya Yeon Joo. Secara, Dae Hyun ini cuma mas-mas kasir biasa, sedangkan pacarnya Yeon Joo adalah anak direktur. Kebayang kan jomplangnya gimana.

saet byul dan eun byul

Dari sisi Saet Byul juga kita bisa ikut merasakan bagaimana susahnya perjuangan seorang kakak yang harus jadi tulang punggung keluarga untuk menghidupi adiknya. Sampai-sampai dia harus rela putus sekolah hanya demi bekerja.

Hubungan orang tua Dae Hyun dan Saet Byul juga cukup menyentuh. Emaknya Dae Hyun ini baik banget, dia sudah menganggap Saet Byul seperti anaknya sendiri. Bahkan dia sempat marah saat tau Saet Byul pergi dari rumah tanpa izin.

saet byul dan ibu dae hyun

Jadi, buat kalian yang kemarin-kemarin kritik drama ini gak family friendly, coba ditonton lagi sampai habis. Siapa tau setelah baca review ini, perspektif kalian berubah.

Kesimpulan

Backstreet Rookie scane

Backstreet Rookie ini termasuk drama tersimpelnya Ji Chang Wook. Entah kenapa aku lebih suka dia main drama yang baku hantam. Lebih mantap dan lebih seru aja gitu.

Tapi cukup salut sih, Ji Chang Wook berani keluar dari zona nyaman dengan mengambil peran di drama ini. Kalau biasanya dia berperan jadi cowok cool, disini dia jadi cowok yang sikapnya kikuk tapi bikin gemess!

Drama Backstreet Rookie

Drama ini memang agak garing di beberapa episode pertama, tapi mulai ke pertengahan jadi berasa banget feel nya. Lumayan lah untuk mengisi waktu luang.

Well, kalau kalian lebih suka drama percintaan yang anti-mainstream misalnya kisah cinta antara manusia dan hantu, coba deh nonton Hotel Del Luna yang reviewnya juga bisa kalian baca disini.

Dijamin, pasti bakal ketagihan!

Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *