Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Review Drakor Hi Bye, Mama! – Cinta dan Kasih Ibu Sepanjang Masa

4 min read

Drama Korea Hi Bye, Mama

Kalau kamu mau nonton drama korea yang menguras air mata, Hi Bye Mama! adalah jawabannya. Dari judulnya saja sudah ketebak bahwa drama ini bakal mengandung banyak bawang.

Drama yang disiarkan melalui stasiun televisi tvN dan layanan streaming Netflix ini bercerita tentang Cha Yuri (Kim Tae Hee), sosok arwah yang diberi kesempatan hidup kembali.

Ia dihidupkan kembali selama 49 hari bukan untuk menjadi manusia seutuhnya, tapi untuk mengucapkan salam perpisahan kepada orang-orang yang ditinggalkannya.

Serial drama Hi Bye, Mama! disutradarai oleh Yoo Je Won dan naskahnya ditulis oleh Kwon Hye-Joo. Drama ini dibintangi sejumlah aktor ternama sekaligus menjadi drama comeback Kim Tae Hee setelah 5 tahun vakum dari dunia akting.

Tak hanya itu, drama Hi Bye Mama! juga menampilkan alur cerita yang sangat detail dan relate dengan kehidupan nyata. Dijamin, kamu gak akan bosan apalagi nyesel setelah menontonnya.

Sinopsis

Cha Yu Ri (Kim Tae Hee) adalah sosok arwah yang telah meninggal 5 tahun lalu akibat kecelakaan tragis yang menimpanya. Saat itu ia tengah hamil besar, untungnya sang bayi bisa diselamatkan meski ia harus meregang nyawa.

Kematian Yu Ri tentu membawa duka mendalam bagi orang-orang disekitarnya, terutama sang suami Cho Gang Hwa (Lee Kyu Hyung).

Cho Gang Hwa yang berprofesi sebagai dokter bedah thoraks bahkan tidak berani masuk ke ruang operasi karena selalu terbayang kematian istrinya. Ia sampai mendapat sanksi indisipliner berkali-kali dan nyaris dikeluarkan dari pekerjaannya.

Cho Gang Hwa ( Lee Kyu-Hyung)

Tak hanya itu, kematian Cha Yu Ri juga menjadi pukulan besar bagi kedua orang tuanya.

Meski berusaha terlihat tegar, sang ibu Jeon Eun Seok (Kim Mi Kyung) adalah orang yang paling bersedih dan belum bisa merelakan kematiannya. Sosok ibu yang dulu hangat, berubah menjadi beku sejak kematian Yu Ri.

Bahkan, sang ibu melarang ayah dan adiknya untuk bertemu dengan Gang Hwa dan anak Yu Ri, Seo Woo.

Baca Juga :

Bikin Baper dan Ngakak, 15+ Drama Korea Komedi Romantis yang Wajib Ditonton!

Ibu Yu Ri

Selama lima tahun kematiannya, arwah Yu Ri bergentayangan di sekitar orang-orang yang ia sayangi. Sampai suatu saat ia menyadari bahwa anaknya yang masih kecil bisa melihat hantu. Hal ini tentu dapat membahayakan nyawa anaknya, mengingat ia belum bisa membedakan mana hantu dan mana manusia.

Mengetahui itu Yu Ri menjadi marah kepada Dewa karena merasa tidak adil dengan hidupnya. Ibu mana yang tak sedih, jika harus meninggal lebih dulu tanpa bisa menyentuh apalagi memeluk anaknya.

Seo Woo

Sampai suatu hari, Yu Ri diberi kesempatan untuk hidup kembali selama 49 hari menjadi manusia. Setelah 49 hari, ia diharuskan memilih untuk kembali ke alam baka atau tetap hidup sebagai manusia bersama anak dan suaminya.

Tapi masalahnya, sang suami Cho Gang Hwa (Lee Kyu Hyung) sudah menikah lagi dengan perempuan lain. Lalu, apa keputusan yang akan Yu Ri ambil?

Karakter Tambahan

Suami Yu Ri, Gang Hwa telah menikah lagi dengan Oh Min Jung (Go Bo Gyeol), salah satu perawat yang juga adik kelasnya. Sayangnya, pernikahan mereka tidak begitu harmonis.

Gang Hwa yang belum bisa move on dari Yu Ri membuat Min Jung sangat terbebani selama berumah tangga. Satu-satunya alasan yang membuat ia bertahan adalah rasa sayangnya kepada Seo Woo.

Oh Min Jung

Kesedihan mendalam tak hanya dirasakan oleh suami dan keluarga Yu Ri, tapi juga dirasakan oleh sang sahabat Ko Hyeon Jung (Shin Dong Mi).

Yu Ri dan Ko Hyeon Jung adalah dua sahabat yang tak terpisahkan sejak masa kuliah. Meski Yu Ri telah meninggal, Ko Hyeon Jung masih terus merayakan hari ulang tahun Yu Ri. Bahkan, foto-foto kenangan mereka tak pernah dilepaskan dan selalu terpajang di dinding.

Ko Hyeon Jung (Shin Dong Mi)

Ada satu lagi karakter yang bisa disebut sebagai ‘nyawa hiburan’ dalam cerita. Tanpa karakter ini, serial drama Hi Bye, Mama! bakal sangat membosankan karena terlalu dipenuhi cerita sedih yang menyayat hati.

Ia adalah Kye Keun Sang (Oh Eui Sik), suami Ko Hyeon Jung sekaligus sahabat dekat Kang-Hwa. Kepribadian Keun Sang yang hangat, receh, dan punya kepercayaan diri tinggi selalu dapat mencairkan suasana.

Kye Keun-Sang (diperankan Oh Eui-Sik)

Bisa dibilang drama korea Hi Bye, Mama! ini paket komplit. Setelah dibuat sedih dengan cerita yang menyesakkan, kamu bakal dibuat ngakak sendiri persis kayak orang gila. Hahah….

Kenapa Harus Nonton Hi Bye, Mama?

1. Jalan cerita yang tak biasa

Hi Bye, Mama! menggambarkan sebuah keajaiban, dimana orang yang sudah mati bertahun-tahun bisa hidup kembali.

Drama ini tak hanya menceritakan kehidupan karakter utamanya, tapi juga kisah para arwah yang masih menyimpan sesal dan kesedihan pada keluarga mereka.

Setelah nonton drama ini, kita akan sadar bahwa masih bisa bernafas dan hidup didunia adalah suatu keberuntungan. Karena setelah mati, kita tidak bisa menangis, tertawa, menggenggam, dan memeluk orang yang kita sayang, sebesar apapun keinginan kita.

Hi Bye, Mama

2. Menggambarkan besarnya kasih sayang ibu

Berhasil menguras air mata sejak episode pertama, drama Hi Bye, Mama! menggambarkan betapa besarnya kasih sayang seorang ibu yang tak lekang oleh waktu.

Meski sudah beda alam sekalipun, seorang ibu tak akan pernah putus untuk mencintai anaknya. Seperti halnya cinta Yu Ri kepada putrinya, Seo Woo.

Review Hi Bye, Mama

Jangan lupakan juga sosok Oh Min Jung. Meski hanya ibu tiri, Min Jung begitu tulus menyayangi Seo Woo. Ia yang merawat Seo Woo sejak kecil, mengajaknya bermain, dan mengantarnya ke sekolah.

Tanpa pamrih, Min Jung tetap mencintai Seo Woo meski harus bertahan dengan sikap sang suami yang belum melupakan mantan istrinya. Sosok ibu tiri yang luar biasa baik nih, gak kayak di kartun cinderella atau sinetron Indonesia. Hahah…

Review drakor hi bye, mama

3. Membawa banyak pesan moral

Drama Hi Bye, Mama! mengajarkan kita bahwa semua orang punya hidup yang sangat berharga. Manfaatkan waktu sebaik mungkin, karena kematian tidak pernah tertebak kapan datangnya.

Jangan pula memendam beban sendirian. Tak masalah jika kamu menyimpan kesedihan di masa lalu, tapi harus tetap ingat bahwa hidup terus berjalan dan saatnya kamu menatap masa depan.

Dari sosok Yu Ri juga kita belajar untuk tidak menjadi manusia yang serakah dan egois. Jangan mementingkan kebahagiaan diri sendiri dan mengabaikan penderitaan orang lain.

Moment Hi Bye, Mama!

4. Pemeran Seo Woo ternyata laki-laki

Ada fakta mengejutkan saat drama ini tayang, yaitu sosok Seo Woo yang menjadi anak perempuan Yu Ri ternyata diperankan oleh aktor anak laki-laki bernama Seo Woo-Jin.

Meski laki-laki, Woo-Jin terlihat sangat natural saat memerankan karakter anak perempuan berusia enam tahun. Kecil-kecil cabe rawit sih ini!

Alasan yang membuat Woo-Jin dipilih karena wajahnya yang cukup mirip dengan masa kecil Kim Tae-Hee, yang berperan sebagai ibu kandungnya.

Aktor Seo Woo

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Hi Bye Mama! merupakan judul yang sangat mempresentasikan keseluruhan jalan cerita. Tak ada satupun peran jahat dalam drama ini, sehingga penonton cukup sulit untuk memihak ke siapa.

Mau dukung Yu Ri buat kembali sama keluarganya, tapi kasihan juga sama Mi Jung yang tulus banget ke anak tirinya. Biar adil harusnya Gang Hwa poligami aja, jadi kan nggak ada yang sedih nantinya. Hahah…

But, ending drama ini sudah sangat tepat dan paling realistis. Semua orang kembali ke takdir masing-masing tanpa penyesalan dan kesedihan akibat sebuah perpisahan.

Baca Juga :

30+ Rekomendasi Drama Korea Terbaik 2020

Moment Hi Bye, Mama

Hi Bye, Mama ending

Pokoknya recommended banget deh!

Satu lagi nih, buat kamu yang punya hati gampang tersentuh dan mudah baperan, mending siapin handuk biar nggak membuang tisu terlalu banyak. Karena sejak episode pertama pun, drama ini sudah menguras banyak air mata.

Cukup sekian dan terima kasih.

Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *