Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Drama Korea Terbaik 2019

7 min read

The Psychometric Guy

Seperti tahun sebelumnya, tahun 2019 juga tak luput dengan deretan drama korea terbaik yang cukup populer dan berhasil meraih rating tinggi.

Drama korea ini terdiri dari berbagai genre, mulai dari romance, komedi, action, fantasy, thriller, sampai horor.

Tak hanya menyajikan plot cerita yang menarik, selalu ada makna-makna kehidupan yang bisa kamu ambil dari setiap serial drama korea.

Nah, berikut rekomendasi drama korea terbaik 2019 yang telah kami rangkum untuk para pecinta K-drama. Kamu sudah nonton yang mana aja?

1. Hotel Del Luna

Hotel Del Luna

 

Serial drama Hotel Del Luna yang dibintangi IU dan Yeo Jin Goo ini sempat trending dan menjadi salah satu drama korea terbaik di tahun 2019.

Hotel Del Luna bercerita tentang sebuah hotel hantu. Yup hotel ‘hantu’, tempat dimana para arwah beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke alam baka.

Pemilik hotel itu adalah seorang perempuan bernama Jang Man Wol (IU). Dia dihukum menjaga hotel dan tak bisa kembali ke alam baka karena kesalahannya dimasa lalu. Punya sifat yang angkuh, boros, dan suka menghamburkan uang untuk belanja barang-barang mahal.

Selama menjalankan hotel, Jang Man Wol dibantu oleh manajer manusia, salah satunya bernama Ku Chan Seong (Yeo Jin Goo). Sikap jaim keduanya lama-lama menumbuhkan cinta, meski tahu jika mereka tidak mungkin bersatu karena beda dunia.

Bagaimana kisah mereka selanjutnya?

2. Extraordinary You

Extraordinary You

Diadaptasi dari webtoon, serial drama korea berjudul ‘Extraordinary You’ dibintangi oleh Kim Hye Yoon (Dan Oh), Lee Jae Wook (Baek Kyung) dan Rowoon (Haru).

Extraordinary You bercerita tentang karakter kecil dalam komik bernama Dan Oh yang diperkirakan akan menghilang.

Karena tidak terima karakternya dihilangkan, Dan Oh berusaha mengubah kisahnya untuk menjadi tokoh utama dan berakhir bahagia.

Nah, buat kamu yang suka drama tentang percintaan sekolah, maka serial ‘Extraordinary You’ sangat sayang jika dilewatkan.

3. Vagabond

Vagabond

Drama korea ‘Vagabond’ mengangkat kisah konspirasi politik dan ekonomi dibalik kecelakaan pesawat yang menewaskan 200 penumpang.

Memiliki rating tinggi hingga 13% menjadikan serial ini layak masuk jajaran drama korea terbaik 2019 yang wajib kamu tonton.

Apalagi akting laga Lee Seung Gi dan kepiawaian Bae Suzy serta Shin Sung Rok sangat patut untuk diacungi jempol.

4. When the Camellia Blooms

When the Camellia Blooms

 

When the Camellia Blooms, menceritakan kisah seorang pendatang baru di kawasan Ongsan. Keberadaannya menjadi perbincangan karena ia merupakan ibu tunggal yang memiliki seorang putra.

Disana, ia terlibat hubungan rumit dengan tiga laki-laki yang memiliki latar belakang berbeda. Mulai dari seorang polisi, seorang pengusaha sekaligus politikus, dan atlet.

Tak hanya kental dengan suasana romansa, drama ini juga dibumbui genre komedi yang membuatnya semakin menarik untuk ditonton.

Serial drakor ‘When the Camellia Blooms’ mencapai rating tertinggi hingga 23,8 persen hanya dengan 16 episode saja.

5. Sky Castle

Sky Castle

Sky Castle jadi salah satu drama korea terbaik 2019 yang dibintangi oleh Yum Jung-Ah, Yoon Se-Ah, Lee Tae Ran, Oh Na Ra, dan Kim Seo Hyung.

Drama ini mengangkat kisah keluarga sosialita yang punya ambisi besar tentang pendidikan anak-anaknya.

Mereka bisa melakukan apa saja demi mendapatkan nilai terbaik bagi anak-anaknya. Mulai dari menyewa guru les privat, sampai melenyapkan nyawa siapapun yang dianggap menjadi penghalang.

Alih-alih sukses, hal ini justru membawa banyak tekanan yang membuat setiap keluarga menyimpan kisah pilunya sendiri.

6. Angel’s Last Mission

Angel's Last Mission

Satu lagi drama korea fantasi terbaik 2019 yang wajib kamu tonton adalah serial Angel’s Last Mission.

Drama ini menceritakan tentang misi terakhir malaikat Dan untuk membuat Yeon Soo menemukan cinta sejatinya. Yeon Soo adalah seorang balerina yang sebelumnya tak percaya akan cinta.

Jika misi ini berhasil, maka malaikat Dan bisa kembali ke surga dengan tenang. Namun, kebersamaan mereka justru membuat dia jatuh cinta kepada Yeon Soo.

Lalu, bagaimana kelanjutan kisah cinta terlarang antara sang malaikat dengan balerina?

7. Arthdal Chronicles

Arthdal Chronicles

Meski sama-sama berbau kekuasaan, Arthdal Chronicles jelas berbeda dengan drama saeguk. Jika drama sageuk mengangkat dinasti Joseon, drama ini mengambil latar waktu pada masa sejarah kuno.

Dibintangi sederet aktor hits seperti Song Joong Ki, Kim Ji Won, dan Jang Dong Gun.

Arthdal Chronicles mengisahkan seseorang bernama Eun son yang dianggap sebagai anak terkutuk. Namun, anak ini ternyata mampu menjadi penakluk Asadal sehingga membuatnya terseret ke politik kekaisaran.

Disisi lain, ada seorang pahlawan suku Seondeok bernama Ta Gon yang ahli dalam strategi. Ia punya ambisi kuat untuk menjadi Raja Asadal.

8. Fiery Priest

Fiery Priest

Nah, jika kamu suka nonton drama action yang dibumbui adegan-adegan kocak, maka ‘Fiery Priest’ adalah jawabannya.

Drama yang dibintangi oleh Kim Nam Gil dan Lee Ha Nui ini bercerita tentang seorang detektif dan jaksa penuntut yang bekerja sama untuk menyelesaikan kasus pembunuhan yang melibatkan seorang pastor senior.

Drama korea Fiery Priest terakhir tayang pada April 2019 dan mendapatkan rating tinggi sampai 24,7 persen.

9. VIP

VIP

‘VIP’ bercerita tentang sekelompok pekerja yang melayani orang-orang kaya dalam berbelanja, atau yang biasa disebut personal shopper.

Park Sung-joon (Lee Sang-yoon) merupakan tim manajemen VIP yang punya istri seorang wakil ketua tim bernama Na Jung-sun (Jang Na-ra).

Tak hanya dihadapkan peliknya pekerjaan, pasangan itu juga menghadapi kasus tak terduga yang membuat rumah tangga mereka berantakan setelah Park Sung Joon berselingkuh dengan rekan setimnya.

Drama korea yang tayang pada oktober 2019 ini berhasil meraih rating tertinggi hingga 17,7 % di episode terakhirnya.

10. Love Alarm

Love Alarm

Drama korea ‘Love Alarm’ bercerita tentang kecanggihan teknologi yang dapat mengubah banyak hal dalam hidup, salah satunya yaitu JoAlarm.

JoAlarm adalah aplikasi pendeteksi cinta. Ia akan berdering dan memberi notifikasi jika ada orang yang menyukai pemiliknya dalam jarak 10 meter.

Dalam drama juga diceritakan hubungan cinta segitiga antara siswa SMA pengguna JoAlarm, yaitu Kim Jo Jo, Hwang Sun Oh, dan Lee Hye Young.

Serial drakor satu ini mendapat cukup banyak apresiasi, bahkan akan segera merilis Love Alarm season 2 di tahun 2020 ini.

11. The Tale of Nokdu

The Tale of NokduThe Tale of Nokdu bercerita tentang Jeon Nok-Du, seorang pemuda yang tinggal di sebuah pulau bersama ayah dan kakak laki-lakinya.

Sampai suatu hari menjadi sasaran pembunuhan, dia mengejar salah satu pembunuh hingga ke desa janda dan menyamar sebagai seorang wanita.

Dari sinilah, Jeon Nok-du bertemu dengan Dong Dong Ju yang ingin membalas dendam kepada sang raja dan berusaha membunuhnya.

Drama yang dibintangi oleh Jang Doo Yoon dan Kim So Hyun ini meraih rating hingga 8,2 % dan menjadi salah satu drama korea terbaik 2019 yang layak ditonton.

12. Melting Me Softly

Melting Me Softly

 

Melting Me Softly menjadi drama comeback Ji Chang Wook setelah menyelesaikan wajib militer. Mengusung genre komedi romance dengan sentuhan misteri, drama ini berhasil meraih rating 7,8/10.

Melting Me Softly bercerita tentang seorang pria bernama Ma Dong Chan dan seorang wanita bernama Go Mi Ran yang mengikuti proyek pembekuan manusia selama 24 jam.

Awalnya semua berjalan lancar, namun berubah menjadi kacau setelah Profesor Hwang tewas akibat kecelakaan. Padahal tak ada yang tau cara mencairkan pembekuan tersebut selain Profesor Hwang.

Setelah sekian lama, Dong Chan dan Mi Ran tiba-tiba bangun dari pembekuan dalam kondisi lemah.

Ternyata mereka telah membeku selama 20 tahun dan tidak menua sama sekali. Bagaimana kelanjutan ceritanya?

13. The Last Empress

The Last Empress

Dibintangi oleh Jang Na Ra, Shin Sung Rok, dan Choi Jin Hyuk, serial drakor ‘The Last Empress’ meraih rating tertinggi mencapai 18,9 %.

Drama ini mengangkat intrik politik istana yang diatur oleh monarki konstitusional pemerintah Korea masa kini.

Jang Na-Ra berperan sebagai Oh Ssu-Ni, seorang aktris musikal yang memiliki kepribadian ceria. Tiba-tiba dia dinikahi Kaisar Lee Hyuk yang ternyata punya niat buruk kepadanya.

Di istana, Oh Ssu-Ni jatuh cinta kepada pengawal keluarga kekaisaran bernama Na Wang-Sik. Na Wang-Sik datang ke istana untuk membalas dendam kepada Kaisar Lee Hyuk karena terlibat atas kematian ibunya.

14. Her Private Life

Her Private Life

Her Private Life mengisahkan perjalanan cinta seorang Seon Deok Mi (Park Min Young) dengan Ryan Gold (Kim Jae Wook) yang memulai cinta keduanya saat mengelola Cheum Museum of Art.

Deok Mi adalah seorang kurator galeri seni yang menjadi fans berat dari anggota grup idol bernama Cha Sian. Saking cintanya pada Cha Sian, ia bahkan sering bertengkar dan putus dengan kekasihnya.

Sementara, Ryan Gold adalah direktur baru di galeri seni tempat Deok Mi bekerja. Ryan dulunya seorang pelukis terkenal namun memutuskan untuk berhenti melukis.

Saat mengetahui Deok Mi adalah penggemar Cha Sian dan diam-diam menjalankan web fansite untuknya, saat itulan Ryan tertarik dengan kehidupan seorang Seon Deok Mi.

15. Secret Boutique

Secret Boutique

Secret Boutique merupakan drama yang fokus pada kehidupan Jenny Jang, seorang perempuan miskin yang bekerja di pemandian umum kawasan Gangnam.

Sampai suatu hari, ia diterima untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga sebuah keluarga konglomerat.

Dari sinilah semua dimulai, perjuangan untuk bertahan hidup dengan meraih kesuksesan, kekuatan, dan upaya balas dendam.

Dilansir dari data Nielsen Korea, drama genre thriller yang tayang di SBS ini meraih tinggi 5,5 % sampai 6,6 %.

16. Never Twice

Never Twice

Never Twice merupakan drama akhir pekan yang dibintangi oleh Kwak Dong-yeon, Ye Ji-Won, Oh Jo-ho, Park Se-wan, dan Yoon Yeo-jung.

Mereka memerankan karakter dengan latar belakang yang berbeda-beda, namun memiliki satu tujuan yang sama.

Never Twice bercerita tentang ragam bentuk pengunjung di suatu penginapan bernama Paradise Inn. Kebanyakan dari mereka mengalami kegagalan di masa lalu dan ingin berjuang bangkit untuk memperbaikinya.

Drama korea bergenre romance komedi ini meraih rating 8 % sampai 9,4 %, dilansir berdasarkan Nielsen Korea.

17. So I Married an Anti-fans

So I Married an Anti-fans

 

So I Married an Anti-fans bercerita tentang kisah cinta kocak yang terjadi antara selebriti top dengan reporter majalah yang berubah menjadi anti-fan alisa haters.

Lee Geun Young, wartawan hiburan yang membenci artis Ho Joon setelah ia dipecat karena mencoba untuk mengungkap rahasianya.

Sampai suatu saat seorang PD meminta Geun Young membintangi sebuah reality show dengan konsep bintang top tinggal bersama haters-nya.

Geun Young yang kesulitan secara finansial akhirnya menerima tawaran tersebut. Ha Joon juga terpaksa menerima tawaran itu untuk memperbaiki citra-nya di depan publik.

Meski awalnya terpaksa dan memberikan kesulitan satu sama lain, waktu yang dihabiskan bersama sedikit demi sedikit membuat mereka saling tertarik.

18. The Psychometric Guy

The Psychometric Guy

Bercerita tentang Yi Ahn (Jinyoung GOT7), seorang pemuda yang memiliki kekuatan supranatural dimana ia bisa mengetahui rahasia seseorang hanya dengan menyentuhnya.

Saat menyentuh seseorang, Yi Ahn akan melihat ingatan dan segala sesuatu tentang orang tersebut hanya dalam waktu 3 detik saja.

Disisi lain, ada seorang gadis bernama Yoon Jae In (Shin Ye Eun) yang memiliki banyak rahasia dan luka menyakitkan di masa lalu.

Usaha Yoon Jae In untuk menyembunyikan semua lukanya diperumit oleh kehadiran Yi Ahn dengan kekuatan supranatural yang dimilikinya.

19. Touch Your Heart

Touch Your Heart

 

Serial drama ‘Touch Your Heart’ bercerita tentang kisah kehidupan seorang artis populer bernama Oh Yoon Seo yang terkenal karena kecantikannya, namun punya akting yang buruk.

Suatu hari, Oh Yoon Seo mendapat tawaran menjadi pemeran utama dengan memerankan karakter sebagai sekretaris pengacara.

Untuk mendalami peran, ia bekerja selama beberapa bulan di sebuah firman hukum tempat Kwon Jung Rok bekerja.

Awalnya, Kwon Jung Rok memang terpaksa membiarkan Yeon Soo bekerja sebagai sekretarisnya. Namun, kebersamaan yang terjalin justru membuatnya menaruh hati kepada sang artis.

20. Mother of Mine

Mother of Mine

Bertema keluarga, drama korea ‘Mother of Mine’ sangat cocok ditonton bersama keluarga saat masa karantina seperti sekarang.

Drama ini mengisahkan perjuangan seorang ibu tunggal yang membesarkan tiga putrinya sendirian dengan menjalankan sebuah restoran kecil.

Sampai akhirnya ketiga putrinya tumbuh dewasa, hubungan mereka mengalami konflik-konflik kecil untuk menguji keharmonisan keluarga.

Mother of Mine yang tayang pada bulan agustus 2019 ini berhasil meraih rating tertinggi dengan rata-rata 27,08 %.

21. Dazzling

Dazzling

Serial drama yang dibintangi Nam Joo Hyuk, Kim Hye Ja, Han Ji Min, dan Son Ho Jun ini mengusung cerita bergenre fantasi romance.

Dazzling bercerita tentang Kim Hye Ja (Han Ji Min) dan Lee Joon Ha (Nam Joo Hyuk) yang hidup di dua waktu berbeda.

Kehidupan Han Ji Min berjalan dengan cepat hingga ia menjadi tua tanpa bisa menikmati hidupnya. Sedangkan, Lee Joon Ha adalah seorang pria yang suka bermalas-malasan dan menyia-nyiakan hidupnya.

Di sisi lain Son Ho Jun, seorang pria yang hidupnya tak terpengaruh waktu dan selalu muda. Sentuhan fantasi dalam drama ini sangat menarik untuk ditonton.

22. Romance Supplement

Romance Supplement

 

Satu lagi drama korea terbaik 2019 yang wajib kamu tonton adalah ‘Romance Supplement’.

Serial drama tvN ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris top seperti Lee Jong Suk yang dipasangkan dengan Lee Na Young.

Romance Supplement menceritakan kisah seorang copywriter berbakat (Lee Na Young) yang harus berjuang karena bakatnya selalu tidak diakui.

Sementara itu, Lee Jong Suk berperan sebagai kepala editor termuda yang ternyata juga seorang jenius di dunia sastra.

23. Abyss

Abyss

Abyss mengisahkan seorang jaksa wanita yang cantik dan seorang pria yang berpenampilan biasa-biasa saja.

Setelah kejadian misterius, penampilan mereka berdua berubah 360 derajat, dimana si wanita jadi tampil biasa dan si pria berubah menjadi sangat tampan.

Tak hanya penampilan yang berubah, kejadian itu juga membuat keberuntungan dan hidup mereka berdua berubah drastis.

Drama yang tayang pada semester pertama 2019 ini dibintangi oleh Park Bo Young, sekaligus menjadi pertanda comeback-nya lewat drama tvN.

24. Dear Citizens

Dear Citizens

Choi Siwon memastikan comebacknya di layar kaca lewat drama ‘Dear Citizens’. Dalam drama ini, ia beradu akting dengan Kim Min Jung dan Lee Yoo Young.

Drama korea bergenre komedi kriminal ini mengisahkan seorang penipu ulung (Choi Siwon) yang menikah dengan polisi wanita (Lee Yoo Young) dan tiba-tiba berakhir menjadi calon anggota dewan.

Plot cerita yang diusung drama ini sudah pasti sangat menarik untuk ditonton.

25. Big Issue

Big Issue

 

Big Issue diperankan dua bintang besar seperti Joo Jin Mo dan Han Ye Seul.

Drama ini bercerita tentang seorang fotografer bernama Han Seok Joo yang kehilangan segalanya termasuk pekerjaan dan keluarga hanya karena sebuah foto.

Saat menjadi paparazi dia bertemu dengan JI Soo Hyun, seorang kepala editor terkenal yang mampu mengungkap setiap skandal selebriti.

26. Tower of Babel

Tower of Babel

Tower of Babel adalah drama korea melodrama tentang seorang Jaksa penuntut yang melakukan penyelidikan untuk menemukan kebenaran terkait kematian ayahnya.

Suatu hari, dia menjadi jaksa dalam kasus yang melibatkan artis papan atas sebagai tersangka utama dalam pembunuhan suaminya.

Drama korea ‘Tower of Babel’ sangat cocok untuk kamu penyuka serial drama dengan konflik-konflik yang berat.

Yup, itulah deretan drama korea terbaik di tahun 2019 yang wajib banget kamu tonton sendiri maupun bersama keluarga.

Temukan artikel-artikel menarik lainnya seputar drama korea hanya disini ya!

Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea