Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Drama Korea Terbaik 2018

8 min read

Radio Romance

Tahun 2018 banyak sekali serial drama korea yang sangat menarik untuk ditonton dengan berbagai genre dan plot cerita.

Mulai dari romance, komedi, fantasi, thriller, sampai horor sekalipun bisa kamu pilih sesuai genre favoritmu.

Nah, buat para pecinta K-drama atau kamu yang lagi demam korea, berikut kami rangkum deretan drama korea terbaik 2018 yang sangat sayang jika dilewatkan.

Penasaran, yuk intip selengkapnya di bawah ini.

1. What’s Wrong With Secretary Kim

What's Wrong With Secretary Kim

What’s Wrong With Secretary Kim merupakan salah satu serial drama romance terbaik di tahun 2018.

Sesuai judul, drama ini mengangkat kisah cinta seorang CEO tampan yang kaya dan sombong dengan sekretarisnya yang sudah 9 tahun bekerja.

Tak hanya membuat baper penonton, adegan-adegan komedi yang terselip dalam setiap episodenya juga menjadi bumbu dalam cerita.

Serial drama korea yang diperankan oleh Park Seo Joon dan Park Min Young ini mendapat rating cukup tinggi antara 8,6/10.

2. My ID is Gangnam Beauty

My ID is Gangnam Beauty

Diangkat dari webtoon populer berjudul sama, ‘My ID is Gangnam Beauty’ bercerita tentang seorang wanita yang melakukan operasi plastik karena sering diejek berwajah jelek.

Tapi, bukannya mendapat respon baik, semua orang justru mengolok-oloknya sebagai gadis operasian. Sampai akhirnya ia bertemu dengan pria tampan yang tak terlalu memikirkan soal paras seseorang.

Drama korea ‘My ID is Gangnam Beauty’ ini dibintangi oleh Im Soo-hyang, Cha Eunwoo, Kwak Dong-yeon, dan Jo Woo-ri.

3. Mr. Sunshine

Mr. Sunshine

Mr. Sunshine adalah salah satu drama tvN yang ditulis oleh Kim Eun Seok, penulis naskah drama Goblin serta Descendants of The Sun.

Bergenre kolosal, drama ini mengambil setting pada tahun 1800-an. Bercerita tentang Eugene Choi, seorang tentara Amerika yang jatuh cinta pada wanita Joseon bernama Go Ae Shin.

Di sana, Eugene Choi bekerja sama dengan Go Ae Shin untuk menyelamatkan Joseon dari jajahan Jepang.

Tak hanya menyajikan kisah yang menarik, warna budaya yang ditampilkan dalam drama ini juga membuat kamu betah menontonnya.

4. My Mister

My Mister

Dibintangi penyanyi cantik IU sebagai Lee Ji An dan Lee Sun Gyun sebagai Park Dong Hoon, serial drama ‘My Mister’ menceritakan kisah pria dan wanita dengan segala permasalahan kehidupan sampai menemukan kebahagiaan yang berhak mereka miliki.

Park Dong Hoon, seorang pria mapan berusia 40 tahun yang terlihat baik-baik saja dengan kehidupannya. Namun, dibalik itu semua ia menyimpan masalah yang sangat berat.

Sedangkan Lee Ji An adalah seorang anak magang berusia 20-an yang punya kisah hidup traumatis.

5. The Guest

The Guest

Drama korea tak melulu soal kisah percintaan yang romantis dan dramatis, ada juga serial drama yang bisa membuatmu tegang di setiap episodenya, contohnya ‘The Guest’.

The Guest adalah serial drama misteri yang menyuguhkan cerita tentang kejahatan yang dilakukan oleh makhluk supranatural.

Diceritakan seorang pastor katolik bekerja sama dengan detektif dan seorang cenayang untuk memecahkan kasus-kasus misteri ini.

Serial drama ‘The Guest’ juga dibumbui cerita-cerita horor yang membuatnya makin menarik untuk ditonton.

6. The Beauty Inside

The Beauty Inside

Dibumbui unsur fantasi, drama korea ‘The Beauty Inside’ bercerita tentang seorang wanita bernama Han Se Gye yang bisa berganti-ganti wajah setiap bulan menjadi orang yang berbeda.

Han Se Gye sendiri merupakan seorang aktris yang dikenal sebagai pembuat onar dan memiliki banyak rumor. Hidupnya pun penuh dengan misteri.

Sampai suatu saat ia bertemu dengan Seo Do Jae, seorang eksekutif muda di sebuah perusahaan penerbangan yang tidak bisa mengingat wajah orang. Satu-satunya wajah yang dia ingat adalah wajah Han Se Gye.

Kisah cinta keduanya yang diwarnai dengan unsur-unsur komedi sangat menarik untuk diikuti.

7. Terius Behind Me

Terius Behind Me

Bercerita tentang Kim Bon (So Ji-Sub), seorang mantan anggota NIS (National Intelligence Service) yang menjadi buronan.

Ia memutuskan untuk bersembunyi setelah gagal menyelesaikan misi yang membuatnya kehilangan karir sebagai agen rahasia sekaligus kehilangan wanita yang ia cinta.

Di masa pelarian, Kim Bon tinggal di apartemen yang bersebelahan dengan single mother bernama Go Ae-rin yang ternyata suaminya tewas karena hal tak wajar.

Kim Bon pun berpura-pura menjadi pengasuh anak kembar Go Ae-rin untuk melindungi mereka secara diam-diam.

8. 100 Days My Prince

100 Days My Prince

Dibintangi oleh D.O EXO dan Nam Ji Hyun, ‘100 Days My Prince’ bercerita tentang seorang putra mahkota yang mengalami amnesia.

Selama 100 hari menghilang dari istana, ia dirawat oleh seorang perawan tua di era Joseon bernama Hong Shim.

Tanpa tau jika ia adalah putra mahkota, pangeran Lee Yool dan Hong Shim dipaksa menikah untuk menyelamatkan desa dari bencana dan kekeringan.

Karena saat itu masyarakat percaya bahwa kesengsaraan dan bencana alam yang terjadi di desa adalah akibat dari perawan tua yang belum menikah.

9. Thirty But Seventeen

Thirty But Seventeen

Woo Seo Ri mengalami koma selama 13 tahun. Saat bangun dari koma, ia kaget karena mendapati dirinya sudah berusia 30 tahun.

Tak hanya kehilangan masa muda, ia juga kehilangan kontak dengan keluarga yang sudah merawatnya. Bahkan, rumah yang ditempati telah dihuni oleh orang lain bernama Gong Woo Jin.

Karena kasihan, akhirnya Gong Woo Jin mengizinkan Woo Seo Ri tinggal di rumahnya. Hari-hari yang dilewati bersama ternyata membuat perasaan cinta muncul di antara keduanya.

Bagaimana kelanjutan kisah mereka saat rahasia masa lalu mulai terungkap? Ikuti juga perjalanan Woo Seo Ri menemukan 13 tahun hidupnya yang hilang.

10. Eulachacha Waikiki

Eulachacha Waikiki

Eulachacha Waikiki bisa dianggap sebagai salah satu drama korea dengan genre komedi terbaik di tahun 2018.

Dijamin, drama ini akan membuatmu terpingkal-pingkal di setiap episodenya.

Drama ‘Eulachacha Waikiki’ berawal dari 3 sahabat yang menjalankan sebuah guest house. Kehidupan mereka yang tenang berubah saat seorang bayi perempuan ditinggalkan di guest house tersebut.

Tak hanya menayangkan unsur komedi yang membuatmu tertawa, drama ini juga mengajarkan arti perjuangan dan pengorbanan dalam mengejar sebuah mimpi.

11. Return

Return

Return merupakan drama mini series yang tayang di channel SBS. Return juga menjadi salah satu drama korea terbaik 2018 dengan rating tertinggi mencapai 17,7 %.

Drama ini bercerita tentang pengacara Choi Ja-Hye yang bekerja sama dengan detektif temperamen bernama Dokgo Young untuk mengungkap kasus pembunuhan seorang wanita.

Dalam kasus ini, ada empat pria yang menjadi tersangka dimana semuanya adalah pria kaya dari kalangan elit.

Meski mendulang kesuksesan, drama ini juga memiliki kontroversi. Dikabarkan sang sutradara berselisih paham dengan Go Hyun Jung, sampai akhirnya SBS mengumumkan Go Hyun Jung mundur dari posisinya di return dan digantikan oleh Park Jin Hee.

12. Radio Romance

Radio Romance

Buat kamu yang suka nonton drama korea romantis dengan kisah cinta manis, ‘Radio Romance’ adalah jawabannya.

Radio Romance menyajikan kisah cinta antara seorang penyiar radio bernama Ji Su Ho (Yoon Doo Joon) dengan penulis skrip radio Song Geu Rim (Kim So Hyun).

Menariknya, Suho adalah pria yang disukai Song Geu Rim saat SMA dulu, tapi sekarang mereka berdua sudah tak saling kenal.

Meski usia pemainnya terpaut jarak 10 tahun, kamu tetap bisa merasakan baper berkepanjangan saat menyaksikan adegan-adegan romantis yang disajikan keduanya.

13. Something in The Rain

Something in The Rain

Satu lagi drama korea romantis tahun 2018 yang wajib banget kamu tonton adalah ‘Something in The Rain’.

Dibintangi oleh Jung Hae In dan Son Ye Jin, drama ini mengangkat kisah cinta antara wanita yang lebih tua dengan teman adik laki-lakinya.

Dalam drama, Son Ye Jin berperan sebagai Yoon A, wanita usia 30-an yang telah mengalami banyak pasang surut dalam percintaan.

Sedangkan, karakter Seo Joon Hae yang diperankan oleh Jung Hae In digambarkan sebagai sosok laki-laki yang charming dan mampu membuat siapapun jatuh cinta dengan senyumannya.

14. I am Not a Robot

I am Not a Robot

I am Not a Robot bercerita tentang seorang CEO perusahaan besar bernama Kim Min-kyu (Yoo Seung-hoo) yang menjalani hidupnya dengan rahasia besar.

Ia memiliki alergi yang sangat aneh, yaitu alergi bersentuhan dengan manusia. Karena inilah ia nggak pernah mau untuk berdekatan dengan manusia.

Namun, siapa sangka jika robot yang akan dites olehnya diganti dengan manusia karena baterainya error. Dari sinilah kisah cinta keduanya dimulai.

Serial drama yang rilis bertepatan dengan momen tahun baru 2018 ini menjadi salah satu drama korea favorit berkat ceritanya yang lucu dan sangat romantis.

15. A Poem A Day

A Poem A Day

Dari judulnya mungkin banyak orang yang menebak bahwa ‘A Poem A Day’ merupakan serial drama korea yang sangat romantis.

Padahal, drama yang tayang di tvN ini dipenuhi aksi komedi yang kocak abis. Dijamin, kamu pasti akan tertawa dengan banyak adegan lucu yang dilakukan semua pemainnya.

Meski begitu ‘A Poem A Day’ tetap mengusung kisah yang romantis kok. Drama ini juga dibumbui dengan kalimat-kalimat puisi yang sangat romantis.

16. Rich Man

Rich Man

Rich Man merupakan drama korea yang diadaptasi dari serial Jepang berjudul sama yang sudah tayang 2012 silam.

Drama yang dibintangi oleh Suho EXO dan Ha Yeon-soo ini menceritakan kisah cinta seorang CEO tampan nan jenius dengan seorang karyawannya.

Namun dibalik kesempurnaan sang CEO, ternyata ia menderita penyakit prosopagnosia dimana ia tidak mampu mengenali wajah seseorang.

Nah, buat para pecinta drama dengan karakter CEO wajib banget nonton ‘Rich Man’ ini.

17. Are You Human Too?

Are You Human Too

Drama science fiction, Are You Human Too? yang dibintangi Gong Seung Yeon dan Seo Kang Joon ini menyajikan adegan-adegan romantis bakal bikin kamu baper.

Bercerita tentang Nam Shin (Seo Kang Joon) yang mengalami kecelakaan, sampai akhirnya sang ibu membuatkan versi android dirinya.

Dari sinilah, ia bertemu dengan seorang pria yang dulunya bekerja sebagai bodyguard bernama Kang So Bong (Gong Seung Yoon).

Pertemuan keduanya membuat mereka semakin dekat satu sama lain sampai memiliki beberapa scene romantis yang menggetarkan hati.

18. Come and Hug Me

Come and Hug Me

Kisah bermula ketika Do Jin dan Han Jae Yi saling jatuh cinta saat mereka duduk dibangku SMA. Sayangnya, mereka terpaksa harus berpisah karena ayah Do Jin menjadi tersangka atas pembunuhan orang tua Jae Yi.

Sampai keduanya dewasa, Do Jin bekerja sebagai detektif sedangkan Jae Yi menjadi seorang aktris. Tak disangka takdir mempertemukan mereka kembali.

Meski sulit bersatu karena kesalahpahaman di masa lalu, benih-benih cinta antara keduanya tetap tumbuh seiring berjalannya waktu.

Pokoknya buat kamu pecinta melodrama, wajib banget nonton ‘Come and Hug Me’ yang tayang di MBC ini.

19. Memories of The Alhambra

Memories of The Alhambra

Memories of The Alhambra menjadi salah satu serial drama terbaik yang paling dinanti.

Mengusung genre suspense-romance romance, Drama yang dibintangi Hyun Bin, Park Shin Hye, dan Chanyeol EXO ini bakal menyuguhkan cerita yang berbeda.

Memories of The Alhambra bercerita tentang Yoo Jin Woo (Hyun Bin), seorang CEO yang pergi ke Spanyol untuk perjalanan bisnis dan terpaksa tinggal di sebuah hotel tua di Granada.

Pemilik hotel tersebut adalah seorang wanita ceria yang bercita-cita menjadi musisi klasik namun harus berakhir menjadi tulang punggung keluarga, namanya Jung Hee Joo (Park Shin Hye).

Jung Hee Joo punya adik laki-laki bernama Jung Se Joo yang diperankan oleh Chanyeol EXO. Ia adalah seorang programmer jenius yang suka hidup menyendiri.

Dalam drama ini, kamu akan diajak untuk menghadapi kejadian-kejadian misterius yang terjadi di hotel bersama orang-orang yang tinggal di sana.

20. Encounter

Encounter

Encounter bercerita tentang sepasang anak manusia yang dipertemukan oleh takdir. Keduanya memiliki latar belakang yang sangat berbeda sampai akhirnya saling jatuh cinta.

Tak hanya perbedaan latar belakang, rentang usia yang cukup jauh juga menjadi salah satu konflik dalam drama ini.

Drama yang berhasil meraih rating tertinggi sebesar 10,1 persen ini dibintangi oleh aktor dan aktris besar, yaitu Song Hye Kyo dan Park Bo Gum.

Tertarik untuk mengetahui kisah selanjutnya?

21. Third Charm

Third Charm

Menceritakan kisah Lee Young-Jae (Esom) dan On Joon-young (Seo Kang-Joon) yang terjebak kisah CLBK atau Cinta Lama Bersemi Kembali.

Setelah 12 tahun berpisah, mereka akhirnya bertemu kembali dengan latar belakang dan pekerjaan yang berbeda.

Kisah masa lalu yang belum usai antara keduanya membuat benih-benih cinta kembali tumbuh seiring berjalannya waktu.

Tak hanya menyajikan kisah cinta yang romantis dan realistis, chemistry yang kuat antara Seo Kang Joon dan Esom membuat drama ini makin menarik untuk ditonton.

22. Clean With Passion for Now

Clean With Passion for Now

Serial drama korea ‘Clean With Passion for Now’ diadaptasi dari web-comic yang berjudul sama. Drama ini termasuk hits dan laris dipasaran saat masa penayangannya.

Tak hanya menyajikan kisah romansa, drama yang dibintangi Kim Yoo Jung dan Yoon Kyun Sang ini juga dibumbui unsur komedi yang akan membuatmu tertawa di setiap episodenya.

Yoon Kyun Sang berperan sebagai CEO sebuah perusahaan kebersihan. Ia menderita misofobia, yaitu kecenderungan mudah jijik dengan segala sesuatu yang kotor.

Sedangkan, Kim Yoo Jung adalah karyawan yang selalu ceria. Ia bahkan tak pernah jijik meski harus bersentuhan dengan sesuatu yang kotor.

Perbedaan antara keduanya yang membuat cerita ini semakin menarik.

23. Switch

Switch

Bertema hukum dan kriminal, Switch bercerita tentang seorang penipu yang menggantikan seorang jaksa karena wajah kembar mereka.

Sa Do Chan, seorang penipu ulung yang bekerja sama dengan jaksa Baek Joon Soo dan Oh Ha Ra untuk mengungkap suatu kasus kriminal.

Menariknya, karakter penipu dan jaksa dalam drama ini diperankan oleh satu orang yang sama yaitu Jang Geun Suk.

Tak hanya itu, ‘Switch’ juga menghadirkan adegan-adegan aksi yang berkualitas dan visual yang tak membosankan.

Ceritanya yang penuh dengan plot-twist juga menjadi daya tarik tersendiri dari drama ini.

24. Lovely Horribly

Lovely Horribly

Lovely Horribly bercerita tentang Philip dan Eul Soon yang lahir di hari dan jam yang sama. Masalahnya, kesamaan itu justru membawa petaka bagi takdir keduanya.

Jika salah satunya bahagia, maka yang satunya tak akan bahagia. Jika salah satunya mendapat keberuntungan, maka yang satunya akan selalu mendapat kesialan.

Semasa kecil, Philip dan Eul Soon bertemu dalam suatu acara ritual buang sial. Disitu Philip mengambil kalung keberuntungan milik Eul Soon.

Akibatnya, Philip selalu mendapat keberuntungan semasa hidupnya sampai berhasil menjadi top star. Sedangkan Eul Soon selalu mengalami kesialan, bahkan karirnya sebagai penulis skenario drama tak ada kemajuan.

Sampai suatu hari sebelum usia keduanya 34 tahun, Philip dan Eul Soon kembali dipertemukan takdir dalam satu pekerjaan. Bagaimana kelanjutan kisahnya?

25. Room No 9

Room No 9

Bergenre thriller, Room No 9 memiliki cerita yang cukup pelik dimana dua orang wanita dapat bertukar tubuh.

Diceritakan seorang pengacara dari firma hukum terkenal bernama Eulji Hae Yi. Saat hendak mendapatkan promosi jabatan dari atasannya, ia malah bertukar tubuh dengan seorang terpidana yang akan dihukum mati.

Serial drama korea yang satu ini penuh dengan kejutan dan misteri. Jadi buat kamu yang bosan nonton drama itu-itu saja, coba nonton serial ‘Room No 9’ ini.

26. Familiar Wife

Familiar Wife

Familiar Wife bercerita tentang sepasang suami istri yang berakhir tak saling mengenal setelah sang suami, Cha Joo Hyuk (Ji Sung) punya kesempatan kembali ke masa lalu.

Tak ingin mengulangi masa depan yang menurutnya buruk, Joo Hyuk yang punya kesempatan pun memilih untuk menikahi cinta pertamanya yaitu Hye Won.

Namun siapa sangka, keputusan yang ia ambil justru membuatnya menyesal. Joo Hyuk baru sadar jika ia sangat mencintai istrinya Woo Jin yang tak tergantikan.

Mengubah takdir ternyata tak segampang yang ia kira. Bagaimana kelanjutan kisah mereka?

27. The Smile Has Left Your Eyes

The Smile Has Left Your Eyes

Bagaimana jika adik yang kamu sayang justru menjalin hubungan dengan seorang pria yang dianggap sebagai pembunuh?

Inilah yang terjadi pada detektif Yoo Jin Kook. Adiknya Yoo Jin Kang, bertemu dan jatuh cinta kepada Kim Moo Young, seorang pemuda yang diyakini sebagai tersangka pembunuhan.

Bagaimana kelanjutan kisah Yoo Jin Kang dan Kim Moo Young? Apakah Yoo Jin Kook akan memisahkan mereka berdua atau malah merestuinya?

Baca Juga :

21+ Rekomendasi Drama Korea di Tahun 2019 yang Bikin Gagal Moveon

Menurutmu, dari semua drama korea terbaik 2018 diatas, mana yang paling menarik untuk ditonton saat era New Normal seperti sekarang?

Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *