Home » Inspirasi » Rumah » Cantik ! 10 Inspirasi Desain Eksterior Interior Rumah Type 45

Cantik ! 10 Inspirasi Desain Eksterior Interior Rumah Type 45

Bergaya.ID – Desain eksterior interior rumah type 45 bisa divariasikan sedemikian rupa agar tampilan rumah lebih cantik dan terasa lapang meski dibangun di atas lahan yang terbatas. Makna rumah type 45 sendiri adalah rumah tersebut mempunyai luas 45 meter persegi. 

10 Inspirasi Desain Untuk Rumah Type 45

1. Bagian Fasad Rumah

Bagian Fasad Rumah Type 45

Dalam dunia properti, fasad rumah merupakan bagian sisi luar atau eksterior sebuah bangunan dan biasa dikenal sebagai bagian depan rumah.

Gambar di atas merupakan contoh bagian fasad rumah type 45 yang mempunyai taman dan juga carport atau tempat parkir untuk kendaraan mobil. 

Di samping bagian carport terdapat halaman berukuran sedang yang bisa kamu manfaatkan baik untuk menanam tanaman hias bunga ataupun tanaman sayur dan buah-buahan. Kamu juga bisa membangun pagar dari semen sebagai pembatas lahan.

2. Bagian Teras Rumah

Bagian Teras Rumah Type 45

Ini adalah desain eksterior interior rumah type 45 yang sangat cocok dipilih oleh kamu yang menyukai hal-hal berbau alam. Tepat di depan teras dibangun kolam renang ikan kecil dengan air yang terus mengalir. 

Kamu bisa menggunakan areal teras ini sebagai ruang untuk rekreasi dan menghirup udara sejuk. Meskipun areal teras ini kecil, namun kamu bisa mengaturnya dengan tepat dengan menambahkan ornament agar teras tampak lebih ciamik. 

3. Bagian Ruang Tamu

Bagian Ruang Tamu Rumah Type 45

Contoh desain ruang tamu di atas adalah contoh desain minimalis interior rumah type 45 yang banyak diterapkan ke rumah-rumah. Kamu bebas memilih tempat duduk baik dari sofa ataupun dari material lainnya tergantung tema yang ingin kamu hadirkan ke ruangan.

Kamu bisa menambahkan tanaman hias ke dalam ruang tamu yang ditanam di dalam pot putih untuk menambah kesan manis di dalam ruangan. Tambahkan pula karpet kecil di bawah meja agar bagian bawah tidak kosong. 

4. Desain Ruang Keluarga

Desain Ruang Keluarga

Desain ruang keluarga mungil di atas terdiri dari sofa untuk bersantai dengan meja lesehan kecil di tengah-tengahnya.

Kamu bisa menambahkan karpet bulu tebal di bawah meja sebagai tempat untuk bersantai sambil duduk lesehan. Terakhir tambahkan TV sebagai hiburan dan juga rak berisi buku dan aksesoris.

5. Desain Kamar Utama

Desain Kamar Utama Rumah Type 45

Kamar utama pada desain eksterior interior rumah type 45 biasanya berukuran 3×4 meter persegi maupun 3×3,5 meter persegi.

Salah satu cara untuk membuat kamar terasa lebih luas pada ruang sempit adalah dengan menggunakan ranjang lesehan dengan minim furniture di dalam kamar. 

6. Kamar Anak atau Kamar Mungil

Kamar Anak atau Kamar Mungil

Besar kamar untuk anak pada rumah type 45 di atas tidak terlalu besar.

Dengan penataan yang tepat serta pemilihan furniture multifungsi, maka ruangan tetap terasa nyaman ditempati. Model meja dapat dilipat ke dalam sehingga saat tidak digunakan ruangan bisa terasa lebih luas. 

7. Desain Dapur Minimalis

Desain Dapur Minimalis Type 45

Meski ukuran rumah terbatas, namun kamu tetap bisa memiliki dapur yang nyaman dengan memaksimalkan setiap inchinya. Model dapur di atas memiliki wastafel tempat cuci piring yang menempel langsung di dinding sekaligus kompor masak.

Penempatan furniture menempel di dinding adalah salah satu cara untuk memaksimalkan potensi ruangan terbatas. 

8. Desain Kamar Mandi Rumah Type 45

Desain Kamar Mandi Rumah Type 45

Contoh desain kamar mandi di atas menggunakan toilet duduk namun kamu bisa menggantinya dengan toilet jongkok sesuai keinginan. Di bagian sudut kamar mandi adalah tempat mandi menggunakan shower. 

Jika kamu tidak ingin menggunakan shower kamu bisa menggantinya dengan bak mandi kecil di bawah kran.

9. Desain Halaman Belakang

Desain Halaman Belakang Rumah Type 45

Salah satu desain eksterior interior rumah type 45 pada bagian halaman belakang seperti di atas bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai kamu dan keluarga.

Kamu bisa menggunakan halaman belakang baik sebagai tempat santai maupun tempat untuk bercocok tanam sayuran dan tanaman buah.

10. Desain Ruang Keluarga yang Menyatu dengan Ruang Makan

Desain Ruang Keluarga yang Menyatu dengan Ruang Makan

Desain ruangan di atas adalah salah satu desain yang paling banyak diterapkan di rumah type 45 minimalis yakni rumah keluarga dan ruang makan yang dibuat open plan alias terbuka tanpa penyekat.

Ruang keluarga yang terdiri dari sofa lembut langsung terhubung ke ruang makan berupa kursi tinggi dan meja.

Sementara di ujung ruang makan berupa dapur untuk masak. Keuntungan ruangan yang dibuat open plan adalah rumah terasa lebih luas.

Kamu bisa menggunakan dinding atau jendela kaca besar yang menghadap ke halaman kecil samping rumah dengan pagar tinggi.

Baca Juga :

Kamu yang mungkin sedang mendesain rumah pertama, desain eksterior interior rumah type 45 di atas bisa dijadikan sebagai inspirasi rumah impianmu. Tentu saja ada banyak rancangan desain rumah yang bisa kamu terapkan untuk menghasilkan tampilan rumah yang apik dan nyaman dihuni.

Semoga artikel diatas menginspirasi ya !

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment

x