Home » Inspirasi » Contoh Surat » Lengkap ! 7 Contoh Surat Rekomendasi untuk Berbagai Keperluan

Lengkap ! 7 Contoh Surat Rekomendasi untuk Berbagai Keperluan

Surat yang dibuat oleh pimpinan yang memiliki wewenang dalam memberikan keterangan baik dari organisasi atau surat pribadi, dinamakan surat rekomendasi. Untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa melihatnya pada beberapa contoh surat rekomendasi yang benar.

Sifat dari surat rekomendasi yaitu resmi sehingga bahasa yang dipakai pun formal dan baku. Secara umum surat ini dipakai untuk memberi rekomendasi pada seseorang dari pendidikan atau prestasi kerja yang dimilikinya. Surat ini bisa dibuat dalam bentuk file apa saja misalnya format file doc.

Manfaat Surat Rekomendasi

Manfaat Surat RekomendasiManfaat Surat Rekomendasi

Terkadang, surat rekomendasi juga menjadi salah satu persyaratan berkas yang diperlukan, misalnya untuk dokumen asdministratif yang sifatnya wajib. Ada beberapa fungsi dan manfaat dari surat rekomendasi ini, yang diantaranya yaitu:

  • Untuk penerima surat, kegunaan dari surat rekomendasi ini adalah untuk memberi dukungan secara moral karena karena isinya menunjukkan sisi baik dari penerima surat itu sendiri.
  • Sedangkan untuk pemberi surat, kegunaan surat rekomendasi adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan si penerima surat.

Jenis-Jenis Surat Rekomendasi

Berikut ini jenis dan contoh surat rekomendasi yang harus kamu tahu:

1. Surat Rekomendasi Kerja

Surat Rekomendasi Kerja

2. Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat Rekomendasi Beasiswa

3. Surat Rekomendasi dari Sekolah

Surat Rekomendasi dari Sekolah

4. Surat Rekomendasi Lomba

 

Surat Rekomendasi Lomba

5. Surat Rekomendasi Organisasi

Surat Rekomendasi Organisasi

6. Surat Rekomendasi Pindah Tugas

Surat Rekomendasi Pindah Tugas

7. Surat Rekomendasi Pembuatan Paspor

Surat Rekomendasi Pembuatan Paspor

Bagian dan Struktur Surat Rekomendasi

Bagian dan Struktur Surat Rekomendasi

Ada beberapa struktur yang secara umum terdapat pada surat rekomendasi, yaitu seperti di bawah ini:

  • Kepala Surat

Isinya berupa kop surat serta alamat lengkap yang ditambahkan dengan keterangan dan jenis surat atau tujuan dibuatnya surat tersebut.

  • Tubuh Surat

Isinya adalah informasi serta alasan yang jelas dari isi surat yang bisa ditambah dengan identitas seseorang yang dimaksud di dalam surat tersebut serta tujuannya.

  • Kaku Surat

Isinya adalah tentang tempat serta tanggal pembuatan surat dan juga pihak penanggung jawab surat yang nantinya akan menandatangani surat tersebut.

  • Stempel/cap

Dengan mengetahui beberapa contoh surat rekomendasi yang benar, manfaat dan juga struktur pembuatannya maka kamu bisa membuat surat rekomendasi yang tepat dan sesuai dengan tujuan dibuatnya surat tersebut.

Misalnya dalam membuat surat rekomendasi kepala sekolah atau contoh surat permohonan rekomendasi. Sehingga hasilnya pun sesuai dengan tujuan dibuatnya surat rekomendasi tersebut.

Baca Juga :

Nah, itulah tadi beberapa contoh surat rekomendasi untuk berbagai macam keperluan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga bermanfaat, ya !

About Puput Ariviana

Introvert yang suka drama korea

Leave a Comment