Home » Inspirasi » Contoh Surat » 10 Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Berbagai Kebutuhan !

10 Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Berbagai Kebutuhan !

Surat keterangan kerja atau yang disebut dengan paklaring adalah dokumen dari perusahaan untuk karyawan, yang menjadi bukti secara tertulis bahwa karyawan itu memiliki loyalitas pada perusahaan. Ada banyak contoh surat keterangan kerja yang bisa kamu jadikan rekomendasi.

Dalam surat keterangan kerja tersebut terdapat beberapa hal penting seperti posisi karyawan saat bekerja di perusahaan, dan juga lamanya waktu ia bekerja di perusahaan tersebut. Surat keterangan kerja biasanya akan diberikan setelah karyawan tersebut keluar dari perusahaan.

Apa itu Surat Keterangan Kerja?

Apa itu Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan pengalaman kerja atau surat keterangan bekerja adalah dokumen/surat yang dipakai oleh seseorang, dalam membuktikan atau memverifikasi pekerjaannya di suatu perusahaan baik yang sudah menjadi mantan karyawan ataupun yang saat itu masih bekerja.

Ketika seorang karyawan sudah tidak bekerja lagi di suatu perusahaan, maka ia bisa meminta surat keterangan kerja pada perusahaan di tempatnya bekerja sebelumnya. Biasanya surat keterangan ini diperlukan untuk kelengkapan persyaratan kerja, saat bekerja di perusahaan baru.

Surat keterangan tersebut gak hanya terbatas untuk mantan karyawan saja ya, tapi karyawan yang masih bekerja di perusahaan juga bisa meminta surat ini untuk kebutuhan lainnya. Misalnya untuk membuat visa Korea, melakukan pinjaman pada suatu bank, mengajukan beasiswa, dan sebagainya.

Surat keterangan kerja juga disebut sebagai bukti tertulis yang menandakan bahwa kamu memang bekerja ataupun pernah bekerja di suatu perusahaan. Namun kebanyakan karyawan yang meminta surat keterangan ini, adalah mereka yang ingin melamar kerja di tempat lain.

Dalam menulis surat keterangan kerja tidak ada aturan baku mengenai format penulisannya, karena biasanya akan disesuaikan lagi dengan kebijakan di perusahaan masing-masing.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Jadi, apa saja sih fungsi dan kegunaan dari surat keterangan kerja? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Memperlihatkan Kinerja dan PHK dengan Baik

Isi dari surat keterangan ini biasanya meliputi data diri atau penilaian pada karyawan secara umum. Maka surat keterangan tersebut isinya berupa informasi yang berhubungan dengan kinerja dari karyawan itu sendiri.

Mulai dari ia bekerja di perusahaan tersebut sampai ia mengundurkan diri dari perusahaan. Surat keterangan kerja juga bisa digunakan oleh pekerja kontrak.

Kamu harus memiliki attitude yang baik selama bekerja, dan keluar dari perusahaan dengan baik-baik tanpa adanya masalah apapun untuk bisa memperoleh paklaring tersebut.

2. Sebagai Apresiasi dari Perusahaan

Walaupun penilaian yang terdapat pada surat keterangan kerja hanyalah kata/kalimat ringkas saja, tetapi hal itu menunjukkan sikap profesional dari karyawan tersebut. Artinya perusahaan memberi apresiasi penuh pada karyawannya dengan baik.

3. Bukti Resmi dari Pengalaman Bekerja

Apabila kamu adalah seorang karyawan yang ingin memiliki pengalaman lain dalam bekerja dengan pindah dari perusahaan lama, maka surat ini juga bisa menjadi bukti dari pengalaman kerja kamu yang sifatnya resmi.

Jika dilihat dari segi perusahaan itu sendiri, perusahaan yang memberikan surat keterangan kerja pada mantan karyawannya adalah perusahaan yang memiliki kredibilitas yang baik.

4. Untuk Kepentingan Administratif

Surat keterangan kerja juga tak hanya dipakai untuk melamar kerja di perusahaan baru saja.

Namun untuk kamu yang masih bekerja, bisa meminta surat keterangan kerja dengan format dan juga isi dari surat tersebut yang agak berbeda dengan surat keterangan kerja saat karyawan resign.

Surat keterangan bagi karyawan yang masih bekerja biasanya dipakai sebagai kelengkapan administrasi, dalam mengurusi segala hal yang berhubungan dengan jaminan sosial misalnya seperti BPJS.

Surat keterangan kerja juga biasanya diperlukan untuk mereka yang akan membuat kartu kredit, mendaftar NPWP, atau mengajukan pinjaman dana di Bank.

5. Syarat Administratif Pada Saat Dilakukan Perekrutan

Fungsi lain dari surat keterangan kerja ini adalah pada saat surat ini diperlukan untuk salah satu persyaratan administratif, untuk proses rekruitment pada perusahaan yang baru. Surat ini juga telah menjadi tolak ukur dalam hal penilaian pengalaman bekerja.

Selain itu surat keterangan ini juga bisa kamu pakai untuk melengkapi syarat administratif pada saat kamu meneruskan pendidikan. Baik dengan menggunakan biaya pribadi, beasiswa, ataupun dari perusahaan tempat kamu bekerja.

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Surat Keterangan Kerja

Hal-Hal yang Harus Ada dalam Surat Keterangan Kerja

Dalam membuat surat keterangan kerja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan dicantumkan di dalamnya, yaitu:

  • Kop surat yang meliputi kontak perusahaan, logo, alamat, dan nama perusahaannya.
  • Perihal dan nomor surat.
  • Keterangan tanggal yang disesuaikan dengan waktu pembuatan surat dengan penempatan tanggal baik di bawah maupun di atas. Tanggal juga bisa disimpan bagian bawan sebelum kamu menuliskan tanda tangan.
  • Keterangan identitas yang meliputi jabatan, nomor kotak dari pemimpin perusahaan, nama, dan alamat dari orang yang membuat surat pernyataan.
  • Tak hanya dari pemimpin yang paling tinggi saja, tanda tangan yang dibubuhkan juga bisa dilakukan oleh pemimpin dari HRD. Hal itu disesuaikan dengan kebijakan yang dimiliki masing-masing perusahaan.
  • Keterangan penilaiannya berasal dari kinerja karyawan itu sendiri atau orang yang memberi pernyataan. Tuliskan juga alasan mengapa kamu keluar dari perusahaan apabila surat keterangannya keluar saat karyawannya resign.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Mari simak beberapa contoh surat keterangan kerja, sebagai referensi terbaik kamu saat akan membuat surat keterangan tersebut:

1. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Surat keterangan kerja untuk visa Jepang atau untuk visa apapun tentu harus dibuat dalam bahasa Inggris, karena akan diberikan pada pihak negara yang kamu tuju saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa

2. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Paspor

Hampir sama dengan kebutuhan akan pembuatan surat keterangan kerja untuk visa, keterangan kerja untuk paspor juga masih berkaitan dengan perjalanan ke luar negeri.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Paspor

3. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Sama dengan nama jenis surat keterangannya, surat ini ditujukan untuk kebutuhan pinjaman KPR ke salah satu bank yang bersangkutan.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

4. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk NPWP

Fungsi dan kegunaan NPWP untuk saat ini sudah banyak sekali, tak heran jika banyak orang yang membuatnya. Dalam pembuatannya, mungkin saja kamu memerlukan surat keterangan kerja yang menunjukkan bukti bahwa kamu memang bekerja di suatu perusahaan.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk NPWP

5. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Bank

Biasanya surat keterangan kerja yang ditujukan pada Bank adalah untuk kebutuhan pembuatan rekening Bank, tapi bisa juga untuk pengajuan pinjaman pada Bank terkait.

Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Bank

6. Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan

Jenis surat keterangan yang dibuat oleh perusahaan tujuannya bisa berupa apa saja, misalnya untuk membuat rekening di suatu Bank atau karena karyawannya resign. Surat ini formatnya juga beragam, misalnya berupa format doc atau pdf.

Supaya lebih spesifik, cantumkan juga nomor KTP pada surat keterangan kerja tersebut.

Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan

7. Surat Keterangan untuk Kuliah

Untuk contoh surat yang satu ini, berkaitan dengan karyawan yang meminta izin tidak mengikuti perkuliahan dikarenakan harus bekerja. Surat keterangan kerjanya dibuat oleh perusahaan di mana ia bekerja.

Surat Keterangan untuk Kuliah

8. Surat Keterangan untuk Kerja

Surat keterangan yang satu ini bisa dibuat di microsoft word, yang tujuannya bisa untuk melamar pekerjaan baru. Isi dari surat ini yaitu keterangan mengenai berapa lama si karyawan bekerja.

Cantumkan juga kapan ia mulai bekerja dan tanggal terakhir ia bekerja di perusahaan tersebut.

Surat Keterangan untuk Kerja

9. Surat Keterangan Kerja Untuk Buka Rekening Bank

Contoh surat keterangan kerja lainnya yang bisa kamu jadikan referensi adalah keterangan kerja untuk keperluan membuka rekening bank. Cantumkan juga nama bank yang kamu tuju dan apa saja kebutuhan pembukaan rekening itu.

Kamu juga bisa menggunakan surat keterangan ini untuk kebutuhan pinjaman atau pengajuan pinjaman ke bank. Tuliskan jabatan kamu dan berapa lama bekerja di perusahaan tersebut.

Surat Keterangan Kerja Untuk Buka Rekening Bank

10. Surat Keterangan Kerja Bahasa Inggris

Untuk contoh yang satu ini, jangan lupakan grammar dan struktur penulisan suratnya ya, karena bisa saja penulisannya berbeda dengan standar surat keterangan kerja di Indonesia pada umumnya.

Surat Keterangan Kerja Bahasa Inggris

Dari sekian banyaknya contoh surat keterangan kerja di atas, kamu bisa memilih contoh surat yang paling pas dengan keperluan kamu dalam membuat surat keterangan kerja tersebut. Masih banyak lagi jenis surat keterangan kerja lainnya yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Namun format dan cara penyusunannya kurang lebih sama saja, yang membedakannya hanya tujuan dari dibuatnya surat keterangan tersebut karena surat keterangan ini dibuat untuk berbagai macam keperluan di kehidupan sehari-hari.

About Puput Ariviana

Introvert yang suka drama korea

Leave a Comment