3 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit. Semua Bagian!

Friday, November 20th, 2020 - Contoh Surat

Apabila kamu merupakan lulusan jurusan kesehatan, maka berkarir di rumah sakit tentu menjadi salah satu impianmu. Untuk dapat berkarir di rumah sakit, hal pertama yang harus dikuasai adalah membuat surat lamaran yang benar seperti contoh surat lamaran kerja di rumah sakit di bawah ini.

Surat lamaran kerja yang ditulis dengan benar dan tepat menjadi salah satu hal yang sangat menentukan lulus tidaknya kamu saat melamar pekerjaan.

Penulisan surat lamaran kerja yang salah dan tidak sesuai kaidah Bahasa Indonesia akan membuat penyeleksi lamaran memutuskan tidak memilih kamu.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan di Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan di Rumah Sakit

Jika kamu bermaksud untuk melamar posisi pekerjaan sebagai bidan di rumah sakit, maka contoh format di atas merupakan format yang tepat. Pada contoh format surat di atas, pelamar menuliskan biodata singkat meliputi nama lengkap, pendidikan terakhir, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, dan nomor telepon.

Setelah menuliskan biodata diri dengan singkat, pelamar pekerjaan kemudian menuliskan maksud dan tujuan penulisan surat, yaitu untuk mendapatkan pekerjaan sebagai bidan. Hal ini dapat kamu lihat dari kalimat, “bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di RSU Harapan Bunda”.

Pada contoh surat lamaran kerja di rumah sakit di atas, penulis tidak menyebutkan dokumen administratif apa saja yang turut dilampirkan di dalam berkas aplikasi. Hal ini sah-sah saja dan dibenarkan. Pelamar pada surat tersebut hanya menjelaskan bahwa ia turut melampirkan kelengkapan administratif.

Bagian terakhir adalah penutup surat lamaran pekerjaan. Kalimat penutup pada surat lamaran kerja hampir sama dengan kalimat penutup berbagai surat lainnya. Pada bagian ini tunjukkan bahwa kamu benar-benar berharap untuk dapat bergabung sebagai anggota.

Tuliskan pula rasa terimakasih atas pertimbangan dan perhatian yang diberikan oleh para panitia seleksi lamaran pekerjaan. Terakhir bubuhkan tanda tangan dan nama terang pada surat tersebut.

Baca Juga contoh cv fresh graduate tanpa pengalaman.

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit Bagian Administrasi

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit Bagian Administrasi

Selain melamar pekerjaan sebagai tenaga bidan ataupun tenaga kesehatan lainnya di rumah sakit, kamu yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang kesehatan juga bisa melamar pekerjaan di bagian administrasi.

Bidang administrasi rumah sakit terdiri dari admin bagian pendaftaran yang bertugas melayani pasien yang baru masuk. Selain itu ada pula bagian administrasi keuangan untuk pencatatan arus kas harian rumah sakit secara umum.

Format untuk menulis surat lamaran kerja bagian administrasi rumah sakit hampir sama dengan surat lamaran kerja bagian lainnya. Pertama-tama kamu harus memberikan salam pembuka dan kepada siapa surat itu ditujukan. Dalam hal ini, tulis bahwa surat ditujukan kepada kepala rumah sakit.

Apabila pada informasi lowongan pekerjaan sudah dituliskan kepada siapa surat itu ditujukan, maka ikuti yang tertera pada informasi lowongan. Selanjutnya beri salam pembuka “Dengan Hormat”.

Kemudian tuliskan biodata singkat dari pelamar pekerjaan meliputi nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, nomor telepon, dan pendidikan terakhir. Kemudian jelaskan dari mana kamu memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan tujuan dari surat tersebut.

Jika memungkinkan jelaskan sedikit mengenai diri kamu di surat seperti kepribadian dan pengalaman. Selanjutnya tuliskan daftar dokumen yang turut kamu lampirkan pada surat lamaran pekerjaan. Dokumen yang biasanya dilampirkan adalah salinan KTP, ijazah, transkrip, SKCK, sertifikat profesi dan lainnya.

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit sebagai Perawat

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit sebagai Perawat

Surat lamaran kerja merupakan salah satu bentuk surat resmi sehingga ada kaidah yang mengatur tata cara penulisannya termasuk struktur di dalamnya.

Penggunaan tata bahasa Indonesia yang baku dan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah salah satu syarat membuat surat lamaran kerja.

Struktur pada surat lamaran kerja terdiri dari:

  1. Tempat serta tanggal ditulisnya surat
  2. Perihal atau hal
  3. Alamat tujuan penulisan surat
  4. Salam pembuka
  5. Identitas singkat pelamar
  6. Tujuan surat
  7. Isi surat
  8. Keterangan mengenai lampiran berkas
  9. Penutup
  10. Tanda tangan penulis surat atau pelamar

Agar surat lamaran kerja kamu lebih menarik perhatian, sebaiknya tuliskan pula kelebihan dan pengalaman singkatmu pada bagian isi surat. Tuliskan dimana kamu bekerja sebelumnya dan apa yang membuatmu menjadi pilihan yang tepat bagi rumah sakit.

Misalnya kamu bisa menuliskan bahwa sebelumnya saya bekerja di klinik A. Di klinik tersebut saya belajar nilai profesionalitas dan disiplin.

Saya yakin, pribadi disiplin dan profesional sangat dibutuhkan terutama di bidang kesehatan mengingat bahwa bidang ini sangat berkaitan dengan nyawa seseorang.

Lihat juga Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar.

Dengan mempelajari beberapa contoh surat lamaran kerja di rumah sakit, diharapkan kamu dapat membuat surat lamaran kerja di rumah sakit yang tepat. Surat lamaran kerja yang dibuat dengan benar memiliki peluang untuk lolos dibandingkan surat lamaran kerja yang salah dalam penulisannya.