Home » Inspirasi » Contoh Surat » 15 Contoh Invoice untuk Berbagai Keperluan. Disertai Penjelasan

15 Contoh Invoice untuk Berbagai Keperluan. Disertai Penjelasan

Contoh Invoice Tagihan – Dalam dunia bisnis, invoice merupakan salah satu bagian penting yang harus disiapkan. Terutama untuk kalian yang baru memulai bisnis dan berkutat dengan segala macam transaksi jual beli atau penyedia layanan jasa, wajib tahu tentang apa invoice ini.

Mungkin sebagian orang masih asing dengan apa itu invoice. Oleh karena itu, kita akan mengulas lebih dalam mengenai pentingnya invoice serta contoh-contoh invoice lengkap dengan fungsi dan penjelasannya.

Apa itu Invoice?

Contoh Invoice

Invoice atau yang disebut juga dengan faktur adalah lembar transaksi yang dilengkapi dengan nama barang, jumlah, harga, dan tanggal pembelian barang, yang dibuat oleh penjual dan harus dibayar oleh pembeli atau pelanggan.

Transaksi yang dicatat dalam invoice adalah bukti transaksi penjualan secara kredit. Biasanya, invoice dibuat menjadi 3 rangkap untuk fungsi yang berbeda-beda.

  • Lembar pertama untuk pelanggan yang telah melunasi tagihan.
  • Lembar kedua untuk penjual yang digunakan sebagai arsip bagian penjualan.
  • Lembar ketiga untuk laporan bagian keuangan.

Dalam hal transaksi jual beli, keberadaan invoice ini dinilai sangat penting untuk mengetahui apa saja barang dan jasa yang telah dibeli oleh pelanggan, sehingga mempermudah perhitungan laba yang didapat.

Bagi orang awam, invoice mungkin mirip dengan nota. Meski keduanya jelas memiliki perbedaan, namun biasanya badan usaha yang masih konvensional sering menggunakan nota sebagai pengganti invoice.

15 Contoh Invoice untuk Berbagai Keperluan Bisnis

1. Contoh Invoice Penagihan

Invoice penagihan biasanya dikeluarkan penjual apabila tagihan telah jatuh tempo, namun pelanggan belum juga membayarnya. Invoice penagihan terdiri dari tiga bagian, yaitu awalan, isi, dan akhiran.

Selain berisi daftar nama barang, jumlah, dan total harga yang harus dibayar, dalam invoice penagihan wajib menyertakan nama penjual atau perusahaan, alamat, dan nomor kontak perusahaan.

Dan jangan lupa untuk menuliskan tenggat waktu pembayaran, sebagai pengingat bagi pelanggan agar tagihan dapat dilunasi tepat waktu.

Contoh Invoice Penagihan

2. Contoh Invoice Penjualan

Invoice penjualan atau sales invoice adalah bukti transaksi yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Invoice ini biasanya diberikan kepada pembeli bersamaan dengan pengiriman barang.

Invoice penjualan juga sering dijadikan bukti bahwa pembeli masih berhutang atau belum membayar barang yang dibelinya kepada penjual.

Contoh Invoice Penjualan

3. Contoh Invoice Jasa

Sesuai namanya, invoice ini dikeluarkan untuk bukti pembayaran sesuatu yang bersifat jasa, seperti jasa desain, penerjemah, pelatihan, dan bentuk jasa lainnya.

Dari segi format atau struktur, Invoice jasa memang lebih sederhana dibanding invoice penjualan barang. Berikut hal-hal yang harus ada dalam invoice jasa :

  • Identitas penyedia jasa (nama perusahaan, alamat, dan nomor ponsel).
  • Identitas pengguna jasa (nama, alamat, alamat atau institusi, dan nomor ponsel).
  • Tanggal invoice dibuat dan tenggat waktu pembayaran.
  • Keterangan jasa yang diberikan, jumlah (jika ada), harga, dan total biaya yang harus dibayar klien.
  • Catatan tambahan jika dibutuhkan, bisa ditulis dibagian bawah invoice.

Contoh Invoice Jasa

4. Contoh Invoice Pembayaran

Invoice pembayaran menjadi bukti bahwa pembeli atau klien sudah membayar semua biaya tagihan secara lunas.

Invoice pembayaran barang dan jasa itu sama, bedanya invoice pembayaran barang lebih detail karena mencantumkan nama barang, jumlah, harga, dan total biaya yang harus dibayar.

Contoh Invoice Pembayaran

5. Contoh Invoice Perorangan ke Perusahaan

Invoice perorangan untuk perusahaan adalah jenis invoice yang diberikan seseorang kepada perusahaan yang menggunakan jasanya. Sangat penting untuk kamu yang bekerja sebagai freelancer.

Dalam invoice ini, harus ada detail pekerjaan dan biaya yang kamu ajukan. Selain itu, wajib tulis nama perusahaan yang akan dikirimkan invoice lengkap dengan nomor rekeningmu, nomor NPWP, dan tenggat waktu pembayaran.

Contoh Invoice Perorangan ke Perusahaan

6. Contoh Invoice Hotel

Kalau kamu sering menginap di hotel, pasti tidak asing dengan invoice semacam ini. Invoice hotel dikeluarkan saat tamu hendak check-in sebagai bukti pemesanan kamar hotel.

Dalam invoice hotel, lengkap tertulis jumlah kamar yang dipesan dan tambahan pajak yang harus dibayar. Setelah melakukan pembayaran, barulah pihak hotel akan memberikan kwitansi sebagai bukti transaksi.

Contoh Invoice Hotel

7. Contoh Invoice Sewa Alat

Bukan hanya saat membeli barang atau jasa, invoice juga bisa dikeluarkan saat kita meminjam alat-alat dari pihak lain.

Invoice semacam ini dibuat agar menjadi bukti dan jaminan bahwa kita benar-benar bertanggung jawab saat meminjam alat tersebut dan akan membayar sesuai harga yang telah ditentukan.

Dalam invoice sewa alat, biasanya tertulis detail nama barang atau alat yang disewa, jumlah, dan biaya sewanya. Selain itu, ada juga tenggat waktu agar pembayaran tidak jatuh tempo.

Contoh Invoice Sewa Alat

8. Contoh Invoice DP

Dalam dunia transaksi jual beli, ada sistem pembayaran DP atau down payment yang juga dikenal dengan nama uang muka. Pembayaran DP ini juga wajib dimasukan dalam invoice.

Dengan adanya invoice DP, penjual dan pembeli sama-sama tahu berapa sisa tagihan yang harus dilunasi dan tenggat waktu pelunasan sebelum jatuh tempo.

Contoh Invoice DP

9. Contoh Invoice Travel

Invoice travel dikeluarkan oleh pemilik jasa travel yang berisi tujuan perjalanan, jumlah tiket, tanggal perjalanan, biaya yang harus dibayar dan tenggat waktu untuk pelunasan.

Invoice travel ini akan kamu dapat jika memesan tiket pesawat terbang atau paket travel dan tur perjalanan dengan tujuan tertentu.

Contoh Invoice Travel

10. Contoh Invoice Melalui Email

Selain diberikan langsung, sekarang invoice juga bisa dikirim dalam bentuk softcopy melalui email. Sama seperti invoice pada umumnya, terdapat detail barang atau jasa, jumlah tagihan, batas waktu, dan cara pembayaran.

Dengan adanya invoice digital semacam ini, tentu sangat membantu bagi mereka yang berada jauh antar pulau.

Contoh Invoice Melalui Email
11. Contoh Invoice Sederhana

Sesuai namanya, contoh invoice yang satu ini memiliki format yang sederhana namun memuat semua informasi penting yang dibutuhkan.

Mulai dari identitas customer, tanggal pembuatan invoice, daftar barang, jumlah, harga, dan total tagihan yang harus dibayar. Invoice semacam ini sangat cocok untuk jual beli barang di toko.

Contoh Invoice Sederhana

12. Contoh Invoice Jasa Konsultan

Invoice jasa konsultan biasanya dibuat oleh perusahaan atau perseorangan yang membuka jasa layanan konsultasi.

Format invoice ini juga tak jauh berbeda dengan invoice pada umumnya. Terdapat detail jasa yang diberikan, harga yang harus dibayar, tenggang waktu, dan no rekening penyedia jasa.

Contoh Invoice Jasa Konsultan

13. Contoh Invoice Barang

Pada dasarnya, invoice barang sama saja dengan invoice jasa. Bedanya, invoice barang lebih detail karena berisi nama barang, jumlah, harga satuan barang, dan total biaya yang harus dibayarkan.

Invoice barang biasanya dikeluarkan oleh pemilik toko kepada para pembeli.

Contoh Invoice Barang

14. Contoh Invoice Tagihan Proyek

Bisnis proyek pembangunan juga membutuhkan invoice sebagai surat tagihan yang diberikan kepada klien, baik untuk pembayaran DP ataupun pelunasan.

Contoh Invoice Tagihan Proyek

15. Contoh Invoice Sewa Mobil

Perusahaan atau pemilik jasa rental mobil juga sangat disarankan membuat invoice untuk tanda bukti kepada para pelanggan atau penyewanya.

Dengan adanya invoice ini, penyewa akan lebih bertanggung jawab dalam hal pembayaran sesuai tagihan.

Contoh Invoice Sewa Mobil

Baca Juga :

Nah, itulah deretan contoh invoice yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan bisnis. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua ya!

About Puput Ariviana

Introvert yang suka drama korea

Leave a Comment