Home » Teknologi » 6 Cara Membuat Stiker WA Sendiri dengan Mudah

6 Cara Membuat Stiker WA Sendiri dengan Mudah

Cara membuat stiker wa – WhatsApp memang sedang gencar-gencarnya melakukan update fitur, termasuk fitur stiker yang dapat dinikmati oleh pengguna Android maupun iOS sehingga aktivitas chatting semakin menarik dan lebih ekspresif.

Tak hanya menggunakan stiker yang sediakan oleh WhatsApp, pengguna juga dapat menambahkan stiker buatan sendiri loh. Cara membuat stiker WA pun sangat mudah. Kamu hanya perlu download beberapa aplikasi seperti aplikasi edit foto dan aplikasi untuk mengunggah stiker ke WhatsApp.

Aplikasi editing foto seperti Background Eraser dan PicsArt kamu butuhkan untuk menghapus latar belakang foto, menambahkan kata-kata, atau menambahkan kreasi lainnya. Sementar aplikasi Personal Sticker for WhatsApp digunakan untuk memasukan stiker yang telah diedit ke akun WhatsApp kamu.

Selain gratis, stiker WhatsApp juga bisa dicopy atau disalin oleh pengguna lain. Jadi, kalau kamu mendapat stiker yang dikirimkan orang lain terlihat lucu dan menarik, kamu bisa langsung menyimpannya ke daftar koleksi stiker milikmu.

Cara Membuat Stiker WA dengan Foto Sendiri

Aplikasi Pembuat Stiker WA

Masih penasaran dengan cara membuat stiker WA di iPhone atau Android? Tenang saja, kali ini kami akan membagikan tips & trik membuat stiker WA dengan mudah. Namun, sebelum itu pastikan jika WhatsApp mu sudah di-update ke versi terbaru dan memiliki fitur stiker di dalamnya. Langsung saja, berikut caranya:

1. Download Aplikasi Pembuat Stiker WA

Sebelum membuat stiker WA sendiri kamu harus mengunduh download aplikasi pembuat wa di Google Play Store atau App Store.

Ada banyak aplikasi edit stiker yang bisa kamu coba. Namun, pilihan terbaik adalah aplikasi yang memiliki fitur hapus background, menambahkan tulisan, dan upload stiker ke WhatsApp.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pembuat WA yang bisa kamu unduh.

  • PicsArt
  • Personal Sticker for WhatsApp
  • Background Eraser.

Aplikasi diatas bisa kamu download dan install secara gratis.

2. Siapkan Foto yang ingin Dibuat Stiker

Langkah pertama kamu harus mempersiapkan foto yang ingin dibuat menjadi stiker. Kamu bisa buat stiker WA dengan wajah sendiri, teman, saudara, pacar, maupun artis idola. Siapkan 3 foto atau lebih karena WhatsApp mewajibkan pengguna untuk mengunggah minimal 3 foto yang dapat ditambahkan ke aplikasi.

3. Hapus Background Foto

Dalam membuat stiker wa, sangat disarankan untuk menghapus background foto terlebih dahulu. Kamu bisa gunakan aplikasi editing yang ada di Play Store seperti “Background Eraser”. Berikut cara penggunaanya:

  • Download dan install aplikasi Background Eraser jika belum ada.
  • Buka aplikasi lalu klik Load a Photo, kemudian pilih foto yang ingin diedit.
  • Crop gambar untuk mempermudah proses menghapus background, kemudian klik Done.
  • Selanjutnya, kamu bisa hapus background dengan opsi manual maupun magic. Caranya tinggal gunakan jari untuk usap bagian background foto yang ingin dihapus.
  • Selesai, langsung klik Done lalu Save.

Pastikan jika foto yang sudah kamu edit disimpan dalam format PNG agar bisa memiliki background yang transparan.

4. Menambahkan Teks

Jika ingin stiker terlebih lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan kata-kata yang sesuai dengan ekspresi di foto. Kamu bisa gunakan aplikasi Background Eraser atau aplikasi lain seperti PicsArt untuk menambahkan teks. Berikut ini caranya:

  • Tekan ikon (+) kemudian masukan foto yang telah dihapus backgroundnya.
  • Pilih opsi Teks, lalu tulis kata-kata yang kamu inginkan.
  • Jika sudah selesai, langsung simpan gambar.

5. Memasukan dan Memberi Nama Stiker

Setelah fotomu selesai diedit dan siap dijadikan stiker, selanjutnya buka aplikasi Personal Sticker for WhatsApp. Jika belum punya, kamu bisa langsung download dan install di Play Store.

Buka aplikasi kemudian cari opsi “Create Sticker Pack”. Beri nama sticker pack-mu lalu masukkan semua gambar yang tadi diedit ke dalam sticker pack. Pilih Save Sticker atau simpan stiker untuk langkah selanjutnya.

6. Mengunggah Stiker ke WhatsApp

Langkah terakhir untuk menambahkan stiker yang telah kamu buat ke dalam WhatsApp adalah dengan klik tombol “Add”. Secara otomatis, semua stiker akan tersimpan di WhatsApp dan bisa langsung digunakan untuk menemani keseruan chatting mu.

Untuk menyimpan stiker buatan orang lain, klik Save to Favorite. Dan untuk mengakses stiker milik orang lain yang telah kamu simpan, klik ikon bergambar bintang dan kamu akan menemukan semua stiker yang telah difavoritkan.

Nah, itulah cara membuat stiker WA sendiri. Sangat mudah bukan? Sayangnya, untuk membuat stiker bergerak atau stiker yang dapat mengeluarkan suara, aplikasi WhatsApp belum menyediakan fitur tersebut. Jadi, cukup nikmati stiker dari foto-foto lucu saja ya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment