Home » Teknologi » 15 Aplikasi Edit Foto PC Ringan Terbaik. Cocok untuk Pemula!

15 Aplikasi Edit Foto PC Ringan Terbaik. Cocok untuk Pemula!

Buat kamu yang sedang belajar edit foto di PC, kamu bisa belajar dengan menggunakan beberapa aplikasi edit foto PC yang telah Bergaya.ID rangkum berikut ini supaya hasil foto kamu jadi makin instagramable.

Kalau kamu seorang pemula di dunia edit foto, kamu tetap bisa melakukan edit foto layaknya profesional dengan bantuan beragam aplikasi edit video yang telah banyak tersedia walau untuk pemula sekalipun.

Selain mudah digunakan, software edit foto PC kini tersedia secara gratis sehingga kamu ngga perlu lagi merogoh kocek uang untuk belajar edit foto. Dan juga saat ini ada banyak aplikasi edit foto PC ringan sehingga tidak jadi masalah buat kamu yang punya PC dengan spek terbatas.

Berikut 15 rekomendasi aplikasi edit foto PC terbaik yang bisa kamu coba.

15 Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Rekomendasi aplikasi foto PC terbaik pertama yang bisa kamu jadikan alat untuk belajar edit foto adalah Adobe Photshop.

Siapa yang tidak tahu Photoshop ? Aplikasi editing foto ini sudah dipakai jutaan fotografer dan desainer grafir profesional diseluruh dunia.

Adobe Photshop punya segudang fitur dan filter yang bisa kamu gunakan untuk membuat fotomu jadi makin keren.

Kamu bisa melakukan adjusment image untuk memutihkan wajah, membuat text profesional, menambahkan filter menarik, menambah shape, dan masih banyak lagi elemen yang bisa membuat foto kamu jadi totalitas untuk diupload ke feed instagram.

2. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Rekomendasi software edit foto di PC berikutnya adalah Adobe Lightroom yang juga populer dikalangan selebgram maupun fotografer profesional.

Meskipun Adobe Lightroom punya interface yang simple dan ngga sedetail Adobe Photoshop, namun Adobe Lightroom punya fitur yang ngga kalah keren yaitu color grading yang keren.

Kamu bisa edit foto yang gelap, dan banyak noise menjadi lebih bagus dan kece dalam sekejap meskipun hasil foto yang dijepret menggunakan kamera HP.

Jika tertarik menggunakannya, kamu bisa berlangganan untuk mendapatkan banyak fitur keren lainnya dengan biaya sekitar Rp134.000 per bulan.

3. CorelDraw

CorelDraw

CorelDraw sering dikenal sebagai aplikasi untuk membuat vektor. Ngga cuma vektor, CorelDraw juga bisa kamu gunakan untuk edit foto loh.

Aplikasi CorelDraw punya fitur yang sangat lengkap untuk edit foto. Kamu juga bisa membuat undangan pernikahan, poster, banner, atau logo dengan mudah menggunakan CorelDraw.

Software edit foto di laptop dan PC ini bisa melakukan tracing dan menyatukan dengan elemen foto lainnya sehingga hasilnya jadi lebih menarik.

Kalau kamu ingin akses semua fitur secara full kamu harus membeli lisensinya melalui website resmi CorelDraw seharga $689.

4. PaintShop Pro

PaintShop Pro

Aplikasi edit foto PC terbaik yang ringan berikutnya adalah PaintShop Pro. Aplikasi edit foto ini bisa jadi pilihan alternatif buat para fotografer pro atau buat pemula sekalipun.

Jika ingin membeli lisensinya, harganya lebih murah dan terjangkau. Selain bisa digunakan untuk edit foto standar kamu juga bisa membuat desain grafis untuk membuat banner, poster, dan kebutuhan lainnya.

Aplikasi ini juga sudah diupdate ke seri terbaru dengan menyuguhkan peningkatan yang menarik pada berbagai fitur yang dimilikinya. Update fitur dan tools ini tentunya akan memudahkan kamu dalam melakukan editing foto.

Sebelum membeli lisensi resminya, kamu juga bisa mencoba free trial terlebih dahulu. Kalau cocok, langsung sikatt!

5. Luminar

Luminar

Aplikasi edit foto PC ringan yang rekomended buat pemula selanjutanya adalah Luminar. Aplikasi editing foto di PC ini punya banyak filter yang bisa kamu gunakan.

Terdapat lebih dari 50 filter yang keren dan menarik di aplikasi Luminar.

Filter-filter yang disediakan ini tentu akan memudahkan kamu melakukan editing foto secara cepat dengan hasil yang tetap keren.

Luminar juga memiliki berbagai fitur auto seperti menambahkan tone foto, editing warna, hingga lens distortion.

Ada juga fitur automatic correction yang akan memudahkan kamu mendapatkan warna asli yang lebih pas dan enak dilihat. Namun, sayangnya aplikasi berbayar dan tidak ada free trial-nya.

6. Affinity Photo

Affinity Photo

Affinity Photo jadi aplikasi untuk edit foto di PC selanjutnya yang banyak digunakan oleh fotografer atau desainer profesional.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan di laptop atau PC dengan sistem operasi Window atau Mac dengan spesifikasi minimal RAM 4GB, dengan resolusi layar minimal 1280×768.

Affinity Photo bisa kamu gunakan untuk berbagai aktivitas editing foto dalam format RAW sehingga membuat hasil yang lebih baik untuk foto kamu.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk edit foto 360 derajat. Affinty Photo juga menyediakan tutorial yang bisa dipelajari buat kamu yang suka membuat desain grafis.

7. DxO Photolab

DxO Photolab

Mungkin DxO Photlab kurang populer, namun aplikasi edit foto untuk PC ini ternyata dikembangkan oleh fotografer profesional loh.

Tak heran kalau aplikasi ini punya berbagai tools yang bisa mendukung para fotografer profesional untuk mendapatkan hasil editing foto yang maksimal.

Aplikasi DxO Photolab hanya bisa kamu akses secara penuh jika kamu membeli lisensi aplikasi ini langsung dari website resminya.

Dengan berbagai fitur yang disediakan, sudah pasti harus worth it dengan harganya. DxO Photolab punya fitur koreksi warna dan foto sesuai dengan keinginan yang bisa membantu mempercepat proses editing foto.

8. Canva

Canva

Kamu pasti sudah tidak asing dengan Canva. Ya, aplikasi Canva lebih dikenal untuk editing desain grafis dan membuat slide atau template Instastory.

Aplikasi edit foto PC online ini juga bisa memberikan kamu hasil foto dan tone warna yang sama bagusnya dengan software editing foto offline lainnya.

Canva memang lebih banyak digunakan untuk membuat desain grafis. Meskipun begitu, kamu juga bisa melakukan editing foto menjadi lebih instagramable untuk tampilan feed di akun Instagram kamu.

9. Pixlr Online

Pixlr Online

Pixlr biasanya banyak digunakan untuk editing foto di HP. Namun, Pixlr juga merupakan aplikasi edit foto PC online yang bisa kamu akses secara gratis dengan fitur yang lumayan lengkap.

Pixlr merupakan software edit foto yang mudah digunakan karena memiliki user-interface yang simple, jadi lebih friendly buat kamu yang pemula di dunia editing foto.

10. PhotoScape

PhotoScape (Aplikasi Edit Foto PC)

Jika diatas membahas aplikasi edit foto PC yang bisa digunakan untuk profesional, Photoscape jadi aplikasi edit foto PC ringan yang bisa digunakan untuk PC atau laptop spek kentang.

Tampilannya yang simple dan memiliki fitur yang friendly membuat editing foto jadi jauh lebih mudah.

Aplikasi edit foto PC yang satu ini bisa membantu kamu membuat kolase foto seperti di photbox. Pasti lucu banget kan kalau punya koleksi kolase foto-foto bersama sahabat atau keluarga sebagai kenang-kenangan.

Selain bisa digunakan untuk editing foto, Photoscape juga bisa digunakan untuk membuat gambar animasi dalam format file GIF (gambar bergerak).

11. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro

Selanjutnya ada Photo Pos Pro yang merupakan aplikasi editing foto PC yang ringan yang bisa kamu coba langsung di PC kamu.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pemula, karena memiliki fitur yang lengkap dan mudah dimengerti. Selain itu, juga terdapat menu tutorial.

Photo Pos Pro juga bisa diinstall di PC atau laptop kamu yang punya spesifikasi tidak terlalu tinggi. Spesifikasi untuk menggunakan aplikasi ini agar bisa menjalankannya di PC adalah minimal memiliki RAM 2GB dan processor Pentium.

12. PicturesToExe 10

PicturesToExe 10

Software editing foto PC berikutnya adalah PicturesToExe 10. Aplikasi ini gratis dan punya segudang fitur yang sama seperti aplikasi edit foto PC berbayar.

PicturesToExe juga memiliki tools untuk membuat video slideshow keren sehingga bisa dijadikan pilihan alternatif aplikasi edit video pc. Hasilnya juga sudah support hingga resolusi 4K.

13. GIMP

GIMP

GIMP menjadi aplikasi edit foto PC gratis yang punya kualitas tak kalah seperti aplikasi sekelas Adobe Photshop.

Terdapat banyak fitur dan tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat foto jadi lebih menarik. Seperti mengatur kecerahan dan saturasi, membuat grafis sederhana, dan membuat logo. Aplikasi ini bisa dijalankan di semua sistem operasi komputer baik Windows, Mac, maupun Linux.

14. Artweaver

Artweaver

Aplikasi edit foto PC ini berfungsi membuat hasil jepretan foto jadi lebih artistik.

Artwear bisa digunakan untuk edit foto menjadi lukisan, sketsa, dan kartun.

Aplikasi ini lebih cocok buat kamu yang ingin belajar desain grafis meskipun bisa digunakan untuk editing foto jadi lebih menarik.

15. Skylum Luminar 4 – AI Photo Editor

Skylum Luminar 4

Rekomendasi aplikasi edit foto PC terbaik terakhir yang bisa kamu coba adalah Skylum Luminar 4.

Aplikasi ini gratis namun punya fitur yang canggih. Luminar 4 bisa digunakan untuk editing foto menggunakan teknologi AI yang bisa mempermudah saat proses editing foto loh.

Kamu bisa edit foto warna langit, membuat tone warna yang indah, embed objects, dan punya intercafe yang simple dan mudah digunakan. Cocok untuk pemula dan gaptek soal editing foto.

Nah, itulah tadi 15 rekomendasi aplikasi edit foto PC yang bisa digunakan oleh fotografer profesional baik buat pemula yang gaptek soal dunia editing foto sekalipun.

Review ini berdasarkan urutan terbaik versi Bergaya.ID, jadi kamu bebas memilih mana aplikasi edit foto PC terbaik yang akan menemani kamu belajar edit foto layaknya fotografer profesional.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya sobat bergaya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment