Home » Teknologi » 15 Aplikasi Edit Video PC Ringan. Cocok untuk YouTuber Pemula!

15 Aplikasi Edit Video PC Ringan. Cocok untuk YouTuber Pemula!

Kalau kamu ingin jadi seorang YouTuber atau ingin mempelajari dunia video editing, kamu cukup mempelajari beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC terbaik ini.

Editing video jadi skill yang paling dibutuhkan di era 4.0 seperti sekarang ini. Konten audio visual menjadi konten yang paling menarik dan banyak disukai.

Maka dari itu dibutuhkan aplikasi editing video terbaik untuk dapat menghasilkan konten yang bisa dinikmati para penonton.

Aplikasi edit video PC saat ini sudah menyediakan banyak sekali filter yang bisa dengan mudah di aplikasikan. Ada banyak software editing video untuk PC yang ringan dan bisa kamu coba jika spesifikasi PC kamu standar.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi edit video PC terbaik yang bisa kamu pelajari.

17 Aplikasi Edit Video PC Terbaik

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro menjadi salah satu aplikasi video editing yang banyak digunakan para content creator.

Banyak juga para profesional yang serius dibidang film editor mengandalkan produk Adobe yang satu ini.

Adobe Premiere Pro juga punya banyak fitur dan filter editing yang sangat lengkap, bahkan untuk kebutuhan editing yang simple seperti capture, titler, dan trim.

Aplikasi ini juga punya banyak fitur yang mendukung pembuatan video yang rumit. Selain itu, aplikasi ini mendukung video sampai resolusi 4K dan punya beragam format file yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini menjadi pilihan editor video level advanced karena kurang ramah untuk pemul. Tapi, kamu bisa pelajari secara perlahan karena setting dan tampilannya cukup rumit.

2. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro

Aplikasi ini dikembangkan oleh Sony dan merupakan salah satu aplikasi edit video PC terbaik bagi editor profesional.

Karena punya fitur yang cukup kompleks sehingga dibutuhkan skill dan teknik khusus untuk menjalankannya.

Tapi, jika kamu sudah cukup familiar dengan software editing video, tidak ada salahnya untuk memilih aplikasi ini.

Sony Vegas Pro juga biasa digunakan untuk membuat video animasi dan punya sangat banyak fitur dan filter yang bisa daplikasikan dengan mudah.

Sayangnya, aplikasi Sony Vegas Pro berbayar alias tidak gratis sehingga jika kamu ingin mencoba harus membeli lisensi resminya terlebih dahulu.

3. Final Cut Pro

Final Cut Pro

Buat kamu Apple fanboy dan sudah terbiasa menggunakan macOS, maka Final Cut Pro jadi pilihan terbaik untuk editing video.

Punya tampilan yang sederhana, sehingga bisa digunakan untuk pemula sekalipun.

Aplikasi ini gratis jika kamu membeli macOS baik second maupun baru, karena aplikasi ini aplikasi bawaan macOs.

Aplikasi edit video PC ini menawarkan fitur lengkap dengan performa yang sangat mulus sehingga tak jarang digunakan para YouTuber untuk membuat konten video.

4. Filmora 9

Filmora 9

Wondershare Filmora merupakan salah satu aplikasi edit video PC yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi ternama yaitu Wondershare.

Aplikasi ini merupakan aplikasi edit video PC untuk pemula yang bisa digunakan gratis untuk mengakses semua fitur, filter, dan plug-in didalamnya. Ukuran file nya pun juga tidak terlalu besar sehingga ringan dan ngga bikin PC jadi crash.

Namun sayangnya, pada versi gratis hasil video editing yang kamu render akan mendapatkan watermark logo Filmora. Kamu bisa menghilangkannya jika kamu berlangganan atau membeli lisensi Filmora.

5. Avidemux

Avidemux

Avidemux adalah aplikasi editing video PC yang mempunya tampilan interface yang sederhana untuk memotong video, menyisipkan dan pengaturan lagu, memberi filter tambahan, dan beragam fungsi dasar lainnya.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis format file video, termasuk DVD file MPEG, AV yang kompatibel, MP4, ASF, dan berbagai codec lainnya.

Aplikasi ini juga ringan di PC sehingga tidak membuat PC ngelag dan crash.

6. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

Selanjutnya ada aplikasi edit video PC gratis tanpa watermark yang bisa kamu gunakan jika tidak ingin membeli lisensi beberapa aplikasi lainnya.

Meskipun gratis, aplikasi video editing ini dibekali dengan berbagai fitur-fitur dasar untuk edit video sekelas profesional.

Fitur timeline pada interface aplikasi ini juga terlihat profesional, detail namun tetap mudah dipahami.

7. AVS Video Editor

AVS Video Editor

Software edit vide PC dan Laptop ringan berikutnya adalah AVS Video Editor. Aplikasi ini punya tampilan yang simple, interaktif, dan mudah digunakan, serta memiliki segudang fitur yang sangat lengkap.

Aplikasi edit video laptop ini memiliki ukuran file yang cukup kecil. Meskipun berukuran kecil fitur yang disuguhkan tidak kalah lengkap jika dibandingkan dengan software video editing lainnya.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini yaitu adanya penggunaan teknologi video cache sehingga proses penyuntingan video FullHD bisa cepat dan lancar tanpa ngelag.

AVS Video Editor juga menyediakan pilihan timeline yang memisahkan penyuntingan antara video, teks, efek, dan audio.

8. Corel Video Studio

Corel Video Studio

Tidak ingin kalah dengan Adobe, Corel juga punya produk aplikasi edit video untuk PC, salah satunya adalah Corel Video Studio.

Aplikasi ini tak hanya cocok digunakan untuk profesional saja namun untuk pemula yang belum lama belajar editing video sekalipun.

User interface nya simple dan memiliki fitur yang mudah dimengerti. Walaupun memiliki interface yang ringan, tapi aplikasi ini menyediakan fitur yang canggih.

Diantaranya ada creativity options, clearer audio, freexe frame, XAVC.S, efek, score filter, convert titles to alpha channel, screen capture, 4K hardware acceleration, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini tidak gratis, jadi kamu harus membeli lisensi resminya terlebih dahulu agar bisa bisa menggunakannya.

9. Pinnacle

Pinnacle

Selanjutnya ada Pinnacle Studio yang merupakan aplikasi edit video untuk laptop terbaik yang memiliki beragam fitur yang cukup mumpuni, serta memiliki interface yang interaktif, namun tetap ringan saat digunakan.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur screen recording seperti aplikasi perekam layar PC pada umumnya yang cocok untuk YouTuber dan Streamer saat bermain game atau membuat video tutorial PC.

Pinnacle Studio memiliki 1.500 lebih efek dan template yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan editing video konten yang kamu buat. Harga lisensinya pun relatif terjangkau daripada aplikasi lainnya.

10. Lightworks

Lightworks

Lightworks adalah salah satu aplikasi edit video PC terbaik yang bisa jadi pilihan tepat jika ingin membuat video simple tapi menarik tanpa ribet dengan tampilan.

Aplikasi ini gratis, jadi kamu tidak perlu merogoh kocek untuk membeli lisensi dan hasilnya pun tanpa watermark saat render video.

11. OpenShot

OpenShot

OpenShot merupakan aplikasi editing video PC terbaik berbasis open-souce gratis.

Tak kalah dengan aplikasi lainnya, OpenShot dibekali dengan berbagai fitur-fitur dasar untuk video editing dan memiliki banyak filter yang bisa digunakan.

Selain itu memiliki user interface yang sederhana sehingga sangat cocok untuk pemula membuat konten video untuk diunggah di YouTube.

12. HitFilm Express

HitFilm Express

HitFilm Express merupakan software edit video gratis untuk PC yang dibekali dengan fitur VFX yang cukup lengkap untuk berbagai kebutuhan konten video.
Aplikasi ini didesain untuk para pemula yang baru mempelajari atau ingin terjun di dunia video editting maupun gamer dan YouTuber yang ingin menghemat budget.
Walaupun gratis, fitur yang ada di HitFilm Express terbilang cukup lengkap. Mulai dari soundtrack gratis, recorder suara bawaan, dan juga dilengkapiu dengan 410 lebih efek preset video yang memudahkan kamu saat belajar editing video.

13. VirtualDub

VirtualDub Video Editor PC

Aplikasi VirtualDub adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang mencari aplikasi edit video yang gratis.

Aplikasi ini memiliki interface yang sangat simple sehingga memudahkan pengguna saat melakukan proses editing video.

Selain bisa digunakan untuk edit video, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk merekam layar PC.

14. Windows Movie Maker 10

Windows Movie Maker 10

Aplikasi ini merupakan aplikasi edit video PC gratis bawaan Windows 10.

Meskipun gratis, saat ini aplikasi Windows Movie Maker 10 berkembang dengan tambahan berbagai fitur yang memudahkan kamu saat edit video.

Memiliki user interface yang mudah dan ramah untuk pemula, serta memiliki fitur-fitur yang mudah dioperasikan. Jadi, aplikasi ini cocok banget buat pemula yang belum pernah melakukan editing video.

15. Cyberlink PowerDirector

Cyberlink PowerDirector

Aplikasi edit video PC ringan dan gratis yang terakhir yang bisa kamu coba adalah Cyberlink PowerDirector yang merupakan produk milik perusahaan teknologi ternama Cyberlink.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Express Project yang memungkinkan kamu lebih cepat saat melakukan editing video.

Cyberlink PowerDirector juga sangat cocok untuk kebutuhan profesional karena dilengkapi fitur seperti 360 video editing, chroma key, motion tracking, dan color adjustment untuk proses grading video.

Software edit video untuk PC ini hanya butuh spesifikasi laptop atau PC minimal RAM 2GB untuk bisa menggunakannya.

Itulah tadi 15 rekomendasi aplikasi edit video PC ringan yang cocok untuk YouTuber pemula maupun level advanced (profesional).

Semoga artikel ini menambah wawasan, ya sobat bergaya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment

x