Home » Teknologi » 11 Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop Gratis Terbaik 2021

11 Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop Gratis Terbaik 2021

Aplikasi perekam layar PC jadi salah satu software penting bagi streamer dan YouTuber. Baik untuk gaming atau membuat tutorial memecahkan masalah pada komputer atau laptop.

Saat ini ada banyak aplikasi screen recorder PC yang bisa kamu gunakan, tentunya masing-masing aplikasi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemudahan saat menggunakannya.

Nah, kalau kamu bingung pilih aplikasi yang mana, kali ini bergaya.id telah merangkum rekomendasi aplikasi perekam layar PC gratis terbaik yang bisa kamu coba. Berikut ulasannya.

1. OBS Studio

OBS Studio

Open Broadcaster Software atau yang kita kenal dengan OBS Studio merupakan salah satu software perekam layar pc dan laptop tanpa watermark yang punya kualitas terbaik.

OBS Studio merupakan aplikasi yang bersifat open source dan multiplatform, sehingga kamu bisa install di Windows, OSX, maupun Linux.

Kamu bisa menggunakan aplikasi OBS Studio untuk merekam video ataupun live streaming di YouTube, Facebook, Instagram, atau channel Streaming lainnya.

OBS Studio punya antarmuka yang simple, dan software ini punya segudang fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mereka layar dekstop PC, mereka suara dari internal atau external microphone, dan merekam lewat webcam.

Kelebihan :

  • Kualitas video HD untuk format MP4 dan FLV.
  • Bisa digunakan untuk streaming di YouTube dan sosial media lainnya.

Kekurangan :

  • UI yang kurang user friendly untuk pemula, jadi agak sulit digunakan.

2. TinyTake

TinnyTake

TinyTake merupakan software recoder yang dikembangkan oleh developer MangoApps, TinyTake mungkin bisa jadi pilihan lain jika kamu ingin download aplikasi perekam layar PC gratis.

Meskipun gratis, namun TinyTake dibekali beberapa fitur menarik. Mulai dari pilihan untuk merekam seluruh layar atau area tertentu saja, zoom in/zoom out, fitur anotasi, dan masih banyak fitur lainnya.

Namun sayangnya, untuk versi gratis dari software ini kamu hanya bisa record layar hingga durasi selama 5 menit saja sementara untuk yang versi berbayar bisa digunakan selama 120 menit.

Kelebihan :

  • Tampilan simple dan mudah digunakan.
  • Pengaturan recorder mudah dipahami untuk pemula.

Kekurangan :

  • Fitur terbatas untuk versi gratis.
  • Fitur setting audio yang kurang advanced dibanding dengan aplikasi lainnya.

3. Action!

Action Screen Recorder

Aplikasi perekam layar PC terbaik berikutnya adalah Action!.

Aplikasi ini mampu melakukan streaming secara real-time dan merekam video dengan sangat baik di resolusi HD.

Action! juga memiliki fitur esensial seperti merekam video atau suara bisa dan masih banyak lagi fitur menarik yang bisa kamu temukan di software recorder PC yang satu ini.

Selain itu, ada juga fitur screenshot di Laptop yang cocok untuk kamu yang ingin mengambil gambar untuk thumbnail di YouTube.

Format yang dihasilkan aplikasi Action! adalah MP4 dan AVI sehingga cocok diedit melalui aplikasi edit video PC, seperti Adobe Premiere Pro.

Kelebihan :

  • Bisa digunakan untuk record video dengan kualitas HD (1080p) pada format MP4 dan AVI.
  • Tersedia fitur untuk live streaming.
  • Tersedia fitur screenshot layar.

Kekurangan :

  • Belum tersedia untuk macOS dan Linux.

4. CamStudio

Camstudio

CamStudio merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC ringan open source yang tersedia dalam berbagai format file AVI dan SWF.

Bukan hanya itu, aplikasi ini memungkinkan untuk merekam layar PC sambil menampilkan wajah via webcam (picture-in-picture).

CamStudio juga merupakan software record PC terbaik karena sepenuhnya gratis tanpa ada free trial seperti aplikasi recorder layar PC lainnya.

Kelebihan :

  • Tidak ada limit perekaman layar.
  • 100% gratis.
  • Aplikasi open-source.

Kekurangan :

  • Output video hanya dalam format AVI dan SWF.
  • Output file berukuran besar.

5. Windows 10 Game Bar

Windows 10 Game Bar

Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan pada Windows 10, jadi kamu tidak perlu download dan melakukan instalasi aplikasi apapun.

Software bawaan Windows ini berfungsi sebagai antarmuka yang bisa memonitor layar dekstop PC atau laptop.

Untuk memunculkan aplikasinya, caranya adalah tekan tombol Windows + G untuk memunculkannya. Aplikasi ini juga terdapat beberapa jendela yang menampilkan informasi seperti performa CPU, RAM, GPU, dan FPS.

Selain record video, kamu juga bisa screenshoot layar PC, dan juga mengaktifkan microphone internal atau external.

6. Camtasia

Camtasia

Pilihan berikutnya adalah Camtasia yang bisa kamu unduh gratis dan pasti sangat ringan digunakan untuk PC dengan spesifikasi standar.

Camtasia merupakan software yang dikembangkan oleh developer TechSmith yang dikenal sebagai aplikasi all-in-one terbaik karena selain bisa merekam layar juga tersedia fitur video editing.

Camtasia memiliki beberapa fasilitas perekaman layar yang bisa dipilih, yaitu:
Entire screen, spesific dimensions, a region, a window, atau an application.

Camtasia menyediakan fitur gratis selama 30 hari masa trial, dan setelahnya akan dikenai biaya sebesar $249.99 atau sekitar Rp3,6 Juta.

Kelebihan :

  • Ada fitur video editing.
  • Aplikasi ringan dan mudah digunakan.
  • Memiliki beberapa mode perekaman.

Kekurangan :

  • Aplikasi tidak sepenuhnya gratis.
  • Kadang terjadi kendala saat mengedit video berukuran besar.

7. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder

Alternatif pilihan lainnya yang biasa digunakan para streamer adalah Icecream Screen Recorder yang sudah tersedia untuk OS Windows, Mac, dan Android.

Software screen recorder PC yang satu ini juga sangat mudah digunakan, dan sudah didukung perekaman layar di sejumlah aplikasi & game, live stream, webinar, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang tak kalah menarik yaitu penambahan logo sebagai watermark dari video yang kamu buat.

Kelebihan :

  • Gratis.
  • Tersedia fitur pendukung proses editing.
  • Multiplatform.

Kekurangan :

  • Hanya tersedia beberapa pilihan rasio.
  • Beberapa fitur hanya bisa digunakan jika kamu berlangganan akun Pro.

8. Filmora

Filmora

Filmora juga jadi salah satu aplikasi screen recorder PC terbaik karena punya beragam fungsi dan fitur yang menarik.

Filmora memang pada dasarnya adalah apalikasi edit video PC, tapi aplikasi ini punya fitur pendukung yaitu screen recorder.

Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis, namun untuk aktivasinya kamu harus membeli lisensinya terlebih dahulu jika tidak ingin terdapat watermark pada video yang kamu buat.

Kelebihan :

Export video dalam berbagai jenis format.
Gratis hanya pada free trial selama 30 hari.
Ada fitur video editing.

Kekurangan :

Terdapat watermark untuk versi gratis.

9. Bandicam

Bandicam

Berikutnya ada Bandicam yang merupakan aplikasi perekam layar PC terbaik dan populer untuk merekam layar dalam bitrate dan framerate yang tinggi.

Bandicam juga sudah didukung dengan kualitas 4K UltraHD. Meskipun dengan kualitas tinggi, tidak membuat hasil rekaman menjadi besar, sehingga ukuran file lebih kecil dibanding software perekam layar PC lainnya.

Untuk versi gratis terdapat watermark yang akan menempal pada hasil rekaman, jika ingin menghilangkannya kamu harus berlangganan ke akun PRO.

Kelebihan :

Mampu merekam hingga kualitas 4K UltraHD dengan bitrate dan framerate tinggi.
Terdapat fitur compression untuk hasil record video dengan ukuran lebih kecil.

Kekurangan :

Terdapat watermark Bandikam untuk versi gratis.
Belum tersedia fitur live streaming.

10. Share X

Share X

Software perekam layar PC ini hanya tersedia untuk OS Windows saja. Aplikasi ini gratis dan bersifat open source, tanpa iklan dan ringan digunakan.

ShareX memiliki fitur menangkap sebagian atau seluruh bagian layar dan juga bisa menangkap area layar menggunakan bentuk elips, persegi panjang, atau dengan free hand. Aplikasi ini juga bisa membagikan hasil rekaman layar laptop ke orang lain dengan cara drag and drop.

11. Movavi Screen Recorder Studio

Movavi Screen Recorder Studio

Rekomendasi aplikasi perekam layar laptop atau PC yang lainnya adalah Movavi Screen Recorder Studio.

Aplikasi ini memiliki fitur seperti crop, trim, flip, sehingga bisa menambahkan filter dan watermark dengan mudah. Selain itu juga tersedia fitur screenshot layar.

Selain untuk recording video aplikasi ini juga bisa merekam audio dengan mikrofon.

Aplikasi ini sudah tersedia untuk Windows dan Mac dan bisa didownload secara gratis.

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment

x